Mau umroh bertiga tapi masih bingung berapa biaya umroh yang harus disiapkan? Yuk, ketahui perhitungannya dalam artikel berikut ini.

Umroh membutuhkan biaya yang besar. Maka dari itu, persiapannya harus jauh sebelumnya. Umroh bersama pasangan, anak, atau orangtua akan sangat berkesan.

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui biaya umroh untuk (setidaknya) 3 orang dan bagaimana cara mengumpulkan uangnya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menghitung Alokasi Biaya Umroh

Biaya yang dibutuhkan untuk umroh tidak sedikit. Butuh waktu lama untuk mencukupi tabungan. Apalagi, bagi Anda yang masih banyak kebutuhan penting lainnya.

Untuk mengetahui biaya umroh, ada dua hal yang perlu diperhitungkan. Pertama, kapan Anda akan melaksanakan umroh. Kedua, bagaimana Anda akan mengeksekusinya.

Waktu yang Anda pilih untuk umroh menentukan biaya tiket pesawat dan juga akomodasi. Semakin jauh jarak antara waktu booking dan waktu keberangkatan, harga tiket semakin murah.

Apabila sudah menentukan maskapai yang Anda gunakan dan hotel tempat Anda menginap, Anda akan lebih mudah menghitung biaya umroh yang dibutuhkan.

Jika Anda menggunakan paket umroh dari agen, biasanya biaya akan berkisar Rp 24-27 juta-an per orang. Jadi, bisa diprediksi jumlah biaya yang harus Anda siapkan untuk umroh 3 orang.

Selain itu, ada cara yang lebih mudah lagi. Anda bisa mengetahui berapa besar biaya tiap bulannya yang perlu dialokasikan dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Aplikasi ini memiliki fitur Rencana Keuangan. Caranya sangat mudah, yaitu:

  • Buka aplikasi Finansialku, lalu pilih menu “Rencana Keuangan”
  • Klik simbol “+” pada bagian bawah kanan layar
  • Pilih opsi “Dana Perjalanan Umrah”
  • Isi beberapa data yang diperlukan, seperti nama Anda, dan lain-lain
  • Harga paket perjalanan umrah: Rp 25.000.000
  • Biaya lain-lain: Rp 2.000.000
  • Jumlah orang: 3
  • Berapa lama lagi akan umroh: 12 bulan
  • Dana yang sudah tersedia: Rp 5.000.000
  • Kenaikan harga umrah: 10% per tahun
  • Estimasi hasil investasi: 12% per tahun
  • Setelah semua data terisi, klik “Hitung”

 

Kesimpulan berupa hasil perhitungan pun akan muncul. Anda dapat langsung mengestimasi jumlah anggaran yang perlu dialokasikan tiap bulannya agar dana ibadah umroh akan segera tercapai.

Berapa Biaya Umroh Untuk 3 Orang Dalam Waktu Dekat Ini Lengkapnya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Panduan Umroh Backpacker Yang Cocok Untuk Milenial]

 

Cara Menabung Untuk Umroh

Berikut ini cara menabung untuk umroh 3 orang yang bisa Anda lakukan:

 

#1 Menabung Dengan Paksa

Kebanyakan orang menabung di akhir. Justru, sebaiknya menabunglah di awal ketika mendapat gaji. Anda harus konsisten menyisihkan uang untuk tabungan umroh Anda.

Paksalah untuk menabung. Caranya, Anda dapat memanfaatkan fasilitas autodebet bulanan di bank. Setiap bulan, uang Anda di rekening akan otomatis dipindahkan ke rekening tabungan umroh Anda.

Jadi, tak ada alasan lupa atau terpakai untuk kebutuhan lain.

 

#2 Menabung di Perusahaan Penyelenggara Umroh

Beberapa perusahaan travel haji dan umroh memiliki fasilitas tabungan haji dan umroh.

Biasanya, Anda cukup memberikan sejumlah uang sebagai tanda jadi jamaah. Lalu, Anda akan mendapatkan voucher keberangkatan.

Selanjutnya, Anda membayar sisanya dengan cara menabung hingga lunas sesuai dengan biaya umroh saat pelunasan. Ingat, bukan biaya umroh saat membayar uang mukanya, ya.

Berapa Biaya Umroh Untuk 3 Orang Dalam Waktu Dekat Ini Lengkapnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: FAQ PERJALANAN UMROH & NAIK HAJI]

 

Namun, Anda perlu memperhatikan sistem yang berlaku di perusahaan tersebut.

Selain itu, Anda perlu mencari tahu reputasi dan pengalaman dari orang-orang yang pernah menabung di perusahaan travel tersebut.

Jika memang perusahaan tersebut sudah terbukti bisa memberangkatkan jamaah dan sejauh ini tidak ada desas-desus cedera janji, tidak ada salahnya Anda menabung di perusahaan travel tersebut.

 

#3 Menabung di Bank Syariah

Menabung di bank syariah merupakan pilihan tepat untuk Anda yang tak mau repot. Biasanya, bank syariah memiliki program haji dan umroh.

Jika Anda menabung di bank syariah, pemerintah akan menjamin simpanan tersebut.

Syaratnya, nilainya tidak lebih dari Rp 2 miliar dan bunga yang diberikan tidak melebihi batas atas bunga simpanan yang ditetapkan Lembaga Penjamin Simpanan untuk haji dan umroh.

 

#4 Investasi Pada Instrumen Dengan Return Cepat

Jika ingin umroh dengan cara ini, Anda harus mengerti bagaimana cara berinvestasi yang tepat. Pilihlah instrumen investasi yang memberikan return cepat. Apalagi, jika Anda berencana umroh dalam dua tahun.

Jangan lupa untuk memilih instrumen investasi yang halal. Misalnya, reksadana syariah.

Tidak disarankan juga menyimpan uang pada instrumen emas. Apalagi, jika rencana umroh Anda dalam waktu dekat. Pasalnya, pergerakan emas terlalu lambat. Kecuali, jika Anda berencana umroh bertahun-tahun lagi.

 

Jangan Hanya Impian Belaka

Umroh bersifat Sunnah. Artinya, jika dijalankan akan mendapatkan pahala, jika tidak pun tidak akan berdosa. Namun, ibadah umroh dianjurkan bagi mereka yang sudah mampu.

Ketika Anda sudah memiliki biaya ongkos pergi-pulang ke tanah suci, dan punya bekal yang cukup sebagai modal untuk membiayai hidup selama dan sesudah menjalankan ibadah umroh, itu tandanya Anda sudah mampu.

Namun, jangan sampai hal ini memberatkan Anda. Bagaimanapun juga, Anda tidak mau kan kalau sepulang dari umroh jadi banyak utang yang harus dibayarkan?

 

Itu dia biaya dan cara menabung untuk umroh 3 orang. Jangan lupa share artikel ini, ya. Siapa tahu berguna juga untuk mereka yang berencana umroh. Semoga umroh Anda mabrur!

 

Sumber Referensi:

  • Diskartes. 9 Juni 2018. Berapa Biaya Umroh Yang Wajar Dan Bagaimana Cara Menabungnya? Diskartes.com – https://bit.ly/37mEUUQ

 

Sumber Gambar:

  • Umroh 1 – https://bit.ly/2UBvqzU
  • Umroh 2 – https://bit.ly/2Bxsa1M
  • Umroh 3 – https://bit.ly/2MRWGWw