Bos kekinian wajib tahu tentang cara perhitungan bonus karyawan. Biar lebih mudah, yuk ikuti artikel Finansialku kali ini, ya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Bonus  Sebagai Penguat Kinerja

Bonus karyawan sudah selayaknya diterima oleh semua karyawan setiap tahunnya, dan diberikan sebagai bentuk rasa terima kasih perusahaan atas loyalitasnya.

Bentuk bonus ini pun setiap perusahaan berbeda-beda jumlah dan bentuknya, tergantung kebijakan perusahaan tersebut. Tapi apakah Anda sebagai karyawan sudah mengetahui apa sebenarnya bonus tersebut?

 

Menerapkan Peraturan Bonus Karyawan

Jika ingin menerima bonus, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu apakah bonus yang dimaksud. Setelah itu, baru Anda mencari tahu bagaimana cara perhitungan bonus tahunan karyawan tersebut.

Sebagai informasi, bonus adalah sejumlah uang tambahan yang diberikan pada karyawan di luar gaji utama dalam setahun dan diberikan setiap setahun sekali.

Ada beberapa cara menerapkan peraturan atau menghitung bonus tahunan karyawan bagi perusahaan, yaitu menerapkannya berdasarkan:

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#1 Lama Kerja

Salah satu cara yang paling umum yang dijadikan syarat untuk menerapkan peraturan untuk mendapatkan bonus tahunan adalah lama bekerja.

Artinya bonus  tersebut bisa didapatkan dan jumlahnya sesuai dengan berapa lama Anda sudah bekerja di perusahaan tersebut.

Perusahaan sangat menghargai seorang karyawan yang sudah lama bekerja di sana dibandingkan yang masih baru, karena itu menunjukkan dedikasi dan loyalitas karyawan tersebut cukup tinggi.

Intip Cara Perhitungan Bonus Tahunan Karyawan untuk Para Bos Kekinian 01 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Menggunakan Bonus Dalam Mencapai Kebebasan Keuangan]

 

#2 Posisi Jabatan

Faktor kedua yang juga menentukan bonus adalah posisi Anda di perusahaan tersebut. Bonus seorang karyawan biasa dengan seorang manajer atau supervisor pasti berbeda cara perhitungannya.

Perbedaan tersebut juga menandai kalau perusahaan juga memberi sedikit penghargaan terhadap orang-orang dengan posisi lebih tinggi. Itu artinya tanggung jawab pekerjaannya juga lebih besar dibandingkan yang di bawahnya.

 

#3 Divisi atau Departemen

Selain dua hal di atas, ada juga hal lain yang menentukan besar bonus yang tidak bisa diganggu gugat.

Bagian divisi atau departemen dalam sebuah perusahaan pastinya lebih dari satu. Dengan demikian, untuk setiap divisi ada penanggung jawabnya masing-masing.

Oleh karena itu, setiap karyawan harus meminta pertanggungjawaban pada masing-masing divisi untuk menjalani pembagian bonus tersebut.

Penghitungan untuk masing-masing departemen akan terukur dan bisa dicek di bagian administrasi.

Dengan demikian, perhitungannya tentu lebih efektif dan transparan bagi para karyawan, baik itu dari divisi yang sama maupun berbeda.

Intip Cara Perhitungan Bonus Tahunan Karyawan untuk Para Bos Kekinian 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cari Tahu Perbedaan Insentif dan Bonus Secara Lengkap Di Sini!]

 

#4 Surat Peringatan Sanksi

Untuk tiga poin sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa semuanya adalah bergantung dari bagaimana cara dan kondisi Anda bekerja di perusahaan tersebut.

Tapi untuk peraturan yang terakhir sedikit berbeda karena berdasarkan kesalahan yang telah Anda lakukan.

Orang yang menerima surat peringatan akan mengalami perbedaan dalam hal menerima bonus tahunan, karena itu akan mengurangi nilai poin yang akan dimasukkan dalam rumus perhitungan bonus.

Hal ini akan membuat para karyawan merasa perlu untuk bertindak disiplin dan menghindari pelanggaran di masa mendatang.

 

Ragam Jenis Bonus Karyawan

Sebelum mengetahui cara menghitung bonus tersebut, Anda harus tahu apa saja jenis-jenis bonus yang biasa disediakan kantor atau perusahaan Anda untuk semua karyawan.

Beberapa jenis bonus tersebut diantaranya, bonus retensi, bonus tahunan, dan bonus akhir tahun.

Selain itu, juga ada rumus dalam menghitung bonus tersebut berdasarkan poin-poin yang sudah dijelaskan di atas. Adapun rumusnya adalah:

Bonus Tahunan = (Poin Masa Kerja x Level Jabatan x Departemen x Gaji) x Sanksi Surat Peringatan

 

Anda juga harus mengetahui apa pengertian dan perbedaan keempat bonus tersebut serta bagaimana peraturan dan penerapannya agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kesenjangan sosial.

Sebagai seorang yang bekerja dalam sebuah perusahaan, sangat perlu untuk mengetahui informasi seperti ini.

 

 

Apakah Anda menemukan formula yang tepat untuk memberikan bonus karyawan setelah membaca artikel ini? Ya, bagikan juga pada sesama pemilik usaha agar bisa memberikan bonus. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Bagaimana Peraturan Bonus Tahunan Karyawan yang Berlaku? Talenta.co – https://bit.ly/37yLKXq
  • Admin. Menghitung Bonus Tahunan Karyawan, Ini Contohnya! Talenta.co – https://bit.ly/3eakKjt

 

Sumber Gambar:

  • Bonus 1 – https://bit.ly/2Y92odg
  • Bonus 2 – https://bit.ly/2Y75w9u