Tagihan internet dan TV Kabel (TV berbayar) di rumah Anda mahal? Saya pun pernah mengalami demikian. Padahal ini merupakan salah satu pemborosan yang bisa dihemat lho!

Yuk cari tahu bagaimana cara hemat tagihan internet dan TV kabel paling efisien:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pengalaman Saya Bayar Internet Jutaan Rupiah

Perkenalkan, saya Fransiska Ardela, seorang content writer di Finansialku.com. Izinkan saya membagikan sedikit pengalaman saya yang dikagetkan oleh tagihan internet dan TV kabel (TV berbayar) bernilai jutaan rupiah.

Mungkin sejak kecil saya terbiasa hidup dengan orang tua, sehingga saat saya diharuskan hidup mandiri, kebiasaan boros tetap melekat. Hal ini sangat terasa saat saya menikah dan harus mengelola keuangan keluarga.

Satu hal yang paling teringat oleh saya adalah ketika saya mendapat tagihan kartu kredit sangat tinggi sehingga saya langsung pusing dibuatnya. Saat mencari tahu apa penyebabnya, saya menyadari salah satu hal yang rutin saya bayarkan setiap bulannya.

Betul sekali, itu adalah tagihan internet dan TV kabel (TV berbayar) saya.

Begini Cara Hemat Tagihan Internet dan TV Kabel (TV Berbayar) Paling Efisien 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mengendalikan Pikiran Kita agar Dapat Membantu Menghemat Uang]

 

Saat itu, nilainya sendiri hampir mencapai 2 juta rupiah. Saya kemudian bertanya kepada suami bagaimana bisa nilainya naik berkali-kali lipat dari sebelumnya.

Ternyata ada penyebabnya, yaitu suami saya yang menyangka promo masih berlanjut dan membuka channel sembarangan. Saat itu memang sempat diadakan promo semua channel terbuka gratis. Sayangnya promo itu hanya berlaku beberapa hari saja.

Alhasil saat promo sudah selesai, suami saya lupa dan tetap membuka banyak channel terkunci tersebut.

Saya pun pernah melakukan kesalahan. Karena terlalu lama menggunakan telepon (telepon saya termasuk paket internet), tagihan internet kami lagi-lagi membludak.


Inilah kebiasaan boros saya yang kelihatannya sederhana tapi ternyata bisa menyebabkan malapetaka finansial.

Sejak saat itu saya cukup ketat dalam mengatur tagihan internet dan TV Kabel saya. Jangan sampai hal ini terjadi kembali. Amit-amit deh!

Jika Anda juga lelah membayar tagihan internet dan TV kabel (TV berbayar) yang mahal setiap bulannya, mungkin sudah waktunya Anda mengubah kebiasaan boros Anda dan mulai mengatur keuangan Anda.

Buatlah anggaran untuk internet dan TV kabel (TV berbayar) yang sesuai sehingga Anda tidak lagi dipusingkan oleh tagihannya yang mahal. Bingung bagaimana cara membuat anggaran?

Orang Tua Harus Tahu Pentingnya Anggaran Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tagihan Listrik Bengkak?? Mari Mengatur Keuangan Rumah Tangga]

 

Tenang, aplikasi Finansialku menyediakan fitur pembuatan anggaran bagi Anda.

Fitur ini sangatlah mudah dan praktis, sehingga dapat memudahkan Anda mengatur anggaran setiap bulannya. Dengan demikian, Anda sudah selangkah lebih dekat untuk memperbaiki pengaturan keuangan dan meraih kebebasan finansial.

Membuat Anggaran Aplikasi Finansialku

 

Jika Anda pengguna baru silakan daftar di sini. Aplikasi Finansialku juga dapat Anda download di Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa tips cara hemat tagihan internet dan TV kabel (TV berbayar) agar Anda tidak perlu kaget lagi saat membayar tagihannya:

#1 Kenali Kebutuhan Anda

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan paling umum di zaman modern ini. Namun meskipun semua orang sama-sama menggunakan internet, tapi setiap orang memiliki cara penggunaan internet yang berbeda-beda.

Artinya, kebutuhan internet dan TV kabel setiap orang itu berbeda-beda sehingga disini yang penting adalah Anda harus mengetahui jelas seperti apa kebutuhan internet dan TV kabel Anda.

Sebagai contoh, ada orang yang memang bekerja di rumah dan sehari-harinya memang menghabiskan waktu di rumah. Dengan demikian, tidak salah mengambil paket internet sepuasnya sehingga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Panduan Membuat Anggaran Rumah Tangga yang Ideal 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tragis, Sudah Simpan Uang dan Berhemat Bukannya Kaya Malah Sia-Sia]

 

Namun ada juga lho orang yang sehari-harinya bekerja penuh waktu di kantor. Jadi, internet dan TV kabel hanya digunakan malam hari saja. Itupun hanya sebentar dan paling digunakan untuk mengecek chat dan email saja. TV kabel hanya dilihat 1 atau 2 jam sehari.

Kedua orang tersebut tentu membutuhkan paket internet dan TV kabel yang berbeda sesuai kebutuhannya masing-masing.

Jadi, jangan pernah berpikir, “Ah pilih saja dulu paket yang unlimited sehingga aman jika nanti tiba-tiba butuh.”

Selalu pertimbangkan kebutuhan Anda dan pilih paket yang sesuai kebutuhan Anda. Jika suatu hari ada tambahan kebutuhan, Anda bisa mengganti paket kok. Jadi, jangan mengkhawatirkan hal yang belum tentu terjadi sehingga menyebabkan pemborosan.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#2 Kenali Kebiasaan Anda

Selain kebutuhan, Anda juga perlu mengetahui kebiasaan Anda. Karena kebiasaan Anda bisa mempengaruhi kebutuhan internet dan TV kabel Anda.

Sebagai contohnya, bagi Anda yang gemar bermain games di laptop atau komputer (gamer), lebih baik beli paket internet yang tidak terbatas alias unlimited. Mengapa?

Karena saat bermain games biasanya kuota bisa habis tiba-tiba tanpa terasa dan akhirnya Anda bablas dan memakai tarif internet normal dengan harga sangat mahal.

Dengan paket unlimited, Anda jadi bisa bermain sepuasnya tanpa perlu takut tagihan membengkak.

Contoh lain adalah seperti saya, yakni orang yang memang senang sekali menonton video di YouTube ketimbang TV kabel. Oleh karena itu, saya menggunakan paket internet yang unlimited dan mengaktifkan wifi di rumah.

Sedangkan paket TV kabel saya pilih yang paling murah dengan channel standar.

Jadi, sebelum membeli paket, pikirkan baik-baik ya yang mana yang sesuai dengan kebiasaan Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa rugi membayar tanpa memanfaatkannya dengan maksimal.

 

#3 Jangan Lupa Membandingkan Harga

Membandingkan harga dapat berpengaruh terhadap pengeluaran Anda, walaupun hanya pada hal kecil sekalipun. Hal ini pun berlaku pada pemilihan paket internet dan TV kabel Anda.

Sebagai contoh dasarnya, harga makanan siap saji. Meski jenis makannya serupa, harga di satu tempat belum tentu sama dengan tempat lainnya. Selain itu, paket-paketnya juga jelas berbeda.

Hidup Enak dengan Investasi 07 Anggaran - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ketahui 5 Cara Menghemat Uang Tagihan Listrik: Tips Cara Hemat Daya dan Energi Listrik]

 

Konsep ini pun berlaku dengan internet dan TV kabel. Setiap provider menyediakan harga dan kombinasi paket yang berbeda-beda.

Nah, disinilah pentingnya membandingkan harga. Jangan langsung pilih yang termurah, karena murah bisa saja paketnya tidak tepat dengan kebutuhan Anda.

Kuncinya disini adalah cari yang paling ekonomis, yakni termurah dengan kualitas yang memadai. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh harga murah dengan paket yang digunakan semaksimal mungkin.

 

#4 Jangan Menambah Lebih dari Seharusnya

Tahukah Anda, kebiasaan menambah paket internet dan TV kabel belakangan biasanya mengakibatkan tagihan yang mahal? Inilah konsekuensi dari tidak menentukan kebutuhan dengan tepat.

Sebagai contohnya, saat di awal Anda memilih paket TV kabel standar dengan channel standar pula (berita, olahraga). Namun ternyata sebenarnya Anda gemar menonton channel memasak.

Akhirnya Anda mengajukan penambahan paket channel memasak ini.

Sayangnya adalah kebanyakan penambahan ini akan lebih mahal daripada penentuan di awal.

Alasan Mengapa Matikan TV Bisa Irit Pengeluaran 02 Finansialku

[Baca Juga: Ada 9 Aktivitas Keluarga yang Seru dengan Biaya Hemat untuk Keluarga Anda]

 

Misalnya saja:

Harga paket TV kabel standar (berita, olahraga) adalah Rp300.000.

Harga paket TV kabel premium (berita, olahraga, memasak, fashion) adalah Rp350.000

Sedangkan harga penambahan paket channel memasak adalah Rp80.000.

 

Maka Anda harus membayar Rp380.000 untuk produk yang sebenarnya bisa diperoleh dengan Rp350.000 saja. Rugi sekali bukan?

Jadi, penting untuk menentukan kebutuhan dengan jelas di awal sehingga Anda tidak perlu membayar lebih dari seharusnya.

 

#5 Kenali Paket Anda dengan Baik

Salah satu kesalahan paling umum yang menyebabkan tagihan internet dan TV kabel Anda membengkak adalah kesalahan saya di atas tadi.

Saya dan suami terkadang melupakan batas paket internet dan TV kabel kami sehingga berujung menggunakan lebih dari seharusnya. Akibatnya ya tagihan yang mengagetkan tadi.

Jadi, saat Anda membeli paket internet dan TV kabel selalu kenali paket Anda dengan baik. Misalnya saja internetnya unlimited atau terbatas (jika terbatas berapa batasnya), dapat digunakan untuk apa saja (ada paket yang hanya bisa dimanfaatkan untuk menonton YouTube saja, atau untuk aktivitas terbatas).

Untuk TV kabel, kenali channel yang memang berlangganan.

Jika ada promo, kenali promonya dengan jelas. Apa promonya dan sampai kapan promo berlangsung. Jangan sampai Anda lupa dan melakukan kesalahan layaknya suami saya tadi.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#6 Tidak Menghentikan Langganan jika Tidak Digunakan

Memiliki jasa internet di rumah memang bermanfaat, terutama jika Anda memperoleh promo saat pertama kali mendaftar.

Namun jika Anda sibuk bekerja di kantor setiap hari dan setelah pulang di malam hari Anda langsung memainkan handphone hingga tertidur, maka jasa internet tersebut menjadi sebuah pemborosan.

Anda mungkin hanya menggunakannya di hari Minggu, sedangkan paket yang Anda bayarkan adalah untuk sebulan penuh. Sebaiknya hentikan berlangganan jika Anda tidak menggunakannya.

Dengan demikian Anda tidak akan membayar sia-sia.

 

#7 Stop Keeping Up with the Joneses

Pernahkah Anda berusaha menyamakan diri dengan orang lain untuk mempertahankan status sosial? Situasi semacam ini sering dikenal dengan sebutan “Keeping up with the Joneses”, dimana Anda disini berusaha mempertahankan status sosial Anda dengan menyamakan diri dengan gaya hidup orang lain.

Ini semakin menjadi tekanan pada masa serba modern ini, dimana media sosial membuat Anda semakin tertekan. Anda ingin tampil sebaik, sesukses, dan sekaya orang lain di media sosial Anda.

Tekanan ini menyebabkan Anda mengeluarkan lebih banyak uang dari seharusnya, dan mengorbankan keamanan finansial hanya untuk tampak sempurna di mata orang lain.

Misalnya saja, jika orang lain membeli paket internet dan TV kabel yang mahal, bukan berarti Anda juga harus melakukannya.

Penting untuk mengetahui bahwa kebiasaan Anda menyamakan diri dengan orang lain adalah kebiasaan buruk. Anda perlu tahu apa nilai yang penting bagi Anda dan bagaimana mencapai nilai tersebut.

Artinya, Anda mengeluarkan uang untuk sesuatu yang berarti dan bermakna bagi Anda, bukan untuk orang lain.

Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Apa Saja Tips Praktis Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Asuransi Dana Pendidikan]

 

Anda tidak perlu lagi memahami nilai orang lain, dan Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperoleh hal yang sama.

Mengetahui nilai diri sendiri dengan jelas akan memudahkan Anda untuk membuat keputusan finansial berdasarkan apa yang penting bagi Anda, daripada apa yang Anda kira penting.

 

#8 Stop Berlangganan Jika Hanya Impulsif

Pernahkah Anda membeli sesuatu di supermarket karena ada promo atau diskon, meski Anda tidak membutuhkannya? Inilah yang disebut dengan pembelian impulsif.

Sebuah survei yang dilakukan Harris Interactive and the National Endowment for Financial Education menyatakan bahwa 80 persen orang Amerika mengaku telah membuat pembelian secara impulsif, entah itu belanja untuk dirinya sendiri atau untuk keluarga.

Dari jumlah tersebut, dua pertiganya mengatakan bahwa mereka menyesali pembelian tersebut.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Artinya, hal ini timbul karena adanya tekanan kuat dari luar, misalnya saja promo, produk yang dikemas begitu menarik, atau aroma parfum yang begitu lembut menerpa hidung kita.

Hal ini menyebabkan meningkatnya kadar dopamin (hormon yang menimbulkan rasa bahagia) di dalam otak, dan menyebabkan Anda membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan.

Saat berencana berlangganan internet dan TV kabel, Anda harus membuat daftar kebutuhan yang ditaati dengan ketat. Jangan biarkan otak Anda mempengaruhi keputusan pembelian Anda.

Jadi, jangan membeli paket lebih dari seharusnya hanya karena promo. Jika promo berakhir, nantinya Anda malah harus membayar mahal ke depannya. Bahaya bukan?

 

Yuk Hemat Tagihan Internet dan TV Kabel Anda Mulai Sekarang!

Bagaimana? Kini Anda sudah memperoleh banyak tips untuk menghemat tagihan internet dan TV kabel Anda bukan?

Yuk aplikasikan tipsnya sekarang juga dan lihat berapa banyak yang bisa Anda hemat setiap bulannya.

Jika Anda juga berhasil, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda ya! Terima kasih.

 

Apakah Anda mengetahui cara hemat tagihan internet dan TV kabel lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Tagihan Internet dan TV Kabel (TV Berbayar) 01 – https://goo.gl/R49s8L
  • Tagihan Internet dan TV Kabel (TV Berbayar) 02 – https://goo.gl/YKh9Sa