Pastikan Anda sudah melakukan simulasi biaya lamaran yang benar, sebelum melangsungkan acara lamaran supaya anggaran tepat sasaran.

Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Faktor Penentu Simulasi Biaya Lamaran

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang berkontribusi membuat besar kecilnya biaya lamaran. Anda dapat menyesuaikan faktor di bawah ini.

 

#1 Simulasi Biaya Lamaran Dipengaruhi, Tempat

Hal pertama yang harus Anda tentukan adalah tempat. Apakah Anda ingin menyelenggarakan lamaran di rumah, restoran, atau bahkan hotel atau aula? Idealnya, pihak perempuan yang menentukan tempat prosesi lamaran karena pihak perempuan yang akan menjamu keluarga calon mempelai pria.

Masing-masing tempat ada biayanya tersendiri, namun jika Anda ingin menekan anggaran, Anda dapat memilih lamaran di rumah. Jika tamunya banyak, Anda dapat menyewa ekstra tenda dan kursi.

 

#2 Simulasi Biaya Lamaran Dipengaruhi, Dekorasi

Setelah tempat, hal kedua yang perlu Anda tentukan adalah dekorasi. Dekorasi dapat mendukung dokumentasi dan keindahan acara.

Dekorasi pun tersedia dalam berbagai bentuk. Ada yang mendekor keseluruhan ruangan, ada yang hanya fokus pada meja dan kursi.

Dekorasi dapat menekan atau melambungkan anggaran Anda. Tentu jika Anda ingin menekan budget, Anda dapat mendekor sendiri tempat lamaran dan mencari inspirasi dari internet.

 

#3 Jumlah Tamu dan Katering

Jumlah tamu berhubungan dengan jumlah katering atau makanan yang akan Anda pesan. Untuk mengetahui jumlah makanan yang harus dipesan, sebelumnya Anda harus mengetahui jumlah tamu yang akan diundang.

Semakin banyak jumlah tamu semakin banyak pula jumlah makanan. Untuk berjaga-jaga, Anda dapat memesan 3/2 dari jumlah tamu.

5+ Inspirasi dan Harga Dekorasi Lamaran yang Minim Bujet 04

[Baca Juga: 5+ Inspirasi dan Harga Dekorasi Lamaran yang Minim Bujet]

 

Misalnya jumlah tamu 100 orang maka, Anda dapat memesan 150 pax makanan. Katering pun akan berpengaruh pada anggaran akhir.

Jika Anda ingin menghemat, Anda dapat mengundang tamu yang lebih sedikit dan memesan makanan kotak dibandingkan prasmanan.

 

#4 Dokumentasi

Siapa sih yang tidak mau mengabadikan momen sakral yang harapannya hanya sekali seumur hidup ini? Dokumentasi sebenarnya tidak perlu yang mahal, yang penting hasil foto sesuai selera dan fotografer mampu mengabadikan momen dengan baik.

 

#5 Organizer dan MC

Apakah Anda membutuhkan pembawa acara atau pengatur acara? Jika ya, maka Anda harus menyiapkan anggaran sendiri untuk organizer dan MC. MC akan membantu memimpin acara sehingga acara dapat berjalan lancar.

Tugas organizer sendiri adalah untuk memastikan bahwa acara berjalan tepat waktu dan berlangsung lancar. Karena acara lamaran tidak sebesar pernikahan, maka biasanya biaya yang dibutuhkan untuk organizer tidak terlalu mahal.

 

#6 Hantaran dan Isinya

Untuk yang satu ini, pihak calon mempelai pria akan memegang peranan lebih besar. Bergantung pada persetujuan kedua belah pihak, Anda dapat memilih mendekor box sendiri seadanya, atau box beserta dekor dari orang lain.

Biasanya terdapat 5 hingga 8 box hantaran yang isinya beragam macam. Ada yang isinya pakaian, makanan hingga barang perlengkapan lainnya.

 

#7 Rias dan Pakaian

Nah, hal yang satu ini walaupun di urutan ketujuh pastinya di urutan pertama untuk kebutuhan wanita. Tata rias wajah dan pakaian mendukung keseluruhan acara.

Pastinya Anda tidak ingin lebih ‘jelek’ dibandingkan tamu yang datang, apalagi Anda yang mengadakan acara dan acara ini sekali seumur hidup. Namun tetap ingat untuk memilih yang sesuai dengan anggaran.

 

Simulasi Biaya Lamaran

Di bawah ini terdapat 2 simulasi perhitungan biaya lamaran, yang pertama dengan anggaran minimal dan yang kedua adalah dengan anggaran maksimal.

Tentu saja jika budget Anda jatuh di antara kedua jarak tersebut, Anda dapat menyesuaikan faktor-faktor biaya dengan kemampuan dan keinginan Anda.

 

#1 Anggaran Minimal

No.

Kebutuhan

Keterangan

Anggaran (Rp)

1

Tempat

Rumah (sewa tenda & kursi)

2 juta 

2

Dekorasi

DIY

500 ribu 

3

Jumlah tamu dan katering

50 orang & 75 pax @ 50.000

4 juta 

4

Dokumentasi

Jasa kenalan

2 juta 

5

Organizer dan MC

Keluarga dan teman

1 juta 

6

Hantaran dan isi

Sewa box & dekor DIY (5 box)

2 juta 

7

Rias dan pakaian

Makeup Artist & Sewa kebaya

5 juta 

 

#2 Anggaran Maksimal

No.

Kebutuhan

Keterangan

Anggaran (Rp)

1

Tempat

Hotel

50 juta 

2

Dekorasi

Jasa dekorasi

10 juta 

3

Jumlah tamu dan katering

200 orang & Jasa katering hotel

4

Dokumentasi

Fotografer

10 juta 

5

Organizer dan MC

Paket WO + Entertainment

5 juta 

6

Hantaran dan isi

Jasa dekor isi dan box (8box @ 500.000)

5 juta 

7

Rias dan pakaian

Makeup Artist & Sewa kebaya

10 juta 

 

Tentu dapat dilihat perbedaan jumlah keduanya. Namun, jika anggaran Anda ada di antara 16 juta rupiah dan 90 juta rupiah, maka Anda dapat menyesuaikan beberapa faktor.

Misalnya, Anda dapat tetap menyelenggarakan acara lamaran di rumah, namun mengundang jasa dekorasi untuk mendekor rumah agar lebih indah atau Anda dapat menekan anggaran di organizer dan MC dan meninggikan anggaran dokumentasi.

 

Ingin mendengarkan paparan tentang biaya nikah dari ahli keuangan? Simak video Finansialku berikut ini!

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda mengerti pentingnya merencanakan anggaran untuk proses lamaran. Bagikan artikel ini untuk keluarga dan teman yang sedang merencanakan lamaran. Terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • Aulia Akbar. 11 Februrari 2020. Biar Gak Boros Duit, Ini 8 Panduan Menghitung Biaya Lamaran. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3fy716p