Panduan Praktis Untuk Memiliki Pola Pikir Keuangan yang Benar

Tak banyak orang yang mengerti bagaimana cara untuk memperbaiki pola pikir keuangan mereka yang benar.

Mari benahi pola pikir keuangan kita dengan menyimak panduan praktisnya melalui artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Benahi Pola Pikir Keuangan

Jika Anda yakin bahwa Anda tidak layak mendapatkan kekayaan, maka kekayaan itu tidak akan datang kepada Anda. Oleh sebab itu, Anda harus menetapkan perasaan di mana uang tersebut sudah ada di genggaman Anda.

Ketika Anda melatih pikiran Anda untuk percaya dan bersemangat untuk menjadi kaya, peluang akan muncul di mana-mana. Anda akan lebih terbuka untuk mencoba hal-hal baru, keluar dari zona nyaman dan mampu mengeksekusi keputusan sulit.

Sederhananya, jika Anda menguasai pola pikir Anda, maka Anda akan menguasai uang Anda.

Pola Pikir Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jarang Diketahui Orang! Ini Rahasia Meraih Kebebasan Keuangan Sebelum Pensiun]

 

Artikel Finansialku kali ini, akan membahas bagaimana cara untuk membentuk pola pikir keuangan yang baik.

Namun sebelum itu, sudahkah Anda melakukan perencanaan keuangan saat ini?

Ingat ya, perencanaan keuangan harus senantiasa dilakukan mengingat fungsinya yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan dengan mengetahui hal apa saja yang dapat Anda rencanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Jika Anda ingin lebih memahaminya dan mengetahui bagaimana cara melakukannya dengan baik, segera gunakan ebook Finansialku berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Di dalamnya, terdapat sejumlah pembahasan dan disertai dengan contoh yang dapat membantu Anda dapat segera mempraktikkannya.

Selain itu, gunakan juga aplikasi Finansialku untuk semakin memudahkan Anda dalam mengelola keuangan.

Fiturnya yang sangat lengkap akan memberikan Anda beberapa kelebihan, seperti:

  • Up to date dengan kondisi keuangan Anda.
  • Miliki kontrol atas keuangan Anda.
  • Cari tahu dan perbaiki kebocoran-kebocoran keuangan, hingga
  • Perbaiki kondisi utang konsumtif.

 

Segera download aplikasinya melalui Google Play Store, atau registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tunggu apalagi? Yuk segera miliki keduanya dan rasakan manfaatnya!

Nah, kini mari simak cara untuk membentuk pola pikir yang baik mengenai keuangan Anda.

 

#1 Gapai Lebih Banyak & Apresiasi Diri Anda

Jika Anda ingin mengubah pola pikir Anda terhadap uang, Anda perlu memulainya dari diri sendiri. Anda bisa memulainya dari:

  • Bagaimana Anda bisa menaikkan pendapatan atau gaji Anda?
  • Bagaimana Anda bisa menemukan dan mendapatkan banyak klien atau pembeli?
  • Bagaimana cara Anda memprioritaskan penghasilan untuk dana pensiun atau dana investasi?

 

Setiap jawaban dari pertanyaan tersebut akan menolong Anda mencari tahu di mana uang Anda sedang “tersembunyi”.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak uang, Anda harus menjadi orang yang bekerja lebih banyak untuk mendapatkannya.

Jika Anda ingin pergi berlibur selama tiga minggu ke Eropa, Anda perlu membuat rencana untuk merealisasikannya.

Jika Anda ingin berbisnis sendiri, Anda harus berusaha mencari pelanggan dan pembeli sehingga Anda akhirnya dapat keluar dari pekerjaan Anda yang saat ini dan merintis bisnis pribadi.

Jika Anda sudah melakukan setiap hal di atas untuk meningkatkan pendapatan atau gaji Anda, itu artinya Anda luar biasa!

Ketika Anda menginginkan sesuatu, Anda harus menjadi seperti pilihan yang telah Anda tentukan. Jangan tergantung pada keputusan atau perkataan orang lain.

Ketika Anda melakukannya dan tergantung pada keputusan orang lain, Anda membatasi diri. Anda dan memberi hidup Anda di tangan orang lain.

Beri diri Anda izin untuk mendapat lebih banyak melalui pekerjaan yang Anda hasilkan. Beri diri Anda izin untuk membeli sepatu indah dengan uang yang telah Anda tabung. Beri diri Anda izin untuk memulai bisnis paruh waktu yang telah Anda rencanakan.

Apapun yang Anda inginkan, lakukan itu untuk meningkatkan diri Anda dengan uang yang Anda miliki.

Para Freelance, WAJIB PAHAM Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Tahun Ini 03 Keuangan Freelancer 3 - Finansialku

[Baca Juga: Orangtua WAJIB Mengajarkan Anak Supaya Bisa Mengelola Keuangan Sejak Dini]

 

Coba lakukan ini:

Mulailah dengan membuat sebuah jurnal. Lakukan sesuatu yang sederhana seperti menulis deklarasi atau janji pada diri sendiri.

Misalnya: “Saya ingin mendapat lebih banyak uang” atau “Saya ingin cukup uang untuk berlibur setiap tahun.”

Temukan tempat yang tenang di mana Anda tidak akan terganggu, duduk diam selama beberapa menit, merenungkan apa yang Anda inginkan dan menulis apa pun yang terlintas dalam pikiran selama setidaknya lima menit.

Saat Anda menulis sesuatu, jangan membuat penilaian, misalnya jangan katakan pada diri sendiri apakah hal-hal yang Anda inginkan ini benar atau salah. Itu hanya hal-hal yang Anda inginkan.

Setelah Anda selesai dengan daftar tersebut, katakan pada diri sendiri bahwa tidak apa-apa untuk memilikinya. Kemudian, pikirkan bagaimana Anda akan mendapatkannya.

Rasakan bahwa Anda memiliki keinginan membara untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

 

#2 Atasi Kecemasan Anda

Ketika Anda merasa cemas atau membiarkan emosi menguasai Anda, maka Anda tidak akan membuat keputusan yang menguntungkan. Bayangkan sesaat ketika Anda berada pada situasi evaluasi atas kinerja Anda di kantor atau saat Anda akan wawancara pekerjaan baru.

Anda akan berbicara tentang mengapa Anda berhak mendapatkan kenaikan gaji atau mengapa Anda pantas untuk bekerja di perusahaan tertentu dan menjadi salah satu anggota tim yang tidak bisa dianggap enteng dengan kemampuan yang Anda miliki.

Apa yang sedang Anda pikirkan sekarang? Apakah Anda dapat berpikir dengan jelas tentang hal-hal yang perlu Anda katakan kepada atasan perihal kenaikan gaji?

Kunci menuju masa depan finansial yang lebih baik adalah menghilangkan pemicu emosional apalagi yang berkaitan dengan uang sehingga Anda dapat mengambil keputusan dari sudut pandang yang lebih objektif.

Memang, lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, ada banyak alat untuk membantu Anda memproses perasaan dan emosi Anda seputar masalah uang. Coba latihan di bawah ini terlebih dahulu.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Temukan tempat yang tenang dan tuliskan pikiran Anda. Saat merekam pikiran Anda, tulis apa yang menurut Anda benar tentang uang.

Sebagai contoh, Anda takut keluar untuk pergi ke cafe dengan teman-teman Anda karena Anda hanya memiliki Rp20.000 di rekening bank Anda di akhir bulan. Jauh di lubuk hati, Anda yakin tidak cukup dan merasa bingung tentang langkah selanjutnya.

Setelah melakukan ini, tarik napas dalam-dalam dan katakan pada diri Anda bahwa tidak apa-apa untuk merasa seperti ini.

Ketika Anda belajar untuk bersandar pada ketidaknyamanan, Anda akan lebih bersedia untuk melakukan perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan situasi keuangan Anda.

Jadi, Anda akan berusaha bagaimana caranya untuk memiliki uang lebih banyak, misalnya dengan meningkatkan kualitas performansi kinerja di kantor dan minta kenaikan gaji atau memiliki sampingan pekerjaan untuk menambah pendapatan.

 

#3 Maafkan Diri Anda dan Orang Lain

Pengampunan adalah bagian integral dari proses penguasaan pola pikir uang. Ini semua tentang membersihkan ruang mental sehingga Anda dapat mengundang hal-hal yang lebih baik untuk datang. Mengampuni seseorang atau situasi akan sangat berdampak positif bagi Anda.

Jika semua yang Anda lakukan adalah menyimpan perasaan dendam, marah dan benci, Anda tidak akan pernah membiarkan diri Anda sepenuhnya menciptakan lebih banyak kekayaan dalam hidup Anda.

Juga, ketika Anda marah dengan seseorang, situasi, atau bahkan dunia, Anda hidup dengan mentalitas sebagai seorang korban.

Pengampunan bukan tentang melupakan peristiwa yang terjadi. Ini tentang melepaskan perasaan negatif atau hal-hal yang membebani sehingga Anda dapat beralih ke hal-hal yang lebih produktif.

Berpegang pada kebencian berarti berpegang pada masa lalu. Menciptakan masa depan finansial yang lebih baik untuk diri Anda sendiri berarti Anda harus melihat ke depan, dan bagaimana menggunakan kehebatan Anda untuk menciptakannya.

Orang yang paling sulit (dan bisa dibilang paling penting) untuk dimaafkan adalah diri Anda sendiri.

Pikirkan semua keputusan yang Anda buat, kata-kata yang Anda ucapkan, hal-hal yang telah Anda lakukan untuk melukai diri sendiri dan orang lain.

Melepaskan pikiran dan penilaian untuk mengampuni akan membantu mengundang pemikiran baru, salah satunya pemikiran yang dapat membantu Anda bagaimana menciptakan uang di rekening Anda.

Ketika kita marah kepada seseorang, kita tidak dapat berpikir jernih dan hati kita merasa tidak karuan. Keadaan ini membuat segalanya bisa berantakan, pekerjaan Anda, karier Anda, dan berujung pada masa depan finansial.

Terpuruk dengan kesalahan diri sendiri pun perlu menjadi sorotan kita untuk mau mengampuni diri sendiri dan melanjutkan hidup.

Memberi maaf perlu dilakukan setiap saat, setiap hari karena kesalahan tentu akan terus terjadi, baik yang dilakukan orang lain terhadap diri kita atau kita terhadap sesuatu atau diri sendiri.

Bayangkan jika kita tidak melepaskan pengampunan kepada seseorang dan orang tersebut pada suatu ketika bertemu dengan kita atau orang tersebut adalah salah satu dari atasan atau rekan kerja yang setiap hari kita temui. Tentu rasa bersalah akan terus menghantui kita bukan?

Quiz 4 Jenis Kepribadian Dalam Mengatur Keuangan, Kamu yang Mana 02 Atur Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia dan Kunci Sukses Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Suami Istri]

 

Pikirkan orang atau situasi di mana Anda masih merasa marah atau benci (apalagi yang terkait dengan uang). Mungkin ada banyak dan itu tidak masalah. Tidak ada yang akan melihat daftar ini kecuali Anda.

Pilih satu yang paling menonjol. Temukan tempat yang tenang, duduk dan visualisasikan orang atau situasinya. Biarkan emosi apa pun muncul.

Baik memvisualisasikan atau mengatakan dengan suara keras, “Saya memaafkan Anda dan memilih untuk membiarkan emosi negatif ini pergi.”

Rasakan secara fisik bahwa Anda sedang melepaskan pengampunan atas mereka. Ulangi hal itu terus-menerus, bersihkan diri Anda dari rasa benci.

 

#4 Kosongkan Beberapa Ruang

Ketiga langkah sebelumnya telah membersihkan kekacauan mental Anda, kini kita fokuskan diri pada kekacauan fisik.

Langkah ini akan membersihkan ruang mental dengan mengosongkan ruangan. Caranya adalah dengan membersihkan dan menyingkirkan beberapa barang-barang yang Anda miliki.

Bayangkan ketika rumah Anda bersih dan betapa berbedanya Anda rasakan ketika rumah Anda sebelumnya berantakan. Sama dengan memiliki tumpukan besar barang yang tidak pernah Anda gunakan.

Anda bisa memulainya dengan membersihkan lemari, menatanya dan mengatur koleksi yang Anda miliki.

Mungkin Anda akan menemukan beberapa barang lama yang harus dibuang atau disingkirkan dengan memberikan kepada orang lain yang membutuhkan atau membuangnya.

Ketika Anda secara fisik membuat ruang, Anda secara mental juga membuat ruang untuk hal-hal baru.

Sama dengan uang, jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang, Anda harus membiarkan diri Anda menerima uang.

 

Ketika membersihkan ruangan, Anda mungkin mendapati pengalaman unik menemukan sejumlah uang yang terselip, entah itu di lemari atau di kantong baju, jaket atau celana.

Terlihat seperti intermezzo tapi ini bisa saja terjadi dan Anda bisa terheran-heran bisa menemukan uang Anda yang pernah Anda lupakan.

Mulailah melihat dan memilih ruangan atau barang yang jarang Anda gunakan.

Bersikaplah tegas pada diri sendiri untuk keputusan yang harus diambil. Apakah Anda akan menggunakan barang itu lagi? Jika Anda menggunakannya sesekali, dapatkah Anda meminjam atau menyewanya?

Setelah Anda memiliki tumpukan barang yang ingin Anda singkirkan, urutkan berdasarkan barang yang akan disumbangkan, barang yang akan dibuang ke tempat sampah dan barang yang akan dijual.

Jika Anda ingin melangkah lebih jauh, ucapkan terima kasih atau ucapkan terima kasih atas hal-hal yang Anda izinkan. Mereka melayani suatu tujuan pada satu titik waktu, dan sekarang Anda melepaskannya ke dunia agar orang lain mendapat manfaat.

Jika Anda mengalami keraguan saat memilah barang, Anda masih memiliki waktu untuk bisa memikirkannya dengan bijak. Lakukan dari satu kamar ke kamar berikutnya.

 

#5 Ambil Tanggung Jawab atas Pilihan Anda

Tidak ada yang memiliki kekuatan untuk mengubah hidup Anda selain diri Anda sendiri.

Tidak masalah seberapa buruk situasi Anda, seberapa sedikit yang Anda miliki di rekening bank Anda atau seberapa sedikit yang Anda ketahui tentang pengelolaan uang, semuanya tergantung pada Anda.

Pertanyaan yang perlu Anda pikirkan adalah, apakah Anda siap untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk mengubah hidup Anda?

Sebagian besar orang pada saat ini akan mengatakan ya tetapi tidak sungguh-sungguh saat melakukannya.

Mereka akan mensugesti diri mereka dengan kutipan inspirasional untuk memberi semangat pada diri sendiri dan memvisualisasikan kehidupan impian mereka, tetapi mereka tidak melakukan apa-apa untuk mencapai impian mereka itu.

Mengapa demikian? Karena mereka belum siap untuk melangkah.

Lakukan pekerjaan yang benar-benar diperlukan untuk menjadi kaya. Itu berarti mengambil tanggung jawab atas pilihan Anda, baik atau buruk. Melakukan apa yang perlu dilakukan untuk maju. Memilih untuk menggeser perspektif Anda, apa pun yang diperlukan.

Ini bisa jadi pilihan yang menakutkan, tapi, kita harus menyadari bahwa jika kita mengambil tanggung jawab atas pilihan kita dan berhenti memandang diri sebagai korban dari keadaan, maka tidak ada yang bisa menghentikan Anda untuk mencapai impian Anda.

Ketika Anda bertanggung jawab atas pilihan yang Anda buat, Anda memahami bahwa kekuatan ada di tangan Anda. Ada begitu banyak peluang untuk menjadi kaya dan melakukan apa yang Anda inginkan.

Jadi berkomitmenlah untuk mengubah situasi Anda dan Anda akan melihat keajaiban terjadi pada kehidupan finansial Anda.

Rahasia dan Kunci Sukses Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Suami Istri 03 Keuangan Pasangan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Mengatur Keuangan dengan Benar? Jika Anda Saat Ini Berusia 20-an Akhir, Maka Seharusnya Anda Sudah Melakukan Ini]

 

Setiap kali Anda ingin mengeluh, tanyakan pada diri sendiri apakah itu sesuatu yang dapat Anda ubah. Jika tidak, biarkan saja. Jika Anda bisa, tanyakan pada diri Anda bagaimana Anda bisa menyelesaikan masalah.

Latih pikiran Anda untuk menyelesaikan masalah. Misalnya, Anda ingin pensiun dalam waktu 5 tahun ke depan. Temukan solusi tentang bagaimana mewujudkannya.

Evaluasi diri Anda saat mengelola keuangan dan temukan beberapa kasus ketika Anda tidak menggunakan uang dengan semestinya. Buat solusi untuk masa depan dan lakukan.

 

#6 Bersyukurlah untuk Uang yang Anda Miliki

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda bisa bersyukur atas uang yang mungkin belum Anda terima di rekening Anda.

Dengan bersyukur, pertama, Anda akan percaya bahwa uang itu akan datang. Kedua, Anda berterima kasih atas arus masuk dan keluar uang selama ini.

Ketika Anda berterima kasih atas semua uang yang Anda miliki, rasa syukur itu akan mengundang lebih banyak uang untuk datang.

Itu berarti Anda bersyukur telah membayar tagihan. Bersyukur karena mendapat gaji. Bersyukur atas makanan yang dibeli teman Anda untuk Anda.

Ketika Anda bahagia dan merasa seperti Anda memiliki lebih dari cukup, saat itulah Anda akan melihat keajaiban terjadi. Anda terbuka untuk lebih banyak peluang dan solusi kreatif untuk bisa mencapai lebih dari sebelumnya.

 

Cobalah melakukan sesuatu yang sederhana seperti mengucapkan terima kasih pada diri sendiri ketika Anda bisa membayar tagihan.

Bayangkan uang itu membantu Anda menyalakan lampu, atau menyediakan listrik untuk televisi dan laptop Anda sehingga Anda melihat berita di TV dan bekerja, atau bisa memasak makanan dengan kompor gas di rumah Anda.

Ketika Anda pergi berbelanja bahan makanan, pikirkan bahwa Anda sedang menolong orang lain. Orang yang Anda bantu di antaranya para petani hingga orang yang mengirim produk (distributor), termasuk orang-orang yang bekerja menjaga toko.

Bersyukurlah bahwa uang Anda bisa menjadi berkat bagi orang lain ketika Anda membelanjakannya. Mulailah dengan jurnal rasa syukur.

Jika Anda bermeditasi atau sedang berdiam diri, fokuslah pada sesuatu yang Anda syukuri.

Setiap kali Anda menerima atau memberikan sesuatu (seperti membayar tagihan), katakan “terima kasih”, bahwa Anda bisa menerima sejumlah uang atau memberi kepada orang lain.

 

#7 Perhatikan Kata-Kata Anda

Mengeluh tidak hanya akan menguras tenaga atau energi, tetapi juga uang Anda.

Berapa banyak cemilan yang Anda habiskan ketika mood Anda turun dan mengeluh? Berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk window shopping dan akhirnya membeli barang yang seharusnya tidak Anda beli hanya demi agar mood Anda kembali seperti semula?

Mulailah memperhatikan dialog internal yang ada di kepala Anda tentang uang. Perhatikan kata-kata yang Anda gunakan.

Memperhatikan dan mengubah kata-kata yang Anda gunakan akan melatih otak Anda untuk membuka diri terhadap solusi dan kemungkinan mendapatkan lebih banyak uang.

Ini akan membantu memotivasi dan menginspirasi Anda untuk mengambil tindakan yang konsisten, karena itulah satu-satunya jaminan Anda akan dapat menghasilkan lebih banyak uang.

Cobalah untuk menantang diri Anda untuk berhenti mengeluh selama seminggu. Lihat berapa lama Anda bertahan. Perhatikan saja hal-hal yang Anda katakan tentang uang.

Ubah frasa yang biasa digunakan itu menjadi sesuatu yang lebih positif. Misalnya, jika Anda memberi tahu diri sendiri bahwa Anda tidak mampu membeli sesuatu, tanyakan pada diri sendiri bagaimana Anda mampu membelinya.

Kesehatan Keuangan Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Jasa Konsultasi Perencana Keuangan? Di mana Carinya? Dan Apakah Menguntungkan?]

 

Dalam minggu tantangan terhadap rasa mengeluh, jika Anda melanggarnya dan menyadari bahwa Anda mengatakan kata-kata keluhan, cobalah menghukum diri dengan hukuman yang ringan seperti menjepret karet ke tangan Anda.

Ini akan mengingatkan Anda untuk terus berpikir positif.

 

#8 Hidupkan Nilai-Nilai Anda

Nilai-nilai Anda sangat penting sebagai usaha Anda untuk menjadi kaya. Ketika Anda tidak meluangkan waktu untuk menilai dan menghayati nilai-nilai Anda, Anda tidak akan bahagia.

Ketika Anda merasa sengsara, kesal, atau suka ada sesuatu yang salah, Anda akhirnya akan menghabiskan uang dan Anda menyesalinya.

Pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana memperbaiki cara berutang? Utang yang mana yang membuat Anda tidak berkembang?

Utang konsumtif membuat kebahagiaan Anda menjadi semu. Perbaiki nilai Anda tentang berutang.

Utang yang diperkenankan dan yang akan membuat Anda bahagia adalah utang produktif.

 

Jangan biarkan Anda membuang-buang waktu dan energi untuk hal-hal yang tidak penting dan berkontribusi berkurangnya kebahagiaan Anda.

Ketika Anda hidup sesuai dengan nilai-nilai Anda, Anda lebih memahami bagaimana Anda menghabiskan waktu dan energi. Anda akan melihat Anda menghabiskan lebih sedikit uang dan menemukan lebih banyak kesenangan dalam karier Anda.

Anda akan merasa hidup Anda memiliki lebih banyak tujuan yang memotivasi Anda untuk terus maju.

Nilai-nilai Anda membantu Anda tumbuh dan berkembang sebagai pribadi. Atau tumbuh dan kembangkan pola pikir tentang uang secara positif.

 

Mulailah dari Hal yang Kecil

Ketika Anda ingin mengubah pola pikir, mulai lakukan hal itu dari hal yang paling kecil.

Yakin bahwa diri Anda bisa memenuhi kebutuhan utama untuk selanjutnya bisa memenuhi keinginan semata.

Namun, jangan lupa juga untuk bisa membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan.

Mulailah dari sekarang, dan segera rasakan manfaatnya. Semoga berhasil!

 

Dari ke-7 panduan di atas, manakah yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan dan yang paling sulit untuk dilakukan?

Berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Anda juga bisa membagikan artikel di atas kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. The Ultimate Guide To Money Mindset Mastery. Beyondthedollar.co – https://goo.gl/aFHi8x

 

Sumber Gambar:

  • Pola Pikir Keuangan 1 – https://goo.gl/j92jgc
  • Pola Pikir Keuangan 2 – https://goo.gl/D8iBwZ
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment