Apakah Anda mengalami kesulitan untuk menjadi seorang entrepreneur sejati? Apakah Anda bingung bagaimana cara memulainya?

Artikel Finansialku kali ini akan membahas mengenai langkah-langkah mudah untuk menjadi seorang entrepreneur sejati.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Menjadi Seorang Entrepreneur Sejati

Sekarang ini entrepreneur sudah menjamur dimana-mana. Banyak anak muda yang sudah memulai start-up mereka di berbagai bidang. Ada yang di bidang telekomunikasi, keuangan, transportasi dan bidang lain sebagainya.

Mungkin menjadi entrepreneur pada awalnya tidak terlalu sulit. Di zaman yang sudah canggih ini, modal yang dibutuhkan pun tidak harus besar.

8 Langkah Mudah Menjadi Seorang Entrepreneur Sejati 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Financial Freedom untuk Entrepreneur, Seperti Apa dan Bagaimana Caranya?]

 

Tapi, bagaimana dengan menjadi entrepreneur sejati?

Sebagai seorang entrepreneur sejati, Anda harus siap dan berani mengambil risiko. Entrepreneur sejati juga harus membutuhkan tekad yang kuat karena banyak rintangan yang akan menghadang.

Tapi, jangan pernah menyerah! Berjuanglah dan lakukan yang terbaik!

Sebenarnya, siapa saja yang bisa menjadi entrepreneur? Semua orang bisa menjadi entrepreneur. Banyak orang yang mau menjadi entrepreneur, namun mereka tidak tahu bagaimana cara memulainya.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

8 Langkah Mudah Menjadi Seorang Entrepreneur Sejati

Kali ini, rubrik Finansialku akan membagikan langkah-langkah mudah menjadi seorang entrepreneur sejati.

Ada 8 langkah mudah menjadi entrepreneur sejati, yaitu:

8 Langkah Mudah Menjadi Seorang Entrepreneur Sejati 03 - Finansialku

 

#1 Melihat Ke Depan

Sebagai seorang entrepreneur sejati, Anda harus bisa melihat ke depan. Anda juga harus melihat peluang yang ada. Misalnya, prospek bisnis seperti apa yang menurut Anda bagus. Anda dapat menggunakan intuisi Anda.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan riset-riset sederhana yang dapat membantu Anda menentukan industri apa yang akan Anda pilih. Anda dapat mengestimasi industri apa yang akan bagus kedepannya.

 

#2 Memperkenalkan Bisnis Anda Kepada Orang-Orang

Anda bisa memperkenalkan bisnis Anda kepada orang-orang dengan mengatakan gambaran besar dari bisnis Anda. Ada banyak kemungkinan orang bisa tertarik untuk bergabung di bisnis Anda. 

Jika Anda memiliki ide yang brilliant, orang tidak segan-segan untuk bekerja sama dengan Anda. Oleh karena itu, memiliki relasi yang baik sangatlah penting.

Dalam membangun usaha, Anda harus menemukan orang yang bisa diandalkan. Anda bisa menjadikan mereka sebagai partner bisnis Anda.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Memiliki partner dalam sebuah bisnis sangat diperlukan karena Anda dapat berbagi cerita satu sama lain dan Anda juga bisa bersama-sama mencari solusi dari suatu masalah. Ingat, tidak ada bisnis yang mampu berjalan sendiri.

Teman, pelanggan dan partner bisnis Anda sangat membantu perkembangan bisnis Anda. Mereka dapat memberikan saran, kritik dan membantu Anda di masa yang sulit sekalipun. Penting untuk Anda untuk menjalin relasi dengan baik dengan mereka.

 

#3 Memikirkan Sebuah Masalah

Dalam kehidupan, ada banyak sekali masalah. Selama kita hidup pasti ada masalah.

Sebagai seorang entrepreneur sejati, Anda harus melihat masalah sebagai peluang yang dapat dijadikan sebagai ide bisnis. Ide bisnis itu mungkin akan datang dari masalah Anda.

Oleh karena itu, pikirkanlah sebuah masalah dan cari solusinya. Bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut? Anda dapat menyalurkan solusinya melalui bisnis Anda karena solusi tersebut dapat dijadikan ide baru untuk memulai bisnis.

Para Pebisnis Wanita, Simak 6 Strategi Bisnis yang Akan Mendatangkan Pertumbuhan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 13 Perilaku yang Dimiliki Entrepreneur Sukses, Sudahkah Anda Memilikinya?]

 

Masalah dalam hal ini tidak harus masalah besar, Anda bisa memikirkan masalah kecil yang lebih spesifik. Cukup dengan masalah yang paling umum dihadapi banyak orang.

Pikirkan apa yang paling menjadi kebutuhan pelanggan. Contohnya, banyak orang mager dan malas pergi keluar untuk membeli makan. Muncullah ide seperti aplikasi yang bisa memesan makanan, hanya melalui smartphone saja.

Anda juga harus menganggap masalah sebagai tantangan. Orang sukses melihat masalah sebagai tantangan. Tapi, orang tidak sukses selalu melihat masalah sebagai bencana.

Bagaimana dengan Anda? Pilihan ada di tangan Anda.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#4 Menemukan dan Mengikuti Passion Anda

Kemauan dan tekad yang kuat sangatlah penting. Sebagai seorang entrepreneur, Anda akan mengalami banyak rintangan yang menghadang.

Jika Anda tidak memiliki passion yang kuat, ada kemungkinan Anda akan menyerah di tengah jalan. Mungkin bisnis baru seumur jagung saja, Anda sudah menyerah. 

Oleh karena itu, temukanlah passion Anda. Ciptakanlah bisnis yang sesuai dengan passion Anda.

Jika itu memang benar-benar passion Anda, Anda akan lebih bersemangat mengerjakannya. Anda juga akan tekun dan fokus melakukannya.

Namun, jika Anda melakukan bisnis yang tidak sesuai dengan passion Anda, ada kemungkinan Anda akan terpaksa melakukannya. Jika Anda terpaksa, perlahan-lahan Anda akan menyerah dan akhirnya gagal.

 

#5 Menggunakan Keyakinan yang Kuat dari Diri Anda

Setelah Anda mempertimbangkan bisnis apa yang Anda akan jalani, milikilah keyakinan yang kuat. Jangan mudah tergoyahkan karena orang lain. Kebanyakan orang hanya menilai dari luarnya saja, tanpa tahu dalamnya.

50 Gaya Kepemimpinan yang Harus Dimiliki Setiap Pebisnis UMKM - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ide Bisnis Online untuk Calon Entrepreneur]

 

Oleh karena itu, yakinkan diri Anda tentang bisnis apa yang Anda akan jalani. Anda yang lebih tahu tentang bisnis Anda. Percayalah pada diri Anda sendiri.

Percaya pada diri Anda sendiri adalah pondasi awal memulai usaha. Anda harus yakin dengan kemampuan Anda. Jika Anda tidak percaya pada diri Anda, lalu siapa?

 

#6 Mengambil Tindakan (Take Action)

Entrepreneur bukan hanya sekedar berkata-kata saja. Tapi, entrepreneur sejati akan mengambil tindakan. Tindakan dalam menjadi entrepreneur sangatlah penting.

Anda bisa mencoba menciptakan produknya dan mencari modal. Jika Anda belum memiliki modal yang cukup besar, sekarang ini tidak semua bisnis harus dimulai dari modal besar. Anda bisa memulainya dengan modal yang minim. Selain itu, Anda juga bisa meminjam uang, seperti di bank.

Apalagi, di zaman sekarang ini sudah banyak yang menyediakan pinjaman dengan mudah seperti P2P (peer to peer) Lending. Contohnya Koinworks, Modalku, Investree dan lain sebagainya. Platform tersebut memudahkan Anda untuk mendapatkan modal pinjaman.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Lakukanlah sekarang karena tindakannya yang penting, bukan hanya pikiran nya saja. Pikiran memang penting, tapi tindakan lebih penting.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#7 Membuat Sebuah Prototype

Anda perlu membuat prototype sebelum membuat produk yang sebenarnya. Buatlah sebuah prototype sederhana. Setidaknya, Anda memiliki gambaran mengenai produk yang akan Anda buat.

Para Calon Pebisnis, Inilah Syarat Pendirian CV - Comanditaire Venootschap yang Harus Anda Lengkapi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Modal untuk Menjadi Entrepreneur Sukses?]

 

#8 Mengabaikan Orang-Orang yang Meragukan Anda

Jika Anda selalu fokus dengan apa yang orang lain katakan, Anda tidak akan pernah memulainya. Jika Anda sudah memutuskan sesuatu, lakukanlah! Yakinkan diri Anda dan mulailah!

Mungkin banyak orang meragukan Anda. Tapi, tunjukkan pada mereka bahwa Anda bisa.

Mungkin juga banyak orang akan berkata tidak mungkin. Tapi, tidak ada yang tidak mungkin, semuanya mungkin. Bahkan, tahukah Anda bahwa kebanyakan entrepreneur sukses datang dari ide gila-nya?

Contohnya Nadiem Makarim. Ia adalah salah satu pendiri startup sukses di Indonesia yang menemukan ide dan membuat aplikasi Go-Jek. Ide yang ia lontarkan sempat dianggap gila oleh orang-orang. Tapi, sekarang ide gilanya menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Dan masih banyak entrepreneur lain yang sukses karena ide gilanya, seperti Bob Sadino, Bill Gates, Steve Jobs dan lain lain.

Jadi, jalani saja bisnis Anda. Anda tahu yang terbaik, bukan mereka. Anda yang akan menjalaninya. Just do it!

 

Sukses Menjadi Entrepreneur Sejati

Sudah tahu kan langkah apa saja untuk menjadi entrepreneur sejati? Anda bisa menjadi entrepreneur sejati, jika Anda mau berjuang dan pantang menyerah. Tentunya, 8 langkah dari Finansialku ini akan membantu Anda menjadi Entrepreneur sejati.

Selamat mencoba dan berusaha!

 

Jadi, sudah sampai di manakah langkah Anda? Silahkan berikan komentar dan pendapat di kolom yang telah disediakan.

Terimakasih! Sukses untuk Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Diana Adams. 2012. What It Takes To Become An Entrepreneur [Infographic]. Bitrebels.com – https://goo.gl/vFvcT2
  • Anna Vital. 13 Juni 2012. Becoming An Entrepreneur – Simple Steps [Infographic]. Adioma.com – https://goo.gl/8n6i5U

 

Sumber Gambar:

  • Menjadi Seorang Entrepreneur – https://goo.gl/dNbaJF
  • Entrepreneur Sejati – https://goo.gl/vUt6iS