Bisa ga sih lamaran dengan biaya 2 juta? Bisa banget! Simak pembahasan berikut, dijamin bikin kamu ngebet buat segera lamaran!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Persiapan Lamaran Terjangkau

Mau nikah aja kok ribet sih? Yang penting kan dua sejoli udah yakin untuk mengikat janji setia dan saling bertanggung jawab satu sama lain untuk bahtera rumah tangga mereka kan?

Meski momen lamaran ini adalah momen paling ditunggu, tapi ga selamanya momen berharga ini harus dibiayai dengan harga yang mahal lho, apalagi sampai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Persiapan Lamaran 2

[Baca Juga: Yuk Simak Simulasi Biaya Lamaran yang Anda Butuhkan! ]

 

Mendingan biaya-biaya tersebut buat biaya hidup setelah menikah nanti, misalnya buat biaya beli rumah atau persiapan kelahiran sang calon anak kelak.

Ngomongin soal biaya lamaran, buat kamu yang bingung gimana caranya mengadakan acara lamaran dengan biaya yang super terjangkau, yaitu cuma Rp 2 juta.

Simak simulasi dan apa saja yang dipersiapkan melalui pembahasan di bawah ini ya!

banner -mau lamaran tapi dompet menipis

 

#1 Dekorasi Rumah (Rp 0)

Karena budget terbatas, tentunya untuk tempat lamaran ga perlu sewa tempat ya!

Di rumah sang calon mempelai wanita juga bisa kan?

Dekorasinya bisa menggunakan pernak-pernik yang ada di rumah, seperti hiasan tanaman dari kebun rumah.

Mungkin, sebulan atau dua bulan sebelum lamaran, kalian berdua bisa merawat tanaman di rumah buat jadi tanaman hias yang ciamik supaya pas mendekati hari H nanti, tanaman-tanaman yang kalian rawat itu bisa jadi dekorasi, guys!

Sambil latihan kan buat merawat pertumbuhan cinta dalam keluarga kalian nanti, hehehehe..

 

#2 Seragam (Rp 200.000)

Untuk baju yang akan kalian kenakan, kalian bisa gunakan pakaian yang sudah ada atau mem-budget-kan biaya untuk beli baju resmi couple seperti batik.

Kalau tidak beli pun tidak apa-apa kok! Pakai saja pakaian yang oke di dalam lemari baju kalian. Mix and match aja bro sist!

Jika dirasa perlu membeli baju couple, kalian bisa budgetkan sekitar Rp 200.000 untuk pakaian kalian berdua nanti.

 

#3 Makanan & Keluarga Yang Diundang (Rp 1.200.000)

Karena lamaran ini biasanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat, kalian perlu cermat untuk mengundang siapa saja yang akan hadir di acara lamaran kalian nanti.

Lebih baik mengundang orang-orang terdekat saja karena moment lamaran biasanya lebih kekeluargaan.

Mungkin keluarga inti dari kedua belah pasangan di tambah dengan kerabat dan sahabat terdekat.

Jika diestimasi, mungkin sekitar 30 orang ya!

Untuk menghemat biaya, makanan bisa dimasak oleh keluarga sendiri ya dengan budget yang tentunya lebih murah.  Budget-kan saja Rp 1.200.000 untuk makanan dalam acara ramah-tamah nanti.

 

#4 Parsel Seserahan (Rp 400.000)

Biasanya ini tergantung dengan adat budaya dari masing-masing mempelai dan juga kesepakatan bersama.

Agar budget lamaran bisa ditekan, parsel seserahan bisa diestimasikan sebesar Rp 400.000 berupa kue tradisional atau jajanan pasar yang biasanya dibawa oleh mempelai pria saat akan melamar mempelai wanita di rumahnya.

 

#5 Fotografer & Videografer (Rp 200.000)

Zaman sekarang kan sudah canggih, hampir semua orang punya gadget dengan kualitas kamera yang cukup baik.

Tentunya beberapa anggota keluargamu atau pasanganmu ada yang cukup mahir dalam mengabadikan foto atau video bukan?

Minta tolong saja mereka untuk menolong kalian memoto dan mengabadikan video lamaran yang akan kalian selenggarakan.

Kamu bisa minta kumpulan video dan foto dari semua anggota keluarga undangan dan mengeditnya sendiri. Ada banyak aplikasi foto & video editor yang mudah untuk dioperasikan kok.

Tapi, kalau misalnya kalian mau mem-budget-kan untuk meminta bantuan teman yang mungkin cukup profesional dengan harga pertemanan, kalian bisa mengalokasikan biaya sebesar Rp 200.000.

 

Estimasi Biaya Lamaran Terjangkau

Jadi estimasi biaya pengeluaran untuk lamaranmu adalah sebagai berikut.

Kebutuhan Biaya (Rp)
Dekorasi 0
Seragam 200.000
Makanan 1.200.000
Parsel 400.000
Fotografer 200.000
Total 2.000.000

 

Gunakan Aplikasi Finansialku

Untuk memudahkanmu dalam merencanakan dana lamaran berikut dengan pernikahan hingga dana kebutuhan saat mengarungi bahtera rumah tangga nanti, Aplikasi Finansialku dapat kamu andalkan sebagai asisten yang siap menolong menemani perjalanan finansial kamu dan pasanganmu.

Gunakan kode promo CUAN50 untuk harga berlangganan PREMIUM yang lebih terjangkau ya!

playstore icon
appstore icon

 

Kemudian, unduh e-Book Gratis dari Finansialku berikut ini yang akan menemani perjalanan finansial keluarga barumu kelak.

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Sekarang

 

Persiapkan dana pernikahanmu dengan mengikuti cara dari Finansialku! Selamat mencoba!

 

Sudah siap untuk melepas masa lajang?

Apakah persiapan dana lamaranmu sudah terpenuhi? Apa saja yang masih perlu dipersiapkan?

Berikan tanggapan dan komentarmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu juga bisa membagikan artikel di atas kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan informasi tentang biaya lamaran murah dan terjangkau.

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 13 Februari 2020. Yang Berkesan Tak Selalu Mahal, Berikut 7 Trik Pangkas Biaya Lamaran. Blog.pluang.com – https://bit.ly/3ajnqKF
  • Lea Lyliana. 20 Mei 2019. Simulasi Realistis Biaya Lamaran yang Wajib Dihitung dari Sekarang. Siap-siap, Biar Nggak ‘Kebobolan’! Hipwee.com – https://bit.ly/33V5sgk
  • Aulia Akbar. 11 Februari 2020. Biar Gak Boros Duit, Ini 8 Panduan Menghitung Biaya Lamaran. Lifepal.co.id – https://bit.ly/2PNEHSH
  • Wedding Market. 19 Jui 2019. Apa Saja Biaya yang Diperlukan dalam Biaya Lamaran? Weddingmarket.com – https://bit.ly/30RDHTN
  • Meidiana Putri. 17 Juni 2020. Hemat! Biaya Lamaran Sederhana Hanya 3 Juta. Cepetnikah.com – https://bit.ly/3kK4aea
  • Admin. 26 Juli 2018. Lamaran Hemat, Budget Di Bawah 5 Juta. Putrikpm.com – https://bit.ly/2XW9wZH
  • Syarip Ahmad Diansyah. 10 April 2020. Perkiraan Biaya Lamaran Sederhana untuk Calon Pengantin. Kamini.id – https://bit.ly/3gZj0Ly