Konsultasi: Cara Terbaik Menyelesaikan Utang Kartu Kredit

 

Bagaimana cara terbaik menyelesaikan utang kartu kredit? Ternyata membayar cicilan kartu kredit adalah salah satu pengeluaran yang besar untuk sebagian orang. Apakah Anda mengalami permasalahan yang sama?

 

Rubrik Finansialku

rubrik-ask-the-financial-planner

 

Cara Menyelesaikan Utang Kartu Kredit

Tahukah Anda, utang kartu kredit adalah salah satu permasalahan keuangan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Khususnya orang-orang yang tinggal di kota besar dan ibu kota. Dan fakta membuktikan bahwa permasalahan tersebut tidak hanya dihadapi oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga orang-orang di negara maju.

 

Salah satu teman kami, ada yang bertanya melalui Facebook:

Cara Terbaik Menyelesaiakan Utang Kartu Kredit - 2 Finansialku

Pertanyaan: Hallo saya ingin bertanya bagaimana cara terbaik menyelesaikan utang kartu kredit jika ada cicilan berjalan? Terima kasih.

 

Jika Anda ingin bertanya mengenai keuangan, silahkan Like Facebook Finansialku dan ajukan messages. 

 

Jawab: Prioritas Lunasi Utang dengan Sisa Pokok Terkecil dan Bayar di Atas Minimum

Biasanya orang-orang di kota besar memiliki kartu kredit jumlah lebih dari satu buah. Terkadang malah kartu kredit yang satu digunakan untuk menutup cicilan kartu kredit yang lain atau Gali Lubang Tutup Lubang. Berikut ini solusi yang dapat Anda lakukan untuk mulai menyelesaikan permasalahan kartu kredit:

 

#1 Stop Utang Kartu Kredit

Langkah yang dapat Anda lakukan sekarang juga adalah STOP atau berhenti menambah utang kartu kredit. Jangan menambah utang-utang baru, termasuk jangan menggunakan kartu kredit yang satu untuk membayar cicilan kartu kredit yang lain. Dengan langkah ini Anda sudah berhenti menambah beban. Jika Anda sudah berhasil melakukan langkah pertama ini, selanjutnya baru masuk ke langkah 2.

Bagaimana Cara Menghilangkan Biaya Tambahan Kartu Kredit 1 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Biaya Tambahan Kartu Kredit?]

 

#2 Prioritas Lunasi Pokok Kredit Terkecil

Dalam dunia keuangan, ada dua strategi untuk melunasi utang.

Strategi 1: membayar utang dengan pokok kredit terkecil terlebih dahulu

Strategi 2: membayar utang dengan bunga paling besar terlebih dahulu

 

Saya sendiri lebih memilih strategi 1, melunasi utang dengan pokok terkecil, karena strategi ini memberikan kenyamanan untuk orang yang menjalankan. Contoh

Kartu KreditSisa Pokok Utang (Rp)Bunga (% per bulan)
Kartu Kredit 115.000.00002,75%
Kartu Kredit 27.500.0002,50%
Kartu Kredit 310.000.0002,65%

 

Jika Anda menggunakan strategi 1, maka urutan pelunasannya menjadi demikian

Kartu KreditSisa Pokok Utang (Rp)Bunga (% per bulan)
Kartu Kredit 27.500.00002,50%
Kartu Kredit 310.000.0002,65%
Kartu Kredit 115.000.0002,75%

 

Pertama Anda fokus lunasi utang kartu kredit 2 yang jumlahnya paling kecil. Sisanya Anda harus bayar lebih dari nilai minimum (pembayaran minimum). Setelah kartu kredit 2, baru bayar kartu kredit 3 dan terakhir kartu kredit 1.

 

#3 Bayar Tepat Waktu dan Di Atas Nilai Minimum

Urusan kartu kredit selalu bayar tepat waktu, tepat jumlah dan selalu bayar di atas nilai minimum. Jika Anda membayar nilai minimum, maka sisa tagihan akan dikenai bunga. Seperti yang Anda ketahui kartu kredit termasuk kredit dengan bunga yang tinggi.

lebih-baik-bayar-lunas-tagihan-kartu-kredit-atau-bayar-minimum-1-finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Bayar Lunas Tagihan Kartu Kredit atau Bayar Minimum?]

 

#4 Tambah Penghasilan

Pertanyaan yang sering diajukan, adalah: “Pak Bagaimana jika penghasilan saya tidak cukup untuk membayar cicilannya?” Satu-satunya jawaban adalah dengan cara menambah penghasilan Anda. Ada beberapa cara untuk menambah pemasukan, termasuk dengan berbisnis online. Memang bukan hal yang mudah untuk menambah penghasilan, tetapi Anda perlu mempertimbangkan opsi ini.

Manfaatkan uang penghasilan tambahan dengan cara yang benar. Penghasilan tambahan tersebut sebaiknya digunakan untuk melunasi utang-utang yang ada. Dengan cara ini, Anda dapat segera bebas dari jeratan utang kartu kredit.

 

#5 Disiplin dalam Mengelola Keuangan

Terakhir lakukan semuanya dengan disiplin, terutama dalam mengurus keuangan keluarga. Dalam kondisi terjebak cicilan utang kartu kredit, memang perlu kerja keras.

Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update) - Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update)]

 

Hati-Hati dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit adalah sarana pembayaran dan tidak disarankan untuk berutang kartu kredit. Satu hal yang harus Anda ingat adalah: sebelum menggesek kartu kredit, Anda harus sudah tahu bagaimana cara membayar pengeluaran tersebut. Jangan menggunakan cicilan kartu kredit, untuk membeli barang-barang yang sifatnya konsumtif. Usahakan agar Anda selalu disiplin dalam menggunakan kartu kredit, gunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon dan keuntungan.

 

Jangan lupa share artikel ini kepada keluarga dan teman-teman di grup WA, karena mereka juga harus tahu cara melunasi kartu kredit.

 

Apakah Anda pernah mengalami permasalahan yang sama dalam melunasi kartu kredit? Silakan share pengalaman Anda pada kolom di bawah ini terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Credit Card – https://goo.gl/xWw1Gc

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-06-12T20:43:42+00:00 March 9th, 2017|Categories: Kartu Kredit, Utang|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Melvin Mumpuni CFP
Melvin Mumpuni ST., MBA., CFP., QWP adalah seorang perencana keuangan independen dan technopreneur.Memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan mengambil pendidikan pasca sarjana di Sekolah Bisnis dan Management Institut Teknologi Bandung (MBA - ITB). Memiliki pengalaman di bidang personal finance, corporate finance, internet marketing dan technopreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download