Ketika kamu ingin membeli kendaraan bekas, kamu perlu mengetahui biaya balik nama motor. Hal ini perlu dilakukan untuk keperluan administrasi kendaraan saat proses perpanjangan STNK, dan sebagainya.

Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya!

 

Summary:

  • Balik nama motor perlu dilakukan untuk mempermudah proses administrasi kendaraan. 
  • Jika kamu tidak melakukan balik nama motor maka akan kerepotan meminjam KTP pemilik lama ketika ingin mengurus perpanjangan surat-surat motor.

 

Membeli Motor Bekas, Kenapa Tidak?

Beberapa orang lebih memilih membeli motor bekas daripada yang baru. Salah satu alasannya, mereka bisa mendapatkan kendaraan dengan spesifikasi tinggi, tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Ketika membeli motor bekas, maka kamu perlu tahu biaya balik nama motor. Balik nama motor sendiri merupakan proses pengalihan nama kepemilikan kendaraan dari pemilik lama ke pemilik baru.

Biaya balik nama motor bisa saja berbeda tergantung jenis kendaraan dan peraturan di daerah setempat. Tetapi, perlu dicatat, perbedaannya tidak signifikan.

Balik nama motor perlu dilakukan untuk mempermudah proses administrasi kendaraan. Sebab, pada saat perpanjangan STNK, dibutuhkan KTP asli yang harus sesuai dengan nama pemilik kendaraan di STNK lama.

 

Rincian Biaya Balik Nama Motor

Biaya balik nama motor perlu dikeluarkan jika kamu ingin mengalihkan kepemilikan kendaraan yang baru dibeli secara resmi. 

Jika kamu tidak melakukan balik nama motor maka akan kerepotan meminjam KTP pemilik lama ketika ingin mengurus perpanjangan surat-surat motor.

Nominal biaya balik nama motor mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 9 tahun 2010 serta Peraturan Pemerintah No. 76 tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Berikut adalah biaya balik nama kendaraan bermotor berdasarkan peraturan tersebut:

 

#1 Biaya Balik Nama Motor

Berikut adalah rincian biaya balik nama motor yang perlu dikeluarkan:

  1. Biaya registrasi proses balik nama motor: Rp35.000 – Rp100.000 (disesuaikan dengan kebijakan kantor samsat setempat).
  1. Proses Bea Balik Nama (BBN 2) Motor, yakni 1% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) atau dari 2/3 Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Biaya Pajak Kendaraan Bermotor (% dari harga jual) adalah  2% untuk kepemilikan pertama, 2,5% untuk kepemilikan kedua, 3% untuk kepemilikan ketiga, hingga 10% untuk kepemilikan ke tujuh belas.
  1. Biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan (SWDKLLJ): Rp35.000
  1. Biaya pembuatan nomor polisi baru: Rp35.000
  1. Administrasi penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): Rp100.000
  1. Administrasi penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) plat nomor kendaraan: Rp60.000
  1. Administrasi BPKB motor: Rp225.000
  1. Denda jika terdapat keterlambatan pembayaran pajak.
  1. Penerbitan surat mutasi kendaraan ke daerah domisili (jika motor berasal dari daerah lain): Rp150.000

 

#2 Contoh Perhitungan Biaya Balik Nama Motor

Kamu bisa membuat hitung-hitungan biaya balik nama motor untuk memperkirakan nominalnya. Kalaupun ada perubahan biaya, jumlahnya tidak akan jauh berbeda dengan hitunganmu.

Berikut adalah contoh perhitungan biaya balik nama motor:

Kamu membeli motor bekas seharga Rp20 juta dan akan melakukan balik nama sekaligus membayar pajak. Maka, perhitungannya adalah sebagai berikut:

  1. Biaya registrasi proses balik nama motor: Rp70.000 (sesuai ketentuan kantor samsat, bisa kurang atau maksimal Rp100.000).
  1. Proses Bea Balik Nama (BBN2), yakni 1% x Rp20 juta = Rp200.000
  1. Pajak Kendaraan Bermotor: Pajak Tahunan Tarif Daerah (Jakarta 2%) x Rp20 juta = Rp400.000
  1. SWDKLLJ: Rp35.000
  1. Administrasi penerbitan STNK: Rp100.000
  1. Administrasi penerbitan TNKB: Rp60.000
  1. Administrasi BPKB motor: Rp225.000

 

Maka, pajak dan biaya balik nama motor yang perlu dikeluarkan adalah Rp1.090.000.

[Baca Juga: Sebelum Ambil Kredit Kendaraan Bermotor, Lakukan Hal Ini! WAJIB!]

 

Kebutuhan kendaraan bermotor atau mobil, termasuk biaya balik nama, merupakan anggaran khusus yang perlu dicatat dengan teliti dan tepat. Maka dari itu, baca informasi lewat e-book gratis di bawah ini, klik banner-nya! 

Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - PC
Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - HP

 

Syarat dan Prosedur Balik Nama STNK

Ada beberapa syarat dan prosedur balik nama STNK yang harus kamu jalani. 

 

#1 Syarat Balik Nama STNK

Berikut adalah dokumen yang perlu kamu siapkan sebagai syarat balik nama STNK:

  • KTP asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • Bukti pembelian atau kuitansi tanda terima motor dengan tanda tangan di atas meterai

 

#2 Prosedur Balik Nama STNK

Setelah semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap, maka kamu dapat melakukan proses balik nama STNK dengan langkah sebagai berikut:

  1. Datangi SAMSAT (Sistem Manunggal Satu Atap) terdekat dengan berkas yang telah kamu siapkan sesuai daerah domisili KTP.
  1. Setelah menyampaikan tujuan ke petugas, maka petugas akan melakukan pengecekan fisik motor. Setelah selesai, petugas akan menyerahkan hasil cek fisik yang berisi nomor rangka serta nomor mesin.
  1. Selanjutnya, datangi loket pengesahan cek fisik khusus Balik Nama dan serahkan hasil cek fisik beserta berkas yang kamu bawa ke petugas. Di sini, kamu juga membayar biaya pengesahan cek fisik. 
  1. Setelah itu, hasil cek fisik dan berkas yang kamu serahkan akan dikembalikan. Kamu juga akan mendapatkan kuitansi. Fotokopi hasil cek fisik dan kuitansi untuk kamu simpan ketika mengurus balik nama BPKB.
  1. Setelah itu, datangi loket pendaftaran Balik Nama. Loket ini biasanya ada di dalam gedung SAMSAT. Nantinya, petugas akan melihat kelengkapan dokumen. Jika telah sesuai, maka kamu harus mengisi formulir pendaftaran. Setelah selesai, kamu bisa serahkan bersama dokumen yang kamu bawa.
  1. Tunggu hingga petugas memanggilmu sesuai nomor antrean. Setelah dipanggil, kamu akan mendapatkan tanda terima bahwa berkas sedang diproses. BPKB dan KTP asli akan kamu dapatkan kembali. Di sini, kamu akan diminta membayar biaya balik nama motor.
  1. Setelah pembayaran selesai, balik nama motor akan segera dilakukan. Kamu bisa tanya ke petugas kapan kamu harus ke kantor lagi. Biasanya, proses balik nama akan berlangsung antara 2 – 5 hari kerja sejak pendaftaran.
  1. Setelah 5 hari, datangi Kantor SAMSAT dengan membawa tanda terima dan BPKB asli. Serahkan tanda terima ke loket pendaftaran balik nama dan tunjukkan BPKB asli jika petugas meminta. Serahkan juga fotokopi pembelian dan hasil cek fisik.
  1. Kamu akan diberi notice pajak oleh petugas. Lalu lakukan pembayaran di loket pembayaran.
  1. Setelah menyelesaikan pembayaran, silahkan tunggu hingga petugas memanggilmu untuk menyerahkan STNK yang baru.

 

Syarat dan Prosedur Balik Nama BPKB

Sama seperti balik nama STNK, balik nama BPKB juga memiliki prosedur yang harus diikuti. Simak syarat dan prosedur balik nama BPKB dalam ulasan di bawah.

 

#1 Syarat Balik Nama BPKB

Berikut adalah syarat dokumen yang harus disiapkan untuk balik nama BPKB:

  • Fotokopi STNK baru yang telah balik nama
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi BPKB asli
  • Fotokopi pembelian atau kuitansi transaksi motor
  • Fotokopi hasil pengesahan cek fisik

[Baca Juga: Mengenal Asuransi Motor Terbaik Dan Cara Memilihnya]

 

#2 Prosedur Balik Nama BPKB Motor

Simak prosedur balik nama BPKB motor dalam uraian di bawah:

  1. Datangi Polda dengan membawa berkas yang telah kamu siapkan sesuai dengan daerah domisili.
  1. Selanjutnya, datangi bagian balik nama BPKB. Di sana, ambil nomor antrean dan dapatkan formulir balik nama BPKB. 
  1. Setelah petugas memeriksa kelengkapan dokumen, kamu akan mendapatkan tanda pembayaran di bank. Selanjutnya, kamu bisa datangi loket pembayaran Bank BRI yang ada di lokasi. Setelah menyelesaikan pembayaran, kamu akan mendapat salinan slip bukti setoran dan stiker khusus untuk ditempelkan di formulir pendaftaran.
  1. Selanjutnya, petugas akan memberikan formulir pendaftaran BBN BPKB untuk kamu isi. Lengkapi data tersebut dengan benar.
  1. Tempelkan stiker khusus yang kamu dapatkan di formulir tersebut.
  1. Lalu, serahkan formulir dan berkas yang kamu bawa ke petugas. Kamu akan mendapat tanda terima yang juga mencantumkan kapan kamu harus kembali ke Polda untuk mengambil BPKB baru.
  1. Terakhir, datang ke Polda sesuai tanggal yang diminta untuk mengambil BPKB. Bawa dokumen berupa tanda terima dan fotokopi KTP.

 

Mematuhi Aturan Berkendara dengan Memperbarui Surat-suratnya

Balik nama motor penting dilakukan agar kamu tidak kerepotan ketika melakukan perpanjangan surat-surat nantinya.

Rencana beli kendaraan perlu kamu siapkan dengan matang agar tidak terbentur dengan kepentingan lain. Selain itu, perencanaan yang jelas akan membantumu fokus dengan tujuan yang ingin kamu capai.

Dana membeli kendaraan bisa kamu buat dengan bantuan aplikasi Finansialku, lho

Dengan aplikasi Finansialku kamu juga akan mengetahui mengenai prediksi inflasi yang juga berdampak pada harga motor impianmu. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan dana dalam jumlah yang tepat.

Apabila kamu masih kebingungan soal perencanaan keuangan beli kendaraan, kamu bisa gunakan jasa perencana keuangan untuk mendapat solusi yang tepat.

Temui perencana keuangan Finansialku melalui aplikasi Finansialku atau buat janji temu via WhatsApp di nomor 0813-1646-8488.

Banner Konsultasi WA - DM NEW

Itulah pembahasan mengenai biaya balik nama motor. Jika kamu punya pertanyaan, kamu bisa tulis di kolom komentar. Jangan lupa bagikan informasi ini pada rekan-rekan lainnya.

 

Editor: Ari A. Santosa 

Sumber Referensi: 

  • Admin. 06 Juni 2022. Balik Nama BPKB Motor, Simak Biaya dan Cara Mengurus Balik Nama. Nasional.kontan.com – https://bit.ly/3RGaN19
  • Admin. 15 Juli 2022. Balik Nama Motor: Biaya yang Dibutuhkan dan Cara Melakukannya. Cermati.com – https://bit.ly/3S2zJ2t
  • Melly Yustin Aulia. 27 Mei 2022. Cara, Syarat, dan Biaya Balik Nama Motor yang Harus Diperhatikan. Tokopedia.com – https://bit.ly/3RJTNXD
  • Siti Maghfirah. 27 Juni 2022. Simak Biaya Balik Nama Motor 2022, serta Syarat dan Cara Mengurusnya. Money.kompas.com – https://bit.ly/3LajE8M
  • Yuka Samudera. 28 Juni 2022. Pengen Balik Nama Motor 2022 Simak Biaya, Syarat, dan Cara Urusnya, Siapkan STNK, BPKB, dan KTP. Motoplus-online.com – https://bit.ly/3Begz2W