Bagaimana cara memilih kartu kredit sesuai dengan fitur yang dibutuhkan? Anda mungkin merasakan keuntungan kartu kredit yaitu memudahkan transaksi sehari-hari. Namun ternyata terdapat beberapa fitur kartu kredit lainnya yang dapat Anda manfaatkan.

Fitur seperti apakah yang sesuai bagi Anda? Mari kita simak bagaimana cara memilih kartu kredit sesuai dengan fitur yang dibutuhkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Fitur yang Ditawarkan oleh Kartu Kredit

Walaupun kartu kredit memberikan banyak manfaat bagi Anda, penggunaan kartu kredit berlebihan dapat menjadi pemicu kehancuran finansial. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memilih kartu kredit dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja.

Melalui artikel ini, Finansialku akan membantu menjabarkan beberapa cara untuk memilih kartu kredit sesuai fitur yang dibutuhkan.

Memilih Kartu Kredit Sesuai dengan Fitur yang Dibutuhkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit serta Apa Untung Ruginya Kartu Kredit?]

 

#1 Pencairan Uang Tunai

Kini, terdapat sebuah fitur kartu kredit dimana Anda dapat mencairkan sejumlah uang seperti layaknya kartu debit selama jumlah uang yang dicairkan tidak melebihi limit kartu kredit Anda. Namun fitur ini cukup berbahaya apabila tidak dikelola dengan baik.

Mengapa demikian? Ternyata pencairan dana tersebut umumnya dikenai bunga pinjaman yang cukup tinggi dan biasanya terdapat biaya administrasi (fee) tertentu.

Melalui Surat Edaran BI (SEBI) No.14/34/DASP, Bank Indonesia menetapkan biaya penarikan sebesar 2,95% per bulan. Biaya ini belum termasuk biaya administrasi yang juga akan dibebankan kepada pengguna kartu kredit.

 

#2 Program Cicilan dengan Bunga 0%

Mungkin Anda sudah sering melihat beberapa iklan yang menawarkan program cicilan dengan bunga 0% jika Anda menggunakan kartu kredit tertentu. Fitur ini memungkinkan Anda membeli barang impian Anda dengan cicilan tanpa biaya tambahan karena bunga cicilan.

Namun berhati-hatilah saat menggunakan fitur ini karena Anda perlu membayarnya tepat waktu dan biasanya terdapat ketentuan retailer bahwa produk yang dibeli dengan sistem ini tidak dapat ditukar atau dikembalikan.

 

#3 Nilai Tukar Mata Uang Asing

Fitur menarik lainnya yang sering ditawarkan oleh kartu kredit adalah bahwa kartu tersebut dapat digunakan di luar negeri. Dengan demikian, Anda tidak perlu membawa banyak uang tunai jika bepergian ke luar negeri.

Namun yang berbeda-beda dari tiap kartu kredit adalah konversi nilai mata uang yang ditawarkan. Jika Anda sering bepergian ke mancanegara, maka Anda mungkin menginginkan fitur kartu kredit seperti ini dengan nilai tukar yang cukup terjangkau.

Namun perlu diingat juga bahwa biasanya dikenakan sejumlah biaya (fee) untuk transaksi di luar negeri sehingga nilai tukar bukan hanya satu-satunya pertimbangan dalam memilih kartu kredit.

Waspada! Daftar Modus Penipuan Kartu Kredit yang Harus Anda Ketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga: Waspada! Daftar Modus Penipuan Kartu Kredit yang Harus Anda Ketahui]

 

#4 Transfer Tagihan

Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk memindahkan tagihan Anda dari kartu lama ke kartu baru dengan bunga pinjaman yang lebih murah dimana jumlah yang biasanya diperbolehkan untuk dipindahkan mencapai 80% jumlah tagihan.

Namun tentunya ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan fitur ini, yaitu Anda hanya memiliki waktu 6 atau 12 bulan untuk membayar tagihan dengan bunga rendah sebelum bunganya kembali normal.

 

#5 Promosi Perkenalan

Pihak bank umumnya memberi promosi perkenalan pada awal Anda menggunakan kartu kredit Anda untuk menarik pengguna baru. Beberapa promosi yang biasanya diberikan antara lain adalah bunga 0% untuk transfer tagihan selama 6 atau 12 bulan pertama atau bunga rendah atau bahkan bunga 0% bagi penggunaan kartu kredit dalam 6 atau 12 bulan pertama.

 

#6 Penawaran Reward atau Poin

Penawaran yang cukup menarik dari kartu kredit adalah pemberian reward atau poin setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Poin tersebut biasanya dapat digunakan untuk ditukarkan dengan cashback, voucher belanja, atau hadiah lainnya seperti voucher gratis menginap di hotel berbintang.

Keuntungan 5 Kartu Kredit untuk Menikmati Fasilitas Airport Lounge 01 - Finansialku

[Baca Juga: Keuntungan 5 Kartu Kredit untuk Menikmati Fasilitas Airport Lounge]

 

#7 Keuntungan Travelling

Fitur kartu kredit yang biasanya dicari oleh para traveler atau pebisnis yang sering melakukan dinas di luar negeri adalah frequent flyer miles.

Dengan mengumpulkan air miles untuk setiap transaksi menggunakan kartu kredit tersebut yang dapat ditukar dengan berbagai keuntungan, antara lain akses gratis ke berbagai airport lounge di seluruh dunia, tiket pesawat gratis, peningkatan kelas kursi pesawat, dan sebagainya.

 

#8 Potongan Harga di Retail Tertentu

Biasanya kartu kredit bekerja sama dengan retail tertentu sehingga memungkinkan Anda untuk memperoleh sejumlah potongan harga jika berbelanja menggunakan kartu kredit tersebut. Jumlah diskon yang diberikan bervariasi sesuai kesepakatan pihak bank dan retail tersebut.

Perlu diingat bahwa biasanya terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu Anda teliti sebelum melakukan transaksi, misalnya minimal pembelian atau waktu berlakunya potongan harga.

Apakah Bisnis, Pilih Kredit Multi Guna, KTA, Kartu Kredit, Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisnis, Pilih Kredit Multi Guna, KTA, Kartu Kredit, Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja?]

 

Pilih Fitur Kartu Kredit yang Sesuai

Selain fitur-fitur menarik yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak fitur lain yang ditawarkan oleh kartu kredit untuk kenyamanan Anda. Namun, sebaiknya Anda memilih dan menggunakannya secara cermat agar tidak menjadi kerugian bagi Anda.

Berbagai fitur yang diberikan memiliki beberapa syarat dan biaya administrasi yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya. Hindari malapetaka keuangan dengan menggunakan kartu kredit Anda secara bijak dan cermat.

 

Apakah Anda sudah memilih kartu kredit sesuai fitur yang dibutuhkan? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • MoneySmart Learning Center. What Features do Credit Cards Have? (Part 1). Moneysmart.sg – https://goo.gl/pS6Fbs
  • MoneySmart Learning Center. What Features do Credit Cards Have? (Part 2). Moneysmart.sg – https://goo.gl/ZAdSHT
  • Duit Pintar. 4 Maret 2015. Kartu Kredit yang Bermanfaat Itu Adalah yang Menawarkan Fasilitas-Fasilitas Berguna Seperti Ini. Duitpintar.com – https://goo.gl/1w2buX

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit – https://goo.gl/BMfE92
  • Penggunaan Kartu Kredit – https://goo.gl/mxzLaF

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang