Apakah Anda selama ini memiliki mimpi untuk pergi menunaikan ibadah ke Tanah Suci namun dana Anda terbatas? Yuk jadi backpacker umroh!

Dana yang terbatas seringkali menjadi penghambat orang-orang untuk pergi umroh. Padahal pergi menunaikan ibadah ke Tanah Suci merupakan impian bagi setiap orang Muslim.

Simak pembahasan berikut ini mengenai cara menjadi backpacker umroh yang akan membantu Anda mewujudkan impian ke Tanah Suci.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Persiapan Matang Agar Tidak Tertipu Agen Umroh Abal-Abal

Akhir-akhir ini masyarakat begitu ramai mengenai kasus penipuan yang terjadi di Indonesia.

Bukan hanya penipuan terhadap peminjam dana fintech, tetapi juga penipuan terhadap dana umroh para jemaah yang berawal dari iming-iming umroh murah.

Apalagi animo umat Islam Indonesia untuk melaksanakan ibadah umroh sangat tinggi.

Hal ini menyebabkan keberadaan jasa penyelenggara perjalanan umroh semakin bertambah karena semakin dicari oleh masyarakat.

Seperti dilansir pada harian Kontan, berdasarkan data Himpunan Penyelenggara Haji dan Umroh Khusus, saat ini sudah terdapat 700 perusahaan travel.

 

Jumlah yang fantastis, apalagi ditambah dengan jemaah yang mencapai 700.000 orang setiap musimnya.

Tentunya, bisnis agen travel umroh akan menjadi sebuah prospek yang bagus untuk kelancaran aksi penipuan. Penipuan terhadap jemaah yang benar-benar ingin berangkat ini bukanlah suatu hal aneh.

Bahkan menjadi tren tersendiri di bidang perekonomian. Untuk itu, Anda sebagai calon jemaah umroh jangan sampai mudah tertipu dengan berbagai tawaran umroh murah meriah.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Cara Lain Untuk Umroh Aman dan Murah

Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan biaya ke Tanah Suci dan menghindari segala penipuan yang tentunya akan merugikan Anda sebagai calon jemaah?

Anda bisa memanfaatkan beberapa pilihan lainnya untuk berangkat ke Tanah Suci dan menunaikan ibadah umroh yang menjadi impian Anda. Cara ini akan sangat membantu Anda.

Pada kenyataannya Anda dapat melakukan umroh dengan gaya ala backpacker yang tentunya akan meminimalisasi biaya dari perjalanan umroh Anda.

Selain itu, Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan menarik melalui perjalanan tersebut. Anda bisa melirik bagaimana gaya liburan murah meriah ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Umroh Backpacker Murah Meriah

Umroh merupakan kegiatan ibadah untuk melaksanakan tawaf di Ka’bah dan sa’i antara Shofa dan Marwah dengan menggunakan pakaian yang disebut ihram. Umroh juga sering kali disebut sebagai haji kecil.

Berbeda dengan ibadah haji, ibadah umroh bisa dilaksanakan dengan waktu yang fleksibel. Hal tersebut membuat Anda bisa menentukan kapan Anda berangkat, dan tidak selalu harus sesuai dengan jadwal dari agen travel.

Nah, Anda bisa meminimalisasi biaya yang harus dikeluarkan dengan melakukan perjalanan ala backpacker. Berikut fakta-fakta menarik yang harus Anda tahu sebelum melakukan backpacker umroh.

 

#1 Tiket Promo

Banyak sekali maskapai penerbangan yang mengadakan promo-promo menarik dengan tujuan menarik pelanggan sebanyak mungkin. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah harga tiket pesawat yang memang mahal.

Biasanya, pihak maskapai penerbangan tidak akan menyediakan tiket promo dengan jumlah yang banyak.

 

Mereka akan menentukan berapa jumlah kursi untuk tiket promo sekaligus masa berlaku dan masa pemesanannya. Dalam hal ini, Anda harus berjuang lebih keras daripada membeli tiket dengan harga normal.

Karena bukan hanya Anda yang mengincar tiket dengan harga promo. Sehingga Anda harus cepat-cepat mendapatkan tiket promo ini sebelum kehabisan.

Anda bisa lebih sering mencari info melalui website resmi maskapai penerbangan, media sosial, atau di situs e-commerce. Selamat berburu tiket!

Wujudkan Impian Ke Tanah Suci 02 Tiket Pesawat - Finansialku

[Baca Juga: Biaya Umroh Murah, Sudah Yakin Agen Travel Perjalanan Haji dan Umroh Bukan Penipu?]

 

#2 Teman Baik

Menjadi seorang backpacker tentunya akan berdampak pada lingkungan sosial pertemanan. Anda akan mendapatkan banyak relasi baru di perjalanan.

Selain itu, Anda juga harus mencari relasi yang dapat membantu Anda dalam perjalanan nantinya.

Intinya adalah Anda harus mempunyai komunikasi yang baik sehingga Anda bisa mendapat tambahan teman, ilmu, dan keuntungan-keuntungan lainnya.

Wujudkan Impian Ke Tanah Suci 03 Umroh 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Ibadah Umroh? Cek Dulu 10 Tips Memilih Travel Umroh yang Aman]

 

#3 Visa Umroh

Jika Anda bepergian ke luar negeri, Anda harus memiliki visa sesuai dengan tujuan negara kunjungan Anda.

Jadi, saat Anda pergi ke Arab Saudi untuk melaksanakan kegiatan ibadah umroh, Anda harus memiliki visa umroh agar Anda diperbolehkan masuk ke negara tersebut.

Untuk mendapatkan visa umroh sebagai backpacker, Anda harus mencari agen travel terpercaya yang bisa memberikannya kepada Anda.

Selain itu, perlu diketahui bahwa visa umroh tidak keluar setelah lebaran sampai bulan akhir safar atau bulan kedua dalam penanggalan Tahun Islam.

Wujudkan Impian Ke Tanah Suci 04 Umroh 3 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh itu Apa Manfaatnya?]

 

#4 Akomodasi Lokal

Anda tentunya akan berada di negara Arab Saudi selama beberapa hari, kan?

Dan Anda pun membutuhkan tempat untuk tinggal, transportasi dari bandara ke hotel, transportasi ke tempat-tempat pelaksanaan ibadah, serta kebutuhan untuk makan dan minum setiap hari selama Anda melaksanakan kegiatan ibadah umroh.

Untuk makan dan minum, jangan sampai Anda melewatkan makanan khas daerah Timur Tengah.

Dan mengenai penginapan, Anda dapat mengecek tarif sewa kamar hotel di situs-situs penyewaan hotel seperti Booking.com, Agoda.com atau situs e-commerce yang lain. Biasanya, situs-situs seperti ini akan menawarkan harga promo pada beberapa waktu tertentu.

Wujudkan Impian Ke Tanah Suci 05 Umroh 4 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat yang Menyenangkan untuk Anda]

 

#5 Rencana Perjalanan

Hal yang satu ini perlu Anda persiapkan. Jangan sampai Anda tidak memiliki rencana perjalanan yang akan membuat Anda seperti orang hilang.

Meskipun nantinya Anda dapat membayar jasa seorang pemandu untuk membantu Anda dalam perjalanan, akan tetapi perlu diketahui bahwa pemandu ini tidak akan selalu siap siaga.

Anda juga mempunyai pilihan untuk melakukan perjalanan ke negara tetangga Arab Saudi.

 

Sehingga Anda tidak hanya menunaikan ibadah umroh di Baitullah, tetapi Anda juga bisa sekaligus melakukan perjalanan ke negara Timur Tengah dengan sejarah Islam yang menarik untuk ditelusuri.

Masjidil Aqsa dan Turki merupakan tempat yang sering dikunjungi untuk berwisata bagi para jemaah umroh backpacker.

Wujudkan Impian Ke Tanah Suci 06 Umroh 5 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bisa Umroh Backpacker? Ini Dia Panduan Ke Tanah Suci Dengan Biaya Minim]

 

Menunaikan Umroh Menarik ala Backpacker

Bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah umroh tapi memiliki biaya yang terbatas, umroh backpacker ini dapat menjadi solusi.

Dengan merencanakan ibadah umroh ala backpacker, Anda dapat menghemat biaya dalam jumlah yang lumayan besar.

Biaya yang Anda keluarkan hanya berkisar di angka Rp13 juta, dimana Anda bisa mengemat hampir 75% dari biaya umroh biasanya. Jauh sekali bukan perbedaannya? Karena itu, yuk menunaikan ibadah umroh ala backpacker!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai umroh ke Tanah Suci dengan Backpacker Umroh? Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom yang sudah disediakan di bawah.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda ya, terlebih lagi bagi mereka yang akan menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 27 September 2018. 10 Fakta Menarik Tentang Umroh Backpacker. Backpackerumroh.com – https://goo.gl/Q2Cn9c

 

Sumber Gambar:

  • Umroh 1 – https://goo.gl/SKsNsn
  • Tiket Pesawat – https://goo.gl/xtq8rV
  • Umroh 2 – https://goo.gl/46sD1W