Guys, yuk buat sendiri undangan nikah murah! Pernikahan memang menjadi impian banyak orang karena menjadi gerbang pertama kehidupan bersama dengan orang yang dicintai.

Namun, sebelum mengikat janji suci, biaya pernikahan yang perlu disiapkan seringkali cukup besar juga.

Tapi sebenarnya, dengan beberapa cara, Anda bisa menghemat biaya pernikahan Anda, salah satunya dengan membuat undangan pernikahan sendiri.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Hemat Anggaran Dengan Buat Sendiri Undangan Nikah Murah

Menjelang hari pernikahan, berbagai persiapan tentu saja sudah dilakukan. Mulai dari memilih gedung pernikahan, prasmanan, gaun pengantin dan juga make up pengantinnya, dan berbagai persiapan lainnya.

Tapi apa rasanya jika pernikahan Anda tidak ada yang menghadiri? Kemeriahan pesta pernikahan bukan hanya tentang siapa yang akan duduk bersama Anda di pelaminan saja.

Tapi juga tentang orang-orang terkasih yang menghadiri pesta pernikahan Anda. Karena itu, peran undangan pernikahan menjadi penting.

Bagaimana teman dan kerabat Anda bisa mengetahui pesta pernikahan Anda jika Anda tidak memberikan undangan?

Akan tetapi, biaya pembuatan undangan ini seringkali tidak murah. Apalagi jika orang yang ingin Anda undang cukup banyak.

Anggaran untuk pembuatan undangan pernikahan saja bisa mencapai nominal beberapa juta. Angka ini tentu saja cukup lumayan jika Anda bisa menghematnya.

Bukan hanya mengurangi budget pernikahan, dana ini juga bisa Anda gunakan untuk kehidupan setelah menikah nanti.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Nah, jika Anda ingin menekan budget pesta pernikahan, Anda bisa memulainya dengan membuat sendiri undangan Anda.

Dengan begitu, biaya undangan nikah murah Anda bisa ditekan namun undangan Anda tetap terlihat cantik.

Anda bisa membuat undangan nikah murah Anda sendiri dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

#1 Desain dan Cetak Sendiri

Tidak ada salahnya mendesain dan mencetak undangan pernikahan Anda sendiri. Jika Anda tidak terlalu bisa membuat undangan pernikahan, Anda juga bisa meminta tolong kepada teman yang bisa melakukannya untuk Anda.

Selain bisa menekan biaya cetak undangan, cara ini juga membuat undangan Anda jadi lebih sesuai dengan karakter yang diinginkan Anda dan pasangan.

Setelah Anda selesai menentukan desain undangan pernikahan, Anda tinggal menyesuaikan kertas yang akan Anda gunakan untuk mencetak undangan pernikahan Anda.

Ada beberapa kertas yang bisa Anda pilih. Misalnya kertas jasmine yang bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp300 per lembar ukuran A5.

Buat Sendiri Undangan 02 Wedding Invitation - Finansialku

[Baca Juga:  Trik Membuat Foto Prewedding Keren Dengan Biaya Minimal]

 

Selain kertas jenis jasmine, Anda juga bisa menggunakan kertas jenis samson kraft yang memiliki harga Rp165 per lembar. Kertas samson kraft ini cocok bagi Anda yang suka sesuatu yang unik.

Atau kalau Anda mau mengadakan pesta pernikah dengan konsep vintage, undangan dengan jenis kertas ini akan semakin cocok dengan konsep yang Anda usung.

Dengan cara ini, Anda bisa menghemat budget undangan pernikahan cukup banyak.

Misalnya untuk penggunaan kertas jenis jasmine, Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp300 ribu untuk 1000 undangan. Atau sebesar Rp165 ribu per 1000 undangan kalau Anda menggunakan kertas tipe samson kraft.

 

#2 Gunakan Template Undangan Gratis di Internet

Anda yang tidak jago desain juga tidak perlu khawatir kalau mau mencetak undangan pernikahan sendiri. Saat ini ada banyak jenis template undangan yang bisa Anda temukan, unduh, dan gunakan secara gratis dari internet.

Dengan menggunakan template undangan gratis ini, Anda bukan hanya bisa menghemat budget undangan pernikahan saja, tapi hal ini juga bisa menghemat waktu Anda cukup banyak.

Anda hanya tinggal memilih template undangan pernikahan yang paling sesuai dengan selera Anda dan pasangan. Selanjutnya, Anda tinggal menambahkan informasinya saja.

Seperti nama Anda dan pasangan, waktu dan tanggal pernikahan, serta lokasi pesta pernikahan diadakan.

Ada banyak website yang bisa Anda kunjungi agar bisa mendapatkan template undangan gratis ini.

Buat Sendiri Undangan 03 Simple Wedding Invitation - Finansialku

[Baca Juga:  Mau Menikah Tahun Ini? Ketahui 10 Tips Memilih Wedding Organizer dan Vendor Pernikahan]

 

Beberapa website yang menyediakan template yang bagus akan meminta Anda untuk mengisi form sebelum Anda bisa mengunduh template tersebut. Data ini biasanya seputar nama Anda dan pasangan dan waktu pernikahan.

Setelah mengisi data, Anda bisa mengunduh template yang Anda inginkan dan mencetaknya sebagai undangan pernikahan Anda.

 

#3 Hindari Emboss Pada Undangan Pernikahan Anda

Jika Anda menggunakan jasa percetakan untuk mencetak undangan pernikahan, biasanya akan ada beberapa tawaran yang akan mereka berikan.

Salah satunya adalah menambahkan emboss pada undangan pernikahan Anda. Emboss ini adalah finishing font timbul yang biasanya ada di kertas undangan.

 

Adanya finishing emboss ini akan membuat undangan pernikahan Anda jadi terlihat lebih mewah. Akan tetapi, tentu saja adanya finishing emboss ini akan membuat budget undangan pernikahan Anda jadi lebih mahal.

Kalau Anda berencana untuk menekan budget undangan pernikahan, sebaiknya Anda melupakan finishing emboss ini.

 

#4 Undangan Tulis Tangan

Punya tulisan tangan yang bagus? Kenapa tidak mencoba membuat undangan pernikahan yang ditulis tangan? Cara ini akan sangat menghemat biaya undangan pernikahan yang harus Anda keluarkan.

Selain itu, dengan membuat undangan pernikahan yang ditulis tangan, undangan Anda akan terasa lebih unik dan personal.

Tapi tentu saja, cara ini tidak bisa dilakukan kalau orang yang ingin Anda undang mencapai 1000 orang.

Buat Sendiri Undangan 05 DIY Invitation - Finansialku

[Baca Juga:  Mau Cepat Menikah Dalam 12 Bulan Ke Depan? Siapin Dulu Tabungan Rencana Menikah]

 

Karena akan sangat melelahkan menulis 1000 undangan satu persatu. Jika Anda hanya mengundang 100 sampai 200 orang, membuat undangan yang ditulis tangan masih mungkin untuk Anda lakukan.

Untuk membuat undangan Anda semakin terlihat manis, jangan lupa untuk menambah aksesori kecil sebagai penghias. Misalnya pita satin atau tali rami.

 

#5 Gunakan Bahan Daur Ulang

Tidak ada salahnya membuat undangan pernikahan Anda dengan kreatif. Misalnya dengan memanfaatkan bahan daur ulang yang sudah tidak Anda gunakan lagi.

Salah satu bahan daur ulang yang bisa Anda gunakan adalah kaset CD atau compact disc yang sudah rusak. Kalau Anda tidak memiliki kaset CD rusak yang terlalu banyak, Anda bisa membelinya di toko online. Beberapa toko online ada yang menjual kaset CD rusak seharga Rp100 per kepingnya.

Selanjutnya, Anda tinggal memodifikasi kaset CD ini dengan menempelkan kertas undangan di atasnya. Undangan pernikahan seperti ini tentu akan memberikan kesan yang unik tanpa Anda harus mengeluarkan budget yang terlalu besar.

Buat Sendiri Undangan 04 DIY Wedding Invitation - Finansialku

[Baca Juga:  9 Trik Memilih Cincin Berlian untuk Menghemat Biaya Pernikahan Kamu]

 

Gunakanlah Kreativitasmu

Itulah 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat undangan pernikahan murah. Sebenarnya masih ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat undangan pernikahan murah.

Dengan sedikit kreativitas, Anda bahkan bisa membuat undangan pernikahan yang unik bahkan mewah hanya dengan budget yang terbatas.

 

Jika Anda punya cara lain, Anda juga bisa membagikan cara dan tips membuat undangan pernikahan murah versi Anda dengan menuliskannya di kolom komentar.

Selain itu, Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada teman atau kerabat Anda yang akan menikah dalam waktu dekat. Barangkali mereka akan mendapatkan inspirasi undangan pernikahan murah untuk acara mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Helda. 15 Maret 2018. Undangan Nikah Murah Tapi Berkesan dan Elegan, Coba 6 Trik Ini. Moneysmart.id – https://goo.gl/9giADw

 

Sumber Gambar:

  • Undangan Nikah – https://goo.gl/m1FckC
  • Wedding Invitation – https://goo.gl/Bg9VQS
  • Simple Wedding Invitation – https://goo.gl/AXLz1b
  • DIY Wedding Invitation – https://goo.gl/q8uqae
  • DIY Invitation – https://goo.gl/r7pJS8