Apa tema dekorasi pernikahan pilihan Anda? Apakah itu adalah dekorasi pernikahan yang akan tren berikut ini?

Pergantian tahun biasanya identik dengan perubahan tren. Tidak ketinggalan dekorasi pernikahan pun ikut berubah. Ada beberapa bocoran konsep pernikahan yang akan tren di tahun 2020 lho! Seperti apa?

Yuk, simak ulasannya di artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tren Dekorasi Pernikahan 2020

Semua orang tentunya ingin pesta pernikahan yang akan selalu dikenang. Dengan budget yang terbatas bukan berarti kamu tidak bisa meraih hal tersebut. Karena itu, tema acara menjadi salah satu hal yang perlu dipikirkan. Di tahun 2020 ini, ada beberapa tema dekorasi yang bakal menjadi tren.

 

#1 Classic Rustic

Tema rustic masih menjadi tren di tahun ini. Beberapa elemen yang banyak digunakan adalah daun dan pinus kering, bunga bernuansa kecokelatan, serta ornamen dengan kesan unfinished, juga elemen dengan dominasi kayu.

Mulai dari undangan hingga dekorasi pelaminan dipilih berdasarkan elemen-elemen rustic tersebut. Kesannya natural dengan aksen kayu serta bunga, pohon dan tanaman yang tentunya sangat berkesan.

 

#2 Tropical

Tema tropical mulai muncul tahun 2019 lalu. Tahun ini, tema ini pun diprediksi naik daun. Walau konsep tropical, pesta pernikahan tidak harus dilakukan di pantai lho. Di kebun pun bisa. Anda sulap dengan tema tropical dengan menambahkan beberapa kelapa dan daunnya.

dekor inspirasi 2

[Baca Juga: 10 Cara Mengumpulkan Tabungan Pernikahan Dalam Waktu Singkat]

 

Untuk dekorasinya sendiri memakai warna putih dan hijau. Warna ini banyak dipilih untuk menggambarkan kesan tropical. Hiasan daun monstera pun dapat menjadi pilihan karena lekat dengan tema tropical.

 

#3 Picnic Traveling

Tema yang satu ini bisa membuat tamu undangan serasa sedang berlibur atau piknik. Oleh karena itu, pernikahan dengan tema ini lebih intimate. Dengan mengundang orang-orang terdekat, acara menjadi lebih santai.

Dekorasi yang digunakan pun sederhana. Penambahan bean bag atau tempat duduk lesehan yang dialasi karpet piknik bisa menjadi pilihan. Bagi pasangan yang hobi traveling, tema ini sangat cocok. Anda bisa memamerkan pula foto-foto traveling.

 

#4 Minimalis

Tema minimalis bukan berarti terkesan kosong dan membosankan, tapi lebih pada penggunaan objek. Properti yang digunakan lebih sedikit. Dekorasi minimalis mengandalkan teknik pencahayaan dan kombinasi warna tertentu.

dekor inspirasi 3

[Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Penting Ini Dalam Pernikahan Beda Budaya]

 

Misalnya, putih atau beige. Ini dapat menghasilkan dekorasi yang tampak indah tanpa harus memakai banyak perabotan. Selain itu, penggunaan elemen gelas atau kaca transparan akan dapat mempermanis dekorasi.

 

#5 Bohemian

Istilah Bohemian identik dengan kata “gipsi”.  Tema pernikahan bohemian bisa penuh warna dan bercampur antara gaya etnik, hippies dan juga vintage.

Kesan yang akan ditimbulkan dengan konsep pernikahan bohemian adalah hangat. Karena itu, biasanya warna yang dipakai adalah putih dan coklat pudar.

Lampu berwarna-warni, lentera dengan motif etnik, dan chandelier adalah jenis yang paling sering digunakan untuk dekorasi bohemian. Kain dengan motif tribal pun biasanya jadi penghias.

 

#6 Eco-Friendly

Belakangan ini, banyak sekali orang yang sudah peduli dan sadar akan keadaan bumi. Karena itu, tema eco-friendly wedding diprediksi akan menjadi tren tahun ini. Dekorasi yang digunakan tentunya dekat dengan alam. Saking menjaga alam, di pesta pernikahan ini pun wajib mengurangi jumlah sampah.

dekor inspirasi 4

[Baca Juga: 8+ Ide Souvenir Pernikahan Unik yang Pasti Diburu Tamu Undangan]

 

Misalnya saja, undangan dari kertas daur ulang, suvenir yang diberikan merupakan bibit tanaman, atau hiasan pelaminan dari benda yang bisa digunakan kembali. Unik, kan? Mempersiapkan Pesta Pernikahan Lebih Matang. Dekorasi merupakan salah satu hal yang paling penting.

Pasalnya, hal pertama akan tamu lihat adalah dekorasi. Selain itu, foto-foto Anda juga akan tampak indah. Apapun dekorasi pernikahan yang dipilih, Anda tetap harus menyesuaikan dengan budget.

Pintar-pintar untuk mengelola dana pernikahan jika ingin mengikuti tren. Soal dekorasi, sesuaikan dengan tempatnya. Lokasi kebun atau pantai tentu akan menawarkan ‘dekorasi alami’.

Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menambahkan banyak ornamen atau detil terhadap dekorasi pesta pernikahan. Ini akan menghemat pengeluaran.

dekor inspirasi 5

[Baca Juga: 8 Cara Cerdas Memilih Katering Pernikahan yang Sesuai!]

 

Kelola Dana Pernikahan

Dengan inspirasi dekorasi di atas, Anda masih bisa mendapatkan tema dekor yang Anda mau walau dengan low budget. Yang penting, Anda bisa mengelola dana pernikahan dengan baik. Jangan sampai kekurangan budget ya.

Jauh lebih baik, bila Anda sudah mempersiapkan budget pernikahan secara profesional. Dengan mengunduh aplikasi Finansialku Anda akan tertolong untuk mengelola dana pernikahan impian Anda.

 

Itu dia inspirasi dekorasi pernikahan yang bakal jadi tren di tahun 2020 ini. Sudah menentukan dekorasi mana yang akan jadi pilihanmu? Yuk, share di kolom komentar di bawah ini. Siapa tahu, kamu bisa jadi memberikan inspirasi.

 

Sumber Referensi:

  • Amalia Azizah. 29 Desember 2019. 5 Prediksi Tema Dekorasi Pernikahan Yang Akan Tren di Tahun 2020. Popbela – https://bit.ly/2Gco3aC

 

Sumber Gambar:

  • Dekorasi Pernikahan 1 – http://bit.ly/37BtIDb
  • Dekorasi Pernikahan 2 – http://bit.ly/2uCMmfp
  • Dekorasi Pernikahan 3 – http://bit.ly/2uCMZWj
  • Dekorasi Pernikahan 4 – http://bit.ly/2uIGIYU
  • Dekorasi Pernikahan 5 – http://bit.ly/2O8h2Mc