Apakah kamu akan melangsungkan acara lamaran dalam waktu dekat?
Buat pasangan yang akan menggelar acara lamaran, Finansialku akan membagikan informasi mengenai harga dekorasi lamaran yang minim bujet.

Semoga menginspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Harga Dekorasi Lamaran

Pacar kamu akan segera melamar kamu dalam waktu dekat? Waaah selamat kalau begitu! Dari sekian banyak wanita, kamu termasuk salah satu wanita yang beruntung karena akan segera dinikahi oleh seorang pria.

Namun, penting adanya bagi kamu untuk memperhatikan budget dalam acara lamaran, agar tidak kebablasan dalam membeli pernak-pernik dekorasi untuk lamaran. Yuk simak rekomendasi dekorasi untuk lamaran dari Finansialku beserta dengan harganya.

 

#1 Dekorasi Dengan Kain Tile dan Jaquard Tirai

Salah satu tips dan trik untuk dekorasi tunangan murah meriah adalah dengan menggunakan kain tile maupun jacquard.

Kain tile memiliki harga per meter yang sangat murah dan biasanya mulai dari Rp13 ribu. Sedangkan kain Jacquard bisa dijadikan sebagai latar belakang dari untaian kain tile.

Dengan tekstur emboss  yang ditampilkan oleh kain jacquard, membuat tampilan dekor menjadi mewah. Apalagi ditambah dengan glitter di sepanjang kainnya.

5+ Inspirasi dan Harga Dekorasi Lamaran yang Minim Bujet 01

[Baca Juga: Panduan dan Susunan Acara Lamaran Paling Umum di Indonesia]

 

Harga kain ini per meter juga cukup murah dan biasanya dimulai dengan Rp40 ribu per meter.

Kain ini tersedia dengan spektrum warna yang sangat beragam. Dalam memadu padankan warna, lebih baik bila warna kain tile lebih terang dibandingkan dengan kain Jackquardnya. Jika kamu ingin membuat dekorasi acara lamaran kamu terkesan elegan, coba tampilkan kain Jacquard dengan warna gold.

 

#2 Dekorasi Dengan Paper Flower

Backdrop lamaran juga bisa terbuat dari kertas khusus yang murah yaitu kertas jasmine. Kamu bisa membeli kertas ini dengan semua jenis warna sesuai dengan selera. Kertas ini memiliki permukaan yang berkilau mewah dengan ada kesan seperti glitter, sehingga berbeda dengan kertas manila yang tampak biasa.

Kamu hanya memerlukan beberapa peralatan tambahan, seperti gunting, lem tembak, spidol, dan juga penggaris.

Saat ini juga ada banyak sekali pola dari paper flower dari kertas jasmine ini yang bisa kamu beli secara online.

Untuk membuat papan backdrop dengan ukuran 2 m x 3 m, setidaknya kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp150 ribu. Harga tersebut apabila kamu buat sendiri  semuanya. Hal ini bisa terjadi, karena memang kertas ini per lembar sangat murah sekitar Rp800 – Rp2.000 untuk ukuran kertas A4.

 

#3 Dekorasi Serba LED

Selanjutnya, jika kamu menginginkan dekorasi yang berkilau, kamu dapat menggunakan konsep lilin dan lampu LED.

Satu lilin tersebut bisa kamu beli dengan harga murah mulai dari Rp2 ribu untuk satu buah lilin.

5+ Inspirasi dan Harga Dekorasi Lamaran yang Minim Bujet 02

[Baca Juga: 10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna]

 

Supaya suasana semakin menampilkan kesan romantis, kamu dapat menambahkan lampu LED dengan bentuk bunga mawar atau lotus. Harga dari LED ini dijual dengan harga mulai dari Rp19 ribu per meternya.

Informasi yang lebih penting adalah biasanya led tersebut juga ada yang dapat berganti warna.

 

#4 Dekorasi Bunga Plastik

Kamu bisa menambahkan kesan mewah pada bagian ruang tunangan dengan beberapa bunga plastik yang pasti harganya lebih murah dari bunga segar. Saat ini ada banyak sekali bunga plastik dengan tampilan yang mirip dengan bunga asli.

Harga dari bunga ini sangat bervariasi dan bergantung pada besar kelopak bunga. Kamu bisa beli bunga plastik peony yang biasa dijual dengan harga perbuket dengan Rp19 ribu. Satu buket biasanya sudah terdiri atas 5 bunga.

 

#5  Dekorasi Dengan Daun Monstera

Kamu hanya tinggal mencari papan kayu berukuran tinggi. Kemudian tempelkan daun-daun monstera besar tersebut dengan jarak yang beragam agar terlihat menarik. Setelah itu, tempatkan pot bunga besar disamping papan, untuk menambah kesan yang asri pada hari lamaranmu.

Kamu cukup membeli daun monster plastik yaa dengan harga sekitar Rp26 ribu.

 

#6 Dekorasi yang Sederhana dengan Makrame

Gaya boho pada hari lamaran kamu akan sangat terasa dengan adanya makrame ini. Harga dari tali makrame ini tidak mahal kok cukup Rp59 ribu aja kamu sudah bisa dapat satu gulungan.

5+ Inspirasi dan Harga Dekorasi Lamaran yang Minim Bujet 03

[Baca Juga: 5 Persiapan Lamaran yang HARUS Dilakukan Oleh Wanita]

 

Jika kamu tertarik dengan ide dekorasi ini, yang kamu butuhkan hanya kreativitas. Kamu bisa membuat makrame dengan tali ukur atau tali tambang pada besi atau batang pohon. Tambahkan pula rangkaian bunga di tengah-tengahnya.

Selain kain tile, kamu bisa memanfaatkan kain renda. Kain renda sudah menampilkan motifnya sendiri, sehingga kamu tidak perlu memasukkan aksesori yang terlalu ramai. Cukup tambahkan satu bucket bunga di kanan-kiri saja. Dekorasi lamaran kamu makin cantik deh!

 

Mana Harga Dekorasi Lamaran yang Sesuai Budgetmu?

Itulah beberapa referensi untuk dekorasi saat lamaran. Mana yang kira-kira paling kamu suka dan sesuai dengan budget kamu?

Jangan lupa untuk anggarkan biaya acara lamaran kamu dengan aplikasi Finansialku yang bisa kamu download di Google Play dan App Store!

 

Komen di bawah ya! Semoga bermanfaat dan menginspirasi!

 

Sumber Referensi:

  • Meidina Putri. 25 Januari 2020. Ini Dia Dekorasi Tunangan Simpel dan Menarik. Cepetnikah.com – https://bit.ly/38ZOU6h
  • Admin. 22 April 2020. 9 Ide Dekorasi Pernikahan Low Budget Tetap Cantik Nan Memukau. 99.co – https://bit.ly/390Qp4m

 

Sumber Gambar:

  • Dekor 01 – https://bit.ly/32rPG9L
  • Dekor 02 – https://bit.ly/3a66XIq
  • Dekor 03 – https://bit.ly/37SW9vG
  • Dekor 04 – https://bit.ly/2TdW8Nr