Belajar dari Biografi Chairul Tanjung, Anak Singkong, sang pendaki tangga kesuksesan dari pedagang serabutan hingga menjadi Menko Perekonomian bahkan menjadi orang terkaya ke-6 di Indonesia pada tahun 2010.

Mari simak biografinya melalui rubrik berikut ini dari Tim Finansialku. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Kisah Sukses Chairul Tanjung: Orang Terkaya Keenam di Indonesia

Chairul Tanjung saat ini melejit namanya bahkan kariernya semakin menanjak. Namanya semakin dikenal. Bagaimana tidak, selain menjadi bos dari CT Corp, ia juga mengembangkan sayapnya dengan mereposisi bisnis penyiaran Trans Corp dan Trans TV.

Tidak hanya sampai di situ, pengusaha sukses yang memiliki Bank Mega ini juga sempat ditunjuk sebagai Menko Perekonomian oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 16 Mei 2014 dimana saat itu ia sedang menjabat sebagai Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).

Chairul Tanjung saat itu menggantikan Hatta Rajasa yang mengundurkan diri oleh karena ia mencalonkan diri untuk maju menjadi calon wakil presiden dari Prabowo Subianto dalam Pilpres tahun 2014 melalui dukungan dari Partai Gerindra, PKS, Golkar dan PPP.

Namun, siapa sangka ternyata masa kecilnya hingga di bangku kuliah, ia memiliki lembaran yang tidak segemilang saat ini.

Biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong dan Kata-Kata Motivasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial]

 

Biografi dan Masa Pra-sukses Si Anak Singkong

Chairul Tanjung lahir dari seorang ayah bernama Abdul Ghafar Tanjung kelahiran Sibolga, yang saat itu berprofesi sebagai seorang wartawan pada masa orde lama yang menerbitkan surat kabar beroplah minim.

Ia dilahirkan pada tanggal 16 Juni 1962 oleh ibunya, Halimah yang berasal dari daerah Cibadak, Jawa Barat yang hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa.

Ia lahir dari keluarga kalangan menengah ke bawah, dimana Chairul Tanjung bersama orangtua dan keenam saudaranya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke kamar losmen yang sempit.


Hal ini dikarenakan usaha ayahnya yang harus ditutup secara paksa oleh sebab berseberangan secara politik dengan penguasa pada masa itu.

Masa kecilnya dihabiskan bersekolah di SD dan SMP Van Lith, Jakarta pada tahun 1975. Ia pun melanjutkan studi ke SMA Negeri 1 Boedi Oetomo pada tahun 1981 dan berhasil lulus sebagai mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia pada tahun 1987.

Tidak sampai disitu, a berhasil mengambil gelar MBA nya dari Executive Institut Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (IPPM) pada tahun 1993.

Biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong dan Kata-Kata Motivasi 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Gibran Rakabuming Raka, Pendiri Markobar]

 

Chairul Tanjung yang kini dikenal sebagai orang terkaya urutan ke-937 di dunia versi majalah Forbes ini sempat berdagang kecil-kecilan untuk membayar uang kuliahnya karena kondisi finansial yang tidak menguntungkan pada saat itu.

Demi membiayai kebutuhan kuliahnya, ia pernah berdagang buku-buku kuliah, fotokopi hingga jasa pembuatan kaos.

Ia juga pernah mendirikan sebuah toko peralatan kedokteran dan laboratorium di daerah Senen, Jakarta Pusat walaupun pada akhirnya mengalami kebangkrutan.

Dalam kondisinya yang kurang menguntungkan, ia tetap gigih dalam bekerja dan menyelesaikan bangku kuliahnya, bahkan ia mendapatkan penghargaan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional tahun 1984-1985.

 

Jatuh Bangun Kisah Si Anak Singkong

Kegagalannya dalam membangun bisnis toko peralatan kedokteran dan laboratorium lantas tidak membuatnya patah semangat.

Ia mencoba membuka usaha kontraktor walaupun ia tetap mengalami kebangkrutan sehingga membuatnya harus bekerja di perusahaan baja dan sempat pindah ke perusahaan rotan.

Setelah lulus kuliah dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia pada tahun 1987, Chairul Tanjung bersama dengan tiga rekannya memulai sebuah bisnis pembuatan sepatu anak-anak ekspor yang diberi nama PT Pariarti Shindutama dengan bermodalkan uang sebesar Rp150 juta yang dipinjam dari Bank Exim.

Dewi Fortuna saat itu sedang berpihak padanya karena pesanan sebanyak 160 ribu pasang sepatu dari Italia sehingga membuat bisnis bersama rekannya itu maju pesat.

Namun sangat disayangkan, kerja sama mereka mendapat jalan buntu oleh karena perbedaan visi dalam hal ekspansi usaha sehingga membuat Chairul Tanjung memutuskan untuk memisahkan diri dari rekan-rekannya tersebut dan mendirikan bisnis sendiri.

Biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong dan Kata-Kata Motivasi 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Hendy Setiono Pendiri Kebab Baba Rafi, 2 Outlet di 2003 Jadi Lebih Dari 1200 Outlet di 2015]

 

Si Anak Singkong Mulai Menapaki Tangga Kesuksesan

Chairul Tanjung adalah sosok yang mau berkawan dengan siapapun, bahkan dengan petugas pengantar surat pun dianggapnya penting. Kegemarannya dalam berjejaring dengan berbagai kalangan membuat perkembangan usahanya semakin lancar.

Ia membangun relasi dengan berbagai perusahaan, baik yang sudah ternama bahkan dengan perusahaan yang tidak terkenal sekalipun.

Ia mengarahkan bisnisnya ke konglomerasi (perusahaan yang punya beragam bisnis dan memungkinkan tidak ada kaitan antara satu sama lain) dengan mereposisikan dirinya kepada tiga bisnis inti, yaitu Keuangan, Properti dan Multimedia.

Chairul Tanjung yang pernah didaulat untuk menjadi Pelaksana Tugas Menteri Kehutanan Indonesia dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menamakan perusahaan tersebut dengan Para Group.

Perusahaan konglomerasi ini mempunyai Para Inti Holdindo sebagai father holding company, yang membawahi beberapa sub-holding, yaitu Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan investasi) dan Para Inti Propertindo (properti).

Oleh karena perkembangan bisnisnya, Chairul Tanjung, Si Anak Singkong lebih senang mengakuisisi perusahaan dibandingkan membangun bisnis karena ia tidak memiliki waktu lagi untuk membangun dari nol sehingga ia memilih untuk mengakuisisi perusahaan-perusahaan.

Sejumlah perusahaan telah ia akuisisi dan tentu saja sudah menjadi milik Si Anak Singkong ini.

Biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong dan Kata-Kata Motivasi 05 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Simak Dulu Kisah Sukses Ray Dalio, Pemilik Perusahaan Hedge Fund Terbesar Di Dunia]

 

Perusahaan Chairul Tanjung, Si Anak Singkong

Keuletannya dalam menapaki tangga kesuksesan melalui proses kristalisasi keringat dan jatuh bangun semakin membuahkan hasil. Bisnis suami dari Anita Ratnasari Tanjung ini semakin berkembang dan mengakuisisi berbagai perusahaan.

Saat ini, Mantan Menko perekonomian pada zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini memiliki sejumlah perusahaan di bidang keuangan, di antaranya Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah dan Mega Finance.

Perusahaannya, CT Corp yang telah diresmikan perubahannya dari Para Group pada tanggal 1 Desember 2011 juga membawahi beberapa anak perusahaan, seperti Para Bandung Propertindo, Para Bali Propertindo, Batam Indah Investindo, dan Mega Indah Propertindo.

Oleh karena peresmian perubahan nama tersebut, otomatis tiga perusahaan subholding Chairul Tanjung yang bernama Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan investasi) dan Para Inti Propertindo (properti) berubah menjadi Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan dan sumber daya alam.

CT Corp juga memiliki Bandung Supermall yang diluncurkan sebagai Central Business District pada tahun 1999 dengan luas 3 hektar dan menghabiskan dana Rp99 miliar.

Dalam usaha mengembangkan sayapnya di dunia penyiaran dan multimedia, perusahaan Chairul Tanjung memiliki Trans TV, Trans7, Mahagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle dan Trans Studio.

Selain itu, dalam bidang bisnis dan investasi, perusahaan Chairul Tanjung membeli sebagian besar saham Carrefour Indonesia sebesar 40% melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada tanggal 12 Maret 2010 di Perancis.

Biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong dan Kata-Kata Motivasi 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ibu Susi Pudjiastusi, Pendiri Susi Air dan Susi Brand]

 

Buah Pemikiran Si Anak Singkong adalah Embrio Kesuksesannya

Perkembangan bisnisnya yang semakin menanjak tidak lepas dari usahanya berjejaring dengan berbagai kalangan, bahkan seperti yang ia tandaskan, berteman dengan petugas kantor pos sekalipun ia anggap sebagai suatu usaha berjejaring yang menjadi bagian dalam perkembangan bisnisnya.

Melalui kepiawaiannya dalam berjejaring dengan berbagai kalangan tersebut membuatnya berhasil dalam menemukan mitra-mitra kerja yang handal.

Dalam melakukan kerjasama, Chairul Tanjung tidak enggan untuk melakukan transaksi dengan perusahaan kecil sekalipun. Dalam benak Si Anak Singkong, perusahaan lokal pun dapat menjadi perusahaan yang mampu bersinergi dengan berbagai perusahaan multinasional.

Kemauan, tekad dan daya juang yang keras dalam membangun kepercayaan, ia maknai sejalan dengan pembangunan integritas dirinya.

Biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong dan Kata-Kata Motivasi 07 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Steve Chen, Salah Seorang Pendiri Youtube]

 

Menurutnya, membangun sebuah bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Kesabaran dan pantang menyerah dalam dunia usaha adalah satu kunci utama dalam meraih keberhasilan.

Ia berdedikasi untuk menjadi panutan para generasi muda sehingga ia dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Kewirausahaan Universitas Airlangga Surabaya pada tanggal 18 April 2015.

 

Membagikan Kisah Hidup Melalui Buah Tulisan Si Anak Singkong

Kisah hidupnya yang inspiratif dan memotivasi melalui berbagai terpaan hidup serta ganasnya ombak persaingan bisnis akhirnya dibukukan melalui buah tulisan yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas dan disusun oleh wartawan Kompas, Tjahja Gunawan Adireja.

Buku yang berjudul Chairul Tanjung Si Anak Singkong diluncurkan tepat pada usia Chairul Tanjung setengah abad.

Buku Biografi tentang kisah hidupnya mengalami pahitnya hidup dalam meniti tangga keberhasilan membuktikan bahwa entrepreneurship dapat dilahirkan dan bukan diturunkan, tutur Jakoeb Oetama, Pendiri dan Pemimpin Umum Harian Kompas dalam tulisannya di bagian pengantar buku biografi tersebut.

Jakoeb Oetama mengagumi sosok Chairul Tanjung sebagai perintis bisnis yang memperoleh kesuksesan melalui kerja keras, kerja tuntas, komitmen dan juga ambisi.

Biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong dan Kata-Kata Motivasi 08 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA]

 

Kata-Kata Bijak Chairul Tanjung Si Anak Singkong untuk Para Entrepreneur

Keberhasilan Si Anak Singkong lantas tidak membuatnya menjadi pribadi yang serakah dan tidak mau berbagi ilmu dengan sesama terutama dengan para generasi muda.

Ia memotivasi para generasi muda melalui kata-kata motivasi yang dapat membangkitkan semangat dan api perjuangan dalam meniti tangga kesuksesan serta mengarungi lautan tantangan dunia usaha dan bisnis.

Berikut ini beberapa kata-kata bijak dari Chairul Tanjung, Si Anak Singkong yang dapat membangkitkan motivasi.

  1. Anda semua akan dapat berdiri di sini menggantikan saya apabila bekerja keras. Dan dibutuhkan kemampuan entrepreneur dan manajerial yang baik. Tidak lagi semata-mata modal.
  2. Bekerjalah 2/3 kali lebih banyak dari orang lain, karena usaha tidak pernah membohongi hasil.
  3. Berpikir positif adalah salah satu cara terbaik ketika tidak punya pilihan.
  4. Gagal itu makanan sehari-hari. Itu biasa, yang penting bagaimana menyikapinya. Evaluasi, bangkit! Gagal lagi? Bangkit lagi!
  5. Ibuku adalah kunci sukses saya.
  6. Zaman dulu: “Banyak anak, banyak rejeki”. Zaman sekarang: “Banyak koneksi, banyak rejeki”.
  7. Jujur dan kepercayaan adalah modal awal dan paling dasar dari seorang pengusaha.
  8. Keberhasilan manusia ditentukan oleh dirinya SENDIRI. Dengan pilihan yang BENAR, ia akan bersinar.
  9. Kebijaksanaan sejak dari hati dan pikiran, tidak hanya dari ucapan.
  10. Kehormatan kita adalah kepribadian kita. Saat kepribadian saja tidak punya, tak akan mungkin punya kehormatan.
  11. Kemenangan bukanlah prioritas utama dalam suatu perlombaan, tapi juga dapat menjadi pengalaman dan motivasi diri.
  12. Kerja keras dan kerja cerdas dapat memastikan keberhasilan, namun giving atau sedekah dapat memudahkannya.
  13. Kesuksesan bukanlah suatu tujuan, melainkan sebuah perjalanan untuk masa depan.
  14. Lama memang, tapi itu caranya. Semua harus dilewati seperti anak tangga. Satu-persatu, jangan lompat-lompat karena kalau melompat kemungkinan terpelesetnya tinggi.
  15. Memperjuangkan ideologi harus realistis, bukan harga mati.
  16. Memutuskan jadi pengusaha bukan berarti tidak berprestasi di bidang akademis.
  17. Menjadi pejabat, pohonnya memang tinggi, tapi buahnya tidak ada. Enak jadi pengusaha.
  18. Modal utama pengusaha adalah jangan cengeng, jangan mudah menyerah.
  19. Selain kerja keras, hal lain yang harus diingat adalah kerja ikhlas. Setelah itu, baru menyerahkan segala hasil kerja keras kepada Tuhan.
  20. Setinggi-tingginya jabatan apapun dalam pekerjaan tetap saja kita adalah pegawai. Tapi sekecil-kecilnya usaha kita, tetap saja itu BOS.
  21. Tanpa kerja keras ini semua omong kosong.
  22. Untuk SUKSES, Kamu perlu mempercayai Dirimu Sendiri, terutama disaat tidak ada Seorangpun yang Percaya Padamu.

 

Biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong dan Kata-Kata Motivasi 09 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Anne Avantie, Pendiri AnneAvantieMall.com]

 

Kesuksesan Si Anak Singkong Berkat Doa Ibu

Chairul Tanjung mengungkapkan bahwa, “Bagi saya, ibu adalah segalanya.” Ia percaya bahwa surga ada di telapak kaki ibu. “Bila kita benar-benar berbakti kepada ibu sepenuh hati dan ikhlas, maka surga akan kita gapai di dunia. Itu yang saya alami sendiri,” pendapat Chairul Tanjung dalam bukunya Si Anak Singkong.

 

Berikut 5 Kiat Sukses dari Chairul Tanjung si Anak Singkong

 

Apakah Anda sudah membaca Buku Chairul Tanjung Si Anak Singkong? Menurut para pembacanya, buku tersebut sarat dengan pesan moral dan motivasi untuk maju meraih kesuksesan.

Menurut Anda, bagaimanakah sosok seorang Chairul Tanjung dengan kesuksesan yang ia raih saat ini?

Bagikan pendapat Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan kisah-kisah inspiratif dan memotivasi serta rubrik-rubrik yang menambah wawasan dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Kata Motivasi. 20 Kata Kata Motivasi Chairul Tanjung Entrepreneur Sukses Indonesia – https://goo.gl/2VMJ3I
  • Merdeka. Chairul Tanjung. Merdeka.com – https://goo.gl/AMAAaS
  • Rizka Damayanti. Profil dan Biografi Chairul Tanjung Si Anak Singkong. Profilpedia.com – https://goo.gl/SFVhSW
  • Admin. 2 Mei 2017. Chairul Tanjung. Wikipedia.org – https://goo.gl/06BGu1
  • Biografi Pedia. 22 Agustus 2015 Biografi Chairul Tanjung Si Anak Singkong. Biografipedia.com – https://goo.gl/2gwtTd
  • Adhi Kusumaputra. 2 Juli 2012. Chairul Tanjung Si Anak Singkong. Kompas.com – https://goo.gl/mhoFX5

 

Sumber Gambar:

  • Chairul Tanjung Si Anak Singkong – https://goo.gl/uEEjTV dan https://goo.gl/PbRYVh
  • CT CORP – https://goo.gl/IVKt2n dan https://goo.gl/xF7g7f
  • Chairul Tanjung – https://goo.gl/Pdvigy dan https://goo.gl/TxUTGh
  • Anak Singkong – https://goo.gl/UEvbQo dan https://goo.gl/vK2Mcd
  • Bank Mega – https://goo.gl/jN0trL

 

Free Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana