Bawaan lamaran pernikahan adalah salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan.

Acara pernikahan merupakan upacara yang suci dan mulia untuk setiap pasangan kekasih atas rahmat dari Allah Ta’ala. Dalam pengucapan akad, malaikat menyaksikan dan bergetarlah langit atas janji suci yang terucap oleh mempelai pria.

Simak artikel dibawah ini untuk referensi bawaan lamaran pernikahan sederhana namun penuh makna. Stay tune!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Lamaran Pernikahan Sederhana

Bawaan dalam lamaran dan pernikahan adalah simbol kesanggupan laki-laki untuk mencukupi kehidupan perempuan yang akan dipinangnya. Barang-barang yang dibawa memiliki makna dan doa, untuk kesejahteraan kedua calon mempelai di kehidupan mendatang.

Sebenarnya dalam pemilihan seserahan, pihak perempuan dapat meminta dan memilih langsung benda-benda yang ingin dibawa saat lamaran dan pernikahan. Hal tersebut bertujuan agar bawaan lamaran pernikahan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan calon istri.

Oleh karena itu, sebaiknya calon mempelai pria dapat mengkomunikasikan terlebih dahulu, apa keperluan dan isi bawaan pernikahan terbaik kepada mempelai wanita.

Bagi kamu yang sedang menyiapkan hantaran acara pernikahan, tentu bukan hanya kelengkapan isi hantaran pernikahan saja yang disiapkan. Karena bukan hanya sekadar isi hantaran, pelengkap lainnya seperti tempat atau kotak hantaran dan hiasan hantaran pernikahan juga perlu untuk dipersiapkan.

 

Nah, apa saja yang harus dibawa sebagai hantaran atau seserahan pernikahan dan lamaran?

 

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna

Berikut ini, ada beberapa barang persiapan pernikahan yang harus ada di dalam bawaan lamaran pernikahan, yaitu:

 

#1 Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan perempuan yang sudah pasti akan selalu dikenakan adalah perlengkapan ibadah. Selain sebagai hantaran, perlengkapan ibadah bisa dipakai lagi untuk acara ijab kabul sebagai tambahan mahar.

Hantaran ini memiliki nilai ibadah yang tinggi, khususnya jika rutin dikenakan oleh calon mempelai perempuan. Hantaran ini pun bisa menjadi pengingat kepada pasangan agar selalu takwa kepada Sang Pencipta.

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna 01- Finansialku

[Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Dia 5 Hukum Pernikahan Dalam Islam]

 

Perlengkapan ibadah ini bisa menjadi bekal bagi sang perempuan agar menjadi pendamping dan istri yang solehah sekaligus sebagai simbol bimbingan suami kepada istri. Perlengkapan ibadah bisa berupa mukena, sajadah, Al-Quran, ditambah dengan tasbih.

 

#2 Setelan Pakaian

Pakaian perempuan adalah salah satu pilihan tepat untuk menjadi isi hantaran karena pastinya akan dipakai secara terus menerus. Namun kamu harus memperhatikan betul ukurannya sehingga tidak salah beli dan malah tidak bisa dipakai.

Jenis pakaian yang menjadi isi hantaran pun bisa tergantung kesepakatan.

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Dana Pernikahan, Siapkan Janji Sehidup Semati]

 

Ada berbagai macam jenis setelan yang bisa diberi pihak laki-laki ke perempuan. Contohnya adalah pakaian kerja, pakaian tidur, bahkan pakaian dalam.

Namun untuk pasangan yang menggunakan adat Jawa, biasanya pakaian dalam seserahan dapat berupa bahan kebaya dan kain jarik bermotif batik. Simbol dibalik seserahan ini adalah harapan agar rahasia rumah tangga pasangan dapat disimpan dengan baik.

 

#3 Sepatu

Baik sepatu, sandal, selop, dan sebagainya, seserahan ini bermakna agar kedua pihak dapat menjalani kehidupannya bersama dengan langkah mantap di jalan yang benar.

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna 03- Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pernikahan]

 

Sebaiknya pilihkan sepatu yang begitu spesial untuk si mempelai perempuan. Biasanya sandal yang dijadikan isian hantaran memang sepatu atau sandal yang terbilang mahal.

Bawaan lamaran berupa sepatu bisa menjadi opsi yang spesial. Kamu bisa memilihnya secara jeli dari merk hingga kualitas dari barang tersebut, harus dipastikan memiliki kualitas yang bagus.

 

#4 Produk Kecantikan

Produk kecantikan merupakan salah satu hantaran yang harus ada dalam bawaan lamaran. Peralatan ini penting karena merupakan salah satu hal wajib bagi kaum perempuan.

Peralatan ini bermakna agar calon mempelai wanita dapat menjaga diri dan penampilannya di hadapan mempelai laki-laki.

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna 04- Finansialku

[Baca Juga: Dekorasi Pernikahan yang Bakal Jadi Tren di 2020]

 

Produk kecantikan bisa menjadi concern perempuan ketika memilih bawaan lamaran. Selain itemnya cukup banyak dan tidak semua laki-laki bisa memahaminya, biasanya para perempuan juga memiliki brand-brand khusus yang sesuai dengan tipe kulit atau pun warna kulitnya.

Jadi, produk kecantikan ini benar-benar sangat beragam dan cara memilihnya disesuaikan dengan selera dari sang perempuan.

 

#5 Perhiasan

Pernak-pernik hiasan menjadi simbol yang sangat bermakna. Bawaan lamaran ini memiliki harapan agar mempelai wanita senantiasa selalu bersinar di kehidupan.

Untuk jumlah dan juga isinya bergantung pada kesepakatan calon mempelai laki-laki dan perempuan. Jumlah perhiasan juga bisa disesuaikan dengan kemampuan pasangan.

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna 05- Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Menikah Supaya Pernikahanmu Jauh Dari Utang]

 

Perhiasan di dalam isi bawaan hantaran berbeda dengan cincin kawin. Jika memutuskan untuk memberi perhiasan, biasanya akan dipilih satu set perhiasan mulai dari anting, kalung, hingga gelang.

Memberikan perhiasan harus memperhatikan banyak hal seperti jenisnya, beratnya, modelnya, hingga ukurannya. Sebaiknya, diskusikan terlebih dahulu dengan calon pengantin perempuan dan sesuaikan keinginannya dengan budget yang kamu miliki.

 

#6 Makanan

Makanan yang dipilih sebagai seserahan biasanya memiliki tekstur basah dan lengket, seperti kue lapis, lemper, jenang, dan sebagainya.

Membawa kue ini sebagai hantaran lamaran diyakini sebagai harapan agar kedua mempelai selalu lengket sampai akhir hayat, serta silaturahmi antara kedua keluarga berlangsung dengan baik selamanya.

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna 06- Finansialku

[Baca Juga: Intip Yuk Trend Pernikahan Tahun 2020 Ini]

 

Jenis makanan sebenarnya bisa apa saja. Apabila kamu ingin memberikan makanan yang tahan lama, kamu bisa memberikan sejenis kue-kue kering. Tapi, akan lebih baik jika kamu memberikan makanan-makanan yang kalian sukai saja agar tidak mubazir.

 

#7 Daun sirih atau Suruh Ayu

Bawaan lamaran ini ada yang menggunakannya dan ada juga yang tidak. Jika kamu ingin acara berkesan, maka masukkanlah suruh ayu ke dalam bawaan lamaran.

Hantaran ini dibuat dengan menggunakan kapur sirih, pinang, dan beberapa daun lain. Makna dari suruh ayu ini adalah untuk kelangsungan pernikahan kedua calon pasangan nanti.

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna 07- Finansialku

[Baca Juga: 20+ Model Baju Kebaya Pernikahan yang Bisa Jadi Inspirasi]

 

Untuk membuatnya memang tidak mudah. Kamu memerlukan orang yang pandai dalam pembuatannya. Bahan-bahan yang digunakan nantinya akan disusun menjadi suatu kesatuan yang indah dan berestetika.

 

#8 Peralatan Tidur

Peralatan tidur ada beragam jenisnya. Ada yang memberikan pakaian tidur (seperti baju tidur, lingerie, atau slippers), sarung bantal dan guling, selimut, atau sprei. Semuanya tergantung selera dan preferensi masing-masing.

Lagi-lagi kamu perlu mendiskusikannya dengan calon pengantin perempuan untuk mengetahui kira-kira jenis perlengkapan tidur yang mana yang lebih penting untuk dibeli.

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna 08- Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Mengumpulkan Tabungan Pernikahan Dalam Waktu Singkat]

 

Di masyarakat sendiri, paket perlengkapan tidur yang paling sering dijadikan isi seserahan adalah sprei sekaligus bed-cover yang cantik.

Ada juga yang memberikan sprei beserta sarung bantal dan guling. Hadiah yang satu ini memang sering kali diberikan kepada pasangan pengantin baru karena ringan, praktis, harga terjangkau, dan mudah didapat.

 

#9 Perawatan Tubuh

Perempuan memang wajib menjaga dan merawat tubuhnya agar selalu tampil cantik. Oleh karena itu, produk perawatan tubuh (bodycare) adalah salah satu isi hantaran yang cukup penting untuk diberikan kepada calon pengantin perempuan.

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna 09- Finansialku

[Baca Juga: Biaya Upacara Pernikahan Adat Jawa Memang Mahal, Namun…]

 

Hal ini dimaksudkan agar calon pengantin perempuan bisa menjaga penampilannya sehingga sang suami akan selalu bahagia melihat istrinya selalu cantik.

 

#10 Cincin

Nah, yang satu ini tentu tidak boleh terlewatkan. Cincin adalah perhiasan wajib pada proses lamaran. Ukuran dan bentuknya, bisa kamu sesuaikan dengan keinginan masing-masing.

10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna 10 - Finansialku

[Baca Juga: Fantastis!!! Tengok Total Biaya 5 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia]

 

Maka dari itu, sebelum kamu melakukan prosesi tersebut, berundinglah dan membicarakannya terlebih dahulu. Cincin merupakan simbol untuk mengikat hubungan kedua pasangan. Harapannya agar tetap langgeng hingga akhir hayat memisahkan.

 

Sesuaikan Dengan Budget

Itulah 10 bawaan lamaran yang wajib kamu perhitungkan saat berencana melakukan lamaran. Meski demikian, kamu bisa menyesuaikannya sendiri dengan kemampuanmu.

Semua bawaan lamaran tidak harus ada. Namun, cincin pernikahan dan beberapa hantaran lain seperti makanan, menjadi wajib untuk kamu siapkan sebelumnya.

 

Penting juga diingat untuk tidak keasyikan membeli barang ini itu saat persiapan nanti. Jangan lupa untuk tetap berhemat dan menjaga keuangan tetap stabil.

Aplikasi Finansialku membantu kamu membuat anggaran dan mengontrol pengeluaran loh. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store segera.

 

Sekarang pasti kamu sudah tau dong apa yang harus dipersiapkan nanti. Tulis di kolom komentar barang apa yang menurutmu penting untuk diberikan saat lamaran nanti.

Bagikan juga artikel ini kepada teman kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 12 Mei 2019. Sedang Mempersiapkan Lamaran? 10 Inpirasi Hantaran Ini Semakin Melengkapi Hari Bahagiamu Bersama Pasangan. Bp-guide.id – https://bit.ly/2HSBcpY

 

Sumber Gambar:

  • Perlengkapan Ibadah – https://bit.ly/2VdhIo2
  • Setelan Pakaian – https://bit.ly/2PhnjFR
  • Sepatu – https://bit.ly/37UgeSr
  • Produk Kecantikan – https://bit.ly/2Tf3qR0
  • Perhiasan – https://bit.ly/2PeYdYr
  • Makanan – https://bit.ly/2Vk3NML
  • Daun sirih – https://bit.ly/32oSUuB
  • Peralatan tidur – https://bit.ly/2vVP689
  • Perawatan tubuh – https://bit.ly/38UBRTD
  • Cincin – https://bit.ly/3a4bYRt