Bitcoin tembus Rp 184 juta, diprediksi bisa capai Rp 222 juta di akhir tahun 2020. Informasi selengkapnya di berita Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Bitcoin Sukses Tembus Harga Rp 184 Juta

Pada mulanya Bitcoin merupakan teknologi untuk bertransaksi. Seiring dengan perkembangannya Bitcoin berubah fungsi menjadi instrumen investasi sebab harganya yang fluktuatif.

Selasa (18/08) kemarin Bitcoin sukses menembus harga Rp 184 juta atau setara dengan US$ 12.400 setelah sebelumnya berada di kisaran Rp 168 juta pada 12 Agustus 2020, berdasarkan laporan Wartaekonomi.

Jeth Soetoyo, Pendiri dan CEO bursa aset kripto Pintu memprediksi, bahwa harga Bitcoin berpeluang naik menjadi US$ 15 ribu atau senilai Rp 222 juta per BTC di akhir tahun 2020.

“Harga Bitcoin akhir tahun 2020 berpeluang menyentuh US$15.000, mengingat pada tahun 2017 harga Bitcoin naik 3 kali lipat dalam kurun waktu tiga bulan, sehingga kemungkinan untuk mencapai nilai tersebut sangatlah mungkin. Ini juga bergantung pada permintaan di pasar,” kata Jeth melalui blog Pintu.

Perusahaan menilai kenaikan harga terjadi karena adanya langkah The Fed baru-baru ini yang diprediksi mengarah pada inflasi yang lebih tinggi.

Bitcoin – Mata Uang atau Komoditas Cek Jawabannya Di Sini! 03 Bitcoin 2 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Bitcoin: Apakah Aman Berinvestasi Bitcoin?]

 

Data yang dirilis Pemerintah AS pada pekan lalu 11 Agustus 2020 menunjukkan bahwa harga grosir Juli naik lebih dari yang diprediksi.

“Inflasi dapat semakin melemahkan posisi dolar AS, mendorong imbal hasil obligasi lebih rendah dan memberikan dorongan lain untuk aset safe-haven seperti Bitcoin,” tegasnya.

Sementara itu, data dari AssetDash menyebut kapitalisasi pasar Bitcoin saat ini mencapai lebih dari US$ 226 miliar. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 3,2% dalam 24 jam.

Perilaku bullish Bitcoin (BTC) ini menunjukkan BTC sebagai aset paling berharga ke-25 berdasarkan kapitalisasi pasar, tepat di belakang PayPal dengan US$ 230 miliar.

Wakil presiden di bidang penjualan dan pengembangan bisnis Metaco, Seamus Donoghue menilai, peningkatan harga Bitcoin sama dengan emas.

“Hasil riil negatif dan stimulus moneter telah mendorong investor untuk mencari lindung nilai inflasi seperti emas,” katanya dikutip Bloomberg.

Sebelumnya, perusahaan jasa keuangan asal Amerika Serikat (AS), JP Morgan Chase & Co mencatat, investor milenial memilih Bitcoin untuk berinvestasi selama pandemi Covid-19. Sedangkan investor yang lebih tua berburu emas.

Katadata mewartakan, transaksi emas dan Bitcoin terus melonjak selama lima bulan terakhir.

“Investor tua dan muda mencermati mata uang ‘alternatif’,” kata para ahli strategi JP Morgan dalam laporannya beberapa waktu lalu.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Patut diingat investasi di Bitcoin sangat fluktuatif. Investor dan trader-nya bisa untung besar dalam semalam dan memungkinkan juga rugi besar hanya dalam semalam.

Tak ada sentimen penggerak pasti Bitcoin kecuali soal permintaan dan penawaran.

Untuk diketahui, nilai tertinggi Bitcoin adalah US$ 19.665,39 per koin yang terjadi pada 2017 silam. Setelah harga Bitcoin sempat terjun bebas hingga menyentuh US$ 4.000 dan kini sudah berada di level US$ 12.000-an per koin.

 

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Vinsensius Sitepu. 18 Agustus 2020. PrediksiBitcoin: Rp222 Juta Akhir Tahun 2020. Blockchainmedia.id – https://bit.ly/34jRtR8
  • Bernadinus Adi Pramudita. 18 Agustus 2020. BitcoinDiprediksi Tembus Rp222 Juta di Akhir 2020. Wartaekonomi – https://bit.ly/34esRtm
  • Herdaru P. 18 Agustus 2020. HargaBitcoin Bisa Tembus Rp 210 Juta di Akhir 2020? Cnbcindonesia – https://bit.ly/3gbVxoU
  • Cindy Mutia Annur. 18 Agustus 2020. Tembus Rp 184,7 Juta, HargaBitcoin Diprediksi Rp 223 Juta Tahun Ini. Katadata.co.id – https://bit.ly/326bNmA
  • Roy Franedya. 18 Agustus 2020. Jangan Iri, TraderBitcoin Cuan Rp 7 Juta/Koin Dalam Semalam. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3g4azgA