Apakah kamu termasuk orang yang boros? Bagaimana cara mengatasi boros setiap bulan agar bisa atur keuangan yang benar?

Kalau kamu sering merasakan boros setiap bulan, maka artikel ini cocok untuk mengetahui bagaimana cara terhindar dari boros. Tips-tips berikut ini dapat kamu praktikkan langsung loh!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bagaimana Cara Mengatasi Boros?

Bagi para milenial, gaya hidup pada jaman sekarang, sering menuntut mereka untuk lebih konsumtif. Padahal, jika kita membesarkan gaya hidup, kita tidak bisa mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Lalu, bagaimana caranya kita dapat terhindar dari boros? Saat menjelang libur Lebaran kemarin, seorang calon klien bercerita betapa senangnya dia mendapatkan THR untuk pertama kalinya.

Calon klien tersebut, sebut saja Hani, mulai membeli segala keperluan untuk menyambut Lebaran.

Mulai dari baju, celana dan sepatu yang sudah di idam-idamkan sejak barang tersebut terpajang di toko. Saat mendekati Hari Lebaran, ibu dari Hani meminta untuk dibelikan bahan-bahan untuk membuat opor, rendang, ketupat dan makanan khas Lebaran.

Hani pun mengiyakan dan dia segera membelikan apa yang ibunya butuhkan. Tidak lupa, Hani menyisihkan uang THR nya untuk zakat fitrah. Hari Lebaran pun tiba, sanak saudara Hani pun datang ke rumah calon klien tersebut.

Cara Atur Keuangan 02 Pengeluaran Boros 2 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Menabung di Bulan Puasa Hingga 5 Jutaan]

 

Hani pun tidak lupa memberikan THR nya untuk dibagi-bagikan ke keponakannya yang sudah tamat puasa. Selesai perayaan Lebaran, Hani bermaksud melihat tabungannya.

Ia terkaget saat melihat saldo tabungannya sudah kembali fitri atau kita sebut saja saldonya sudah tidak seperti saat ia menerima THR dimana saat mendapatkan THR bisa terpampang 8 digit angka hingga hanya terpampang 5 hingga 6 digit saja.

Hani pun terkaget dengan kejadian seperti itu, dan dia pun bertanya apakah memang boros pada Lebaran itu wajar? Tentu saja tidak wajar, pada bulan apapun, boros tidaklah wajar.

Kepada calon klien tersebut, saya memberikan tips yang sama tentang bagaimana menghadapi boros yang seharusnya bisa dihindari oleh kita semua. Mari kita simak tipsnya berikut ini.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#1 Membuat Anggaran Keuangan

Seperti kasus Hani, sebagai pegawai baru apalagi masih hidup sendiri, terkadang tidak membiasakan diri untuk menulis anggaran keuangan. Dikarenakan, anggaran keuangan tidak begitu penting untuk para pegawai baru.

Mereka cenderung mengabaikan hal tersebut hingga merasa bahwa dirinya selama ini ternyata boros, ketika melihat rekening saat akhir bulan. Padahal, pembuatan anggaran adalah langkah awal yang penting untuk terhindar dari boros.

Anggaran keuangan memiliki beberapa tujuan, seperti berikut:

  • Supaya terhindar dari utang
  • Supaya terhindar dari biaya yang tak terduga
  • Supaya bisa mendapat penilaian kredit dari bank yang baik
  • Supaya bisa memudahkan kita untuk mendapatkan KPR atau kredit otomotif
  • Supaya bisa mengetahui area mana dari anggaran keuangan yang dapat dihemat
  • Supaya mengetahui apakah keuangan kita dalam posisi yang baik untuk menabung liburan, mobil baru, atau hiburan lainnya.

Cara Atur Keuangan 03 Membuat Anggaran Keuangan 1 - Finansialku

[Baca Juga: TERUNGKAP! 20 Cara Hidup Hemat agar Bisa Menabung]

 

Setelah kita sadar betapa pentingnya anggaran keuangan itu, kemudian pertanyaan selanjutnya adalah apa saja sih isi dari anggaran tersebut?

Anggaran keuangan biasanya terdiri dari pengeluaran yang bersifat tetap setiap bulannya, seperti tagihan rumah tangga, biaya hidup sehari-hari, produk keuangan (asuransi), keluarga dan teman (hadiah), transportasi dan entertainment (liburan, olahraga, restoran, dan lain-lain).

Jika Anda sudah bisa menentukan apa saja isi anggaran keuangan Anda, mulailah membuatnya di kertas, laptop atau HP. Anda pun dapat membuat anggaran Anda dengan menggunakan aplikasi Finansialku, yang bisa di download di bawah ini. Cukup mudah bukan?

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

       

#2 Membuat Catatan Keuangan

Tips berikutnya adalah membuat catatan keuangan.

Catatan keuangan berbeda dengan anggaran keuangan, jika anggaran keuangan merupakan pengeluaran yang tetap setiap bulan, sementara catatan keuangan merupakan pengeluaran yang tidak tetap maupun tetap setiap hari.

Membuat catatan keuangan cukup dengan menulis pengeluaran sehari-hari dan jangan lupa mencatat pemasukan yang kita miliki, karena di akhir bulan kita akan mengevaluasi apakah pengeluaran kita lebih besar dari pemasukan atau tidak.

Cobalah Anda lakukan ini selama 1 bulan dengan menulis pengeluaran sehari-hari, seperti belanja bulanan, belanja mingguan, belanja harian, makan di kaki lima, café, restoran, make-up, dan lain-lain.

Tujuan dari pembuatan catatan keuangan ini adalah untuk mendapatkan semua pengeluaran (baik tetap maupun tidak tetap) yang terhitung untuk mendapatkan jumlah pengeluaran.                              

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Cek Ulang Kembali Anggaran Keuangan Anda

Anda telah membuat anggaran dan catatan keuangan pada bulan ini, langkah selanjutnya adalah Anda melihat kembali anggaran dan catatan keuangan dengan pemasukan Anda bulan ini.

Jika Anda terlalu banyak melakukan pengeluaran, maka hal yang harus Anda lakukan adalah mencari bagian mana dalam pengeluaran Anda yang bisa dikurangi atau perlu dihemat. Jika Anda masih memiliki sisa dari pemasukan pada bulan tersebut, Anda dapat menabungnya.

Anggaran keuangan yang Anda buat harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari Anda. Bisa saja suatu saat keadaan keuangan Anda sedang naik, maka Anda dapat menabung lebih. Jika keadaan berbalik, maka Anda harus melakukan penghematan yang ekstra.

Cara Atur Keuangan 04 Membuat Anggaran Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Menabung untuk Keluarga Muda, Buktikan Sendiri Hasilnya dalam 1 Tahun ke Depan!]

 

#4 Jika Anda Memiliki Utang/Pinjaman atau Bahkan Keduanya, Lunasi Utang Tersebut, Jangan Menambah Utang Baru

Bagaimana Anda membayar utang kartu kredit atau pinjaman? Hal pertama yang Anda lakukan adalah mengendalikan utang tersebut dan berusaha untuk membayarnya tepat waktu.

Pastikan Anda melunasi utang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu. Dengan membayar utang yang memiliki bunga tertinggi, maka Anda dapat mengambil kendali akan utang Anda.

Jika Anda memiliki utang kartu kredit, Anda dapat membayar yang paling minimum dari perjanjian kredit yang sudah disetujui sebelumnya.

Sehingga Anda tetap dapat melunasi utang Anda dan Anda dipercaya dapat mengatur keuangan Anda.

 

#5 Jangan Lupa untuk Menabung

Anda telah membuat anggaran dan mengetahui dimana saja harus berhemat, maka langkah selanjutnya adalah menabung. Mengapa harus menabung? Anda harus menabung sebagai dana darurat Anda dan sebagai uang pensiun Anda.

Mengapa harus menabung untuk dana darurat? Dana darurat suka dilupakan oleh kebanyakan orang, karena berpikir bahwa orang tersebut tidak sakit ataupun tidak dalam keadaan susah. Padahal dalam hidup, kapan susah dan kapan senang tidak ada yang tahu.

Untuk mengantisipasi ketika Anda dalam keadaan susah, seperti sakit atau tiba-tiba Anda harus keluar dari pekerjaan yang Anda miliki sekarang, maka Anda harus memiliki dana darurat.

Jika Anda memiliki dana darurat, maka Anda telah memiliki sebuah rencana keuangan pribadi yang sehat.

Anda sudah mempersiapkan dana darurat, maka langkah selanjutnya adalah menabung untuk mempersiapkan dana pensiun Anda. Semakin awal Anda merencanakan keuangan untuk pensiun maka Anda dapat menikmati masa pensiun dengan lebih mudah.

Cara Atur Keuangan 05 Menabung - Finansialku

[Baca Juga: Sorry Rajin Menabung Gaji Tidak akan Membuat Kaya, Kalau Mau Begini Cara Menabung yang Bisa Bikin Kaya]

 

#6 Pilihlah Alat Keuangan yang Tepat atau Gunakan Jasa Seorang Perencana Keuangan

Anda tentu saja ingin serius menjalani kehidupan tanpa boros, maka Anda mencari sebuah alat yang dapat membantu keuangan Anda lebih sehat. Dengan tersedianya berbagai macam aplikasi keuangan seperti aplikasi Finansialku, maka mengatur keuangan menjadi lebih mudah.

Anda dapat merevisi ulang anggaran Anda hanya dalam genggaman, mencatat keuangan Anda, menabung dan masih banyak lainnya. Anda pun bisa menggunakan aplikasi Microsost Excel untuk membantu Anda dalam merencanakan keuangan Anda.

Jika Anda ingin memiliki keuangan yang sehat dan mendapatkan pendapat dari ahlinya bagaimana cara mengelola keuangan yang baik, maka Anda dapat menghubungi perencana keuangan untuk membantu Anda dalam mencapai tujuan keuangan Anda.

Jika Anda ingin belajar secara otodidak bagaimana Anda merencanakan keuangan yang baik, Anda dapat men-download e-book Finansialku sebagai pedoman Anda untuk merencanakan keuangan Anda.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#7 Last But Not Least, Jangan Lupa Untuk Menabung Secara Teratur

Langkah yang terakhir dan selalu susah untuk dilakukan adalah menabung secara teratur. Mungkin Anda masih belum sanggup untuk menabung dengan nominal tertentu setiap bulannya.

Usahakanlah Anda bisa menabung meskipun hanya sebesar Rp10.000 setiap bulannya. Dengan membiasakan menabung, maka bisa membuat kita memiliki sebuah kebiasaan keuangan yang sehat.

Jika Anda ingin menabung dengan teratur dan nominal tertentu setiap bulannya, Anda bisa membuat sebuah rekening yang langsung ditransfer secara otomatis dari rekening yang sering Anda gunakan ke rekening tabungan Anda.

Dengan cara tersebut, Anda tidak akan lupa untuk menabung.

Itulah ke tujuh cara Anda dalam mengurangi boros. Boros bisa saja datang dari kesalahan Anda dalam melakukan perencanaan keuangan. Tidak tahu caranya, hingga bingung harus mulai dari mana bisa membuat pemasukan Anda numpang lewat saja diawal bulan.

Strategi dalam menyusun rencana keuangan bisa Anda pelajari di Buku Finansialku yang berjudul Make A Plan & Get Your Financial Dreams Come True. Buku ini berisi cara menyusun rencana keuangan, mengelola keuangan, berinvestasi, hingga mewujudkan tujuan keuangan Anda.

Buku ini sangat aplikatif karena hanya 30% teori dan 70% praktik. Buku ini telah dimiliki lebih dari 2000 orang yang sudah peduli dengan keuangannya. Anda juga bisa memiliki buku ini dengan cara order disini: Order Buku.

Anda-lah yang Dapat Mengatur Kehidupan dan Keuangan Anda

Mengatur keuangan yang baik memang memerlukan latihan yang terus menerus. Meskipun pada awalnya, Anda belum terbiasa dengan perencanaan di awal dan tidak membeli barang yang Anda inginkan tetapi Anda belum mampu membayarnya.

 

Semakin sering Anda melakukan kebiasaan keuangan seperti tips yang telah dijelaskan sebelumnya dan menjadikan kebiasaan tersebut dalam kehidupan, maka akan memudahkan Anda untuk mengatur uang Anda dan kehidupan keuangan Anda semakin sehat.

Mulailah merencanakan keuangan Anda dengan sehat, maka Anda pun akan memiliki tujuan keuangan yang jelas dan Anda pun akan memiliki kebebasan keuangan yang di idam-idamkan oleh orang banyak.

 

Anda memiliki teman atau saudara yang memiliki pengalaman yang sama mengenai boros terhadap gaji?

Anda dapat membagikan artikel ini dan Anda dapat membantu teman atau saudara Anda yang masih bingung dalam merencanakan keuangannya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Beginners Guide to Managing Your Money. Moneyadviceservice.org.uk – https://goo.gl/4rnPm3
  • Admin. 8 Simple Ways to Save Money. Bettermoneyhabits.bankofamerica.com – https://goo.gl/fpXL3n
  • Javier Castillo. 28 Juni 2017. 10 Essentials Steps to Manage Your Money the Right Way. Moneystrands.com – https://goo.gl/e8mbTS
  • Latoya Irby. 25 Maret 2018. 10 Ways to Be Better with Money. Thebalance.com – https://goo.gl/fQyTdn

 

Sumber Gambar:

  • Pengeluaran Boros 1 – https://goo.gl/U543Rm
  • Pengeluaran Boros 2 – https://goo.gl/1yHtFQ
  • Membuat Anggaran Keuangan 1 – https://goo.gl/ZjXJYr
  • Membuat Anggaran Keuangan 2 – https://goo.gl/QchRTy
  • Menabung – https://goo.gl/uKtHuf
Summary
Kamu Merasa Boros? Ini Caranya Atur Keuangan Yang Benar!
Article Name
Kamu Merasa Boros? Ini Caranya Atur Keuangan Yang Benar!
Description
Apakah kamu termasuk orang yang boros? Bagaimana cara mengatasi boros setiap bulan agar bisa atur keuangan yang benar?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo