Apakah Anda mengalami kredit macet? Apa saja cara yang dapat dilakukan agar status kredit Anda tidak macet? Berikut ini cara-cara yang dapat Anda pakai untuk menghadapinya secara praktis. Selamat mencoba!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kenikmatan & Manfaat Menggunakan Kartu Kredit

Para konsumen kini semakin dimanjakan dengan fasilitas sistem pembayaran dengan cara kredit. Berbagai kemudahan, kenyamanan dan bahkan keuntungan yang ditawarkan, semakin banyak orang yang mengajukan kartu kredit kepada bank sebagai salah satu tools yang dapat digunakan dalam melakukan transaksi. Fasilitas, iklan dan promosi dari berbagai produk dengan pembayaran sistem kredit seringkali memberi ruang waktu lebih bagi konsumen untuk dapat membayar/mencicil tagihan produk yang harus ia bayar dengan bunga 0%, disamping promosi dari poin-poin berhadiah bagi para member/pemegang kartu kredit yang bersangkutan. Tentu saja setiap penawaran dan hadiah yang diberikan berbeda-beda tergantung dengan kartu kredit dari bank yang mengeluarkannya. Hal ini pun yang terkadang membuat banyak orang memiliki tidak hanya satu kartu kredit tetapi hingga dua atau bahkan lebih karena berbagai fasilitas dan kenyamanan yang diberikan.

Pahami 3 Cara Jitu untuk Menghadapi Kredit Macet 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Biaya Tambahan Kartu Kredit?]

 

Berbagai barang kini dapat dibeli oleh para konsumen dengan menggunakan kartu kredit, dari barang-barang belanjaan kebutuhan sehari-hari hingga produk gadget, motor, hingga mobil. Dengan menggunakan kartu kredit, para konsumen dimanjakan untuk dapat menggunakan produk yang mereka minati tanpa harus melunasi terlebih dahulu barang tersebut. Mereka hanya tinggal membayar cicilan setiap bulan dengan biaya yang bahkan cukup murah tergantung waktu periode pembayaran/pelunasan.

Tetapi, apakah Anda pernah membayangkan ketika suatu waktu si pemegang kartu kredit sedang dalam proses waktu cicilan, namun ternyata dia tidak dapat melakukan pembayaran cicilannya karena sumber pemasukannya terganggu seperti misalnya mengalami kebutuhan yang meningkat, gaji yang tertangguhkan atau bahkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga kebangkrutan? Beberapa kejadian yang tak terduga di atas bisa saja terjadi begitu saja dan ketika hal itu terjadi, pihak bank, leasing, atau pihak produsen lainnya dapat mengambil barang yang sudah kita cicil dan akhirnya kita mengalami kerugian karena tidak dapat membayar biaya cicilan.

Tentu saja Anda tidak ingin mengalaminya bukan? Namun, kira-kira apabila hal itu terjadi pada Anda, apa yang akan Anda lakukan? Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan ketika kejadian seperti penjelasan di atas terjadi pada Anda atau rekan Anda.

 

#1 Restrukturisasi Kredit

Cara pertama yang dapat menjadi pertimbangan adalah menggunakan fasilitas restrukturisasi kredit. Dengan cara ini, Anda dapat mengubah sistem pembayaran cicilan dengan mengurangi bunga yang harus dibayarkan dari tagihan barang tersebut, memperpanjang waktu pelunasan atau melakukan permohonan keterlambatan pembayaran cicilan. Anda perlu memiliki alasan yang jelas dan mampu bermusyawarah secara kooperatif dalam mengajukan permohonan restrukturisasi kredit karena tidak sembarang orang dapat melakukannya. Beberapa syarat yang biasanya menjadi penilaian agar restrukturisasi kredit mendapat persetujuan diantaranya, debitur memiliki riwayat pembayaran yang lancar dan memiliki prospek usaha yang baik disamping alasan tidak dapat membayar cicilan bulanan.  

Selain itu, penilaian akan kejujuran debitur mengenai alasan pengajuan restrukturisasi kredit juga menjadi salah satu penilaian tersendiri. Adapun prosedur dan mekanisme restrukturisasi kredit sudah diatur dalam peraturan Bank Indonesia Nomor 14/15.PBI/2012.

apakah-melunasi-utang-kartu-kredit-dengan-kta-bisa-jadi-solusi-2-finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Cara Terbaik Menyelesaikan Utang Kartu Kredit]

 

#2 Refinancing Kredit

Cara berikutnya yang dapat Anda pertimbangkan adalah Refinancing Kredit. Alternatif yang satu ini memberikan Anda kesempatan untuk mengajukan pinjaman uang baru dengan alasan untuk menutup utang dari kredit yang sebelumnya. Dengan kata lain, Anda menambah utang namun keuntungan Anda mendapatkan dana baru dan dengan demikian Anda dapat menggunakannya sebagai sarana usaha baru untuk melunasi utang-utang sebelumnya. Apabila Anda menggunakan alternatif refinancing kredit, Anda perlu rencana yang matang mengingat alternatif ini menambah utang baru Anda, namun ada keuntungan berikutnya adalah Anda tidak mendapatkan blacklist dari bank dan Anda masih mendapat kepercayaan untuk mengajukan kredit tanpa ada riwayat blacklist tersebut disamping Anda dapat mencicil utang per bulan dengan tagihan yang lebih kecil. Namun demikian, walaupun ada beberapa keuntungan di atas, ada tambahan biaya yang dikenakan dalam proses pembuatan permohonan refinancing kredit dan suku bunganya akan lebih besar dari sebelumnya apabila Anda mengalami keterlambatan dalam pembayaran.

Diingatkan kembali apabila Anda ingin mengambil alternatif yang satu ini untuk menanggulangi permohonan kredit Anda yang macet, Anda perlu memikirkannya lebih matang karena ada dampak yang cukup signifikan, yaitu apabila Anda mengalami kegagalan kembali dalam melunasi utang tersebut, dengan sangat menyesal Anda tidak dapat mengajukan permohonan dengan jenis apapun juga. Artinya, Anda memiliki dua jenis utang kredit dengan jumlah denda yang akan jauh lebih besar dari denda yang sebelumnya.

Para Entrepreneur, Apa Saja Bahayanya Jika Gunakan Kartu Kredit Modal Usaha 1 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Apa Saja Bahayanya Jika Gunakan Kartu Kredit Modal Usaha?]

 

#3 Over Kredit

Alternatif berikutnya yang dapat Anda lakukan demi menanggulangi kredit macet Anda adalah melakukan over kredit. Banyak orang sudah menggunakan over kredit untuk barang mereka diantaranya motor atau mobil. Dengan melakukan over kredit, Anda menjual barang sekaligus cicilan kredit. Biasanya bagi mereka yang sudah terbiasa melakukan over kredit, mereka mendapatkan keuntungan tersendiri dalam melakukannya. Oleh sebab itu, dewasa ini banyak orang yang melakukan bisnis dengan sistem over kredit. Apabila Anda ingin berniat untuk terbebas dari tagihan kredit, Anda dapat melakukan alternatif ini.

Inilah 5 Cara Rahasia Menjaga Keamanan Kartu Kredit Anda 1 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 5 Cara Rahasia Menjaga Keamanan Kartu Kredit Anda]

 

Bijak dalam Penggunaan Kartu Kredit

Dengan melakukan cara-cara tersebut, tentu saja Anda bisa terhindar dari permasalahan kemacetan pembayaran cicilan setiap bulannya. Dengan kata lain, Anda bisa menyelesaikan sisa pembayaran dengan lancar dan tanpa adanya masalah lagi. Namun demikian, apabila Anda ingin melakukan pembayaran dengan kartu kredit, alangkah baiknya Anda memikirkannya dengan bijak.

 

Menurut Anda, apa saja yang menjadi kesulitan lain yang dihadapi ketika melakukan pembayaran kredit yang macet? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Setiap informasi dari artikel Finansialku.com dapat Anda bagikan kepada orang-orang yang Anda kenal agar mereka mendapatkan wawasan lebih melalui artikel yang Anda baca juga. Terima kasih.  

 

Sumber Referensi:

  • Rizki Abadi. 28 Juni 2016. 3 Solusi Jitu Jika Pembayaran Kredit Anda Macet. Cermati.com – https://goo.gl/koZP1s

 

Sumber Gambar:

  • Kredit Macet – https://goo.gl/V0MjFW
  • Menyesal – https://goo.gl/X72YqM

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang