Seberapa penting seorang pebisnis online mengenali calon customer atau audiencenya ? Bagaimana cara mengenali calon customer bisnis online tersebut.

 

Mengapa Pemilik Bisnis Online Harus Mengenali Calon Customer atau Audiencenya?

Menurut Emilie Pelletier dalam bukunya How to Start an Online Business: Create a Business Around Your Lifestyle , sebelum mulai menjual sesuatu di online atau bahkan sebelum Anda memulai membuat produk dan/atau layanan, pastikan Anda mengetahui profil orang yang akan datang mengunjungi website Anda dan menjadi calon pembeli. Emilie Pelletier mendefinisikan hal tersebut dengan tahapan membuat avatar pembeli atau membuat buyer persona.

12 Cara Mengenali Calon Customer Bisnis Online Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis Online]

 

Kenapa pemilik bisnis online harus mengenali audience dan calon customernya? Jawabannya singkat, tak kenal maka tak sayang. Jika Anda tidak mengenali siapa audience dan calon customer Anda, bagaimana Anda bisa mengetahui permasalahan mereka dan bagaimana bisa menjual produk kepada mereka. Apa saja yang harus diperhatikan ketika membuat profil audience atau calon customer?

 

Membuat Avatar atau Profil Audience

Emilie Pelletier dalam bukunya How to Start an Online Business: Create a Business Around Your Lifestyle, menuliskan setidaknya 3 hal utama yang harus bisa dipetakan dalam profil audience atau calon customer, yaitu:

  • Demografis : usia, jenis kelamin, lokasi tempat tinggal, pekerjaan, penghasilan, status perkawinan.
  • Psikografis : gaya hidup, value, prioritas, hobi, perilaku, apa yang mereka minati, apa harapan mereka dan definisi kesuksesan untuk mereka.
  • Tujuan dan Permasalahan : apa yang mereka geluti, perjuangkan, takuti, perhatikan dan apa yang hilang dari kehidupan mereka.

 

Menurut Emilie Pelletier semakin lengkap kita mengetahui profil audience, semakin baik penawaran kita. Kami tidak akan membahas lebih dalam lagi mengenai cara membuat profil avatar atau buyer persona, karena Anda memerlukan penjelasan dari seorang ahli internet marketing. Anda dapat membeli dan membaca buku Emilie Pelletier: How to Start an Online Business: Create a Business Around Your Lifestyle atau mencoba online training cara membuat buyer persona: Learn to Use Buyer Persona to Make Your Product Fail Proof.

 

Bagaimana Cara Mengenali Calon Customer dan Audience Bisnis Online

Emilie Pelletier dalam bukunya How to Start an Online Business: Create a Business Around Your Lifestyle menjelaskan 12 cara untuk mengetahui dan mengenai calon customer dan audience. Sebagai salah satu perencana keuangan yang memanfaatkan media internet, kami juga menerapkan saran-saran dari Emilie Pelletier. Berikut ini 8 cara yang kami terapkan.

 

#1 Wawancara dengan Seseorang yang Anda Kenal

Cara yang paling gampang adalah mewawancarai orang yang sudah Anda kenal dan/atau pembeli produk Anda. Mereka adalah orang yang pertama kali harus dipelajari. Lakukan wawancara singkat, misal ajak makan siang atau bertemu di kafe dan ajukan beberapa pertanyaan. Buat wawancara menjadi diskusi yang menyenangkan.

[Baca Juga: 5 Sumber Pemasukan Bisnis Online yang Perlu Anda Tahu]

 

#2 Bertemu dengan Orang Baru

Bertemu dengan orang baru yang mempresentasikan target customer Anda dan mengajak diskusi juga hal yang menyenangkan. Kami sendiri sering melakukan hal tersebut dengan orang-orang yang kami temui di pesawat, kereta, kafe dan sebagainya. Walaupun terkadang kami juga sering mendapat penolakan, karena tidak semua orang mau berbicara dengan orang yang belum dikenal. Harus diakui kegiatan ini sangat mengasyikan dan seru, terlebih jika Anda tipe orang-orang dengan kepribadian extrovert.

 

#3 Tanya Orang yang Memiliki Target Customer yang Sama

Cara ketiga adalah kita berdiskusi dengan orang-orang atau perusahaan dengan target customer yang sama. Contoh Finansialku.com sebagai salah satu perusahaan perencana keuangan independen, kami juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan financial technology. Kami sering berdiskusi mengenai siapa audience dan target customer kita.

[Baca Juga: Apa Itu Financial Technology – Fintech?]

 

#4 Gabung dengan Grup Yahoo, Facebook, Linkedin

Cara keempat yang kami lakukan adalah bergabung dengna grup Yahoo, join atau Like Facebook dan Grup Linkedin. Disana kami coba mendengarkan topik-topik yang menjadi diskusi dan perbincangan. Anda juga dapat menggunakan strategi ini karena 100% gratis.  Ow ya jangan lupa like Finansialku di Facebook, untuk mengetahui update tentang artikel dan informasi kami.

 

#5 Pelajari komen di Facebook

Selain ikut grup kami juga sering membaca komen-komen di Facebook Finansialku maupun facebook pesaing dan facebook partner kami. Kami coba mempelajari permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh target audience melalui social media.

 

#6 Kunjungi Forum

Selain keempat cara di atas, kami juga sering menggunakan forum untuk riset. Kami coba datangi forum-forum personal finance di Indonesia. Salah satunya Anda dapat coba adalah forum DuitPintar. Ow ya, jika Anda ingin tanya mengenai keuangan Anda, silahkan login dan daftar dalam forum tersebut.

 Tanya Jawab Perencanaan Keuangan - Duitpintar dan Finansialku

Berikan Pertanyaan Anda

 

Dalam dunia keuangan, ada beberapa hal yang menjadi isu global da nada juga yang isu nasional. Kami juga sering mengecek forum-forum keuangan di luar negeri untuk mengupdate atau memperbarui informasi kami. Tidak ada salahnya juga Anda mengamati forum-forum luar negeri sebagai bahan pertimbangan dan menambah pengetahuan.

 

#7 Cari Blog yang Populer

Anda dapat membaca blog-blog yang populer terkait dengan produk atau bisnis Anda. Perhatikan topik-topik apa saja yang mereka bahas, gaya mereka menyampaikan permasalahan, solusi yang ditawarkan dan sudut pandang mereka dalam memandang permasalahan. Kami sebagai perencana keuangan, membangun sudut pandang agar masyarakat dan para audience kami dapat memiliki kontrol atas keuangan mereka. Artinya mereka dapat mengetahui bagaimana cara meningkatkan pemasukan, mengelola pendapatan mereka, berinvestasi, merencanakan masa depan keuangan mereka bahkan mencapai titik kebebasan keuangan.

 

#8 Dengarkan Webbinar dan Podcast

Apakah Anda mengenal istilah webinar (web seminar) ? Seminar yang diadakan melalui website. Banyak sekali informasi dan insight baru yang disampaikan oleh pembicara-pembicara dunia dalam webinar.

[Baca Juga: 3 Kunci Sukses Bisnis Online]

 

Cara Lain

Emilie Pelletier dalam bukunya berjudul How to Start an Online Business: Create a Business Around Your Lifestyle memberikan penjelasan lebih detil dan teknik-teknik lainnya untuk memahami siapa audience Anda. Silahkan baca penjelasan Beliau, karena berhasil atau tidaknya bisnis Anda, tergantung pada seberapa jauh Anda dapat mengenal audience Anda. Sebelum Anda berinvestasi sekian juta Rupiah untuk membuat website, beriklan dan lain sebaginya, investasikan waktu dan uang Anda untuk pengetahuan. Baca terlebih dahulu informasi-informasi yang mendukung kesuksesan bisnis online Anda.

 

Kenal Aja Belum Tentu Sayang, Apalagi Tak Kenal

Pada bagian ini Emilie Pelletier menjelaskan pentingnya mengenali audience dan calon customer. Memang bukan hal yang mudah dan perlu banyak percobaan (try and error). Nikmati prosesnya dan dapatkan hasil yang maksimal.

 

Bahasan Selanjutnya: Branding untuk Bisnis Online (Intro)

Artikel selanjutnya adalah artikel terkahir dalam serial bisnis online Finansialku. Kami akan menjelaskan pendapat Emilie Pelletier mengenai branding, apa yang harus dilakukan untuk branding, bagaimana caranya, value dan brand, misi Anda dan unique selling proposition (yang memebdakan antara produk Anda dengan produk kompetitor).


Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

 

Referensi:

 

Image credits:

  • Buyer Persona – goo.gl/YYDzIm

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang