Apa saja yang harus disiapkan sebelum melahirkan normal? Bagaimana dengan biaya melahirkan normal?

Betapa bahagianya menjadi seorang ibu yang dapat melahirkan anak secara normal. Mari kita bahas!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Senangnya Melahirkan Normal

Halo Moms, apa kabar hari ini? Semoga dalam keadaan baik ya. Hari ini saya sangat senang, karena saya baru mendapat kabar jika kakak saya telah melahirkan anak ke-2 nya.

Ya, kehadiran buah hati dalam sebuah rumah tangga akan memberi semangat baru, warna baru, dan kebahagian yang tak ternilai harganya.

Sejak kakak saya mengandung anak ke-2 nya, saya selalu memperhatikan apa yang ia lakukan, maklum rumah kita satu komplek hanya berbeda blok saja. Terlihat kebahagiaan dari raut wajahnya, apalagi saat memasuki usia kandungan yang mulai membesar.

Anggarkan Biaya Melahirkan Normal Sejak Jauh Hari! 02 Ibu Bahagia - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Dia Perbandingan Dana Persalinan Caesar vs Normal]

 

Waktu itu saya sedang mengusap perut kakak saya yang bergerak karena tendangan-tendangan kecil dede bayi dan terjadi obrolan singkat:

Saya:“Kak, lahiran debay (dede bayi) sekarang, pengennya normal atau sesar?”
Kakak

:

“Doakan saja Kakak melahirkan normal, karena hal yang paling membahagiakan untuk seorang ibu ketika bisa melahirkan anaknya secara normal.”

Saya:“Aamiin Kak, semoga Kakak dan debay sehat-sehat terus ya. Eh tapi bukannya melahirkan normal itu sakit ya?”
Kakak:“Sakit sekali! Tapi disitu peran seorang ibu, rela merasakan sakit, bahkan sampai meregang nyawa untuk melahirkan seorang anak, makanya kamu cepet punya anak, biar tau rasanya jadi ibu itu seperti apa.”

 

Saya pun mengakhiri obrolan dengan menganggukan kepala.

Oh ya Moms, itu tadi sedikit obrolan saya dengan bumil (ibu hamil), ternyata kebanyakan ibu ingin melahirkan secara normal. Ngomong-ngomong melahirkan, zaman sekarang biaya persalinan lumayan mahal, apalagi jika Moms memilih rumah sakit yang bagus, iya kan?

Selain kesehatan Moms dan debay, kesehatan keuangan pun harus diperhatikan. Pastikan Moms tau berapa dana yang harus disiapkan dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

 

Biaya Melahirkan Normal di Indonesia

Terdapat banyak rumah sakit yang bisa Moms pilih untuk melangsungkan persalinan anak, tapi harganya pun beda-beda ya Moms, tergantung pada fasilitas apa saja yang akan Moms dapatkan sebelum dan setelah melahirkan.

Untuk Moms yang menginginkan persalinan secara normal, tetap saja harus bersiap untuk merogoh biaya tambahan, karena bisa jadi dokter menyarankan untuk melahirkan secara operasi sesar atau terdapat tindakan medis lain yang harus dilakukan.

Informasi di bawah ini, bisa jadi gambaran berapa uang yang harus Moms siapkan sebelum melahirkan:

 

Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi

Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi merupakan bagian dari grup Rumah Sakit Mitra Keluarga.

Rumah sakit ini telah tersertifikasi oleh akreditasi KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) dengan peringkat paripurna. Biaya persalinan normal di rumah sakit ini berkisar dari Rp4 juta hingga Rp18 juta.

 

MRCCC Siloam Hospitals Semanggi

Rumah Sakit MRCCC Siloam Hospitals, rumah sakit yang memiliki segala pelayanan untuk persalinan. Biaya persalinan normal di rumah sakit yang berada di Jakarta Pusat ini mulai dari Rp13 juta hingga Rp37 juta.

 

Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk

Biaya persalinan normal di Grup Rumah Sakit Siloam berbeda-beda di tiap kotanya. Jika Anda berada di ibu kota, Anda bisa memilih melahirkan secara normal di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, yang terletak di Jakarta Barat.

Di rumah sakit ini, biaya persalinan normal dimulai dengan harga Rp8 juta hingga Rp22 juta.

 

Rumah Sakit Premier Jatinegara

Biaya persalinan normal di RS Premier Jatinegara dimulai dari Rp12 juta hingga Rp27 juta.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Rumah Sakit SamMarie Basra

Biaya persalinan normal di rumah sakit ini yakni sekitar Rp9 juta hingga Rp18 juta. Biaya tersebut belum termasuk kunjungan dokter, alat kesehatan dan perlengkapan lain-lain, laboratorium, tindakan penunjang medis, labu darah, dan administrasi.

 

Rumah Sakit Bedah Surabaya

Biaya persalinan normal di rumah sakit yang didirikan oleh sebagian besar Dokter Spesialis Bedah yang tergabung dalam IKABI (Ikatan Ahli Bedah Indonesia) bersama partner swasta ini, berkisar mulai dari Rp7 juta hingga Rp35 juta.

 

Rumah Sakit Premier Bintaro

Rumah sakit yang telah beroperasi sejak 12 Oktober 1998 ini menyediakan layanan untuk melahirkan secara normal. Biayanya berkisar Rp17 juta hingga Rp27 juta.

Itu dia Moms beberapa referensi biaya melahirkan di Indonesia yang bisa dijadikan patokan, agar Moms dan suami bisa mempersiapkan biaya persalinan lebih mantap lagi.

 

Biaya Melahirkan Normal di Negara Tetangga

Selain di Indonesia, jika Moms berencana untuk melahirkan di luar negeri, berikut ini adalah beberapa rumah sakit yang mungkin bisa menjadi pilihan:

 

Loh Guan Lye Hospital

Rumah sakit yang berlokasi di Pulau Penang, Malaysia ini memiliki biaya persalinan normal berkisar dari Rp6 juta hingga Rp12 juta.

 

Raffles Hospital

Rumah sakit ini berlokasi di Singapura. Biaya persalinan normal di Raffles Hospital berkisar antara Rp48 juta hingga Rp58 juta.

 

Bumrungrad International Hospital

Bumrungrad International Hospital berlokasi di Bangkok, Thailand, dan memiliki biaya persalinan normal mulai dari Rp35 juta.

Berbagai rumah sakit di atas dilengkapi dengan ruangan NICU (Neonatal Intensive Care Unit), yang diperlukan apabila bayi terlahir dengan kondisi tertentu, seperti lahir prematur, memiliki berat badan rendah, atau menunjukkan tanda-tanda gangguan kesehatan.

Anggarkan Biaya Melahirkan Normal Sejak Jauh Hari! 03 Kesehatan Ibu Hamil - Finansialku

[Baca Juga: Barang-Barang Persiapan Melahirkan yang Harus Ada di Tas Anda!]

 

Umumnya, pemulihan pasca melahirkan normal membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 3 hari, namun bisa lebih lama tergantung kondisi kesehatan Moms dan so buah hati.

 

Siapkan Anggaran Biaya Melahirkan

Oh ya, ngomongin persiapan biaya melahirkan, saya ingin merekomendasikan Moms untuk mencoba menggunakan aplikasi Finansialku yang bisa membantu Moms menyiapkan biaya persalinan.

Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah fitur anggaran, jadi Moms bisa menganggarkan pos-pos keuangan termasuk biaya persiapan persalinan Moms.

 

Caranya gampang:

  1. Jika belum men-download, silakan Moms download dulu aplikasinya di sini.
  2. Buka menu Aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu “Anggaran”.
  3. Isi Anggaran Pengeluaran sesuai dengan yang Moms inginkan.
  4. Moms dapat melihat total anggaran pada bagian paling bawah.

 

Jika Moms rajin mencatat pengeluaran menggunakan Aplikasi Finansialku, ketika pengeluaran melebihi anggaran yang telah ditentukan, akan ada notifikasi yang mengingatkan Moms lho.

Secara tidak langsung fitur ini mengajak Moms untuk on budget lho Moms. Dicoba ya Moms!

Semoga informasi yang saya bagi bisa bermanfaat untuk Moms ya, dan semoga Moms dalam kondisi sehat terus ya :)

 

Jangan lupa share artikel ini ya Moms, agar manfaat dari artikel ini dapat dirasakan oleh teman dan keluarga Moms.

Jika Moms memiliki pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar!

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. Ini Informasi Biaya Persalinan Normal di Rumah Sakit. Alodokter.com – https://goo.gl/Y5NLVi

 

Sumber Gambar:

  • Waktu Melahirkan – https://goo.gl/WSdqUy
  • Ibu Bahagia – https://goo.gl/9x3yDQ
  • Kesehatan Ibu Hamil – https://goo.gl/tULXkn
Summary
Anggarkan Biaya Melahirkan Normal Sejak Jauh Hari!
Article Name
Anggarkan Biaya Melahirkan Normal Sejak Jauh Hari!
Description
Apa saja yang harus disiapkan sebelum melahirkan normal? Bagaimana dengan biaya melahirkan normal?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo