Kesalahan Terbesar Penggunaan Kartu Kredit bagi Pemula dan Penanganannya

Kesalahan terbesar penggunaan kartu kredit bagi pemula adalah mereka menggunakan kartu kredit tersebut tanpa bertanggung jawab. Kali ini Finansialku akan menunjukkan beberapa kesalahan tersebut beserta apa yang seharusnya dilakukan pemula untuk terhindar dari kesalahan tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Planner

 

Kartu Kredit untuk Pemula

Menggunakan kartu kredit merupakan surga bagi para pecinta shopping. Anda tidak perlu kesulitan membawa uang tunai pada saat belanja dan hanya perlu bergantung dengan sebuah kartu kredit. Kartu kredit ditawarkan oleh pihak bank untuk memfasilitasi penggunanya, tidak hanya untuk kemudahan transaksi tetapi juga disediakan dengan berbagai macam penawaran serta promosi.

Kesalahan Terbesar Penggunaan Kartu Kredit bagi Pemula dan Penanganannya - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Coba Deh Jurus Meningkatkan Limit Kartu Kredit]

 

6 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit

Sebagai pemula, tidak menutup kemungkinan bahwa kurangnya pengalaman dalam menggunakan kartu kredit membuat Anda terlilit utang. Untuk menghindari hal ini, berikut adalah 6 kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula dan cara untuk menanganinya.

 

#1 Menggunakan Kartu Kredit dengan Tidak Bertanggung Jawab

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik kartu kredit pemula adalah menggunakan kartu kredit dengan tidak bertanggung jawab. Pemilik membelanjakan kartu kredit tanpa memikirkan pengembalian utang kartu kredit tersebut.

Padahal berbelanja dengan menggunakan kartu kredit berarti Anda sedang berutang kepada bank dan menggunakan uang bank untuk membeli barang tersebut. Tidak bertanggung jawab dengan kartu kredit hanya akan merusak kualitas kredit Anda di mata bank dan Anda akan kesulitan untuk mengajukan kredit lainnya.

Lebih baik, selalu susunlah anggaran Anda sebelum Anda menggunakan kartu kredit. Anda dapat menentukan target maksimal untuk penggunaan kartu kredit Anda. Target ini idealnya 80% dari limit kartu kredit Anda, tentunya target tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing.

 

#2 Menyisakan Sebagian Tagihan di Dalam Saldo Kartu Kredit

Salah satu kemudahan pembayaran kartu kredit yang ditawarkan adalah dengan membayar sebagian biasanya dengan minimal 10%. Misalkan biaya tertagih adalah Rp2.567.890, Anda akan diberikan opsi jumlah minimal pembayaran Rp256.790. Tetapi hal ini justru hanya akan merusak finansial Anda.

Lebih Baik Bayar Lunas Tagihan Kartu Kredit atau Bayar Minimum - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Bayar Lunas Tagihan Kartu Kredit atau Bayar Minimum?]

 

Berutang kartu kredit pada bank akan dikenakan denda bunga yang tinggi, jika Anda memakai kartu kredit tersebut bulan berikutnya, tagihan Anda akan semakin banyak dan selama Anda tidak membayar secara full, Anda akan selalu dikenakan bunga dan tagihan Anda akan “membengkak”. Untuk menghindarinya, sebaiknya selalu bayar tagihan sepenuhnya, jangan sisakan sedikitpun tagihan yang tertunggak bahkan Rp100 ribu sekalipun.

 

#3 Selalu Berpikir tentang Rewards dan Promosi

Sebagai pengguna kartu kredit, tentunya memanfaatkan segala promosi dan tawaran yang diberikan oleh kartu kredit adalah cara yang cermat. Setiap manusia pun pastinya ingin mendapatkan sesuatu yang gratis. Tetapi terlalu fokus dengan rewards pada saat menggunakan kartu kredit hanya akan membuat gaya belanja Anda menjadi impulsif.

5 Fasilitas Kartu Kredit yang Menguntungkan untuk Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: 5 Fasilitas Kartu Kredit yang Menguntungkan untuk Karyawan]

 

Selain itu, tanpa adanya anggaran yang pasti, Anda akan terlilit utang kartu kredit dan rewards yang Anda targetkan tersebut akan hangus. Janganlah mudah terhanyut oleh tawaran rewards jika sekiranya Anda tidak mampu melunasi pembayaran secara maksimal.

 

#4 Memiliki Terlalu Banyak Kartu Kredit

Kemudahan proses aplikasi kartu kredit membuat orang gemar memiliki lebih dari satu kartu kredit, belum lagi kartu kredit tersebut dapat digunakan pada tempat yang berbeda dengan promo yang berbeda. Fasilitas aplikasi pun biasanya diiming-iming dengan hadiah langsung. Tetapi hal ini hanya akan menggoda Anda untuk menghabiskan lebih banyak uang. Memiliki kartu kredit yang banyak, berarti menambah limit belanja Anda. Belum lagi jika Anda tidak mampu membayar tagihan dari salah satu kartu kredit, ini hanya akan membuat Anda terjebak utang. Oleh karena itu, maksimal pemilikan kartu kredit adalah 3-5 kartu, memiliki lebih dari 5 sudah tergolong tidak bijak.

Ini 6 Cara Mengelola Kartu Kredit untuk Ibu Rumah Tangga - Finansialku

[Baca Juga: Ini 6 Cara Mengelola Kartu Kredit untuk Ibu Rumah Tangga]

 

#5 Telat atau Gagal Melakukan Pembayaran

Kegagalan membayar kartu kredit secara tepat waktu, sama bahayanya dengan kurangnya jumlah pembayaran. Jika Anda gagal membayar tepat waktu, Anda akan diberikan denda penalti yang cukup tinggi. Hal ini hanya akan membuat Anda kesulitan membayar. Terlebih lagi, nilai kredit Anda akan menjadi buruk di mata bank dan Anda akan kesusahan mencari pinjaman bank pada saat dibutuhkan. Selalu catat tanggal tagihan kartu kredit di kalender meja atau kalender smartphone Anda. Atur jatuh tempo 3 hari lebih awal dibandingkan tempo seharusnya. Dengan begitu jika Anda lupa, Anda masih mempunyai 3 hari kesempatan untuk membayar.

Apakah Benar Pakai Kartu Kredit untuk Modal Usaha atau Bisnis - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Benar Pakai Kartu Kredit untuk Modal Usaha atau Bisnis?]

 

#6 Memilih Kartu Debit untuk Menghindari Penipuan

Banyak orang yang lebih memilih kartu debit untuk transaksi mereka karena mereka merasa bahwa kartu debit memberikan keamanan atas penipuan dibandingkan kartu kredit. Nyatanya, pihak bank akan menggantikan kehilangan uang baik kartu kredit maupun kartu debit. Ini berarti keamanan yang diberikan untuk kedua jenis kartu tersebut adalah sama.

Dari segi kerugian yang akan Anda terima, dengan menggunakan kartu kredit, kerugian yang Anda terima akan lebih sedikit karena secara teknis, uang dari saldo rekening Anda tidak berkurang. Anda pun tidak perlu membayar langsung tagihan kartu kredit Anda, karena Anda memiliki kurang lebih 20 hari yang dapat digunakan untuk mengurus penipuan tersebut.

 

Berbelanja dengan Bijak

6 kesalahan di atas dapat terjadi karena perilaku belanja yang tidak baik. Jika Anda ingin menghindari kesalahan tersebut, sebaiknya ubahlah gaya belanja Anda. Semakin cepat Anda mengubah gaya belanja Anda, semakin mudah pula Anda akan beradaptasi dengan perilaku belanja yang lebih bijak.

 

Apakah Anda adalah pemula dalam persoalan kartu kredit? Pernahkah Anda melakukan salah satu kesalahan di atas dan apa yang Anda lakukan untuk mencegahnya? Ceritakan kesalahan Anda pada teman dan keluarga terdekat Anda sehingga mereka tidak melakukan kesalahan yang sama dengan diri Anda.

 

Sumber Referensi:

  • 11 Juni 2014. The Biggest Credit Card Mistakes Young People Make and How Can You Avoid Them. Thecollegeinvestor.com – https://goo.gl/ijCIEb

 

Sumber Gambar:

  • Credit Card User – https://goo.gl/vfqUhF
  • Pengguna Kartu Kredit – https://goo.gl/f5e7D3

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-04-21T11:37:21+00:00 March 27th, 2017|Categories: Kartu Kredit, Utang|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download