Pernahkah Anda tidak puas dengan sebuah produk atau jasa kemudian berusaha mengajukan keluhan via telepon? Terkadang Anda diacuhkan atau bahkan dilemparkan kepada orang lain. Hal tersebut berulang-ulang terjadi hingga mayoritas konsumen lebih memilih media sosial untuk menyampaikan keluhan. Tetapi bagaimana cara menyampaikan keluhan sehingga Anda memperoleh pelayanan konsumen yang lebih baik? Mari kita lihat bagaimana cara memanfaatkan media sosial dalam menyampaikan keluhan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Media Sosial Sebagai Media Pelayanan Konsumen

Media sosial kini telah banyak digunakan oleh penyedia produk dan jasa sebagai salah satu media promosi dan media komunikasinya. Apakah fungsi media soal hanya sebatas itu? Ternyata tidak. Media sosial juga dapat dimanfaatkan oleh konsumen sebagai media untuk menyampaikan keluhan atau ungkapan ketidakpuasannya. Media sosial dinilai lebih efektif dalam menyampaikan keluhan, karena dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat. Oleh karena itu, customer service akan lebih sigap menanggapinya agar tidak merusak nama baik perusahaan atau mengurangi kepercayaan konsumennya. Lalu bagaimana cara menyampaikan keluhan yang baik agar dapat ditanggapi dengan baik pula oleh customer service? Finansialku akan menjelaskan cara-cara yang efektif dalam memanfaatkan media sosial untuk memperoleh tanggapan keluhan dengan lebih baik.

Ayo Manfaatkan Media Sosial untuk Pelayanan Konsumen yang Lebih Baik 2 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia]

 

#1 Tentukan Media Sosial yang Tepat

Sebuah perusahaan dapat memiliki banyak media sosial. Kemudian media sosial manakah yang paling tepat untuk menyampaikan keluhan Anda? Pertama-tama, cek terlebih dahulu berbagai media sosial yang digunakan perusahaan, sebagai contoh Facebook, Twitter, atau bahkan Instagram. Kedua, cek media sosial mana yang aktif digunakan perusahaan sebagai media untuk menanggapi keluhan konsumennya. Cek juga melalui website, media sosial apa yang dianjurkan perusahaan untuk menghubungi customer service mereka. Dengan memilih media sosial yang tepat, customer service akan lebih cepat membaca keluhan Anda dan menanggapinya.

 

#2 Ajukan Keluhan yang Menarik Perhatian

Selain dengan memilih media sosial yang tepat, gunakan juga tata bahasa yang baik dan benar disertai bahasa online yang dapat menarik perhatian. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan hashtag yang sesuai dan memudahkan customer service membaca keluhan Anda. Misalkan Anda mengeluhkan sebuah produk di Instagram, Anda dapat menggunakan hashtag sebagai berikut: #customerservice #produkcacat #butuhbantuansegera. Selain menggunakan hashtag, Anda juga dapat meminta teman-teman Anda untuk membantu menyebarluaskan keluhan itu dengan cara repost atau mention. Dengan demikian, keluhan Anda akan lebih menarik customer service untuk segera menanggapi dan membantu Anda.

pekerja-sosialita-ini-cara-mengatur-keuangan-di-tengah-paksaan-gaya-hidup-glamor-1-finansialku

[Baca Juga: Dimana ya Tempat Jual Asuransi? Apakah Bisa Beli Asuransi Online?]

 

#3 Berikan Detail yang Jelas

Menurut hasil riset, keluhan dengan detail yang jelas akan lebih menarik perusahaan untuk menanggapi keluhan Anda. Tuliskan ketidakpuasan Anda secara detail untuk menunjukkan seberapa penting keluhan Anda. Sebagai contoh, seberapa parah kerusakan produk Anda akibat pengiriman yang tidak baik, atau cantumkan tanggal pembelian Anda untuk menjelaskan seberapa lama keterlambatan pengiriman hingga barang belum diterima hingga sekarang. Cantumkan foto atau keterangan yang akan membuat keluhan Anda lebih menonjol dari orang lain. Namun perlu diingat untuk tidak mencantumkan identitas lengkap Anda pada media sosial, berikan identitas hanya pada saat Anda dihubungi oleh perusahaan via email atau chat pribadi. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan identitas Anda oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

#4 Kirimkan Keluhan Pada Waktu yang Tepat

Sebelum Anda mengajukan keluhan, cek terlebih dahulu waktu operasional perusahaan dan waktu pelayanan konsumen yang disediakan oleh perusahaan. Umumnya waktu pelayanan konsumen lebih lama, bahkan bisa diajukan 24 jam. Dengan demikian, Anda bisa mengajukan keluhan di luar jam operasional, dimana customer service tidak terlalu sibuk. Keluhan Anda akan lebih didengar dan ditanggapi dengan baik.

12_Cara_Mengenali_Calon_Customer

[Baca Juga: 12 Cara Mengenali Calon Customer Bisnis Online Anda]

 

#5 Gunakan Media Komunikasi Lainnya untuk Tindakan Lanjutan

Walaupun media sosial dapat membantu untuk menarik perhatian pada awal pengajuan keluhan, jangan gunakan media sosial untuk tindakan lanjutan. Hal ini ditujukan agar customer service lebih fokus dan lebih mudah menghubungi Anda. Gunakan media komunikasi lain seperti telepon pribadi atau email untuk follow up dan mendiskusikan tindakan lanjutan terkait keluhan Anda. Jangan gunakan media sosial atau telepon umum kantor untuk follow up, karena Anda bisa saja diacuhkan dan akan lebih sulit untuk memberi informasi-informasi penting yang mungkin perlu Anda sampaikan.

Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis]

 

Keluhan yang Baik akan Ditanggapi secara Baik Pula

Jangan hanya karena Anda tidak puas dengan sebuah produk atau jasa, lantas Anda menghubungi perusahaan via telepon dan memaki petugas customer service tersebut. Hal itu hanya akan menyulitkan Anda untuk memperoleh tanggapan yang baik dan penanganan terhadap keluhan Anda. Manfaatkanlah media yang tepat untuk menyampaikan keluhan, kemudian sampaikan keluhan Anda dengan baik dan menarik. Dengan demikian, customer service perusahaan akan menerima keluhan Anda dengan lebih cepat dan menanggapinya dengan suka hati. Semoga tips dan trik dari Finansialku di atas dapat membantu Anda memperoleh pelayanan konsumen yang lebih baik.

 

Apakah Anda mengetahui tips dan trik mengajukan keluhan menggunakan media sosial lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Daniel Bortz. 16 Feb 2017. 5 Social Media Hacks for Better Customer Service. Time.com – https://goo.gl/AVovJi

 

Sumber Gambar:

  • Sosial Media – https://goo.gl/mbJqjG dan https://goo.gl/Vm2bXe

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang