Bagaimana cara kerja kartu kredit serta apa untung ruginya kartu kredit sehingga kartu kredit akan membantu dan bukannya menghancurkan keuangan Anda? Kartu kredit merupakan sebuah produk yang dapat memudahkan pengaturan keuangan Anda atau bahkan menjadi malapetaka keuangan, tergantung dari bagaimana Anda menggunakannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa Itu Kartu Kredit?

Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa kartu kredit merupakan sebuah produk finansial yang ditawarkan pihak bank untuk membantu Anda melakukan transaksi dengan cara meminjam sejumlah uang dalam jangka waktu singkat seperti layaknya kredit.

Anda dapat memperolehnya dengan mengisi sejumlah formulir pengajuan kartu kredit dan jika pengajuan Anda diterima, maka Anda akan menerima sebuah kartu kredit dengan limit tertentu.

Kemudian bagaimana cara kerja kartu kredit dan apa untung ruginya kartu kredit? Melalui artikel ini, Finansialku akan membantu Anda untuk memahami seluk beluk kartu kredit agar dapat menggunakannya dengan baik.

Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit serta Apa Untung Ruginya Kartu Kredit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Waspada! Daftar Modus Penipuan Kartu Kredit yang Harus Anda Ketahui]

 

Cara Kerja Kartu Kredit

Kartu kredit pada dasarnya memungkinkan Anda bertransaksi dengan memanfaatkan kredit dari pihak bank dengan jangka waktu dan limit tertentu. Limit tersebut ditentukan oleh pihak bank berdasarkan estimasi pihak bank terhadap kemampuan Anda untuk membayar.

Umumnya jangka waktu yang diberikan adalah satu bulan, sehingga Anda perlu membayar tagihan tersebut pada akhir bulan. Banyak orang yang salah kaprah dan menggunakan kartu kredit tanpa memikirkan pembayarannya, dan inilah yang seringkali menjadi inti permasalahan kartu kredit.

Kartu kredit merupakan alat bantu untuk kredit jangka pendek yang wajib Anda bayar kemudian, bukan berarti pihak bank akan membayar transaksi Anda. Jika Anda tidak mampu untuk membayar tepat waktu, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan atau denda.

Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Membuat Kartu Kredit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Membuat Kartu Kredit]

 

Secara umum, cara kerja kartu kredit adalah sebagai berikut:

  1. Untuk dapat menggunakan kartu kredit dalam transaksi, Anda wajib menyerahkan kartu kredit Anda kepada pihak penjual.
  2. Proses validasi terjadi saat kartu diinput atau digesek, dan dapat terjadi penolakan apabila:
    • Anda belum melakukan aktivasi kartu kredit
    • Anda melampaui limit kartu kredit
    • Anda terlambat dalam melakukan pembayaran
    • Adanya penahanan dana
    • Koneksi internet retailer terhambat
  3.  Setiap Anda melakukan tahap 1 dan 2, maka Anda akan menambah jumlah debit dalam kartu kredit Anda.
  4. Setiap bulannya, akan muncul tagihan yang mencakup seluruh transaksi Anda dalam bulan terkait. Idealnya, Anda diharapkan untuk membayar secara penuh sebelum tenggat waktunya karena jika tidak, Anda akan dikenakan denda akibat pembayaran yang terlambat.
  5. Sejarah Kredit. Bagian terpenting dalam penggunaan kartu kredit dimana jika Anda melakukan pembayaran dengan tepat waktu dan menghindari tingginya saldo kredit Anda, maka nilai sejarah kredit Anda akan baik. Sejarah kredit ini menunjukkan tanggung jawab finansial Anda, yang akan memudahkan Anda untuk meminjam uang atau melakukan kredit pemilikan rumah atau kendaraan bermotor nantinya.

Kesalahan Terbesar Penggunaan Kartu Kredit bagi Pemula dan Penanganannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kesalahan Terbesar Penggunaan Kartu Kredit bagi Pemula dan Penanganannya]

 

Keuntungan Kartu Kredit

Kartu kredit dapat berguna bagi Anda, namun juga dapat berbahaya bagi keuangan Anda. Agar dapat memaksimalkan keuntungannya, maka Anda harus bijak dalam menggunakannya. Kelebihan utama kartu kredit adalah kemudahan bertransaksi karena dengan adanya kartu kredit, Anda tidak perlu membawa segepok uang tunai yang memenuhi dompet Anda. Namun di samping kemudahan, terdapat beberapa keuntungan besar kartu kredit, antara lain:

  1. Mudah dibawa dan digunakan
  2. Lebih aman
  3. Memungkinkan transaksi sekarang dan membayar kemudian
  4. Terlindungi
  5. Adanya potongan harga atau bonus tambahan
  6. Membantu Anda membangun sejarah kredit

Kartu Kredit Jangan untuk Berutang, tetapi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Terbaik Menyelesaikan Utang Kartu Kredit]

 

Kerugian Kartu Kredit

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kartu kredit juga dapat membahayakan keuangan Anda jika tidak digunakan secara bijak dan cerdas. Beberapa kerugian kartu kredit antara lain adalah:

  1. Bunga tinggi. Jika Anda tidak mampu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu, maka Anda akan dikenakan denda dengan bunga yang tidak sedikit.
  2. Kemungkinan terjebak utang. Apabila Anda melewatkan pembayaran transaksi berulang-ulang, besar kemungkinan Anda akan terlilit utang yang tiada habisnya, dengan denda yang semakin menumpuk.
  3. Adanya biaya tambahan. Penggunaan kartu kredit umumnya dikenai biaya tambahan seperti biaya tahunan kartu kredit atau biaya meterai.
  4. Penahanan dana atau deposit. Jika Anda menggunakan kartu kredit dalam transaksi hotel, ada kemungkinan sejumlah dana ditahan sebagai deposit yang akan dipotong jika Anda mengonsumsi Mini Bar atau merusak fasilitas hotel.
  5. Biaya tinggi di luar negeri. Umumnya kartu kredit menetapkan konversi mata uang asing yang cukup tinggi dan mampu membuat tagihan kartu kredit Anda membengkak jika digunakan di luar negeri.

Bagaimana Cara Menghilangkan Biaya Tambahan Kartu Kredit 1 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Biaya Tambahan Kartu Kredit?]

 

Gunakan Kartu Kredit Secara Bijak dan Cerdas

Kartu kredit dapat bermanfaat dan tidak merugikan jika Anda menggunakannya secara bijak dan cerdas. Hindari penggunaan kartu kredit di luar batas kemampuan Anda untuk menghindari lilitan utang yang tiada habisnya. Gunakanlah kartu kredit sesuai tujuannya, yaitu memudahkan transaksi dengan memungkinkan kredit jangka pendek tanpa bunga dari bank.

 

Apakah Anda mengetahui untung rugi kartu kredit lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Laura Adams. 27 Desember 2011. How Do Credit Cards Really Work?. Quickanddirtytips.com – https://goo.gl/7A48uT
  • The Money Advice Service. A simple guide to credit cards. Moneyadviceservice.org.uk – https://goo.gl/0VVTf2
  • Money Smart Learning Center. What Are The Benefits of Using a Credit Card?. Moneysmart.sg – https://goo.gl/Yqm2Zf
  • Money Smart Learning Center. How Do Credit Cards Work?. Moneysmart.sg – https://goo.gl/M0Je1T

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit – https://goo.gl/e28wui dan https://goo.gl/Tbyy7U

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang