Apakah Anda berencana untuk melakukan pengajuan kartu kredit online? Apa saja biaya-biaya kartu kredit? Melalui artikel ini, Finansialku akan membahas mengenai biaya-biaya yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pengajuan kartu kredit online.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Biaya Kartu Kredit

Keputusan melakukan pengajuan kartu kredit online dapat dianggap sebagai keputusan finansial yang cukup besar. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan keputusan tersebut, termasuk biaya-biaya kartu kredit yang mungkin Anda perlukan, Sebab meskipun Anda melakukan pembayaran kartu kredit tepat waktu, seringkali tetap ada biaya lain yang perlu Anda bayarkan.

Biaya-Biaya Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Anda Melakukan Pengajuan Kartu Kredit Online 02 - Finansialku

[Baca Juga: Memilih Kartu Kredit Sesuai dengan Fitur yang Dibutuhkan]

 

#1 Biaya Tahunan

Setiap tahunnya, pihak penyelenggara kartu kredit akan membebankan sejumlah biaya pada tagihan pertama kartu kredit Anda. Biaya ini merupakan biaya tahunan yang akan dibebankan pada setiap satu tahun Anda menggunakan kartu kredit. Besaran biaya tahunan kartu kredit berbeda-beda tergantung kepada bank penyedia kartu kredit serta jenis kartu kredit yang Anda gunakan, seperti classic, gold, platinum, atau yang lainnya.

 

#2 Biaya Materai

Meskipun tidak terlalu besar, namun akan lebih baik bila Anda mempersiapkan adanya biaya materai. Biaya ini dibebankan apabila Anda membayar tagihan dalam jumlah tertentu yang ditetapkan oleh bank.

 

#3 Biaya Keterlambatan

Biaya ini akan dibebankan kepada Anda apabila Anda terlambat membayar tagihan kartu kredit Anda. Biaya keterlambatan biasanya dibebankan dalam persentase tertentu dari total tagihan Anda. Pada umumnya, biaya keterlambatan berkisar 3% dari total tagihan Anda, namun ada beberapa bank yang menetapkannya dalam batas maksimum. Ada baiknya Anda menanyakan besaran biaya keterlambatan ini atau membaca dengan baik syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melakukan pengajuan kartu kredit.

Kredit Macet Ngelunasin Kartu Kredit atau KPR Dulu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kredit Macet: Ngelunasin Kartu Kredit atau KPR Dulu?]

 

#4 Biaya Bunga

Biaya bunga biasanya dibebankan saat Anda melakukan pembelian dengan sistem kredit. Besaran maksimal biaya bunga telah ditentukan dan berubah tergantung kebijakan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

 

#5 Biaya Kelebihan Pemakaian

Setiap kartu kredit memiliki limit yang sudah ditentukan. Pemakaian kartu kredit melebihi ketetapan limit akan memberikan beban tambahan yang harus Anda bayarkan.

 

#6 Biaya Tarik Tunai

Bagi Anda yang sering menggunakan kartu kredit untuk melakukan penarikan tunai, sebaiknya Anda memilih bank dengan biaya tarik tunai yang rendah. Sehingga tagihan kartu kredit yang harus Anda bayarkan tidak terlalu besar. Pada umumnya, biaya tarik tunai berkisar 3-6% dari jumlah uang yang ditarik dan tergantung kepada ketentuan bank penyedia kartu kredit.

Selain Syarat Membuat Kartu Kredit, Apa Saja yang Harus Anda Tanyakan Saat Apply Kartu Kredit Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Syarat Membuat Kartu Kredit, Apa Saja yang Harus Anda Tanyakan Saat Apply Kartu Kredit Online?]

 

#7 Biaya Konversi Mata Uang Asing

Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri atau melakukan pembelian di situs belanja online luar negeri, layanan konversi mata uang mungkin akan cukup memudahkan transaksi Anda. Akan tetapi, bank memiliki ketetapan terhadap biaya konversi atas penggunaan kartu kredit dengan menggunakan mata uang asing. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu mengenai nilai tukar yang ditawarkan bank penyedia kartu kredit, sebab beberapa bank bahkan menawarkan nilai tukar mata uang dengan harga yang bersaing.

 

#8 Biaya Salinan Tagihan

Di samping biaya-biaya yang telah disebutkan, Anda juga akan dikenai biaya salinan tagihan apabila Anda meminta salinan tagihan dalam bentuk cetak. Biaya ini umumnya berkisar antar Rp5.000 hingga Rp35.000 tergantung jenis kartu kredit dan bank penyedia kartu kredit Anda. Sebagai alternatif, Anda dapat meminta pihak bank untuk memberikan Anda salinan tagihan dalam bentuk email.

 

#9 Biaya Penggantian Kartu

Jika Anda kehilangan kartu, atau kartu Anda rusak, Anda dapat melakukan penggantian kartu. Namun, tentu saja ada biaya tambahan lain yang perlu Anda bayarkan dengan besaran yang berbeda tergantung kebijakan bank penyedia kartu kredit Anda.

Pahami 3 Cara Jitu untuk Menghadapi Kredit Macet 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami 3 Cara Jitu untuk Menghadapi Kredit Macet]

 

#10 Biaya Pembatalan Cicilan

Apabila Anda melakukan pelunasan cicilan sebelum jangka waktu cicilan berakhir, Anda juga akan dikenakan biaya tambahan yang berbeda-beda tergantung bank penyedia kartu kredit Anda. Namun, pada umumnya biaya pembatalan cicilan berkisar antara Rp200.000 hingga Rp250.000.

 

#11 Biaya Pengembalian Cek/Giro

Biaya Pengembalian Cek/Giro akan dibebankan kepada Anda apabila Anda melakukan pembayaran tagihan kartu kredit dengan menggunakan cek/giro yang harus diproses menggunakan kliring lebih dulu. Biaya pengembalian cek/giro pada umumnya sekitar Rp25.000.

 

Kenali Biaya Kartu Kredit Sebelum Pengajuan Kartu Kredit Online

Dengan mengetahui biaya-biaya yang akan Anda keluarkan saat memiliki kartu kredit, Anda dapat lebih mudah menghitung biaya tagihan yang akan dibebankan dengan Anda dan apakah sepadan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan memiliki kartu kredit tersebut.

 

Apakah Anda sudah memiliki kartu kredit sebelumnya? Bagaimana pengalaman Anda selama menggunakan kartu kredit? Bagikan pengalaman Anda di kolom komentar serta bagikan informasi yang tertera di atas kepada rekan dan kenalan agar mereka dapat lebih berhati-hati dalam melakukan pengajuan kartu kredit, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • 7 Juli 2015. 12 Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui. Cermati.com – https://goo.gl/dZWydo
  • JTO. 29 April 2014. 10 Biaya Kartu Kredit yang Wajib Anda Kenali. Cekaja.com – https://goo.gl/C0QULL

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit dan Uang – https://goo.gl/KXjoaM
  • Lup dan Uang – https://goo.gl/p0LHjA

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang