Bagaimana cara menjadi seorang entrepreneur sukses ? Berikut ini 4 tips menjadi entreprneuer sukses yang perlu Anda ketahui.  

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

4 Modal Utama menjadi Entrepreneur Sukses

Siapa yang tidak ingin menjadi entrepreneur sukses? Kayanya semua orang dan termasuk Anda juga ingin kan menjadi entrepreneur sukses. Saat ini, di era teknologi banyak sekali orang yang ingin menjadi entrepreneur, khususnya yang berbau teknologi (technopreneur).

Apa Saja Modal untuk Menjadi Entrepreneur Sukses - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukes Nadiem Makarim Pendiri GoJek]

 

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menjadi entrepreneur sukses. Mereka menempuh berbagai macam cara mulai dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Terkadang banyak calon entrepreneur yang tidak terpikir menggunakan cara-cara sederhana. Ingat lho ya, cara sederhana bukan berarti tidak menghasilkan. Padahal, justru cara sederhana ini lah yang sering kali membuat keberhasilan sebuah bisnis. Apa saja cara-cara sederhana tersebut?

 

Cara 1 : Jangan Miskin Ide, Perkaya Ide Anda

Semua bisnis berawal dari ide, mulai dari ide bisnis, ide untuk pendanaan (mencari modal), ide untuk memasarkan produk dan lainnya. Ide atau mimpi itu boleh besar, asalkan dieksekusi. Lakukanlah prioritas, tentukan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Orang yang takut bermimpi adalah orang yang susah sukses lho.

[Baca juga: 10 Tanda Kamu Harus Resign dan Memulai Bisnis Sendiri!]

 

Cara 2 : Bakat dan Minat

Setiap orang tentu memiliki bakat dan minat yang sudah di bawa sejak lahir. Apakah Anda sudah memahami bakat dan kemampuan Anda? Lakukan inovasi ide dengan bakat dan kemampuan Anda, agar bisnis Anda dapat menawarkan suatu hal yang unik. Coba perhatikan gambar di bawah ini:

Jadikan Tujuan Hidup dan Ikigai Anda, Menjadi Sumber Pemasukan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jadikan Tujuan Hidup dan Ikigai Anda Menjadi Sumber Pemasukan]

 

Cara 3 : Ketekunan

Tidak semua pebisnis bisa sukses, karena tidak semua orang memiliki ketekunan. Apakah Anda pernah mendengar kisah Mimpi Satu Juta Dollar? Kisah tersebut menceritakan jalan hidup seorang Merry Riana yang menjalani bisnis dan hidupnya dengan sangat tekun dan gigih. Semua orang yang menjalankan bisnis, pasti banyak mengalami hambatan, mulai dari mencari rekan bisnis, mencari pendanaan, mencari supplier, memasarkan produk, mengurus keuangan dan lain sebagainya. Ketekunan adalah kunci sukses untuk membesarkan bisnis. 

[Baca juga: 8 Tips Entrepreneur Yang Akan Buat Kamu Jadi Biliuner!]

 

Cara 4 : Jangan Takut Salah

Kebanyakan pebisnis pemula adalah ingin melakukan segala sesuatunya dengan sempurna dan takut melakukan kesalahan. Banyak ahli yang mengatakan bahwa, kesalahan itu bukanlah hal yang harus ditakuti. Kesalahan adalah kesuksesan yang tertunda jika kita mau mengakui kesalahan tersebut, mempelajari kesalahan tersebut dan memperbaiki kesalahan.

[Baca Juga: Kenapa Entrepreneur Perlu Melakukan Kesalahan?]

 

Awas 3 Jebakan Utama!

Dalam berbisnis terdapat 3 hal utama yang dapat menjatuhkan bisnis Anda yaitu: tidak dapat memasarkan produk, kesalahan dalam mengelola uang dan permasalahan hukum. Pertama jika Anda kesulitan dalam memasarkan produk, artinya bisnis Anda akan kesulitan untuk dapat bertahan hidup. Jika Anda mampu memasarkan produk tetapi tidak dapat mengelola dengan benar, bisnis Anda bisa kekurangan uang kontan (cash). Terakhir tuntutan hukum adalah permasalahan yang memeras waktu, uang dan pikiran. Perhatikan dan konsultasikan segi hukum atau legal sebelum berbisnis.

[Baca Juga: UMKM Tidak Hanya Butuh Pendanaan, tetapi Juga …]

 

Salah satu cara untuk mengurangi risiko dalam berbisnis sendiri adalah: pelajari bisnis Anda terlebih dahulu, cari orang atau rekan yang sevisi dan memahami bisnis Anda serta lakukan manajemen risiko.

 

Menurut Anda, apakah hoki juga modal penting untuk menjadi entrepreneur sukses ?

 

Sumber Gambar

  • Success – http://goo.gl/Zh9DqA

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang