Kemudahan adalah salah satu nilai tambah yang saat ini dicari oleh banyak orang. Menyadari hal ini, Bank BRI sebagai salah satu bank milik pemerintah, berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

Salah satunya adalah dengan meningkatkan kemudahan dalam menggunakan BRI Internet Banking. Mari simak artikel berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Keunggulan Layanan BRI Internet Banking

Bagi Anda nasabah BRI, kini BRI telah memiliki layanan BRI Internet Banking yang bisa Anda aktivasi dengan mudah.

Dengan menggunakan layanan internet banking ini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan perbankan non-tunai dengan lebih mudah.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, juga ada banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan mengaktifkan layanan internet banking dari BRI ini. Beberapa di antaranya adalah:

 

#1 Transaksi Bisa Dilakukan dari Mana saja dan Kapan saja

Ada kalanya Anda perlu melakukan transaksi dengan cepat, namun sulit mengakses ATM atau jauh dari kantor cabang BRI. Dengan memanfaatkan layanan internet banking, Anda dapat melakukan transaksi dari mana saja.

Selama Anda memiliki koneksi internet, maka transaksi dapat dilakukan meskipun Anda berada di daerah yang jauh dari akses ATM ataupun kantor cabang BRI terdekat.

Daftar dan Aktivasi BRI Internet banking Anda! Begini Cara Sederhananya! 02 Mobile Banking - Finansialku

[Baca Juga: Menyasar Milenial Penyuka Traveling, BRI Luncurkan Kartu Kredit Wonderful Indonesia]

 

Anda juga dapat melakukan transaksi tanpa harus menunggu jam operasional kantor cabang atau tanpa perlu khawatir keluar malam hari.

Karena layanan internet banking ini dapat diakses 24 jam baik dengan menggunakan smartphone ataupun PC.

 

#2 Tidak Perlu Perangkat Tambahan

Beberapa bank membutuhkan perangkat tambahan untuk bisa mengakses layanan internet banking yang mereka sediakan. Misalnya seperti perangkat tambahan untuk token.

Sedangkan pada layanan internet banking dari bank BRI, Anda tidak membutuhkan perangkat tambahan lain. Internet banking ini menggunakan sistem mToken sebagai pengaman.

Dengan menggunakan sistem ini. Sistem BRI akan mengirimkan PIN ke nomor ponsel yang terdaftar ketika Anda akan melakukan transaksi.

Dengan menggunakan sistem mToken ini, sistem internet banking dari BRI dapat terjamin keamanannya dan Anda juga tidak memerlukan adanya perangkat tambahan lain.

 

#3 Keamanan Situs yang Bisa Dipercaya

Internet Banking BRI menggunakan sistem keamanan berlapis pada situsnya. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan PIN sebagai konfirmasi yang akan dikirim ke nomor ponsel yang terdaftar.

Dengan begitu. PIN mToken Anda hanya akan diketahui oleh Anda saja.

Sistem keamanan yang digunakan oleh BRI ini menjaga Anda sebagai nasabah dari risiko pencurian data nasabah yang akan merugikan Anda. Misalnya seperti penggunaan akun secara ilegal, pencurian dana nasabah, dan risiko-risiko lainnya.

 

Adanya sistem keamanan berlapis ini menjamin ketenangan Anda dalam bertransaksi, karena data Anda tidak mungkin dicuri dan disalahgunakan oleh pihak lain.

 

#4 Interface yang Mudah Dimengerti

BRI menggunakan interface situs yang akan memudahkan siapapun penggunanya untuk bisa memanfaatkan semua fitur yang tersedia dalam BRI Internet Banking dengan lebih mudah.

Kemudahan interface pada situs BRI Internet Banking dibuat dengan instruksi yang jelas dan mudah dipahami. Sehingga, sekalipun Anda tidak terlalu internet savvy, tapi Anda tetap mampu menggunakan layanan ini dengan mudah.

Siapa saja yang dapat menggunakan layanan BRI Internet Banking ini?

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Siapapun yang telah terdaftar sebagai nasabah Bank BRI dapat menggunakan layanan ini.

Namun sebelum itu, Anda perlu melakukan pendaftaran dan aktivasi akun terlebih dahulu. Proses pendaftaran dan aktivasi ini cukup mudah. Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang akan dijabarkan dalam artikel ini.

 

Cara Mudah Aktivasi BRI Internet Banking

Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk melakukan registrasi BRI Internet Banking Anda, yaitu melalui customer service di kantor cabang atau melalui mesin ATM.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk bisa melakukan aktivasi BRI Internet Banking Anda. Proses aktivasi ini tidak memakan waktu lama. Bahkan tidak sampai satu hari hingga prosesnya selesai.

 

Persyaratan yang Dibutuhkan

Sebelum Anda melakukan aktivasi BRI Internet Banking, ada baiknya Anda menyiapkan dokumen-dokumen berikut ini:

  1. Kartu Tanda penduduk (KTP)
  2. Bukti kepemilikan rekening BRI. Dapat berupa buku tabungan ataupun kartu ATM.
  3. Memiliki nomor ponsel dari provider yang bermitra dengan BRI. Misalnya Telkomsel, Indosat, XL, ataupun Mobile 8.
  4. Memiliki email yang valid yang berguna untuk verifikasi transaksi lain selain mToken.

 

Registrasi dan Aktivasi Melalui Customer Service di Kantor Cabang

Setelah seluruh dokumen tersebut siap, Anda perlu datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan lokasi Anda.

Pastikan Anda membawa ponsel dengan nomor yang akan Anda daftarkan untuk aktivasi mToken. Pendaftaran mToken akan dilakukan pada saat Anda melakukan registrasi akun BRI Internet banking.

Pihak customer service akan membantu Anda melakukan registrasi dan aktivasi akun Internet Banking BRI Anda. Setelah proses pembuatan akun selesai, Anda perlu melakukan aktivasi mToken yang akan dibantu oleh pihak customer service bank.

Daftar dan Aktivasi BRI Internet banking Anda! Begini Cara Sederhananya! 03 Customer Service - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Beragam Produk Pinjaman Bank di Indonesia, Studi Kasus Pinjaman BRI]

 

Setelah mToken berhasil diaktivasi, maka Anda bisa menggunakan BRI Internet Banking Anda untuk berbagai kebutuhan.

Termasuk transfer dan pembayaran tagihan. Jika mToken Anda tidak diaktifkan, maka Anda hanya bisa menggunakan Internet Banking BRI Anda untuk cek saldo dan pemindahbukuan saja.

 

Registrasi Lewat ATM

Untuk melakukan registrasi melalui mesin ATM, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masukkan PIN ATM Anda
  2. Pilih “menu lainnya” kemudian pilih “Internet banking
  3. Masukkan enam digit password untuk akun internet banking Anda bisa memasukkan password yang berbeda dari PIN ATM Anda
  4. Input password kembali untuk konfirmasi dan Anda akan mendapatkan user ID internet banking Anda
  5. Proses registrasi selesai dan Anda akan mendapat struk dengan User ID dan password akun Internet Banking BRI Anda.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Aktivasi Akun Internet Banking BRI

Setelah Anda melakukan registrasi lewat ATM, selanjutnya Anda perlu melakukan aktivasi melalui situs Internet Banking BRI.

  1. Masukkan User ID dan Password yang ada pada struk ATM yang Anda dapatkan sebelumnya. Masukkan juga kode captcha ke kolom yang ada.
  2. Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman Syarat dan Ketentuan, setelah membaca dan mempelajari poin-poin tersebut, klik “setuju”.
  3. Anda akan diminta mengubah password akun IB BRI dan juga memasukkan email Anda yang valid
  4. Proses registrasi selesai dan Anda dapat menggunakan akun internet banking Anda untuk cek saldo dan pemindahbukuan.
  5. Jika Anda ingin dapat melakukan transfer, pembayaran tagihan, dan kegiatan perbankan lainnya, Anda perlu mendatangi kantor cabang terdekat untuk aktivasi mToken.

 

Aktifkan BRI Internet Banking Sekarang Juga!

Setelah mengetahui cara mudah daftar dan aktivasi BRI Internet Banking Anda.

Jika Anda sudah memiliki akun Internet Banking BRI, jangan lupa untuk menjaga keamanannya dengan tidak memberikan data akun Anda pada sembarang orang.

Selain itu, perhatikan juga untuk tidak menggunakan wifi umum untuk mengakses situs Internet Banking BRI, dan lakukan scan virus pada PC Anda secara berkala.

 

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda agar mengetahui cara mengaktivasi BRI Internet Banking dengan benar.

 

Sumber Referensi:                                                                                

  • Dyah Ikhsanti. 23 Agustus 2018. Cara Registrasi IB BRI Dengan Mudah Serta Manfaat Dan Tips Menggunakannya. Aturduit.com – https://goo.gl/ykQEsw

 

Sumber Gambar:

  • Internet Banking – https://goo.gl/XxBo3h
  • Mobile Banking – https://goo.gl/WYJ6Zg
  • Customer Service – https://goo.gl/9ksR6q