Apa saja produk pinjaman bank di Indonesia? Apakah Pinjaman BRI termasuk contoh produk pinjaman? Bank Rakyat Indonesia (BRI) kerap kali bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan produk perbankan yang dapat membantu masyarakat menengah ke bawah. Salah satu contohnya adalah berbagai produk pinjaman yang menarik dan memudahkan masyarakat. Ini dia beragam produk pinjaman bank di Indonesia, dan Finansialku memusatkan studi kasus pada produk pinjaman BRI.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengenal Produk Pinjaman BRI dan Istilah-istilahnya

Produk pinjaman yang ditawarkan oleh BRI memang beragam, namun sebelum Anda mengajukan pinjaman sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu berbagai jenis pinjaman dan istilah-istilah dalam proses pinjam-meminjam uang di BRI. Adapun beberapa istilah umum yang digunakan dalam produk pinjaman BRI adalah:

  1. Kreditur adalah pihak bank atau lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman
  2. Debitur adalah pihak nasabah yang dapat mengajukan peminjaman uang atau  memperoleh kredit.
  3. Tenor adalah jangka waktu angsuran yang wajib dibayarkan.
  4. Angsuran yaitu jumlah uang yang harus dibayarkan pada tiap periode.
  5. Bunga merupakan imbalan yang dibayarkan berupa persentase dari jumlah pinjaman sebagai ganti jasa peminjaman uang.
  6. Bunga Flat adalah nilai bunga yang memperhitungkan total utang dari nilai pinjaman yang diajukan secara rata.
  7. Bunga Efektif merupakan nilai bunga yang memperhitungkan sisa pinjaman (sisa cicilan yang akan dibayarkan akan mengecil setiap tahunnya).
  8. Floating adalah besaran nilai bunga yang berubah-ubah besarnya bergantung pada kondisi pasar.
  9. Fixed adalah besaran nilai bunga yang tetap dari awal hingga jangka waktu tertentu.
  10. Jatuh tempo merupakan waktu yang ditentukan oleh pihak bank dimana nasabah wajib membayarkan angsurannya dengan tepat waktu sesuai dengan tanggal tersebut.
  11. Penalti yaitu biaya yang wajib dibayarkan oleh debitur jika melunasi pinjaman lebih cepat dari waktu yang telah disepakati.

 

Ini Dia Beragam Produk Pinjaman Bank di Indonesia, Studi Kasus Pinjaman BRI 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pertanyaan yang Sering Diajukan untuk Kredit Tanpa Agunan]

 

Setelah Anda mengenal istilah-istilah umum dalam pinjaman BRI, maka kini Anda dapat mengetahui dan mengenal berbagai jenis pinjaman dari BRI. Finansialku akan menjabarkan beragam produk pinjaman bank di Indonesia, dan memusatkan studi kasus pada produk pinjaman BRI.

 

#1 Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI

KUR BRI merupakan salah satu jenis produk pinjaman BRI untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dengan usaha produktif dan layak dengan suku bunga yang ringan yaitu suku bunga efektif 9% per tahunnya. Suku bunga yang rendah dapat diperoleh akibat subsidi dari pemerintah sehingga walaupun banyak bank lainnya yang menawarkan produk sejenis, masyarakat lebih memilih KUR BRI. Terdapat 3 jenis KUR yang tersedia, yakni:

  1. KUR Ritel. Kredit Modal Kerja dan atau Investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak dengan plafond kurang dari Rp25 juta sampai dengan Rp500 juta per debitur.
  2. KUR Mikro. Kredit Modal Kerja dan atau Investasi dengan plafond sampai dengan Rp25 juta per debitur.
  3. KUR TKI. Kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan perjalanan calon TKI ke negara penempatan dengan plafond sampai dengan Rp25 juta.

 

#2 Pinjaman Mikro (KUPEDES) BRI

Pinjaman Mikro BRI merupakan salah satu jenis pinjaman dari BRI yang bersifat umum untuk seluruh sektor ekonomi, baik bagi individu atau badan usaha menengah ke bawah. KUPEDES pada dasarnya hampir serupa dengan KUR, dan dibuat sebagai pengganti KUR setelah seluruh dana KUR telah habis tersalurkan.

Tujuan utama dari KUPEDES sendiri adalah untuk mendukung kebutuhan pembiayaan seluruh jenis usaha dalam memenuhi kebutuhan modal kerja dan investasi serta mendukung kebutuhan dana lainnya seperti biaya pendidikan, perbaikan rumah, dan sebagainya. Prosedur pengajuannya cukup sederhana karena agunan yang diajukan tidak memerlukan sertifikat, angsuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan, bebas biaya provisi, serta terdapat bonus jika Anda membayar angsuran tepat waktu.

Keunikan dari kredit KUPEDES yaitu Anda dapat mengajukan pinjaman walaupun usaha yang Anda miliki belum memiliki legalitas asalkan Anda menyertakan surat keterangan usaha dari kepala desa atau lurah setempat. Oleh karena itu, KUPEDES merupakan salah satu solusi alternatif jika Anda terkendala dalam mengajukan KUR Mikro atau KUR Ritel.

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Sebaiknya Digunakan Untuk Apa KTA Untuk Bisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Sebaiknya Digunakan Untuk Apa? KTA Untuk Bisnis?]

 

#3 Pinjaman Ritel: Komersial dan Menengah

Jenis pinjaman dana usaha yang ditawarkan oleh BRI untuk ritel komersial dan menengah terbagi menjadi 6 jenis, yaitu:

  1. Kredit Modal Kerja. Fasilitas kredit untuk membiayai operasional usaha seperti pengadaan bahan baku dan proses produksi dengan suku bunga bersaing.
  2. Supply Chain Financing (SCF). Kredit untuk memenuhi kebutuhan modal supply chain dan menjadi solusi bagi nasabah korporasi untuk mendapatkan fleksibilitas dalam penetapan Terms of Payment tanpa mengorbankan arus kas Supplier (Vendor) atau Buyer (Distributor).
  3. Kredit Investasi. Fasilitas kredit demi membiayai barang modal atau aktiva tetap perusahaan seperti kebutuhan mesin dalam jangka menengah atau jangka panjang.
  4. Kredit Waralaba. Fasilitas kredit bagi individu perorangan atau badan usaha yang akan memulai usaha waralaba dan membutuhkan dana investasi sebagai pendukung usahanya.
  5. Kredit Agunan Kas. Fasilitas kredit dimana seluruh agunan atau jaminannya merupakan giro atau deposito dan sering disebut juga dengan fully cash collateral.
  6. Bank Garansi. Jaminan kepastian bagi pemilik proyek atas kesepakatan kontrak kerja yang bertujuan mendukung kelancaran pengerjaan proyek pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

 

Biaya-Biaya Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Anda Melakukan Pengajuan Kartu Kredit Online 02 - Finansialku

[Baca Juga: Biaya-Biaya Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Anda Melakukan Pengajuan Kartu Kredit Online]

 

#4 Kredit Tanpa Agunan (KTA) BRI

Kredit tanpa agunan BRI merupakan jenis kredit dari pihak bank yang tidak membutuhkan jaminan berupa aset berharga dari debitur sebagai syarat pengajuannya. Pihak bank biasanya mempertimbangkan persetujuan pengajuan KTA berdasarkan riwayat kredit Anda. 3 jenis KTA yang ditawarkan oleh BRI diberi nama dengan Briguna dan perbedaan antara ketiganya adalah:

  1. Briguna Karya. Kredit yang diberikan oleh pihak BRI dimana sumber pembayarannya merupakan sumber penghasilan tetap (gaji).
  2. Briguna Purna. Kredit yang diberikan oleh pihak BRI dimana sumber pembayarannya merupakan sumber penghasilan tetap (uang pensiun).
  3. Briguna Umum. Kredit yang diberikan oleh pihak BRI dimana sumber pembayarannya merupakan sumber penghasilan tetap (gaji) selama periode pegawai aktif hingga masa pensiun.

Ketiga jenis pinjaman ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pembelian barang bergerak atau tidak bergerak, perbaikan rumah, pernikahan, pengobatan, dan lain-lain.

 

#5 Pinjaman Program

Pinjaman program merupakan produk kredit investasi sebagai solusi penambah modal dalam program yang terbagi dalam 3 jenis, yaitu:

  1. Kredit Pangan. Fasilitas kredit investasi dalam bidang pangan dengan tujuan mendukung kedaulatan pangan dan kemaritiman meliputi sektor ekonomi produksi, home industry, dan perdagangan.
  2. Resi Gudang. Fasilitas kredit dengan jaminan berupa resi gudang bagi para petani, kelompok tani, gapoktan, dan koperasi.
  3. Pinjaman Kemitraan. Fasilitas kredit dengan tujuan membiayai modal kerja atau pembelian aktiva tetap demi meningkatkan produksi atau penjualan.

 

Kiat Sukses Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA) 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Sukses Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA)]

 

#6 Kartu Kredit

Salah satu fasilitas kredit jangka pendek dengan tujuan memudahkan proses transaksi nasabah dengan berbagai keuntungan seperti promo pada ritel atau merchant tertentu hingga berbagai fasilitas menarik lainnya. Jenis kartu kredit yang ditawarkan oleh BRI tersedia dalam 2 pilihan, yaitu:

  1. Jenis kredit yang menawarkan kemudahan transaksi dengan berbagai promo menarik di pilihan supermarket, café, e-commerce, dan ritel-ritel lainnya. Nikmati juga fasilitas executive airport lounge bagi para traveler pemilik BRI JCB Platinum.
  2. Merupakan kartu kredit yang diterima di seluruh dunia dengan suku bunga yang terjangkau dengan fasilitas pembayaran minimum dan tentunya executive airport lounge bagi pemilik kartu BRI Gold. Nikmati juga berbagai kelebihan seperti promo pada ritel-ritel tertentu dalam periode waktu terbatas.

 

Kartu Kredit Cara Pemakaian yang Benar vs Cara Pemakaian yang Salah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kartu Kredit: Cara Pemakaian yang Benar vs Cara Pemakaian yang Salah]

 

#7 Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BRI

Dengan semakin tingginya biaya kebutuhan hidup, kini semakin sedikit masyarakat yang mampu membeli rumah sendiri. Dengan peningkatan permintaan akan produk ini, maka BRI menyediakan produk KPR dengan syarat pengajuan dan prosedur yang cukup mudah. Terdapat 2 jenis KPR yang disediakan oleh BRI untuk kemudahan Anda, yakni:

  1. KPR BRI. Fasilitas kredit yang bertujuan membantu Anda memperoleh hunian sesuai dengan keinginan Anda dengan bunga ringan dan jangka waktu hingga 20 tahun. Objek yang termasuk dalam KPR BRI adalah rumah tinggal, apartemen, condotel, ruko atau rukan dan berlaku baik untuk pembelian, pembangunan, renovasi, hingga take over dari bank lain.
  2. KPRS BRI. KPR Sejahtera (KPRS) merupakan fasilitas KPR dari BRI untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan gaji pokok rata-rata kurang dari Rp4 juta. KPR jenis ini hanya berlaku di beberapa kota di Indonesia saja dengan suku bunga fixed 5% selama 20 tahun atau hingga batas usia pensiun.

 

#8 Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BRI

BRI juga tentunya menyediakan fasilitas kredit untuk membantu Anda memperoleh kendaraan bermotor idaman Anda di tengah maraknya penyediaan jasa kredit kendaraan bermotor cepat dan mudah. Beberapa jenis KKB yang ditawarkan oleh BRI antara lain:

  1. KKB Mobil baru dan bekas. KKB bebas biaya provisi dengan tujuan membantu Anda memperoleh kendaraan baru atau bekas dengan suku bunga kompetitif dan berlaku untuk semua jenis mobil.
  2. KKB Refinancing. Berbeda dengan KKB pada umumnya, KKB Refinancing memungkinkan Anda untuk memperoleh dana cepat dengan menjaminkan kendaraan bermotor yang telah Anda miliki dengan bebas biaya provisi dan memiliki jangka waktu sampai dengan 4 tahun serta berlaku untuk semua jenis mobil.
  3. KKB Harley Davidson. KKB ini memberi Anda kemudahan untuk memiliki motor Harley Davidson milik Anda sendiri. Serupa dengan jenis KKB BRI lainnya, diberikan fasilitas bebas biaya provisi dan berlaku untuk semua jenis motor Harley Davidson dengan jangka waktu sampai dengan 3 tahun.

 

Ilustrasi Siapa Bilang Ga Boleh Utang! Boleh Kredit untuk Beli Aset, Tapi Jangan Kredit untuk Liabilitas 1 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Siapa Bilang Ga Boleh Utang! Boleh Kredit untuk Beli Aset, Tapi Jangan Kredit untuk Liabilitas]

 

Tertarikkah Anda dengan Produk Pinjaman BRI?

Dengan menjamurnya produk perbankan dewasa ini, maka pihak bank saling bersaing untuk menawarkan produk yang menarik dan bermanfaat bagi para nasabahnya, demikian pula halnya dengan BRI. BRI menawarkan berbagai produk termasuk produk pinjaman yang tentunya dapat Anda pilih dan manfaatkan demi memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Melihat sederetan produk pinjaman tersebut, manakah yang membuat Anda tertarik untuk mengajukannya?

 

Disclaimer: Penyebutan merek dan pembahasan produk bank BRI hanya bertujuan sebagai sarana edukasi dan pengetahuan bagi para pembaca, bukan untuk tujuan merekomendasikan produk kredit pada bank tersebut.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai produk pinjaman bank di Indonesia terutama di BRI lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Uang Teman. 18 Januari 2016. Jenis dan Istilah Pinjaman BRI yang Populer. Uangteman.com – https://goo.gl/8LL9Nf
  • Isna Wulandari. Aneka Jenis Produk Kredit Pinjaman Dari Bank BRI 2017 Beserta Definisinya. Centrausaha.com – https://goo.gl/F4yt4B
  • Official Website BRI – https://goo.gl/BiVe4X

 

Sumber Gambar:

  • Bank BRI – https://goo.gl/zjxRVu dan https://goo.gl/PPjmTC

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana