Bisa memberangkatkan orang tua pergi ke tanah suci adalah impian hampir setiap anak. Lalu, bagaimana cara berangkatkan orang tua umrah?

Memberangkatkan umrah adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa membahagiakan orang tua. Tapi, apakah mungkin memberangkat orang tua ke tanah suci jika gaji Anda hanya sebatas UMR? Simak pembahasan berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Berangkatkan Orang Tua Umrah

Setelah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, biasanya seseorang juga akan memiliki berbagai keinginan dalam hidupnya.

Keinginan ini bukan hanya ditujukan untuk diri sendiri, tapi juga bisa ditujukan untuk orang lain, misalnya untuk membahagiakan orang tua.

Banyak orang yang bermimpi untuk bisa ke tanah suci dan menjalankan ibadah haji atau umrah. Namun, karena satu dan lain hal akhirnya mimpi ini tertunda hingga mereka menjadi orang tua.

Dan akhirnya, harapan ini juga menjadi harapan Anda sebagai anak. Sayangnya, biaya untuk berangkat ke tanah suci memang bukan dana yang sedikit. Karena itu, Anda perlu mempersiapkan dana tersebut dengan matang.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar dana memberangkatkan orangtua umrah bisa terkumpul. Cara ini juga bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki pendapatan terbatas atau hanya sebesar UMR saja.

 

#1 Buat Tabungan Rencana

Tabungan rencana adalah salah satu cara yang cukup ringan dan mudah untuk bisa mengumpulkan uang. Anda mau tidak mau akan menabung dalam jumlah yang sama setiap bulannya.

Biasanya, tabungan rencana memakai sistem auto debet yang membuat Anda merasa seperti tidak sedang menabung. Anda bisa mengatur sendiri berapa nominal saldo yang akan terdebet secara otomatis sesuai kesanggupan Anda.

Misalnya, jika Anda merasa sanggup menabung Rp400 ribu setiap bulan, Anda bisa melakukan auto debet dengan nominal tersebut setiap bulannya ke tabungan rencana Anda.

5 Tabungan Haji yang Perlu Diketahui Setiap Calon Jamaah, Seperti Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Dana Ibadah Umroh dengan Aplikasi Finansialku]

 

Selain itu, Anda juga bisa menentukan berapa lama rekening tersebut akan bisa diambil.

Jika Anda berencana untuk mengumpulkan dana umrah untuk orang tua dengan menabung Rp400 ribu setiap bulan, dalam waktu 1 tahun Anda sudah akan memiliki tabungan sebesar Rp4,8 juta.

Jika dilanjutkan sampai dengan 5 tahun, maka Anda bisa memiliki tabungan sekitar Rp24 juta di tabungan rencana Anda.

Meskipun biaya umrah meningkat dari tahun ke tahun, namun dengan cara ini, Anda bisa mengcover sebagian dari perkiraan dana yang dibutuhkan untuk berangkat umrah.

Dengan begitu, sisa biaya yang perlu Anda siapkan juga jadi tidak terlalu besar lagi.

 

#2 Menabung Emas

Cara lainnya adalah dengan menabung emas. Anda bisa membeli 1 gram emas setiap bulan atau setiap dua bulan sekali sesuai dengan kemampuan Anda.

Jika Anda rutin melakukan hal ini, dalam waktu 5 tahun, Anda bisa mendapatkan uang sekitar 16 juta hingga 32 juta saat menggadaikan emas tersebut.

Prospek Investasi Emas 2019 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Perencanaan Biaya Umroh Masa Kini? Benarkah Bisa Umroh dengan Emas?]

 

Sebagai perkiraan, harga satu gram emas kira-kira sekitar Rp550 ribu hingga Rp580 ribu.

Jika Anda kesulitan untuk membeli setiap bulan, tidak ada salahnya untuk membeli emas ini setiap dua bulan sekali. Lakukan ini secara rutin sampai dengan 5 tahun dan Anda bisa menggadaikan emas tersebut.

Akan lebih baik jika emas yang Anda miliki tersebut digadaikan daripada dijual. Karena, saat digadaikan Anda bisa tetap memiliki emas tersebut. Sedangkan jika dijual, Anda tidak lagi memiliki emas tersebut.

 

#3 Membuat Rekening Tabungan Khusus

Cara lainnya adalah dengan membuat rekening baru yang khusus untuk tabungan. Begitu gaji Anda terima, maka segera pisahkan dana tabungan ke rekening khusus dan jangan diganggu gugat.

Rekening tabungan ini tidak boleh Anda gunakan untuk keperluan lain, apalagi untuk bersenang-senang.

Jadi, jika Anda ingin melakukan pembayaran atau pembelian, Anda hanya boleh menggunakan rekening Anda yang lainnya atau Anda juga bisa menjaga diri dengan tidak membawa kartu ATM dari rekening tabungan khusus Anda keluar dari rumah.

Dengan begitu, Anda akan lebih bisa menahan diri untuk tidak menggunakan uang tabungan tersebut.

Anda juga bisa tonton video tips menabung teratur melalui channel Youtube Finansialku berikut ini.

 

#4 Gaya Hidup Sederhana

Untuk bisa mencapai target tabungan yang Anda inginkan, tidak ada salahnya untuk mencoba gaya hidup sederhana, misalnya saja dengan sedikit menahan diri dari godaan membeli gadget atau baju baru.

Mengurangi sedikit kebutuhan tersier tidak akan membuat hidup Anda susah, justru dengan begitu, target tabungan umrah Anda akan lebih cepat tercapai.

Sehingga Anda juga bisa lebih cepat memberangkatkan orangtua Anda pergi umrah.

 

#5 Pintar-pintar Memanjakan Diri

Meskipun menjalankan gaya hidup sederhana, bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali memanjakan diri. Akan tetapi, cobalah merencanakan untuk membuat kegiatan memanjakan diri Anda lebih terencana.

Misalnya saja, jika bulan ini Anda ingin memanjakan diri dengan treatment di salon, maka keinginan untuk hal lainnya bisa Anda tunda hingga bulan berikutnya.

Jangan melakukan semua kegiatan memanjakan diri pada bulan yang sama. Seperti treatment di salon, membeli buku, dan travelling dalam waktu yang berdekatan.

Hal ini tentu saja akan memberatkan anggaran dana Anda pada bulan tersebut.

 

#6 Cari Penghasilan Tambahan

Jika Anda merasa bahwa pemasukan Anda tidak sebanding dengan pengeluaran dan masih memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk mencari penghasilan tambahan.

Misalnya dengan mencari pekerjaan paruh waktu di akhir pekan atau menjadi seorang freelancer sepulang kantor.

Dengan melakukan pekerjaan tambahan, Anda bisa menambah penghasilan Anda untuk ditabung.

Paket-Umrah-Murah-1-Finansialku

[Baca Juga: Mau Ibadah Umroh? Cek Dulu 10 Tips Memilih Travel Umroh yang Aman]

 

Pisahkan pendapatan Anda dari pekerjaan paruh waktu atau freelancer Anda di rekening yang terpisah untuk menambah dana tabungan haji yang Anda miliki.

Namun, saat mencari penghasilan tambahan, pastikan Anda memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Hal ini agar Anda tidak merasa terbebani dengan pekerjaan tersebut dan juga tidak mengganggu pekerjaan utama yang Anda jalani.

 

#7 Niat dan Lakukan

Di atas semua persiapan itu, yang terpenting adalah Anda memiliki niat yang kuat untuk memberangkatkan orang tua umrah dan juga memulai persiapan tersebut sekarang juga.

Berapapun besaran penghasilan Anda, jika Anda memiliki niat yang kuat dan melakukannya, maka cita-cita Anda untuk memberangkatkan orang tua pergi umrah pasti akan bisa terwujud.

Jangan lupa juga untuk menjaga konsistensi dalam mengumpulkan tabungan umrah Anda.

 

Sesuaikan dengan Kondisi dan Kemampuan

Nah, itulah beberapa cara berangkatkan orang tua umrah yang bisa Anda lakukan. Cara yang cocok bagi orang lain bisa jadi berbeda dengan cara yang cocok bagi Anda.

Jadi, Anda bisa memilih satu atau lebih dari cara-cara tersebut yang menurut Anda paling sesuai dengan diri dan kondisi Anda.

Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar keuangan Anda bisa terencana dengan baik.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda lainnya.

Siapa tahu salah satu dari mereka memang ingin memberangkatkan orang tuanya untuk pergi umrah ke tanah suci. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Arief Dian. 5 Jurus Ampuh Buat Memberangkatkan Orang Tua ke Tanah Suci Meskipun Gaji Hanya 2 Jutaan. Boombastis.com – http://bit.ly/2ICJvWZ
  • Neneng Pratiwi. Biar Impian Orangtua Naik Haji Kamu Wujudkan, Terapkan 8 Cara Mengelola Gaji Jadi Tabungan. Hipwee.com – http://bit.ly/2IcoraG

 

Sumber Gambar:

  • Umroh – http://bit.ly/2WHbWNb