Harga Ikan Arwana Selangit? Ini 10 Jenis Ikan Arwana Terpopuler di Dunia

Mendengar nama ikan Arwana rasanya sudah tidak asing lagi apalagi di telinga para pecinta ikan hias. Apakah kamu tahu berapa harga ikan Arwana?

Jenis ikan air tawar ini cukup dikenal di level ekonomi menengah ke atas karena harganya yang selangit bahkan ada yang setara rumah mewah lho!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bukan Hanya Populer, Inilah 10 Jenis Ikan Arwana Dengan Harga Fantastis

Daya tarik ikan Arwana yang dijuluki “Raja Ikan Hias” berhasil merebut hati para pecinta ikan hias.

Selain untuk menyalurkan hobi, ikan Arwana dengan nama ilmiah Osteoglossidae juga dipercaya membawa “keberuntungan” bagi yang memeliharanya.

Misalnya saja jenis Golden Red Arwana dipercaya dapat menolak bala dan jenis Golden Pino sebagai pembawa rezeki.

Terlepas dari itu semua, ikan Arwana berhasil mempertahankan eksistensinya karena semakin hari semakin bertambah peminatnya.

 

Dulu, ikan air tawar ini hanya beredar di kalangan pecinta ikan hias level menengah ke atas, karena harganya yang fantastis.

Semenjak berkembangnya komunitas di media sosial, hobi untuk memelihara Arwana pun tak lagi kenal usia dan kalangan, terlebih ikan ini dikenal awet dan stabil untuk urusan tren serta siklus hidupnya tergolong kuat.

Berbicara soal tren, ternyata Arwana juga punya jenis-jenisnya yang dianggap nge-trend atau populer di dunia. Beberapa diantaranya yang bisa dipelihara ternyata berasal dari Asia, Amerika Selatan, Australia, hingga Afrika.

Sedangkan di Indonesia sendiri ikan Arwana banyak ditemukan di wilayah Papua dan Kalimantan.

Nah buat kamu yang tertarik untuk menambah koleksi ikan yang satu ini, saya akan membagikan 10 jenis ikan Arwana populer di dunia.

 

#10 Ikan Arwana Brasil (Silver Arowana)

Arwana yang bercirikan sirip panjang dan bentuk tubuh berwarna khas abu-abu ini paling banyak ditemukan di Indonesia dengan ukuran yang mencapai 1 meter.

Uniknya, Arwana Brasil bisa melompat ke udara dari dalam air untuk menangkap mangsanya, dan harga ikan jenis ini masih cukup terjangkau mulai dari Rp2 juta.

Harga Ikan Arwana 02 Arwana Brasil - Finansialku

 [Baca Juga: Intip Kemewahan 10 Perahu Termahal di Dunia]

 

#9 Ikan Arwana Banjar (Banjar Red Arowana)

Next, ikan Arwana Banjar memiliki karakter fisik yaitu sirip oranye dan ekor berwarna kekuningan. Ikan ini termasuk memiliki warna merah level 2 meskipun tidak terlihat seperti Arwana merah.

Jika kamu berminat memeliharanya, harganya cukup terjangkau kok sama seperti Arwana Brasil di kisaran Rp2 juta.

Hanya saja, kamu memerlukan kapasitas akuarium besar karena gerakan ikan ini terbilang aktif dengan panjang mencapai 90 cm.

Harga Ikan Arwana 03 Arwana Banjar - Finansialku

[Baca Juga: Menguntungkan, Ini Tips Jitu Cara Budidaya Ikan Lele! Ketahui Berapa Modalnya!]

 

#8 Ikan Arwana Hijau (Green Arowana)

Ikan Arwana hijau dikenal juga dengan nama Golden Pino. Ikan asal Asia ini biasanya ditemukan di sejumlah negara seperti Indonesia, Vietnam, Malaysia, Kamboja, Myanmar, dan Thailand.

Uniknya, ikan ini terlihat seperti perpaduan antara kuning, emas, dan hijau yang samar serta kepalanya sedikit lebih besar dibandingkan ikan Arwana Asia lainnya. Sama seperti Arwana Banjar, panjangnya mencapai 90 cm dan harganya sekitar Rp4 juta.

Harga Ikan Arwana 04a Arwana Hijau - Finansialku

[Baca Juga: 7 Uang Kuno Termahal Di Dunia yang Harganya Bikin Kamu Kaget]

 

#7 Ikan Arwana Papua (Jardini Arowana)

Ikan bernama latin Scleropages Jardinii ini adalah Arwana yang berasal dari Australia dan Papua. Arwana Papua bisa tumbuh hingga ukuran 90 cm dengan bobot 17 kilogram.

Tampilannya memang seperti ikan Arwana Asia, tapi warna terangnya tidak terlalu mencolok. Biasanya jenis Arwana ini dihargai sekitar Rp4 juta.

Harga Ikan Arwana 05 Arwana Papua - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tahap Mencapai Kebebasan Keuangan Ala Merry Riana]

 

#6 Ikan Arwana Red Tail Golden

Arwana jenis Red Tail Golden yang dikenal juga dengan nama Golden Red memiliki sifat agresif sehingga jenis ikan ini cukup sulit untuk ditangkap.

Arwana yang berasal dari Pekanbaru dan beberapa wilayah Sumatera ini memiliki postur fisik yang mencapai 90 cm dengan ciri khas warna biru, hijau, dan keemasan.

Jenis ikan ini biasanya dihargai lebih tinggi dari ikan-ikan sebelumnya yaitu sekitar Rp4,5 juta.

Harga Ikan Arwana 06 Arwana Red Tail Golden - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Praktis Untuk Memiliki Pola Pikir Keuangan yang Benar]

 

#5 Ikan Arwana Black Golden (Golden Based Black)

Arwana Black Golden bisa dikatakan sebagai salah satu jenis ikan Arwana yang cukup mahal. Ciri fisiknya adalah warna emas dengan sisik kehitaman yang sering ditemukan di wilayah Penang, Malaysia.

Harga yang dibanderol untuk ikan jenis ini sekitar Rp18 juta. Wow, fantastis bukan?

Meski demikian, sebenarnya tidak mudah menemukan ikan Arwana Black Golden karena habitatnya berada di rawa sehingga hal ini pun berpengaruh pada harga jualnya yang tinggi.

Harga Ikan Arwana 07 Arwana Black Golden - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia dan Kunci Sukses Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Suami Istri]

 

#4 Ikan Arwana Cross Back Golden

Ikan ini memiliki beberapa tipe warna tetapi yang paling mencolok adalah warna emas di bagian punggung.

Selain dikenal dengan jenis Cross Back Golden, ikan ini punya cukup banyak nama yaitu Pahang Golden, Malayan Bonytongue, Taiping Golden, dan Malaysian Gold.

Arwana bernama latin Scleropages Formosus bernilai jual cukup tinggi di pasaran karena tidak mudah ditemukan dan biasanya ditawarkan mulai dari Rp18 juta.

Harga Ikan Arwana 08 Arwana Cross Back Golden - Finansialku

[Baca Juga: 10 Pohon Bonsai Termahal di Dunia yang Indah, Unik dan Langka]

 

#3 Ikan Arwana Super Red

Seperti namanya, maka tampilan ikan jenis ini memang terlihat memiliki warna merah yang cukup dominan. Tak heran jika para pecinta ikan hias memilih ikan Arwana Super Red sebagai favoritnya.

Arwana Super Red ini sebenarnya jenis ikan Arwana Asia yang dapat ditemukan hidup liar di Sungai Kapuas, dan dekat danau di bagian Kalimantan Barat Indonesia.

Harganya cenderung variatif, dibanderol mulai dari Rp2 juta hingga Rp48 juta.

Harga Ikan Arwana 10 Arwana Super Red - Finansialku

[Baca Juga: Hindari 10+ Kesalahan Mengatur Keuangan Di Tahun 2019]

 

#2 Ikan Arowana Batik (Myanmar Arowana)

Menempati posisi kedua sebagai ikan populer di dunia, jenis Arowana Batik ini memiliki corak tubuh yang cantik dan unik.

Bagaimana tidak, tubuhnya penuh dengan sisik yang berbentuk seperti pola kain batik dan warnanya memiliki perpaduan perunggu dengan silver. Kelebihan yang dimiliki Arwana Batik membuatnya dihargai sekitar Rp56 juta.

Harga Ikan Arwana 09 Arwana Batik - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Trik Nonton Film di Bioskop Lebih Hemat! Mau?]

 

#1 Ikan Arwana Platinum

Wow! Ini dia si populer nomor 1 yaitu Arwana Platinum! Ikan ini terbilang ikan Arwana tercantik karena ciri fisiknya sangat memukau. Arowana Platinum mengkilap seperti platinum dengan tekstur halus.

Tampilan indahnya inilah yang membuat jenis ikan Arwana Platinum dihargai selangit dan sangat fantastis, yaitu mencapai Rp5,7 miliar! Setara dengan harga-harga rumah mewah ya!

Harga Ikan Arwana 11 Arwana Platinum - Finansialku

[Baca Juga: 10 Keju Termahal di Dunia yang Selalu Bikin Penasaran Orang]

 

Tips Membeli Ikan Arwana

Gimana guys, sudah tertarik untuk memelihara salah satunya?

Jika kamu ingin memelihara ikan Arwana maka selain melakukan persiapan secara finansial, kamu juga harus memperhatikan perawatannya ya apalagi ikan Arwana ini kan harganya terbilang mahal dibandingkan jenis ikan hias lainnya.

Nah berikut ini adalah beberapa tips sebelum memutuskan untuk membeli ikan ini:

 

#1 Perhatikan Ukuran

Jika kamu ingin membeli ikan Arwana, sangat disarankan untuk memperhatikan ukurannya. Pilihlah yang berukuran antara 20-25 cm.

Bukan tanpa alasan tetapi karena bagi pemula ukuran Arwana ini lebih mudah dipelihara dibandingkan dengan ukuran Arwana yang lebih kecil.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#2 Tempat Membeli

Meskipun saat ini ikan Arwana sudah bisa dibeli secara online, tetapi disarankan untuk membeli langsung ke lokasi penjualnya. Dengan begitu, kamu bisa melihat kondisinya secara langsung dan lebih real.

 

#3 Teliti Melihat Fisik Ikan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, jika kamu membeli secara langsung maka kamu bisa memastikan kondisi fisik ikan baik-baik saja. Jangan memilih ikan yang sisiknya lepas atau rusak.

Hindari membeli anakan ikan dengan bibir cakil. Sebab saat ikan tumbuh dewasa, bibir yang cakil akan mengurangi keindahan fisiknya.

 

Jadi, Jenis Ikan Arwana Apa yang Kamu Sukai?

Memelihara ikan Arwana menjadi hobi yang diminati banyak orang. Ikan hias ini cenderung mempunyai gerakan tenang di air yang menjadi daya tariknya tersendiri.

Bagi mereka para pecinta ikan hias harga ikan yang tergolong tinggi ini bukanlah masalah.

Sudahkah kamu memilih salah satunya yang kamu sukai? Jangan lupa, jika kamu berniat untuk membeli, perhatikan tips yang sudah disampaikan supaya Arwana yang kamu pilih bisa tumbuh dan berkembang secara sehat.

 

Jadi ikan Arwana jenis apa yang kamu sukai? Jangan lupa untuk memperhatikan setiap tips yang sudah dibahas di atas ya.

Tuliskan tanggapan dan pertanyaanmu pada kolom komentar di bawah. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitarmu, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 1 Agustus 2018. 10 Jenis-jenis Ikan Arwana Tercantik dan Terpopuler di Dunia. Tokopedia.com – https://goo.gl/DCSbG7
  • Admin. Lima Cara Mudah Memilih Ikan Arwana “Si Raja Ikan Hias”. Agromedia.net – https://goo.gl/cWdDvw

 

Sumber Gambar:

  • Arwana – https://goo.gl/jjHqWi
  • Arwana Brasil – https://goo.gl/ZT7uQ2
  • Arwana Banjar – https://goo.gl/aFm9mU
  • Arwana Hijau – https://goo.gl/u2Gh2g
  • Arwana Papua – https://goo.gl/6ga5Fp
  • Arwana Red Tail Golden – https://goo.gl/E2imD2
  • Arwana Black Golden – https://goo.gl/1K44Fa
  • Arwana Cross Black Golden – https://goo.gl/D75DZo
  • Arwana Super Red – https://goo.gl/erJRFD
  • Arwana Batik – https://goo.gl/NHHbpH
  • Arwana Platinum – https://goo.gl/6k5bDr
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom,
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom, seorang praktisi humas di salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung. Memiliki background pendidikan S1 Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas di Universitas Komputer Indonesia, dengan pengalaman menjadi bagian dari Media Mahasiswa Indonesia dan tertarik mengembangkan kemampuan di bidang penulisan.

Leave A Comment