Apakah Anda tahu apa saja fasilitas kartu kredit yang menguntungkan untuk karyawan? Berikut ini 5 keuntungan dan fasilitas kartu kredit yang perlu Anda maksimalkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

5 Fasilitas Kartu Kredit yang Menguntungkan untuk Karyawan

Fasilitas kartu kredit seperti apa yang paling Anda sukai? Berapakah diskon atau bonus paling besar, yang  pernah Anda dapatkan dari kartu kredit? Bagikan pengalaman Anda dengan memberi komentar, siapa tahu Andalah orang yang paling beruntung.

 

Memiliki pekerjaan sebagai karyawan, berarti Anda mengandalkan pendapatan hanya dari bonus dan gaji setiap bulannya. Kebutuhan yang meningkat tentunya sering menjadi kendala keuangan untuk karyawan. Belum lagi perjalanan dinas yang memakan biaya dan terkadang perusahaan membutuhkan waktu untuk mengganti rugi pengeluaran dinas anda. Di sinilah Anda harus lebih cermat dan menggunakan kartu kredit sebagai solusi keuangan.

5-fasilitas-kartu-kredit-yang-menguntungkan-untuk-karyawan-finansialku

[Baca Juga : 10 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit yang Bisa Bikin Bangkrut]

 

Kartu kredit memiliki sistem dana talangan sementara. Seperti yang Anda ketahui, di saat pemakaian memang tidak perlu mengeluarkan dana dari rekening sendiri. Kemudian diakhir periode, Anda bertanggung jawab untuk membayar seluruh tagihan (full payment). Tentunya bagi seorang karyawan, kartu kredit akan sangat memudahkan hidup Anda, karena reservasi hotel, pembelian tiket transportasi, konsumsi dan menjadi jauh lebih mudah. Berikut ini fasilitas kartu kredit yang menguntungkan Anda:

 

Fasilitas #1: Diskon

Tentunya Anda sering menemukan restoran yang memiliki papan bertulisan diskon dengan menggunakan kartu kredit Bank A, atau Bank B dengan masing-masing potongan yang berbeda. Anda pun sering menghabiskan waktu di luar kantor, baik itu untuk makan siang atau bertemu dengan klien. Dengan adanya promo diskon di restoran atau kafe, Anda dapat menghemat pengeluaran untuk konsumsi. Lumayankan?

Selain tempat makan, bank juga sering bekerja sama dengan pusat perbelanjaan untuk mengadakan potongan diskon. Jadi selain menghemat pengeluaran konsumsi, Anda pun dapat memuaskan hasrat belanja tanpa perlu khawatir menghabiskan terlalu banyak uang. Bahkan promo diskon ini juga berlaku untuk tiket pesawat atau transportasi lainnya. Tentunya promo ini akan menghemat perjalanan dinas.

 

Fasilitas #2: Cicilan 0%

Bagi seorang karyawan, sudah wajar jika mempunyai gaji yang pas-pasan, tetapi tentunya Anda tetap membutuhkan peralatan untuk mendukung karier, seperti gadget, smartphone atau tablet. Seperti yang Anda ketahui harga perangkat tersebut tidaklah murah, bisa jadi sama dengan 1 – 3 bulan gaji. Dengan kartu kredit, Anda akan mendapatkan fasilitas cicilan 0%. Jadi Anda dapat membeli barang-barang tersebut dan dibayar dengan dicicil tanpa bunga pinjaman.

Salah Tentukan Lama Cicilan, Mau Untung Malah Jadi Buntung - Perencana Keuangan Indepenen Finansialku

[Baca Juga : Salah Tentukan Lama Cicilan, Mau Untung Malah Jadi Buntung]

 

Fasilitas #3: Cashback

Cashback adalah fasilitas pengembalian uang tunai setelah penggunaan kartu kredit untuk pembayaran. Cashback serupa dengan diskon, hanya saja pada diskon, potongan harga berlaku di depan (saat Anda akan pembelian barang). Pada cashback, potongan harga berlaku di belakang (setelah terjadi transaksi pembelian). Contohnya terdapat promo pembelian jam tangan seharga Rp 1 juta dengan cashback Rp 100 ribu, berarti Anda harus membayar Rp 1 juta baru kemudian diberikan cashback yang dapat berupa voucher atau potongan pada angsuran pertama sebesar Rp 100 ribu.

 

Fasilitas #4: Poin

Poin reward merupakan poin yang Anda kumpulkan setiap kali berbelanja menggunakan kartu kredit. Poin ini biasanya berbeda dari 1 bank ke bank lainnya, ada yang Rp 1000 = 1 poin, atau Rp 2.500 = 1 poin dan tidak semua pembelanjaan Anda mendapatkan poin. Kemudian, manfaat dari poin rewards ini adalah dapat ditukarkan dengan bonus atau uang.

 Traveller Harus Tahu Kartu Kredit yang Cocok untuk Traveling - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Traveller Harus Tahu Kartu Kredit Bonus Airmiles untuk Traveling]

 

Dengan fasilitas poin reward, Anda pun tidak perlu bingung untuk pilih tempat makan mana. Anda dapat memilih tempat makan yang dapat dibayar menggunakan poin atau menghadiahkan poin ekstra.

 

Fasilitas #5: Promosi gratis

Biasanya, bank juga memberikan promo beli 1 gratis 1 atau beli 2 gratis 1, promo ini dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran Anda. Promo gratisan juga dapat Anda gunakan untuk mentraktir kolega kerja. Ga ada salahnya berbuat baik untuk orang lain, sekaligus tidak merusak keuangan kita.

 

Hal yang perlu diingat dalam pemakaian kartu kredit

Sebagai karyawan dengan gaji yang tetap, sebaiknya Anda menghindari diri dari kondisi keuangan yang tidak sehat yang dikarenakan pemakaian kartu kredit. Beberapa hal yang harus kamu ingat jika ingin menggunakan kartu kredit adalah:

  1. Bayarlah dengan jumlah maksimum dan tepat waktu
  2. Selalu memperhatikan biaya atau denda yang dikenakan oleh bank
  3. Mengatur pengeluaran anda agar tidak boros
  4. Janganlah menggunakan kartu kredit melewati batas maksimum pemakaian

 Kartu Kredit Jangan untuk Berutang, tetapi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Kartu Kredit Tidak untuk Berutang, tetapi …]

 

Kartu kredit adalah salah satu fasilitas yang ditawarkan perbankan yang dapat sangat menguntungkan jika anda menggunakannya dengan bijak. Sebagai karyawan, maksimalkanlah segala fasilitas yang ditawarkan kartu kredit baik untuk menekan pengeluaran atau mempermudah kerja Anda. Selain itu jangan lupa untuk membayar tagihan kartu kredit secara tepat waktu. Jadi, ingatlah untuk selalu up to date dengan promosi yang ditawarkan bank.

 

Fasilitas kartu kredit seperti apa yang paling Anda sukai? Bonus paling besar seperti apa yang pernah Anda dapatkan dari kartu kredit? Bagikan pengalaman Anda dengan memberi komentar.

 

Sumber Gambar

  • Credit Card for Business – https://goo.gl/cLHVDl

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang