Bagaimana cara cari teman untuk partner bisnis? Mencari mitra atau partner bisnis bukanlah hal yang mudah. Mitra atau partner bisnis akan memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan pribadi Anda. Jika Anda salah memilih mitra, bisnis Anda yang jadi taruhannya. Banyak kasus, bisnis menjadi berantakan karena mitra bisnisnya saling berselisih paham. Dampaknya bukan hanya merugikan Anda melainkan juga para klien.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Mencari Partner Bisnis yang Tepat

Berbisnis dan berteman itu adalah dua hal yang berbeda. Kalau mau berbisnis, carilah partner bisnis, jangan cari teman. Selain itu, partner bisnis adalah teman, tetapi teman belum tentu menjadi partner bisnis. Seorang partner bisnis berperan penting dalam men-support bisnis dengan keterampilan yang dibutuhkan.

Partner bisnis adalah orang yang pertama yang kita tuju saat ingin membagi tugas-tugas perusahaan atau ‘stres” bisnis sehari-hari. Bahkan mitra usaha dapat menambahkan koneksi sekaligus meningkatkan peluang bisnis. Lalu bagaimana cara memilih mitra usaha yang tepat? Berikut ulasannya.

 

#1 Punya Visi dan Misi yang Sama

Seseorang yang tidak tahu kemana tujuan mereka akan bergerak dengan perlahan dalam hidup atau pergi dengan cepat ke arah yang salah. Pastikan bahwa Anda memiliki calon rekan bisnis yang memiliki visi dan misi. Jika visi dan misi berdua berbeda akan sulit rasanya menjalankan bisnis bersama-sama. Anda akan berselisih paham dengan partner bisnis Anda. Sebaliknya jika visi dan misi yang sama, maka Anda dan partner bisnis akan saling mendukung, kompak dan membantu dalam mengembangkan bisnis, sehingga usaha akan cepat maju.

Jika Anda sudah memiliki teman atau partner bisnis yang tidak yakin dengan visi mereka, lakukan yang terbaik untuk membantu mereka berada di jalan mereka dan mulai berpikir benar.

Cari Teman untuk Partner Bisnis Ini 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Memilih Partner Bisnis! Inilah Solusinya!]

 

#2 Pilih Partner Bisnis dengan Nilai yang Sama

Meskipun keberagaman itu hebat dalam banyak hal, ketika menyangkut nilai dan kepercayaan umum Anda, sebaiknya pertahankan persahabatan inti dengan orang-orang yang berpikiran sama. Meskipun Anda dapat menghargai pendapat dan perbedaan orang lain, memilih teman yang memiliki nilai yang sama dengan Anda akan membuat Anda tidak berkompromi atau terpengaruh secara negatif oleh orang-orang yang tidak menjunjung tinggi nilai dan standar yang Anda tetapkan dalam hidup Anda. Bila teman memiliki nilai yang sama, mereka dapat saling membantu satu sama lain.

 

#3 Pilih Orang-orang yang Menuju ke Arah yang Sama Seperti Anda

Saya suka menyebut mitra tujuan ini. Mitra tujuan adalah seseorang yang dapat Anda bagikan tujuan dan impian Anda, dan mereka akan mendorong Anda untuk mencapainya. Bila Anda memberi tahu mitra tujuan apa yang ingin Anda lakukan, mereka dapat membantu Anda tetap bertanggung jawab untuk menindaklanjutinya. Bila Anda memiliki teman dengan tujuan bersama, terutama sebagai pengusaha, Anda bisa saling mendorong. Anda dapat mengerjakan tujuan Anda bersama dan mendorong satu sama lain dalam mencapainya. Izinkan mereka untuk mengevaluasi Anda dan bertanya tentang kemajuan, dan melakukan hal yang sama untuk mereka.

3 Tips Memulai Bisnis dari Pengalaman Saya 02 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Tips Memulai Bisnis dari Pengalaman Saya]

 

#4 Pilih Orang yang Tidak Mudah Terkesan dan “Get-it

Get-it artinya orang yang serius tentang tujuan mereka dan serius tentang kesuksesan. Mereka tidak memperlakukan hidup dengan santai atau membuang waktu untuk pencarian yang sembrono. Mereka mengambil tindakan cepat dan menyelesaikan sesuatu. Jika Anda menganggap diri Anda sebagai orang yang bisa melakukannya, penting bagi Anda untuk memiliki teman yang beroperasi dengan cara yang sama. Jika mitra bisnis Anda ingin menghasilkan miliaran rupiah pertamanya dan pensiun pada usia 35 tahun, dia mungkin tidak cocok untuk orang yang ingin memberi nilai bagi miliaran orang dan menerima miliaran rupiah setahun. Pada titik tertentu, tujuan Anda pasti akan berbenturan. Selain itu, jauhi pasangan yang selama ini merayakan sedikit prestasi.

 

#5 Pilihlah Orang yang Memiliki Kemampuan

Anda harus cermat mencari partner yang memiliki kemampuan berbisnis, sehingga kerja Anda akan lebih ringan. Jangan sampai memilih partner bisnis hanya karena teman dekat atau saudara yang tidak memiliki keterampilan, sehingga pekerjaan Anda akan semakin berat.  

Kunci Rahasia Sukses dalam Membangun Bisnis Startup 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kunci Rahasia Sukses dalam Membangun Bisnis Startup]

 

#6 Pilih Orang dengan Standar Moral yang Tinggi

Standar moral yang tinggi akan membuat orang menjadi pengusaha yang beretika. Jika Anda berfokus untuk membawa hidup/karier/bisnis Anda ke tingkat berikutnya, mengapa tidak bergaul dengan orang-orang pada tingkat berikutnya? Melakukan hal ini akan membantu perluaskan pikiran Anda ke kemungkinan yang lebih besar. Adalah wajar untuk merasa yang paling nyaman dengan orang yang seperti Anda, dan tidak apa-apa. Namun, ada baiknya untuk Anda melangkah keluar dari zona nyaman Anda dan menghabiskan waktu bersama teman-teman yang dapat mengekspos Anda ke hal-hal yang lebih besar informasi baru dan tingkat kehidupan yang lebih tinggi. Jika Anda menghargai persahabatan ini, Anda akan segera menemukan diri Anda maju juga. Membangun bisnis dengan melakukan koneksi politik dan penyuapan tidak akan bertahan lama.

 

#7 Pilih Teman yang Bisa Mendatangkan Keseimbangan di Daerah Dimana Anda Lebih Lemah

Kita semua memiliki kekuatan dan kelemahan. Anda tahu apa kelemahan dan kekuatan Anda. Dengan teman yang tepat, Anda bisa memanfaatkan bakat, keterampilan dan kemampuan mereka yang memiliki keahlian di bidang yang tidak Anda sukai. Mungkin Anda bukan yang terbaik dalam menjaga lemari Anda tetap teratur, tetapi Anda memiliki teman yang suka mengatur dan Anda dapat meminta bantuannya. Anda mungkin seorang penulis hebat dan bisa memberikan bantuan kepada seorang teman yang memperbarui resume-nya. Bila Anda memanfaatkan kekuatan masing-masing, semua orang akan menang.

Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis]

 

#8 Pilih Teman yang Meregangkan, Memotivasi dan Mendorong Anda

Jenis partner bisnis ini juga merupakan mitra tujuan yang hebat. Tidak ada yang menginginkan teman yang negatif atau turun sepanjang waktu. Biasanya orang-orang pada saat kita sedang jaya maka selalu ingin berada di sekitar kita, namun saat sedang susah mereka meninggalkan kita. Termasuk kategori mana yang teman Anda ini? Seperti apa percakapan Anda dengan mereka? Jenis teman terbaik akan hadir untuk menawarkan telinga yang mendengarkan dan membantu Anda melalukan putaran positif pada situasi apapun.

 

#9 Pilih Teman yang Haus akan Ilmu

Hidup adalah belajar, tumbuh dan berkembang. Dengan teman seperti ini, Anda bisa saling belajar satu sama lain. Selalu menyenangkan memiliki teman yang bisa merekomendasikan buku bagus atau berbagi informasi dengan Anda untuk membantu Anda di jalan Anda. Teman-teman yang merupakan pembaca setia biasanya adalah pembicara yang hebat dan menyenangkan untuk diajak bicara juga.

Memulai Bisnis dengan Modal Rp1 juta, Apakah Mungkin 1 - Finansialku

[Baca Juga: Memulai Bisnis dengan Modal Rp1 juta, Apakah Mungkin?]

 

#10 Pilih Teman yang Dapat Dipercaya

Jika Anda sudah mempelajari sifat serta sikapnya ketika bekerja, maka langkah berikutnya adalah bertanya pada diri sendiri, sejauh mana Anda mempercayainya? Apakah Anda sudah sangat percaya dengan calon partner Anda? Kalau masih ragu atau curiga, maka lebih baik cari partner baru. Rasa percaya ini sangat penting dalam menjalankan bisnis. Jangan sampai hubungan Anda berdua diselimuti kecurigaan yang akan mengganggu bisnis ke depan

 

Berhati-hati dalam Memilih Partner Bisnis

Hati-hati berbisnis bila Anda hanya berperan sebagai partner yang memberikan uang, tidak memberikan waktu dan tidak melakukan apa-apa untuk usaha. Suatu saat, usaha akan dikuasai oleh partner Anda yang punya waktu. Karena, dengan menghabiskan waktu untuk usaha, ia yang lebih tahu seluk beluk perusahaan. Begitu mendapat untung, bisa saja dia berpikir untuk tak lagi melanjutkan Anda sebagai partner bisnis.

 

Apakah Anda sudah cari teman atau bahkan memiliki partner bisnis? Apa keuntungan saat Anda memiliki partner bisnis? Berikan jawaban Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Stacia Pierce. 24 Oktober 2014. 11 Secrets to Choosing the Right Friends. Huffingtonpost.com – https://goo.gl/y3KaN8
  • Admin. How To Choose Friends And Business Partnes. Growingstartup.com – https://goo.gl/OitLdk
  • Arthur Gideon. 29 November 2016. 6 Cara Cerdas Cari Teman Bisnis. Liputan6.com – https://goo.gl/6dXd9D

 

Sumber Gambar:

  • Partner Bisnis – https://goo.gl/XWdtgX dan https://goo.gl/YkZ7O2

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana