Mempersiapkan dana pernikahan bisa membuat stres. Jangan sampai Anda menghabiskan dana pernikahan yang tak masuk akal.

Anda perlu memikirkan ulang apakah Anda ingin menggelar pesta pernikahan yang berkesan atau mengutamakan gengsi sih?

Nah, Finansialku akan membahas langkah-langkah mempersiapkan dana pernikahan yang jarang diketahui orang. Yuk, simak supaya para calon pengantin bisa mempraktikkannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mempersiapkan Dana Pernikahan

Untuk mempersiapkan dana pernikahan, yang harus dipersiapkan pastinya adalah dana atau uang. Namun, sebelum menghabiskan biaya yang tak sedikit, Anda wajib mengetahui langkah-langkah lainnya dalam mempersiapkan dana pernikahan.

Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan dana pesta pernikahan Anda.

 

#1 Hidup Masih Berlanjut Setelah Pesta Pernikahan

Pernah dengar kan ungkapan bahwa pernikahan adalah awal dari kehidupan pernikahan? Itu memang benar. Setelah pesta pernikahan, ada kehidupan yang harus Anda dan pasangan jalani.

Menggelar pesta pernikahan dengan dana yang tak masuk akan hanya akan membebani Anda dengan setumpuk utang.

Justru, mengawali kehidupan pernikahan dengan setumpuk utang bukan awal yang baik.

Ingatlah bahwa wedding dan marriage adalah dua hal yang berbeda. Walaupun keduanya sama-sama berarti pernikahan, maknanya justru lain.

Wedding hanya berlangsung sekitar 2-3 jam, sedangkan marriage bukan hanya setahun atau dua tahun saja melainkan untuk selamanya.

Infografis: Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pesta Pernikahan yang Jarang Diketahui Orang! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Mengumpulkan Tabungan Pernikahan Dalam Waktu Singkat]

 

Apakah Anda ikhlas jika biaya pesta pernikahan yang jumlahnya tak masuk akal itu dihabiskan hanya untuk 2-3 jam saja? Atau Anda lebih memilih untuk menggunakan biaya tersebut untuk biaya kehidupan setelah pernikahan?

 

#2 Terus Menabung

Demi tercapainya target dana resepsi pernikahan, Anda tentunya harus menabung. Dengan menabung secara rutin, Anda akan meringankan beban dana yang harus dikeluarkan nantinya.

Sebaiknya rekening untuk dana pernikahan dipisah dengan rekening gaji atau pengeluaran sehari-hari.

Ini bertujuan supaya uang Anda akan terasa bertambahnya. Hal tersebut akan memberikan efek psikologis sehingga Anda akan lebih semangat menabung.

Supaya tabungan terisi secara rutin, gunakanlah fasilitas auto debet. Dengan fasilitas tersebut, penghasilan Anda akan otomatis terpotong dari rekening gaji Anda setiap bulannya.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi pengaturan keuangan seperti aplikasi Finansialku yang memiliki fitur khusus untuk mengalokasikan dana pernikahan Anda.

Jika Anda ingin menginvestasikan tabungan pernikahan, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan Perencana Keuangan dari Finansialku untuk membimbing Anda melakukan penganggaran untuk biaya pernikahan Anda.

Anda juga bisa langsung berinvestasi melalui aplikasi Finansialku di platform-platform investasi yang terjamin yang sudah bekerja sama dengan Finansialku. Download gratis aplikasinya dengan klik gambar di bawah ini.

playstore icon
appstore icon

 

#3 Pesta Menyesuaikan Budget, bukan Sebaliknya

Buatlah pesta yang sesuai dengan budget Anda. Karena itu, sangat penting untuk membuat budgeting plan. Buatlah pengeluaran penting apa saja yang diperlukan. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk mengadakan pesta di luar budget yang ada.

Konsekuensinya, Anda tak akan menggunakan vendor-vendor yang dipakai selebgram tertentu. Sebagai gantinya, Anda dapat mencari vendor lain yang mirip tapi dengan harga yang lebih murah.

Infografis: Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pesta Pernikahan yang Jarang Diketahui Orang! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Menikah Supaya Pernikahanmu Jauh Dari Utang]

 

Selain itu, Anda juga bisa mencari paket bundle. Misalnya, paket tempat gedung/taman sekaligus dekor dan katering. Biasanya, harganya lebih murah pula.

Intinya, Anda dan pasangan wajib memiliki rencana yang fleksibel. Jadi, jika tidak bisa mendapatkan vendor tertentu, Anda siap untuk mencari vendor lain dengan ikhlas.

 

#4 Tidak Semuanya Harus Dibeli

Anda tidak perlu membeli baru semuanya. Misalnya, gaun. Kalau menyewa gaun pengantin lebih murah, mengapa Anda harus menghabiskan dana untuk membeli gaun baru?

Ingat, gaun pengantin hanya dipakai sekali, lho. Memangnya Anda mau pakai gaun tersebut untuk jalan-jalan ke mall? Tidak, kan?


Memang, bisa saja biaya menyewa gaun tidak beda jauh dengan membeli baru. Namun, perbedaan harga kecil tersebut bisa menumpuk menjadi nominal besar jika diakumulasikan dengan kebutuhan lain.

Ingat selisih berapa pun itu bisa dipakai untuk keperluan lain setelah menikah nanti.

 

#5 Tidak Harus Menggunakan Tenaga Profesional

Band atau fotografer profesional biasanya cukup menguras kantong. Kini, banyak sekali fotografer freelance yang keahliannya tak boleh dipandang sebelah mata.

Pertimbangkan pula orang-orang sekitar Anda. Barangkali Anda punya saudara atau teman yang memiliki jasa wedding organizer.

 

Ketahuilah Esensi dari Pernikahan Itu Sendiri

Langkah-langkah mempersiapkan dana pernikahan di atas bukan hanya untuk Anda yang memiliki budget sedikit saja, tetapi juga untuk Anda yang memiliki budget berlebih.

Ingatlah bahwa ini bukan soal si kaya dan si miskin. Justru, ini sebagai pengingat bahwa kehidupan Anda dan pasangan masih harus berlanjut setelah pesta pernikahan.

Infografis: Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pesta Pernikahan yang Jarang Diketahui Orang! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengumpulkan Biaya Nikah Dengan Reksadana]

 

Mulai dari bulan madu, membeli rumah, mengisi tempat tinggal dengan perabot, biaya hamil dan melahirkan, kendaraan baru, sampai biaya pendidikan si kecil nanti.

Itu artinya, hanya Anda dan pasangan saja yang menjalaninya. Jika Anda dan pasangan malah jadi kesulitan finansial setelah pesta pernikahan mewah, kalian sendiri yang rugi.

Teman-teman yang datang ke pernikahan mewah kalian belum tentu ada yang mau menolong. Angpao pemberian mereka pun tidak akan menutupi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Jadi, be mindful. Bijak dalam mempersiapkan dana pernikahan bisa menghindarkan Anda dari penyesalan.

 

Itu dia langkah-langkah mempersiapkan dana pernikahan yang jarang diketahui orang. Apa Anda setuju? Yuk, share pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pernikahan Agar Kantong Tidak Jebol. Simulasikredit.com – https://bit.ly/2GQ7Dot

 

Sumber Gambar:

  • Dana Pernikahan 1 – https://bit.ly/37U4TCt
  • Dana Pernikahan 2 – https://bit.ly/37Nmo7v
  • Dana Pernikahan 3 –¬†https://bit.ly/31h3jbs