Moms, sudah tahu belum cara-cara meningkatkan limit kartu kredit? Jika moms, memang butuh meningkatkan limit kartu kredit, silakan coba praktekkan jurus-jurus berikut ini.


Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Meningkatkan Limit Kartu Kredit yang Masih Mini

Menggunakan kartu kredit adalah sebuah cara yang tepat untuk melakukan pembayaran atas berbagai macam kebutuhan. Dengan kartu kredit, seseorang dapat mempermudah pembayaran (pesawat terbang dan belanja online), mendapatkan poin reward dan diskon yang besar. Lalu, bagaimana jika limit kartu kredit masih mini, bahkan kurang untuk kebutuhan bulanan? Mau tidak mau, ya harus meningkatkan limit kartu kredit Anda.  

moms-coba-deh-jurus-meningkatkan-limit-kartu-kredit-1-finansialku

[Baca Juga : 6 Cara Mengelola Kartu Kredit yang Harus Anda Lakukan]

 

Apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan limit kartu kredit? Simak baik – baik 10 tips yang dapat diterapkan berikut.

 

#1. Pertimbangkan Waktu untuk Kenaikan Limit

Pada umumnya, waktu kenaikan limit yang dapat diterima bank adalah satu tahun. Bank pastinya akan melihat loyalitas Anda sebagai nasabah. Jika Anda rajin menggunakan kartu kredit dan tertib dalam melakukan pembayaran (tepat waktu dan tepat jumlah), maka bank akan mempertimbangkan kenaikan limit kartu kredit. Terlebih lagi, jika Anda memiliki tabungan dan deposito yang cukup besar di bank.

6-cara-mengelola-kartu-kredit-untuk-ibu-rumah-tangga-yang-benar-dan-menguntungkan-2-finansialku

[Baca Juga: 7 Tanda Seseorang Kecanduan Kartu Kredit]

 

Oleh karena itu, nasabah perlu terus menggunakan kartu kredit tersebut untuk melihat apakah akan naik atau tidak limitnya setelah 1 tahun.  Beberapa bank memiliki kebijakan yang berbeda – beda, misalnya minimum pembelanjaan dalam satu tahun, biaya adminstrasi, bonus atau diskon belanja di toko-toko (merchant) yang telah bekerja sama dan lain sebagainya.

 

#2. Pilih Bank Besar yang Memiliki Bisnis Utama Kartu Kredit

Memilih bank yang besar dan memiliki struktur jelas adalah kiat yang sangat ampuh untuk menjamin terciptanya akomodasi kartu kredit secara optimal. Indikasi yang dapat menjelaskan besarnya ukuran sebuah bank adalah kantor cabangnya, mesin ATM yang tersebar, jumlah nasabahnya, serta wilayah operasional dalam skala internasional. 

 

#3. Gunakan Limit Kartu Kredit dengan Optimal

Limit kartu kredit yang digunakan secara maksimum akan membantu nasabah untuk bisa meningkatkan limitnya. Hal ini disebabkan oleh keuntungan yang diperoleh bank jika nasabah menggunakan limt dengan maksimum. Oleh karena itu, menggunakan kartu kredit minimum di atas 60% dari limit setiap bulan akan memberikan nasabah kesempatan lebih untuk dapat meningkatkan nilai limit. Hal ini sangat logis karena jika nasabah tidak menghabiskan limit kartu kredit setiap bulan, maka kenaikan limit dianggap tidak diperlukan.

 

liburan-dengan-kartu-kredit-lebih-menguntungkan-atau-merugikan-1-finansialku

[Baca Juga: Liburan dengan Kartu Kredit Lebih Untung atau Malah Merugikan?]

 

Pastikan Anda menggunakan kartu kredit dengan cara yang benar, misal untuk mendapatkan diskon saat belanja bulanan, mempermudah pembayaran listrik, telepon, internet, koran dengan auto debit.

 

#4. Lakukan Request Kenaikan Limit Melalui Telepon

Request kenaikan limit dapat dilakukan melalui telepon. Jika seorang nasabah melakukan permintaan tersebut, bank akan menilai kesungguhan kebutuhan nasabah. Oleh karena itu, hal seperti ini dapat dijadikan referensi tambahan bagi pihak bank.

 

#5. Bayar Tagihan Full Payment atau Minimum Payment

Pembayaran full payment akan menjelaskan kemampuan nasabah dalam menutup kebutuhan kartu kredit.  Bahkan beberapa bank besar akan secara otomatis meningkatkan limit kartu kredit jika nasabah melakukan full payment secara rutin dan tertib. 

lebih-baik-bayar-lunas-tagihan-kartu-kredit-atau-bayar-minimum-1-finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Bayar Lunas atau Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit]

 

#6. Hindari Pembayaran Terlambat

Pembayaran yang terlambat akan menyebabkan kesangsian bank atas kemampuan seorang nasabah dalam melakukan pembayaran. Oleh karena itu, jika nasabah menginginkan bank dapat meningkatkan limit kartu kredit secara berkelanjutan (continue), sangat tepat untuk menghindari segala bentuk keteledoran termasuk pembayaran yang terlambat.

 

#7. Menggunakan Alternatif Kartu Kredit Lain

Menggunakan jenis kartu kredit tentunya akan sama dengan meningkatkan limitnya. Oleh karena itu, dengan melakukan apply kartu kredit baru dengan modal kartu kredit sebelumnya akan membuat kebutuhan tetap terpenuhi dengan nilai limit meningkat. Jika bank pertama memberikan limit dalam sebuah nominal uang, maka bank berikunya cenderung memberikan limit lebih tinggi sebagai bentuk ompetisi tertentu. Oleh karena itu, cara tersebut perlu juga dilakukan sebagai salah satu langkah yang dapat dilakukan.

11-tips-aman-belanja-online-dengan-kartu-kredit-finansialku

[Baca Juga : 11 Tips Aman Belanja Online dengan Menggunakan Kartu Kredit]

 

#8. Lakukan Pembelanjaan Secara Rutin

Melakukan pembelanjaan secara rutin. Dengan demikian, arus pembelian dengan kartu kredit yang akan terekam dapat dilakukan secara optimal. Jika nasabah aktif dalam suatu arus pembelian maka kondisi ini dapat menjadi penguat jika nasabah ingin meningkatkan nilai limit kartu kredit.

 

#9. Lakukan Request Kenaikan Limit Melalui Sales

Tentunya sales kartu kredit juga membutuhkan target tertentu. Dengan demikian, mengajukan kenaikan limit melalui sales akan dapat menguntungkan semua pihak baik nasabah maupun sales.

Kenali Istilah-Istilah dalam Simulasi Kredit Mobil Bekas - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Kenali Istilah – Istilah Kredit Sebelum Ajukan Kredit]

 

#10. Lakukan Request Kenaikan Limit Melalui Email

Pada umumnya, email akan lebih lama dibaca daripada telepon. Akan tetapi, pada email dapat dilampirkan beberapa bukti pendukung terkait pembayaran dan pembelian yang dilakukan nasabah. Oleh karena itu, dokumen tersebut akan menjadi salah satu pertimbangan bank untuk meningkatkan nilai limit nasabah.

 

Jika Bank Sudah Menaikkan Limit Kartu Kredit Anda, Maka Tandanya : 

Selamat jika, limit kartu kredit Anda sudah dinaikkan oleh bank. Itu tandanya bank memberikan kepercayaan lebih kepada Anda. Jangan sampai Anda sia-siakan atau kecewakan kepercayaan bank. Track record pembayaran kartu kredit, sedikit banyak akan membantu Anda dalam pengajuan kredit selanjutnya. 

 

Apakah Anda pernah berhasil menerapkan satu atau dua jurus di  atas? Jangan lupa share dan tuliskan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini. Thank you for your sharing moms.

 

Sumber Referensi :

  • Redaksi Mafia Kartu Kredit. 10 Jurus Maut Menaikkan Limit Kartu Kredit. Mafia Kartu Kredit – https://goo.gl/y4xQ3K

  • Johnson. Tanpa Tanggal Posting. 7 Tips Agar Kenaikan Limit Kartu Kredit Anda Cepat Disetujui. https://goo.gl/Kp2FyQ

  • Muhajirin. 11 Mei 2015. Menaikkan Limit Kartu Kredit. https://goo.gl/BPR7TO

 

Sumber Gambar :

  • The Credit Card Limit – https://goo.gl/fzrhSR

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku