Ikan arwana adalah salah satu ikan hias yang berukuran cukup besar di akuarium. Siapa sangka, bisnis ikan bermoncong panjang yang satu ini bisa sangat menguntungkan lho!

Lalu, apa saja sih yang dibutuhkan untuk budidaya ikan arwana? Simak penjelasannya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Budidaya Ikan Arwana

Arwana adalah salah satu jenis ikan hias yang memiliki nilai jual yang tinggi. Akan tetapi, banyak orang sering kali ragu menjalankan bisnis ikan hias ini karena biaya produksinya yang tinggi pula.

Untuk memulai bisnis ini Anda memang harus memiliki modal yang cukup untuk membiayai area budidaya, biaya membeli ikan arwana, serta biaya untuk pemeliharaan ikan tersebut. Di samping itu, Anda juga perlu memiliki keterampilan dan teknik yang baik dalam proses pemeliharaannya.

Meskipun tergolong sulit dan banyak orang tidak ingin menjalankan bisnis ini, namun jika Anda memiliki semangat yang tinggi dan ketekunan dalam menjalankan bisnis ini, dijamin hasil yang didapatkan besar.

Besarnya biaya produksi dalam budidaya ikan ini akan terbalaskan lunas karena hasil dan keuntungan yang didapat dari budidaya ikan hias ini juga berlipat ganda.

Hal ini tidak lepas dari harga ikan Arwana yang masih tinggi dan bahkan cenderung naik, serta banyak orang yang ingin memiliki ikan hias nan indah ini sebagai koleksi di rumah atau di perkantoran.

 

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan dalam Bisnis Budidaya Ikan Arwana

Untuk memulai budidaya ikan Arwana, Anda membutuhkan aneka material yang bisa mendukung bisnis budidaya Anda tersebut.

Berikut akan dijelaskan beberapa bahan atau barang yang perlu Anda persiapkan.

Bahan-bahan yang dijelaskan dalam artikel ini akan membantu pula bagi Anda dalam membuat pertimbangan, sehingga biaya produksi yang dikeluarkan bisa ditekan.

 

#1 Media untuk Budidaya Ikan Arwana

Sebagai media budidaya ikan hias tersebut, Anda membutuhkan 4-6 akuarium.

Dalam akuarium tersebut, barang-barang yang setidaknya harus Anda miliki antara lain: alat pengukur suhu, heater, penyaring air, lampu, aerator, oksigen pembuat gelembung, saluran air.

 

#2 Jenis Bibit Ikan Arwana

Ada beberapa jenis ikan Arwana. Anda bisa memilih jenis ikan Arwana yang seperti apa yang ingin Anda kembangkan dalam bisnis budidaya tersebut.

Untuk menentukan pilihan yang tepat, Anda bisa melakukan survei di pasar ikan, kira-kira ikan Arwana jenis apa yang banyak diminati dan paling laku di pasaran.

Tips Sukses Memulai Bisnis Budidaya Ikan Arwana 02 - Finansialku

[Baca Juga: Harga Ikan Arwana Selangit? Ini 10 Jenis Ikan Arwana Terpopuler di Dunia]

 

#3 Makanan Ikan

Untuk bahan makanan ikan Arwana tersebut, Anda harus mempersiapkan pellet. Pellet yang Anda beli sebaiknya yang memiliki kandungan protein yang baik, sekitar 32%.

Di samping pellet, Anda juga bisa memberi makanan berupa udang, ikan mas, potongan kecil daging, dan kepiting kecil.

 

Langkah Sederhana Memulai Bisnis Budidaya Ikan Arwana

Setelah mempersiapkan bahan-bahan atau material untuk budidaya ikan Arwana, berikut akan diberikan gambaran melalui simulasi sederhana dalam menjalankan bisnis budidaya tersebut.

 

Langkah 1: Mempersiapkan Tempat Budidaya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pertama-tama Anda harus mempersiapkan tempat untuk budidaya ikan Arwana. Desain akuarium beserta seluruh peralatannya dengan baik, dan pastikan kebersihannya.

Anda bisa menambahkan beberapa batu, karena Arwana senang tinggal pada kolam atau akuarium yang berbatu.

 

Langkah 2: Mempersiapkan Air Akuarium

Anda harus mempersiapkan air pada akuarium tersebut dengan temperatur suhu sekitar 26-30 derajat celcius. Selain suhu air, air akuarium tersebut sebaiknya juga memiliki kadar PH air sebesar 6-7.

Tips Sukses Memulai Bisnis Budidaya Ikan Arwana 03 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Lengkap Budidaya Ikan Nila Agar Cepat Panen]

 

Di samping itu, Anda perlu mengusahakan agar air pada akuarium Anda selalu mengalir dengan bantuan sirkulator dan saluran air.

 

Langkah 3: Mempersiapkan Penerangan Lampu Akuarium

Anda juga perlu memastikan bahwa akuarium tersebut memiliki penerangan lampu yang baik, karena ikan Arwana senang dengan cahaya.

Namun demikian Anda sebaiknya tidak menaruh akuarium pada luar ruangan, sebab ikan Arwana juga tidak bisa bertahan hidup dengan cahaya langsung matahari.

 

Langkah 4: Mempersiapkan Ikan Arwana Indukan

Anda harus memisahkan ikan Arwana indukan dari ikan-ikan lainnya. Pastikan kualitas ikan Arwana indukan Anda memiliki mutu yang tinggi.

Dengan kualitas indukan yang baik, maka akan mudah untuk berkembang biak dan menghasilkan bibit-bibit yang baik pula.

Tips Sukses Memulai Bisnis Budidaya Ikan Arwana 04 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Harga Ikan Koi Termahal Di Dunia? Ini Dia Jenis Ikan Koi yang Buru Orang]

 

Di samping itu, kualitas ikan yang baik akan menghindarkan ikan Anda agar tidak rentan terhadap aneka penyakit. Untuk merawat kualitas indukan ikan Arwana Anda, sebaiknya berikan makanan berupa udang.

Umumnya, ikan Arwana yang siap untuk dikembangbiakkan adalah yang telah berusia di atas 4 tahun, dengan panjang kelaminnya sekitar 45-60 cm.

 

Langkah 5: Beri Makan Secukupnya

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, makanan yang baik untuk ikan Arwana adalah pellet dengan kandungan protein yang tinggi dan aneka makanan lain seperti udang, potongan kecil daging, ikan mas, dan kepiting kecil.

Beri makan pada ikan Anda secukupnya, yakni dua kali dalam sehari pada pagi dan sore.

Di samping itu, Anda juga bisa memberi zat pemicu pertumbuhan ikan yang banyak dijual di pasaran pada makanan ikan tersebut sehingga ikan Arwana Anda dapat tumbuh dengan maksimal.

 

Langkah 6: Proses Mengembangbiakkan

Dalam proses pengembangbiakkan ini, Anda harus memahami ikan mana saja yang telah memiliki pasangan.

Caranya mudah, yakni mengamati jika terdapat dua Arwana yang berlainan jenis kelamin selalu berenang berdampingan dengan posisi kepala selalu menempel pada ekor.

Jika sudah dalam posisi berdampingan, maka ikan tersebut telah memiliki pasangan dan siap berkembang biak. Jika Anda menemukan ikan yang berpasangan tersebut, maka segera pisahkan ikan tersebut pada akuarium lain agar mereka bisa segera berkembang biak.

Tips Sukses Memulai Bisnis Budidaya Ikan Arwana 05 - Finansialku

[Baca Juga: Harga Ikan Louhan Termahal Di Dunia Sangat Fantastis! Tengok Penampilannya!]

 

Langkah 7: Membesarkan Benih Ikan Arwana

Anda harus berhati-hati dalam membesarkan benih-benih ikan Arwana. Untuk Arwana yang masih kecil cukup diberi makan dengan cacing.

Jika ikan Arwana tersebut sudah agak besar atau berukuran sekitar 12 cm, maka Anda harus segera memisahkannya.

Tujuan dipisahkan adalah agar benih-benih ikan yang masih kecil tidak dimakan oleh yang besar. Ikan-ikan Arwana yang siap dijual umumnya berusia 2 tahun, dengan panjang 25-40 cm.

Begitu seterusnya proses budidaya ikan Arwana yang bisa Anda kembangkan dalam bisnis budidaya Anda.

 

Keuntungan Besar Bisnis Budidaya Ikan Arwana

Biaya besar dalam produksi budidaya ikan Arwana akan terbayarkan dengan keuntungan yang akan Anda raup dari bisnis budidaya ikan ini.

Harga jual Arwana dengan ukuran 25-40 cm sangat fantastis. Jika bentuk dan kualitasnya bagus bisa mencapai Rp5 juta per ekor.

Dalam menjalankan bisnis ini dibutuhkan ketekunan dalam usaha sehingga bisnis budidaya yang Anda jalankan tersebut menghasilkan keuntungan yang menggembirakan.

Untuk menghitung berapa modal yang dibutuhkan, Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku. Dengan adanya Aplikasi ini, Anda akan mengetahui jumlah uang yang perlu Anda persiapkan supaya Anda tidak mengalami kekurangan dana di tengah-tengah budidaya ikan arwana.

Pertama, silakan download Aplikasi Finansialku di Google Play Store. Anda bisa upgrade aplikasi ini menjadi aplikasi premium 1 tahun yang tentunya banyak memiliki akses menggunakan semua fitur Aplikasi Finansialku.

Cara Mudah Mulai Investasi 03 Aplikasi 1 - Finansialku

 

Gunakan juga kode voucher POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan harga. Jadi, Anda hanya perlu membayar Rp300.000 saja (harga normal Rp350.000) setara Anda membayar Rp850 per hari saja.

Tentunya Anda tidak akan menyesal untuk download Aplikasi Finansialku karena akan banyak manfaat yang Anda dapatkan.

 

Setelah Anda membaca artikel ini, tentunya Anda mendapatkan banyak pandangan baru kan?

Tidak ada salahnya lho jika Anda membagikan artikel ini juga kepada teman terdekat Anda yang memang ingin melakukan budidaya ikan arwana. Berbagi itu indah!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Cara Budidaya Ikan Arwana Bagi Pemula. Ilmubudidaya.com – https://bit.ly/2xDx6gr
  • Admin. Tips Memulai Bisnis Ikan Arwana. Peluangusahaterkini.com – https://bit.ly/2LcdF70

 

Sumber Gambar:

  • Budidaya Ikan Arwana 01 – https://bit.ly/2JqNVBW
  • Budidaya Ikan Arwana 02 – https://bit.ly/30p3Ztv
  • Budidaya Ikan Arwana 03 – https://bit.ly/30nDyo4
  • Budidaya Ikan Arwana 04 – https://bit.ly/2xAR0J0
  • Budidaya Ikan Arwana 05 – https://bit.ly/2XBIgNo

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG