Apakah saja sih, yang membuat bisnis bangkrut? Salah satu rekan Finansialku akan membahas 5 penyebab yang dapat menjadikan bisnis bangkrut.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Halomoney Indonesia Logo

 

Hindari 5 Penyebab Bisnis Bangkrut Berikut Ini!

Mendirikan dan menjalankan bisnis ternyata tidak hanya perlu modal uang, tetapi juga tekad dan kerja keras. Kenapa memerlukan tekad? Seorang pengusaha memiliki risiko kegagalan bahkan bisnis bangkrut. Seringkali permasalahan internal, menjadi penyebab utama bisnis bangkrut. Nah kira-kira apa saja yang dapat menjadikan bisnis bangkrut?

 

5 Hal yang dapat Membuat Bisnis Bangkrut - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga]

 

Tidak Dapat Mengelola Uang

Permasalahan pertama yang dapat membuat bisnis bangrkut adalah ketidakmampuan mengelola uang. Sebenarnya banyak sekali pengusaha UMKM yang dapat menghasilkan uang, alias produknya laku. Tetapi mereka tidak memilki rencana dan cara untuk mengelola uang dengan benar. Berapa yang dialokasikan  untuk modal usaha, berapa untuk pemilik, berapa untuk investasi selanjutnya? Terkadang permasalah arus kas (cashflow) juga dapat merusak kondisi kesehatan keuangan perusahaan .

 

Berpikir dan Berperilaku Pasif

Pebisnis yang gitu-gitu aja, tidak kreatif atau inovatif biasanya bisnisnya stagnan atau malah mundur. Pernahkan Anda mengamati sebuah pusat perbelanjaan yang isinya toko-toko komputer? Semua memiliki barang dagangan yang sama yaitu laptop, komputer dan gadget? Coba perhatikan toko yang ramai dan toko yang sepi pengunjung. Apa yang membedekan keduanya? Toko yang ramai biasanya memiliki inovasi atau penawaran yang lebih menarik dibanding toko yang sepi.

 

Kurang Keseriusan

Untuk tema-teman yang karyawan yang ingin memiliki bisnis, pastikan Anda memiliki keseriusan. Jangan pikir saya ingin buka bisnis karena saya punya uang untuk modal. Kan cukup sewa tempat, merekrut tenaga kerja dan bisnis jalan. Saya tidak perlu harus susah payah. Jika Anda berpikir membuat bisnis dan menjadi entrepreneur sukses semudah itu, tentu saja saat ini sudah banyak entrepreneur sukses.

 

Bukan Hanya Modal, Tapi Asset

Asset dalam bisnis adalah hal yang paling utama. Asset tidak harus dalam bentuk rumah, properti, kendaraan, tetapi juga bisa dalam bentuk jumlah member, sistem dan lain sebagainya. Coba perhatikan bisnis model Tokopedia.com atau BukaLapak.com. Apa yang menyebabkan banyak orang mau buka toko online di website mereka? Tentu saja karena banyak member dan sistem penjualannya yang aman serta nyaman. Ingat sebuah ide belum dapat membuat seseorang menjadi sukses, yang diperlukan adalah sebuah sistem.

 

Tidak Melakukan Riset

Setiap bisnis memerlukan namanya riset, terlebih riset pasar. Anda harus tahu siapa orang atau perusahaan yang akan membeli produk Anda. Tanpa riset, biasanya langkah-langkah yang Anda lakukan kurang efektif. Riset dapat dilakukan melalui online maupun offline. Pastikan Anda melakukan riset terelebih dahulu sebelum menjalankan bisnis.

 

 

Teman-teman, kira-kira hal apa lagi ya yang dapat menyebabkan bisnis bangkrut? Silahkan tuliskan komentar Anda di bawah artikel ini, terima kasih.

 

 

Sumber Gambar:

  • SEO Fall – http://goo.gl/O4xwSK

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

  • Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

    Download Sekarang