5 Sumber Pendapatan dari Bisnis Online, Cari Tahu Sebelum Mulai Bisnisnya

Darimana sajakah sumber pendapatan atau penghasilan bisnis online? Kira-kira darimana saja ya? Jika Anda Cuma tahu dari jualan produk, Anda harus tahu sumber-sumber pendapatan bisnis online lainnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa itu Bisnis Online?

Banyak ahli telah mendefinisikan bisnis online, dengan penjelasan yang cukup kompleks. Menurut kami bisnis online adalah menjalankan bisnis dengan menggunakan internet. Tentu saja bisnis yang dimaksud adalah bisnis yang menghasilkan profit atau keuntungan.

 5 Sumber Pendapatan dari Bisnis Online, Cari Tahu Sebelum Mulai Bisnisnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga]

 

Kalau berbicara bisnis, pasti ada donk sesuatu yang dijual? Ya tentu saja dalam bisnis online ada banyak yang dapat dijual, seperti: barang, jasa (layanan), ruang untuk beriklan, jumlah pengunjung (traffic), jumlah fans (followers), data dan lain sebagainya.

Loh apa itu maksudnya? Harap bersabar terlebih dahulu, karena kami akan bahas lebih dalam pada bagian sumber – sumber pendapatan bisnis online.

 

Darimana Saja Sumber Pendapatan Bisnis Online?

Sekarang mari kita lihat grafik di bawah ini, secara umum bisnis online dapat menghasilkan pendapatan dari beberapa pos. Mari kita bahas satu persatu.

 

 [Baca Juga: Jenis-Jenis Peluang Usaha di Indonesia]

 

Sumber Pendapatan dari  Menjual Barang

Sumber pendapatan pertama dalam bisnis online adalah menjual barang. Yup tentu Anda pernah kan membeli baju dari toko online atau social media Instagram? Sebenarnya ada 2 jenis sumber pendapatan dari menjual barang. Ada toko online yang menjual barang produksinya sendiri (memegang merk) dan ada juga toko online yang menjual barang miliki orang lain (marketplace).

Berikut ini adalah website yang menjual produk sendiri yaitu RadiantBag.com. Website ini menawarkan aneka ragam tas hasil produksinya sendiri.

 

Radiantbag - Bisnis Online

(Sumber: Radiantbag.com)

 

Berikut ini adalah website TokoPedia.com yang menjual barang-barang milik penjual (sellers). Tentu Anda pernah dengar kan, taglinenya mereka, Penjualnya banyak, banyaaakkk.

 

Tokopedia

 [Baca Juga: Kisah Sukses William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia.com]

 

Sumber Pendapatan dari Menjual Jasa

Serupa tetapi tidak sama, dengan di atas. Ada juga bisnis online yang menawarkan jasa (layanan) melalui online, seperti agen wisata dan perjalanan (travel agent), biro jodoh (mak comblang online), jasa freelance online dan lainnya. Website yang menjual jasa (layanan) online ini ada dua jenis yaitu layanan milik sendiri atau layanan orang lain (marketplace).

Berikut ini adalah website travel agent yaitu GamaAnantara.com. Website ini menawarkan beragam paket perjalanan baik domestik maupun luar negeri.

 

Gama Anantara - Bisnis Online

(Sumber: GamaAnantara.com

 

Berikut ini adalah website marketplace yang bernama Sribu.com. Website ini menjadi penghubung antara orang yang membutuhkan desain dengan para desainer.

 Sribu

(Sumber: Sribu.com)

 

Sumber Pendapatan dari Iklan

Anda tentu pernah mengunjungi website portal berita, seperti Detik.com, Liputan6.com dan yang lainnya. Salah satu ciri khas portal berita adalah banyaknya iklan di atas, bawah, kiri, kanan, pop up dan lainnya. Nah jangan heran jika banyak iklan yang terdapat di website-website portal berita, karena iklan adalah sumber pendapatan mereka.

 Detik

[Baca Juga: Seperti Apa Peluang Bisnis Online di Indonesia?]

 

Menurut website www.siteprice.org, salah satu portal berita di Indonesia diestimasikan memiliki pendapatan dari iklan mencapai Rp 42M dalam setahun. Wow angka yang fantastis kan?

Anda juga dapat memaksimalkan blog atau catatan pribadi Anda dengan menambah fitur iklan. Anda dapat mendaftarkan website atau blog Anda di Google Adsense. Nah untuk lebih detil mengenai fitur Google Adsense, Anda perlu mempelajari lebih lanjut.

 

Sumber Pendapatan dari Endorsed

Sejenis dengan iklan, tetapi ada bedanya. Kata-kata Endorsed biasanya digunakan oleh pemilik akun-akun media sosial dengan jumlah follower yang banyak. Akun-akun dengan jumlah follower yang banyak, biasanya akan mendapat tawaran untuk meng-endorsed produk-produk.

Misal celebgram (celebrity di Instagram) diminta posting foto dirinya dengan produk. Atau akun-akun instragam dibidang makanan, diminta untuk memberikan review mengenai makanan.

 [Baca Juga: Bagaimana Cara Memulai dan Membesarkan Bisnis Rumahan?]

 

Sumber Pendapatan dari Affiliate

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah website atau blog, yang memberikan review produk. Setelah itu Anda diarahkan untuk membeli produk itu dari website penjualnya? Di Indonesia ada sebuah website bernama Priceza.com yang menawarkan produk-produk dari berbagai macam toko online.

Apa keuntungan Priceza.com? Salah satunya mereka akan mendapat fee dari produk-produk yang terjual melalui website Priceza.com. Bagaimana, enak bukan?

 Priceza - Bisnis Online

 (Sumber: Priceza.com)

 

Sumber Pendapatan dari Data dan Lainnya

Terdapat bisnis-bisnis online yang menjual data. Pernahkah Anda terbayang mengapa Google bisa memberikan fasilitas mesin pencari gratis kepada kita? Google dapat mengetahui data-data pribadi kita (melalui akun Google+ atau GMAIL) serta perilaku kita saat menggunakan internet.

 [Baca Juga: Bagaimana Cara Bagi Hasil Bisnis Patungan?]

 

Google juga dapat mengetahui lokasi yang sering kita datangi dengan menggunakan Google Map. Data-data yang dimiliki Google, dijual bersama iklan dalam fitur Google Adwords. Kami tidak akan membahas lebih dalam mengenai sumber pendapatan ini.

Jika Anda tertarik ingin mengetahui sumber pendapatan bisnis online, Anda dapat mengamati website-website startup dalam negeri maupun luar negeri.

 

Unfair Advantage Menjalankan Bisnis Online

Keuntungan lebih (unfair advantages) menjalankan bisnis online adalah Anda dapat memulai dengan modal minimum dan satu bisnis online dapat memiliki beberapa sumber pendapatan.

Perhatikan contoh website e-Commerce berikut ini. Selain menjual produk-produknya, website tersebut juga mendapat keuntungan dari iklan. Setidaknya website ini mendapat dua sumber penghasilan.

 

Elevenia - Bisnis Online

(Sumber: Elevenia.co.id)

 

Apakah sebuah website bisa memiliki lebih dari dua sumber penghasilan? Jawabannya sangat bisa. Sekarang coba Anda pikirkan ide: Jika Anda ingin membuat bisnis online, bisnis apa yang akan Anda buat? Dan darimana sajakah sumber pendapatannya? Silahkan tuliskan ide Anda di bawah artikel ini. Terima kasih.

Oh ya, Jika Anda memiliki satu atau beberapa bisnis online yang sedang berjalan, tentunya Anda perlu mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik. Anda dapat mengunduh Ebook berikut secara Gratis sebagai panduan mengelola keuangan bisnis Anda.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara memulai bisnis online? Apakah harus memiliki website?

Kalau bisnis tradisional, Anda dapat memulai usaha dengan meyewa toko di mall (pusat perbelanjaan) atau membuat toko sendiri. Begitupula di bisnis online, Anda membutuhkan media. Media bisa berupa blog, website sendiri, website orang lain, forum atau social media.

 

[Baca Juga: 7 Jenis Hobi yang Dapat Dibisniskan]

 

Tentu saja masing-masing ada plus minusnya. Kalau membuat website sendiri, lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda (custom), tetapi membutuhkan biaya yang lebih mahal. Jika Anda menggunakan website seperti TokoPedia.com, OLX.com, atau BukaLapak.com tentu saja biaya Anda lebih murah (bahkan nyaris gratis).

Kekurangannya toko Anda bergantung pada mereka. Jika Anda generasi 90 an, Anda tentu mengenal social media bernama Friendster. Coba bayangkan jika Anda membuka dagangan Anda di Friendster?

 [Baca Juga: Jangan Pernah Jadi Entrepreneur yang Manja]

 

Jadi kesimpulannya adalah Anda perlu memiliki sebuah media (blog, website sendiri, website orang lain, forum atau social media. Setelah itu Anda perlu memikirkan bagaimana cara meningkatkan traffic. Traffic yang dimaksud adalah jumlah pengunjung website Anda atau followers Anda di social media. Tahapan terakhir adalah pikirkan bagaimana cara mengubah (convert) pengunjung website menjadi pembeli.

 

Jangan pernah berfokus untuk membuat website yang sempurna (perfect). Buat website yang dapat menjual produk-produk Anda.

 

 

Pilihan Anda adalah …

Seperti pembahasan kita, ternyata sumber pendapatan bisnis online tidak hanya berasal dari jualan barang atau jasa saja. Banyak sekali barang yang dapat kita jual secara online. Nah pilihannya adalah mau segera memulai bisnis online atau sekarang?

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai cara menambah penghasilan. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Bisnis online apa yang ingin Anda buat? dan darimana sumber pendapatan bisnis online Anda?

 

Sumber Artikel:

  • Mom Online – http://goo.gl/BSg6Cj

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

  • Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

    Download Sekarang

     

 

By | 2018-02-12T11:33:37+00:00 March 3rd, 2016|Categories: Bisnis, Bisnis Online|Tags: , , , |2 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. Kata Lampung 23 October 2017 at 13:09 - Reply

    Memang saat ini peluang bisnis e-commerce terbuka lebar. Tinggal bagaimana memanagenya sehingga menghasilkan..

    • Finansialku
      Finansialku 7 November 2017 at 11:50 - Reply

      Hi,
      Terima kasih atas sharringnya, sangat bermanfaat.
      Semoga sharing Bapak, dapat menginspirasi pembaca lainnya.

Leave A Comment