Jika Anda merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan, mungkin Anda bertanya-tanya, berapa lama pencairan Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan?

Yuk simak artikel di bawah untuk mengetahui prosedur serta waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan dana di BPJS Ketenagakerjaan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Berapa Lama Pencairan Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan?

Sebelum disebut sebagai BPJS Ketenagakerjaan, asuransi ini disebut sebagai Jamsostek.

Karena itu, bagi Anda yang sebelumnya sudah memiliki Jamsostek, Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini pencairan Jamsostek juga bisa dilakukan dengan cara yang sama dengan pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu, bagaimana prosedur untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan?

Yang pertama, tentu saja tergantung seberapa banyak peserta yang melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaannya.

Semakin banyak orang yang melakukan klaim, maka akan semakin lama dana BPJS Ketenagakerjaan Anda bisa cair.

Bahkan bisa membutuhkan waktu antara 10 hingga 14 hari sampai dana BPJS Ketenagakerjaan Anda ditransfer ke rekening Anda.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar dana BPJS Ketenagakerjaan Anda bisa cair dan dikirim ke rekening Anda dengan lebih cepat. Beberapa di antaranya adalah:

 

#1 Klaim di Bank

Melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan bisa Anda lakukan melalui kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang paling dekat dengan lokasi Anda.

Akan tetapi, jika Anda tidak ingin terlalu lama mengantre, Anda juga bisa melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan di bank. Karena biasanya, melakukan klaim di kantor BPJS cenderung lebih panjang antreannya.

Pastikan juga bahwa Bank yang Anda pilih adalah bank yang telah bekerja sama dengan BPJS.

 

#2 Siapkan Dokumen Pelengkap

Selain tempat yang Anda pilih untuk pendaftaran klaim BPJS Ketenagakerjaan, Anda juga bisa membuat proses klaim Anda berlangsung lebih cepat dengan memastikan bahwa dokumen-dokumen yang dibutuhkan telah lengkap.

Mulai dari kartu BPJS Ketenagakerjaan, KTP asli dan fotokopi 1 lembar, kartu keluarga asli dan juga fotokopinya 1 lembar, surat pengalaman kerja asli dan fotokopi 1 lembar yang telah dilegalisasi oleh perusahaan, buku tabungan asli dan juga fotokopi 1 lembar, hingga materai yang nantinya akan dibutuhkan saat mengisi lembar pernyataan.

Berapa-Lama-Mencairkan-BPJS-Ketenagakerjaan-4-Finansialku

[Baca Juga: BPJS Online: Cara Daftar, Cek Saldo dan Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan]

 

Setelah semua dokumen tersebut Anda pastikan telah lengkap, Anda bisa mengajukan klaim ke customer service untuk mendapatkan surat pernyataan.

Ada beberapa data isian dalam surat pernyataan tersebut, seperti nama lengkap Anda, nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, nama perusahaan, berapa lama Anda bekerja di perusahaan tersebut, hingga nominal gaji terakhir Anda.

Setelah surat pernyataan tersebut Anda isi, tanda tangani, dan juga diberikan materai, maka pihak customer service akan melakukan verifikasi terhadap data tersebut.

Proses verifikasi ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan. Jika seluruh data sudah Anda isi dengan benar, selanjutnya pihak customer service akan mengonfirmasi nomer rekening Anda.

Anda akan dihubungi jika dana BPJS Ketenagakerjaan Anda masih belum terkirim setelah 14 hari.

Berapa-Lama-Mencairkan-BPJS-Ketenagakerjaan-3-Finansialku

[Baca Juga: Serba-serbi BPJS Ketenagakerjaan: Jaminan Kecelakaan Kerja]

 

Selain dengan cara klaim offline, saat ini Anda juga bisa melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Akan tetapi, melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama hingga dana yang Anda ajukan bisa cair.

Kelebihannya, Anda menjadi tidak perlu berlama-lama antre dan menunggu.

 

Jangan Buru-Buru Cairkan Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan juga berfungsi sebagai investasi. Karena fungsinya tersebut, maka ada baiknya Anda sedikit menunda pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki.

Ada beberapa alasan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki, beberapa di antaranya adalah:

 

#1 Masa Kepesertaan Sudah Lama

Saat ini, dana BPJS Ketenagakerjaan bisa Anda cairkan meskipun Anda belum memasuki usia tua.

Akan tetapi, dana Jaminan Hari Tua yang Anda dapatkan tidak akan bisa mencapai 100 persen.

Dana Jaminan Hari Tua ini baru bisa Anda cairkan bila Anda telah mencapai usia 56 tahun.

 

#2 Ada Kesempatan untuk Mengambil Fasilitas 10 Persen atau 30 Persen

Selain usia, ada juga beberapa kondisi di mana Anda bisa mencairkan dana BPJS Anda meskipun hanya sebagian.

Misalnya saja, Anda bisa mengambil sekitar 10 persen dana apabila keanggotaan dana BPJS Ketenagakerjaan Anda telah mencapai 10 tahun.

Selain itu, Anda juga bisa mengambil 30 persen dana apabila Anda berniat menggunakan dananya untuk membeli perumahan.

Berapa Lama Pencairan Jamsostek BPJS Ketenagakerjaan

[Baca Juga: BPJSTK Mobile, Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Paling Mudah]

 

#3 Dana Pengembangan Lebih Besar, Karena Saldo Juga Sudah Besar

Semakin lama Anda menunda pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan atau dana Jaminan Hari Tua yang Anda miliki, maka akan semakin besar nominal saldo yang bisa Anda tarik nantinya.

Menyimpan dana di BPJS Ketenagakerjaan dianggap lebih menarik bagi banyak orang karena jumlah bunga BPJS Ketenagakerjaan lebih besar dibandingkan dengan bunga yang ditawarkan oleh bank pada umumnya.

Angka ini tentu saja akan cukup menarik. Apalagi jika Anda memang berniat untuk menjadikan dana BPJS Ketenagakerjaan ini sebagai tambahan modal usaha atau investasi.

 

Simpan Dana Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan Hingga Waktu yang Tepat

Selain dikenal sebagai Jamsostek, BPJS Ketenagakerjaan juga sering disebut sebagai JHT atau Jaminan Hari Tua.

Sesuai namanya, maka dana BPJS Ketenagakerjaan atau dana Jaminan Hari Tua ini sebaiknya memang Anda gunakan untuk membiayai hari tua.

Ingatlah bahwa BPJS Ketenagakerjaan memang merupakan Jaminan Hari Tua yang diperuntukkan untuk kehidupan Anda di usia senja.

Selama Anda masih muda, maka Anda masih memiliki energi dan juga kesempatan yang luas untuk mengembangakan potensi Anda.

Maka dari itu, sebaiknya selama Anda masih berada di usia muda, waktu tersebut bisa Anda manfaatkan dengan lebih produktif dan bekerja.

Ada juga beberapa kondisi di mana dana BPJS Ketenagakerjaan Anda bisa dicairkan.

Misalnya saja apabila Anda mengalami PHK atau resign dari pekerjaan, Dana Jaminan Hari Tua Anda juga bisa cair apabila Anda mengalami cacat tetap ataupun meninggal dunia pada usia berapapun.

 

Pikirkan dengan Bijak Sebelum Mencairkan Dana Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan

Itulah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda telah memiliki rencana kapan dana Jaminan Hari Tua akan Anda cairkan?

Mari kita mulai anggarkan dari sekarang agar tidak merepotkan keturunan kita dan menghambat mimpi-mimpi mereka karena harus membiayai masa tua kita.

Hanya dengan langkah sederhana, Anda bisa satu langkah lebih dekat dengan Dana Hari Tua. Anda bisa memenuhi wawasan finansial tentang investasi saham yang bisa membantu Anda Dana Hari Tua cepat terkumpulkan hanya dengan membaca e-book dari Finansialku tentang Panduan Investasi Saham Untuk Pemula di bawah ini!

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Tenang, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun alias GRATIS untuk mendapatkan e-book ini hanya dengan menekan tombol di bawah ini!

Unduh Gratis Di Sini

 

Ingin Respon Cepat dalam berkonsultasi seputar pencairan JHT atau apapun masalah keuangan Anda? UPGRADE Aplikasi Finansialku ke versi premium dengan harga Rp 350.000 untuk satu tahun penuh.

Anda dapat berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku yang sudah tersertifikasi (Certified Financial Planner™).

Tapi tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan kode voucher: CUAN50 untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Hemat bukan? Tunggu apalagi, Yuk konsultasikan Masalah Keuanganmu dengan ahlinya sekarang juga.

Konsultasi Keuangan

Dengan UPGRADE aplikasi Finansialku Premium kamu bisa CURHAT apapun seputar masalah keuangan kamu dengan Ahlinya. Gunakan kode voucher: UNTUNGTERUS untuk dapatkan diskon Rp 50.000. Yuk segera berlangganan Aplikasi Finansialku Premium!

 

Sobat Finansialku, kami hadir mengajak kepedulian Anda untuk membantu dan memberikan harapan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sampai saat ini, mereka masih berjuang untuk mendapatkan makanan, pekerjaan bahkan kehidupan saat situasi seperti ini.

Sudah saatnya! Anda dan Finansialku, bersama-sama membantu mereka!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

DONASI

 

Anda bisa membagikan rencana penggunaan dana Jaminan Hari Tua Anda di kolom komentar untuk berbagi dengan pembaca lainnya. Atau Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda agar mereka bisa mempertimbangkan penggunaan dana Jaminan Hari Tua mereka secara optimal. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Suharno. Mei 27, 2017. Berapa Lama Pencairan Dana Jamsostek Via Transfer Bank? Ceksaldobpjs.com – https://goo.gl/HLZ1yP
  • Admin. 11 Desember 2016. Berapa lama mencairkan dana jht melalui e-klaim? Panduanbpjs.com – https://goo.gl/qqXEwK

 

Sumber Gambar:

  • Mencairkan Dana BPJS 1 – https://goo.gl/FgnaCZ
  • Mencairkan Dana BPJS 2 – https://goo.gl/6uGvmQ
  • Mencairkan Dana BPJS 3 – https://goo.gl/kj5v8t
  • Mencairkan Dana BPJS 4 – https://goo.gl/D2STpG