Apakah Anda mau bebas keuangan sebelum pensiun? Sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara meraih kebebasan keuangan sebelum pensiun?

Mari, ketahui rahasianya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bebas Keuangan Sebelum Pensiun

Pensiun merupakan masa yang akan dialami oleh setiap orang. Pada akhirnya orang akan berhenti bekerja dan menikmati masa-masa tuanya. Tentunya, setiap orang memiliki impian pensiun yang berbeda-beda.

Ada yang mau pensiun dengan gaya hidup mewah berkeliling dunia, ada yang mau tinggal di pulau pribadi, ada yang mau tinggal di daerah pegunungan yang sejuk, dan sebagainya.

Dari berbagai impian yang ada, pastinya semua juga memerlukan uang. Lalu, bagaimana mewujudkannya? Sedangkan saat waktu pensiun tiba kita sudah tidak bekerja lagi, tidak ada penghasilan aktif.

Rahasia Meraih Kebebasan Sebelum Pensiun 02 Pensiun 2 - Finansialku

[Baca Juga: Apa itu Kebebasan Keuangan]

 

Sekarang ini masih banyak orang yang belum peka terhadap pensiun. Mereka menganggap bahwa pensiun masih lama.

Mereka akhirnya kebanyakan menunda-menunda sampai tiba waktunya mereka tidak memiliki waktu lagi untuk mengumpulkan uang untuk masa pensiun mereka.

Oleh karena itu, penting untuk Anda mempersiapkan masa pensiun sedini mungkin. Semakin dini Anda menabung untuk pensiun maka semakin besar kemungkinan Anda bisa bebas finansial.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

7 Cara Meraih Kebebasan Keuangan Sebelum Pensiun

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi cara rahasia meraih kebebasan keuangan sebelum pensiun. Berikut 7 cara rahasia meraih kebebasan keuangan sebelum pensiun.

 

#1 Memiliki Mindset Kaya Raya di Hari Tua

Tidak dapat dipungkiri bahwa mindset sangat mempengaruhi tindakan. Jika Anda memiliki mindset menjadi kaya raya, maka Anda akan berusaha menjadi kaya raya karena Anda yakin Anda pasti bisa menjadi kaya raya.

Dengan mindset yang benar, maka dapat menjadi motivasi Anda untuk terus berusaha dan berjuang untuk menjadi kaya raya.

Biar seperti peribahasa yang mengatakan “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian” yang artinya bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Ketahui Dana dan Usia Pensiun Ideal 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hey, Mau Tahu Rahasia Cepat Kaya Raya Di Usia Muda?]

 

#2 Pentingnya Memiliki Banyak Uang untuk Masa Depan

Mengapa memiliki banyak uang di masa depan itu penting? Di masa depan, saat pensiun maka Anda sudah tidak bekerja lagi.

Anda tidak memiliki penghasilan aktif. Nah, disinilah Anda memerlukan banyak uang untuk menghidupi masa pensiun Anda.

Tentunya, Anda ingin berbahagia dan tidak memikirkan tentang uang lagi saat masa pensiun Anda tiba kan? Anda ingin menikmati hari tua Anda dengan gaya hidup yang Anda inginkan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dengan memiliki banyak uang di masa depan maka Anda bisa mewujudkan impian masa pensiun Anda dengan gaya hidup yang Anda inginkan.

Oleh karena itu, Anda harus mulai menabung dari sekarang untuk memiliki banyak uang di hari tua.

Oh ya, yang tak kalah penting adalah Anda harus memiliki asuransi sejak dini. Tujuan dari asuransi adalah untuk proteksi.

Dengan adanya asuransi maka ketika Anda sakit atau terjadi sesuatu yang tidak diharapkan maka keuangan Anda tidak terganggu secara signifikan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Menghitung Kebutuhan Uang untuk Masa Pensiun

Hal pertama yang harus Anda tentukan adalah pada umur berapa Anda mau pensiun. Apakah umur 60, 65, atau berapa? Anda harus menentukan umur pensiun Anda dari sekarang.

Jika Anda sudah menentukan di umur berapa Anda mau pensiun, maka Anda dapat mengetahui berapa lama lagi waktu yang dapat Anda gunakan untuk mengumpulkan uang dari sekarang.

Mau Punya Masa Persiapan Pensiun Berkualitas Gini Caranya! 02 Waktu Pensiun - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: 8 Langkah Mudah Menjadi Seorang Entrepreneur Sejati]

 

Setelah itu, Anda juga harus memikirkan gaya hidup seperti apa yang ingin Anda jalani di masa pensiun Anda. Berapa kira-kira biaya yang Anda perlukan untuk memenuhi kebutuhan Anda di masa pensiun Anda.

Jangan lupa bahwa akan terjadi inflasi, sesuaikan dana kebutuhan yang Anda butuhkan dengan inflasi.

Dengan mengetahui berapa jumlah uang yang Anda butuhkan dan dalam berapa tahun waktu yang tersedia untuk Anda bisa meraihnya, maka Anda bisa membuat strategi untuk meraihnya.

 

#4 Menyiapkan Masa Depan Anak dengan Uang yang Cukup

Kebebasan finansial tentunya harus disertai dengan kebutuhan untuk anak yang cukup. Kebutuhan anak yang penting dan cukup mahal adalah biaya pendidikan. Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya pendidikan terus naik setiap tahunnya.

Dengan begitu, maka Anda juga perlu mempersiapkan dana pendidikan untuk anak Anda. Memberikan pendidikan yang terbaik adalah tanggung jawab Anda sebagai orang tua.

Anda bisa mencicil dana pendidikan melalui tabungan biaya pendidikan. Anda juga bisa menggunakan instrumen investasi lainnya seperti reksa dana untuk mempersiapkan dana pendidikan anak.

Membuat Rencana Pensiun 1 Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mencapai Kebebasan Keuangan yang Dapat Saya Lakukan?]

 

#5 Menyiapkan Warisan yang Cukup untuk Generasi

Tentunya, setelah memiliki hidup pensiun yang enak dan bahagia, Anda juga ingin anak Anda dan generasi selanjutnya dapat bahagia seperti Anda kan?

Oleh karena itu, Anda juga sebaiknya menyiapkan warisan yang cukup untuk generasi. Anda bisa mencicilnya dengan membeli berbagai aset secara perlahan yang nantinya bisa diwariskan kepada anak cucu Anda.

 

#6 Berinvestasi Untuk Hari Tua yang Bahagia

Sekarang ini, menabung saja sudah tidak cukup. Lama kelamaan, tanpa disadari jumlah uang Anda sebenarnya akan berkurang. Hal itu dikarenakan adanya inflasi.

Bunga tabungan biasanya tidak cukup tinggi untuk melawan inflasi. Atau bisa dikatakan bahwa bunga tabungan dari bank lebih kecil dari pada inflasi.

Dengan begitu, maka sangat disayangkan kan kalau Anda sudah menabung susah payah tapi uangnya malah berkurang?

Oleh karena itu, investasi sangatlah penting. Tidak ada kebebasan finansial yang bisa diraih tanpa investasi. Dengan investasi, maka kekayaan yang Anda miliki malah akan semakin bertambah bukannya berkurang.

Persiapan Pensiun 03 Persiapan Pensiun 3 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Rahasia Mencapai Kebebasan Keuangan Ala Brian Tracy]

 

Sekarang ini ada berbagai macam investasi yang bisa Anda coba. Ada investasi saham, reksa dana, P2P (Peer to Peer) Lending, deposito, obligasi, dan lain-lain.

Setiap instrumen investasi memiliki keuntungan dan juga risikonya masing-masing. Anda dapat memilih instrumen investasi yang paling sesuai dengan Anda.

Jangan lupa untuk mempelajari investasinya terlebih dahulu ya. Dengan mempelajari investasinya terlebih dahulu maka dapat meminimalisasi risiko kerugian. Jangan lupa juga untuk melakukan manajemen risiko dengan baik.

Oh ya, jika Anda tertarik berinvestasi saham, Anda bisa download ebook panduan berinvestasi saham untuk pemula dari Finansialku secara gratis lho.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#7 Kebebasan Finansial adalah Impian Anda

Jadikan kebebasan keuangan menjadi impian Anda. Dengan memiliki impian maka Anda akan bersemangat dalam meraihnya. Impian juga dapat membuat hidup Anda lebih bermakna.

Ingat, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Anda harus yakin bahwa Anda bisa mewujudkannya. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan berusaha. Niscaya Anda dapat meraih kebebasan keuangan sebelum Anda pensiun.

 

Sukses Meraih Kebebasan Keuangan Sebelum Pensiun

Setelah mengetahui cara-cara rahasia meraih kebebasan keuangan sebelum pensiun, maka sekarang Anda sudah bisa mulai melakukannya. Semuanya hanya akan sia-sia jika Anda hanya mengetahui tapi tidak melakukannya.

Kebahagiaan Anda di masa tua ditentukan dengan keputusan yang Anda ambil saat ini.

Jika Anda mengambil keputusan untuk melakukan cara meraih kebebasan finansial sebelum pensiun, maka niscaya Anda dapat menikmati masa pensiun dengan bahagia.

 

Jadi, apakah Anda berani mengambil langkah untuk meraih kebebasan keuangan sebelum pensiun? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan agar semakin banyak orang yang bisa meraih kebebasan keuangan sebelum pensiun. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sapto Raharjo. 4 Februari 2015. Cara Meraih Kebebasan Finansial Itu Mudah. Kompasiana.com – https://goo.gl/KPo9LV

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun 1 – https://goo.gl/8ZLsfW
  • Pensiun 2 – https://goo.gl/RgzrkF