Kartu kredit merupakan salah satu alat untuk menjalani gaya hidup yang digemari banyak orang. Membeli dan memperoleh barang terlebih dahulu barulah membayar kemudian, terdengar seperti sangat menyenangkan. Namun sadarkah Anda bahwa kartu kredit sama dengan utang? Mari kita lihat bersama bagaimana cara untuk menghilangkan biaya tambahan kartu kredit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Berutang dengan Kartu Kredit

Berutang tentu sangatlah tidak menyenangkan. Saat Anda harus membayar barang yang sudah lama kita beli, pastinya ada rasa penyesalan. Entah utang kepada teman, utang kepada keluarga, atau menggunakan kartu kredit hanya akan membuat tumpukan utang di akhir bulan semakin menumpuk. Selain itu, terkadang Anda lupa dengan kemampuan finansial Anda saat menggunakan kartu kredit, sehingga pada akhirnya Anda kesulitan untuk membayar tagihan kartu kredit Anda. Finansialku akan membantu Anda dengan menjabarkan cara menghilangkan biaya tambahan kartu kredit Anda.

Bagaimana Cara Menghilangkan Biaya Tambahan Kartu Kredit 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Apa Saja Bahayanya Jika Gunakan Kartu Kredit Modal Usaha?]

 

#1 Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Apakah Anda pernah merasakan stres berlebih dan berbelanja akan menjadi salah satu hal yang menghibur Anda? Hentikan sekarang juga kebiasaan tersebut. Jika Anda tidak memiliki kontrol terhadap pengeluaran Anda, hindari penggunaan kartu kredit sebisa mungkin. Mengatasi stres dengan berbelanja dan menimbulkan masalah baru yaitu utang tidak menyelesaikan masalah, namun hanya menambah stres Anda ketika Anda harus membayar tagihan kartu kredit yang menumpuk.

 

#2 Hitung Utang Anda

Jika Anda terpaksa untuk berutang, maka kalkulasikan utang Anda dengan baik. Catatlah setiap pemasukan dan pengeluaran Anda agar Anda dapat mengetahui berapa banyak biaya yang harus Anda siapkan di akhir bulan. Jangan pernah takut untuk menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran Anda, walaupun jika itu berarti Anda harus mengurangi beberapa hal dalam pengeluaran Anda.

Mahasiswa, Jangan Nekad Mau Mulai Bisnis dengan Kartu Kredit! - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Jangan Nekat Mau Mulai Bisnis dengan Kartu Kredit!]

 

#3 Carilah Bunga Kartu Kredit yang Lebih Rendah

Sebelum Anda mengajukan permintaan kartu kredit pada pihak bank, mintalah beberapa informasi dari bank terkait produk yang mereka tawarkan. Apakah ada kartu kredit dengan suku bunga yang lebih rendah? Ataukah ada kartu kredit bebas biaya administrasi? Hal-hal tersebut dapat membantu Anda mengurangi utang Anda setiap bulannya. Jika Anda sudah terdaftar pada suatu bank dan ternyata bunga kartu kredit Anda cukup besar, Anda sebenarnya dapat melakukan negosiasi dengan pihak bank untuk mengurangi bunga tersebut. Bagaimana caranya? Cobalah bicara dengan pihak bank dan jelaskan situasi Anda yang ingin terlepas dari utang, kemudian berilah pengertian bahwa Anda serius dan mungkin saja berpindah ke bank lain jika ini terus berlanjut. Pihak bank tentunya tidak akan mengambil risiko untuk kehilangan konsumen seperti Anda, sehingga mungkin saja bank bersedia membantu mengurangi bunga kartu kredit Anda.

 

#4 Konsolidasikan Utang Anda

Salah satu solusi lain untuk mengurangi utang adalah dengan mengonsolidasikan utang Anda. Bagaimana maksudnya? Dengan konsolidasi utang, Anda mengganti beberapa utang Anda dengan 1 buah utang baru, dimana perusahaan akan mengkalkulasi utang-utang Anda menjadi 1 utang. Perusahaan akan membayar utang-utang tersebut dan umumnya waktu yang perusahaan berikan kepada Anda untuk membayar utang pun lebih lama.

apakah-melunasi-utang-kartu-kredit-dengan-kta-bisa-jadi-solusi-1-finansialku

[Baca Juga: Apakah Melunasi Utang Kartu Kredit dengan KTA Bisa Jadi Solusi?]

 

#5 Jual Barang yang Tidak Terpakai

Prinsip kartu kredit adalah membeli sesuatu di luar kemampuan Anda. Jika Anda merasa utang kartu kredit Anda semakin menumpuk, mungkin ini saatnya Anda berhenti membeli barang di luar kemampuan Anda dan berusaha mengisi kembali tabungan Anda dengan cara menjual barang-barang tidak terpakai yang Anda kumpulkan selama ini menggunakan kartu kredit Anda.

 

#6 Rencanakan Cara Bayar dengan Tepat

Berikut adalah dua metode untuk membayar utang kartu kredit:

The Debt Snowball Method oleh Dave Ramsey. Jika Anda memilih metode ini, maka Anda akan melunasi utang yang minimal terlebih dahulu dan mengalokasikan uang Anda untuk membayar di waktu pembayaran berikutnya. Namun, kekurangan dari metode ini adalah Anda akan menghabiskan uang lebih banyak untuk membayar bunga kredit Anda.

Bayarlah Utang dengan Bunga Tertinggi Terlebih Dahulu. Metode ini menyarankan Anda untuk membayar utang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu, begitu selanjutnya hingga hanya tersisa utang dengan bunga terkecil. Cara ini akan terasa sulit di awal, namun akan memudahkan Anda melunasi utang-utang berikutnya yang semakin lama semakin kecil.

Tagihan ke-BungaJumlah Utang Kartu Kredit (Rp)
12%1.000.000
215%9.000.000
38%5.000.000

Prioritas pembayaran:

Metode pertama, The Debt Snowball Method: Pembayaran 1, 3 dan 2.

Metode kedua: pembayaran 2, 3 dan 1.

 

#7 Lanjutkanlah Melunasi Utang Kartu Kredit Anda

Langkah terakhir untuk mengurangi biaya tambahan kartu kredit adalah lanjutkanlah usaha Anda untuk melunasi utang-utang tersebut. Utang kartu kredit tidak akan hilang dalam semalam, tetapi sebuah proses panjang yang harus Anda jalani. Namun, jika Anda mencoba sedikit demi sedikit mengurangi utang Anda, kelak pasti Anda akan terbebas dari utang.

6-cara-mengelola-kartu-kredit-untuk-ibu-rumah-tangga-yang-benar-dan-menguntungkan-1-finansialku

[Baca Juga: Ini 6 Cara Mengelola Kartu Kredit untuk Ibu Rumah Tangga]

 

Bebas Biaya Tambahan Kartu Kredit

Anda masih bingung bagaimana melunasi seluruh utang kartu kredit Anda? Jangan cemas dan cobalah praktekkan langkah-langkah di atas. Jika Anda masih merasa kesulitan untuk lepas dari utang yang melilit, mintalah bantuan perencana keuangan seperti Finansialku untuk membantu Anda merencanakan pembayaran utang kartu kredit Anda.

 

Apakah Anda mengetahui cara-cara lainnya dalam menghilangkan biaya kartu kredit? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Martin. How Can You Kill That Annoying Credit Card Debt? Studenomics.com – https://goo.gl/dBCAei

 

Sumber Gambar:

  • Gunting Kartu Kredit – https://goo.gl/ESgefB dan https://goo.gl/KAwf2g

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang