Kepolisian RI sudah mengatur biaya pembuatan SIM C baru dan SIM perpanjangan.

Lantas, berapa biaya pembuatan SIM C terbaru 2023? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

 

Summary:

  • Pengendara motor perlu memiliki SIM C/CI/CII sesuai penggolongan berdasarkan kubikasi mesin, sebagai tanda bukti yang sah boleh berkendara.
  • Pemohon SIM C perlu membayar biaya tambahan lain, seperti biaya cek kesehatan dan asuransi.

 

Biaya Pembuatan SIM C Baru

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menerbitkan surat telegram nomor ST/2387/X/YAN.1.1./2022 per 31 Oktober 2022.

Pada telegram ini, Jenderal Listyo Sigit memberikan pengarahan untuk menghindari adanya pungutan liar (pungli).

Kapolri juga menegaskan kepada seluruh personel untuk tidak memungut biaya apa pun pada pelayanan penerbitan SIM selain pungutan biaya PNBP SIM.

Biaya tersebut sesuai dengan PP Nomor 76 Tahun 2020 Tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Polri.

Dalam surat telegram itu juga tercantum biaya pembuatan SIM C baru dan perpanjangan.

SIM C sendiri terbagi atas tiga golongan, sesuai dengan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Aturan itu menyebutkan penggolongan SIM C berdasarkan kubikasi mesin, yakni:

  • SIM C untuk motor hingga 250 cc.
  • SIM CI untuk motor 250-500 cc.
  • SIM CII untuk motor di atas 500 cc.

 

Meski demikian, Korlantas Polri menegaskan tidak ada perbedaan biaya dalam pembuatan ketiga golongan SIM C tersebut.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020, SIM C memiliki biaya penerbitan baku dan berlaku di seluruh Indonesia.

Untuk biaya pembuatan SIM C, CI, dan CII, pemohon hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp100.000.

Bila pemohon SIM ingin melakukan pemeriksaan kesehatan di Satpas biayanya Rp25.000 dan asuransi sebesar Rp30.000. Artinya, total biaya pembuatannya adalah Rp155.000.

 

Biaya Perpanjangan SIM C

Perlu Anda ketahui, Surat Izin Mengemudi (SIM) memiliki masa berlaku sehingga Anda wajib melakukan perpanjangan SIM jika masa berlakunya telah habis.

SIM yang sudah tidak berlaku tidak bisa menjadi tanda bukti yang sah bahwa Anda boleh berkendara di jalan raya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan perpanjangan masa berlaku SIM sesuai dengan aturan. Lantas, berapa biaya perpanjangan SIM C pada tahun 2023?

Sesuai dengan PP Nomor 76 Tahun 2020, perpanjangan masa berlaku SIM C membutuhkan biaya sebesar Rp75.000.

Selain biaya tersebut, pemohon juga perlu membayar biaya tambahan lainnya. Mencakup biaya untuk cek kesehatan sebesar Rp25.000 dan asuransi Rp30.000.

Dengan demikian, total biaya perpanjangan masa berlaku SIM C adalah sebesar Rp130.000.

[Baca Juga: Rincian Biaya Pembuatan Paspor Terbaru 2023, Cek Syarat dan Prosedurnya!]

 

Harus Mengulangi Ujian di Hari yang Sama

Jika Anda gagal melakukan ujian untuk mendapatkan SIM, Anda bisa mengulangi ujian pada hari yang sama.

Anda juga bisa mengulangi ujian dalam kurun waktu 14 hari kerja terhitung mulai tanggal pernyataan tidak lulus. Keputusan tersebut merupakan arahan terbaru dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Arahan itu tertuang dalam surat telegram nomor ST/2386/X/YAN.1.1./2022 per 31 Oktober 2022 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri.

Telegram Kapolri itu menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian SIM bisa pemohon lakukan paling banyak dua kali di hari yang sama.

Kapolri juga meminta Satpas menyiapkan pelatihan bagi calon peserta uji yang akan melaksanakan ujian ataupun peserta uji yang akan mengulang ujian.

[Baca Juga: Yuk Mulai Siapin, Segini Biaya Kuliah Binus 2023]

 

Syarat Pembuatan SIM C

Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang Polri berikan kepada seseorang sebagai izin untuk mengendarai kendaraan saat berlalu lintas.

Pengendara sepeda motor wajib memiliki SIM C sebagai tanda bukti bahwa seseorang tersebut sudah layak dan mendapatkan izin resmi berkendara.

Sementara pengendara yang tidak dapat menunjukkan SIM C saat berkendara sepeda motor dianggap sebagai bentuk pelanggaran lalu lintas.

Karena itu, penting bagi Anda yang terbiasa mengendari sepeda motor untuk membuat SIM C.

Pembuatan SIM C sendiri dapat Anda lakukan secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.

Meski begitu, Anda tetap harus mengikuti tahapan ujian praktik dengan mendatangi kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) terdekat.

Bagi Anda yang ingin membuat SIM C secara online, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu Anda perhatikan sebagai pemohon SIM.

Syarat pembuatan SIM C antara lain:

  • Pemohon SIM C berusia minimal 17 tahun.
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) aktif.
  • Pas foto berukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.
  • Mampu baca tulis.
  • Membawa surat keterangan sehat dari dokter yang mendapat rekomendasi sesuai ketentuan Korlantas di daerah masing-masing.

 

Sebagai informasi, Anda bisa melakukan tes kesehatan secara online melalui e-RIKKES SIM. Sedangkan untuk tes psikologi dapat Anda lakukan melalui laman ePPsi SIM.

 

Siapkan Syarat dan Biayanya!

Nah, itu dia informasi seputar biaya pembuatan SIM C serta biaya perpanjangan dan syarat pembuatannya yang perlu Anda ketahui.

Pastikan Anda sudah mempersiapkan syarat dan biaya yang diperlukan. Terlebih jika mobilitas Anda menggunakan sepeda motor terbilang tinggi.

Cek kembali tanggal masa berlakunya, dan jangan sampai Anda mengabaikan kepemilikan SIM ini karena jika demikian merupakan salah satu bentuk pelanggaran lalu lintas.

Selain mengecek masa berlaku SIM, penting bagi Anda untuk mengecek kondisi keuangan secara berkala. Sebagai bentuk evaluasi guna meminimalisasi masalah keuangan di kemudian hari.

Jika saat ini Anda masih kesulitan dalam mengatur keuangan pribadi, yuk, dapatkan strategi dan advice terbaik tentang pengelolaan keuangan dari ahlinya.

Buat janji konsultasi sekarang bersama Perencana Keuangan Finansialku dengan menghubungi WhatsApp 0851 5866 2940.

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Jika Anda ingin membuat atau melakukan perpanjangan SIM C, jangan lupa siapkan biaya dan persyaratannya, ya!

Share juga artikel ini kepada rekan-rekan atau orang terdekat Anda yang mungkin berencana membuat SIM C tahun ini. Semoga bermanfaat!

 

Editor: Omri Cristian

Sumber Referensi:

  • Tim detikNews. 02 November 2022. Daftar Lengkap Biaya Pembuatan SIM Baru dan Perpanjangan. Detik.com – https://bit.ly/3JqUinl
  • Nur Jamal Shaid. 07 April 2023. Cara Membuat SIM C secara Online serta Syarat dan Biayanya. Kompas.com – https://bit.ly/445ggEn
  • Erwin Setiawan. 06 Maret 2023. Biaya Resmi Perpanjangan SIM C per Maret 2023. Kompas.com – https://bit.ly/43Fd6HD
  • Erwin Setiawan. 06 Maret 2023. Biaya Resmi Bikin SIM C per Maret 2023. Kompas.com – https://bit.ly/3NcAiGh
  • Tim Redaksi. 21 Januari 2023. Biaya Pembuatan SIM C, CI dan CII Sama. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3NDdSzi