Bagaimana cara mengelola kartu kredit untuk ibu rumah tangg yang benar? Ibu rumah tangga juga bisa memiliki kartu kredit. Tetapi Anda perlu tahu bagaimana cara yang bijak untuk mengelola kartu kredit agar tidak menjadi beban bagi keuangan rumah tangga.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Mengelola Kartu Kredit untuk Ibu Rumah Tangga yang Benar

Menggunakan kartu kredit sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Bukan hanya untuk wanita karir tetapi juga bagi ibu rumah tangga. Banyak anggapan bahwa kartu kredit akan membuat pengeluaran tidak terkendali dan bisa jadi bumerang. Sebenarnya kartu kredit dapat membantu pengaturan keuangan untuk ibu rumah tangga, asalkan Moms menggunakannya dengan bijaksana. Ada banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan dari kartu kredit, tetapi ada juga hal-hal yang harus dihindari. Karena itu Moms perlu mempelajari cara-cara cermat untuk menggunakan kartu kredit.

 6-cara-mengelola-kartu-kredit-untuk-ibu-rumah-tangga-yang-benar-dan-menguntungkan-2-finansialku

[Baca Juga : 5 Tips Jitu Menggunakan Kartu Kredit untuk Pengguna Pemula ]

 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Moms menjadi bijaksana dalam menggunakan kartu kredit :

 

#1 Kartu Kredit Bukan Sumber Penghasilan

Terkadang pemilik kartu kredit merasa memiliki ‘penghasilan’ baru dengan memiliki kartu kredit. Ibu rumah tangga yang biasanya tidak memiliki penghasilan menjadi sangat bahagia ketika memiliki peluang menghabiskan uang dengan kartu kredit. Terkadang memiliki kartu kredit terasa seperti memiliki tambahan uang. Tanamkan di mindset Anda bahwa kartu kredit bukanlah sumber penghasilan. Bahkan kartu kredit sebenarnya adalah utang. Kartu kredit seharusnya berfungsi untuk menggantikan uang yang Anda miliki. Jika memungkinkan, sebaiknya kartu kredit tidak dijadikan dana darurat. Dana darurat adalah anggaran wajib yang harus selalu dimiliki. Jika memang sudah tidak ada pilihan lain barulah gunakan kartu kredit. Jadikan kartu kredit sebagai pilihan paling terakhir untuk digunakan bertransaksi. Kecuali jika memang ada benefit tertentu seperti diskon atau promosi.

 

#2 Cari Kartu Kredit yang Sesuai Kebutuhan

Kartu kredit umumnya menawarkan keuntungan tertentu bagi penggunanya. Misalnya diskon di outlet tertentu, promo buy 1 get 1 free, liburan, dll. Moms sebaiknya mencari kartu kredit yang keuntungannya dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Suatu kartu kredit mungkin memiliki banyak penawaran, tetapi jika penawaran tersebut tidak sesuai kebutuhan Anda, kemungkinan penawaran menjadi tidak berguna.

 Ibu Rumah Tangga Bisa Belanja Hemat Pakai Kartu Kredit yang Tepat - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga :Ibu Rumah Tangga Bisa Belanja Hemat Pakai Kartu Kredit yang Tepat]

 

Kemungkinan lainnya adalah Anda akan mengeluarkan uang untuk hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Ibu rumah tangga umumnya sangat suka dengan penawaran apapun yang berbau diskon atau promosi. Jika ada promosi yang tidak dimanfaatkan ibu rumah tangga akan berkata “sayang sekali”. Akhirnya Anda akan membuat pengeluaran yang tidak diperlukan hanya karena ingin memanfaatkan promosi yang ditawarkan. Jangan sampai pengeluaran Moms menjadi tidak terkendali karena euforia promosi tersebut. Diskon dan promosi seharusnya menguntungkan Anda, bukan sebaliknya membuat pengeluaran tidak terkendali.

 

#3 Gunakan Kartu Kredit untuk Kebutuhan Bukan Keinginan

Jika memang perlu menggunakan kartu kredit, sebaiknya gunakan untuk kebutuhan bukan keinginan. Seseorang akan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi jika mau memenuhi keinginan tidak akan pernah ada habisnya. Jika Moms menggunakan kartu kredit untuk memenuhi keinginan biasanya pengeluaran akan jauh melewati batas yang seharusnya. Jika Moms ingin membeli sesuatu untuk memenuhi keinginan, sebaiknya gunakan uang cash jika memang sudah ada. Dengan begitu Anda tahu berapa dana yang sebenarnya bisa dihabiskan.

 

#4 Jangan Belanja Melebihi Kemampuan

Terkadang kartu kredit terasa seperti uang yang tidak terlihat, padahal kartu kredit adalah utang yang tidak terlihat. Ketahuilah bahwa kartu kredit hanya menggantikan uang yang Anda miliki untuk sementara. Bukan berarti jumlah uang bertambah. Jika Moms harus menggunakan kartu kredit untuk belanja, yakinlah bahwa Anda sanggup membayarnya di bulan berikutnya. Jangan belanja melebihi kemampuan Anda untuk membayar tagihan kartu kredit di bulan selanjutnya.

 Kartu Kredit Jangan untuk Berutang, tetapi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga :Kartu Kredit Tidak untuk Berutang, tetapi …]

 

#5 Bayar Tagihan Penuh

Lunasi tagihan kartu kredit Anda setiap bulan secara penuh. Membayar minimum tagihan adalah kesalahan yang fatal dan sangat merugikan. Anda tidak menyadari bahwa bunga yang akan ditambahkan dari sisa tagihan itu besar. Jika tagihan terus ditumpuk maka jumlahnya akan semakin besar dan lama-lama tidak terbayar lagi. Sebisa mungkin selalu bayar penuh tagihan kartu kredit Anda agar terhindar dari bunga yang besar tersebut.

 

#6 Cek Tagihan Bulanan

Selalu cek tagihan bulanan kartu kredit Anda. Penting untuk mengevaluasi kemana saja Anda menghabiskan uang setiap bulannya. Dengan begitu akan semakin mudah untuk mengontrol pengeluaran. Terkadang Moms mungkin tidak menyadari sudah mengeluarkan untuk hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Setelah melihat tagihan kartu kredit kenali kesalahan Anda dan hindari kesalahan yang sama di bulan berikutnya.

4 Kesalahaan Pengguna Pemula Kartu Kredit - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : 4 Kesalahaan Pengguna Pemula Kartu Kredit]

 

Selain untuk mengontrol pengeluaran, mengecek tagihan kartu kredit setiap bulan juga penting untuk memproteksi Anda dari penipuan. Banyak oknum tidak bertanggung jawab yang dapat mencuri data kartu kredit dan menggunakannya atas nama Anda. Jika ada kecurangan seperti itu, Anda bisa segera melaporkannya ke pihak bank untuk ditindak lanjuti. Tanpa mengecek tagihan bulanan, Anda mungkin tidak mengetahui penipuan seperti itu dan malah langsung membayar seluruh tagihan yang tidak Anda gunakan.

 

Bijaksana Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Ibu rumah tangga biasanya menjadi kunci utama dalam pengaturan keuangan keluarga. Salah satu sarana yang dapat membantu adalah kartu kredit. Gunakan kartu kredit sesuai kebutuhan dan porsinya dengan bijaksana. Ingat kartu kredit seharusnya meringankan beban Anda, bukan menambah permasalahan keuangan rumah tangga.

 

Bagaimana Moms sudahkah Anda menggunakan kartu kredit dengan baik? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah artikel ini ya, terima kasih.

 

Sumber Gambar : 

  • Woman Credit Card – https://goo.gl/T2gFKa dan https://goo.gl/KKBriC

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang