Setiap bisnis online harus memiliki hal yang membedakan atau unik, oleh sebab itu pemilik bisnis harus memikirkan branding dan USP (unique selling proposition). Apakah bisnis online Anda sudah mulai melakukan branding dan menentukan USP?

 

2 Hal Penting dalam Bisnis Online : Branding dan USP

Artikel ini adalah artikel terakhir dalam seri bisnis online menurut Emilie Pelletier. Beberapa bab dalam bukunya yang berjudul

[link1] banyak membahas sisi pemasaran atau internet marketing untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Anda.

Apa_yang_Membedakan_Bisnis_Online

[Baca Juga: Internet Telah Mengubah Cara Bisnis Tradisional Menjadi Online]

 

Brand atau Merk Bisnis Online Anda

Menurut Emilie Pelletier, brand atau merk adalah identitas kita dalam berbisnis online. Brand Anda merepresentasikan harapan Anda mengenai cara orang melihat Anda. Selain itu brand juga menunjukkan bagaimana orang sesungguhnya melihat Anda. Jadi brand menunjukkan kondisi yang diharapkan dengan realitas. Emilie Pelletier dalam bukunya How to Start an Online Business: Create a Business Around Your Lifestyle mengatakan brand adalah gabungan antara komponen yang tampak (tangible elements) dan yang tidak tampak (intangible elements) yang membentuk sebuah gambar atau penilaian.

[Baca Juga: 3 Kunci Sukses Berbisnis Online]

 

Seharusnya brand Anda mampu mengkomunikasikan nilai-nilai yang Anda tawarkan (value proposition) dan menjadi pembeda antara bisnis Anda dengan bisnis yang lain. Anda perlu menjelaskan apa yang Anda lakukan dalam website atau bisnis online Anda. Kami dalam Finansialku.com adalah perusahaan perencana keuangan independen. Kami menawarkan jasa atau layanan konsultasi, seminar dan pelatihan serta aplikasi Finansialku. Satu hal yang membedakan kami dengan perusahaan lain adalah pendekatan kami melalui online dan teknologi digital yang kami tawarkan kepada Anda.

 

Kenali dan Ciptakan USP (Unique Selling Proposition) Bisnis Online Anda

USP (unique selling proppsition) bisnis online Anda adalah apa dan bagaimana cara Anda membedakan diri dengan pesaing Anda? Pada dasarnya USP dapat dijelaskan pada pesan yang jelas dan membuat calon pembeli harus memilih layanan Anda dibanding competitor Anda. Contoh bisnis online Anda menawarkan produk yang paling lengkap, menawarkan harga paling murah, kualitas terbaik, pelayanan terbaik dan lain sebagainya. 

 

Pemasaran Online atau Internet Marketing

Pada bab-bab selanjutnya, Emilie Pelletier banyak menjelaskan hal-hal umum mengenai pemasaran dengan menggunakan internet (internet marketing). Mulai dari membuat konten, blogging, memasarkan produk dengan media sosial, email dan teknik-teknik lainnya. Memasarkan bisnis dengan internet memang bukan hal yang mudah, karena Anda harus menyampaikan pesan dengan kata-kata, gambar dan video yang persuasive. Berita baiknya, teknik-teknik tersebut dapat Anda pelajari dan semua pemasaran melalui internet dapat dianalisis dan diukur kinerjanya.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang melalui Blog?]

 

Sebelum Anda Memulai Bisnis Online

Sebelum Anda memulai bisnis online, membuat website, merekrut tenaga kerja dan lain sebagainya, investasilah pada pengetahuan dan waktu. Belajar terlebih dahulu mengenai bisnis online, cara menjalankannya dan cara memasarkannya. Di Finansialku.com, tim divisi internet marketing juga selalu belajar dan memperbarui ilmu kami, baik melalui buku, sharing dan mengikuti seminar online. Berikut ini kami bagikan, beberapa judul buku dan seminar online yang bagus untuk Anda ikuti:

 

Buku :

Emilie Pelletier. How to Start an Online Business: Create a Business Around Your Lifestyle

 

Inbound Marketing :

 

Bisnis Online menurut Finansialku

  • Ada beberapa orang yang bertanya, kok Website Finansialku.com mengulas mengenai bisnis online? Dalam website Finansialku.com kami melihat bisnis online sebagai salah satu cara peluang dan kesempatan untuk Anda meningkatkan pemasukan.
  • Lalu kenapa tidak menjelaskan lebih dalam mengenai pemasaran dengan internet (internet marketing)? Kami memang mempelajari internet marketing sebagai salah satu cara untuk memasarkan layanan kami. Tetapi kami tetap fokus menyuarakan segala sesuatu tentang keuangan individu dan keluarga (personal finance). Jadi kami hanya mengantarkan Anda mengenal bisnis online sampai titik sini. Jika Anda ingin menjalankan bisnis online, Anda dapat mempelajari bisnis online melalui buku atau seminar online.

 

Terima kasih Anda sudah mengikuti artikel berseri bisnis online, silahkan tinggalkan pesan, komentar dan rekomendasi Anda. Saran dan masukkan Anda akan kami sangat hargai dan kami jadikan bahan untuk perbaikan ke depannya. 

Artikel Sebelumnya
Bisnis Online (Intro)

Image credits:

  • Branding – https://goo.gl/lvhLmy

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang