For Fun! Sudah Tahu 15+ Fakta Unik YouTube?

Kita sering membuka YouTube untuk menonton video setiap harinya. Tapi tahukah kamu 15+ fakta unik YouTube?

Memangnya ada fakta menarik apa sih dari YouTube? Penasaran bukan? Mari kita lihat 15+ fakta unik dari situs YouTube pada artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apa Itu YouTube?

Apakah kamu baru saja meng-explore YouTube? Atau kamu baru memulai vlogging pada channel YouTube? Tentunya YouTube sudah dikenal banyak orang, termasuk di Indonesia.

Namun, bagi kamu yang belum familiar dengan situs yang satu ini, yuk simak penjelasannya berikut ini:

Sejak didirikan pada tahun 2005, YouTube merupakan website terbesar yang digunakan untuk berbagi video di seluruh dunia. Website ini didirikan oleh tiga pegawai PayPal, yakni Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim.

 

Awal mula berdirinya YouTube ternyata bermula dari sebuah acara pesta makan malam di San Francisco, dimana Chen dan Hurley merekam acara tersebut dan berniat membagikannya kepada teman-teman yang lain.

Namun ternyata ukuran file tersebut terlalu besar untuk dikirimkan via email, sehingga mereka kesal dan memikirkan cara untuk berbagi video dengan mudah.

Akhirnya, Hurley dan Chen bekerja sama dengan Jawed Karim untuk merealisasikan mimpi mereka membuat situs yang memudahkan penggunanya dalam mengunggah dan menonton berbagai video di seluruh dunia yang kini disebut YouTube. 

Website ini memungkinkan video clips, TV show clips, music videos, film pendek, rekaman audio, movie trailers, video blog, dan lainnya dibagikan kepada seluruh pengguna YouTube di berbagai belahan dunia. 

Siapa pun dengan koneksi internet dapat berbagi konten di YouTube, apakah mereka adalah organisasi dengan anggaran besar atau individu dengan kamera video.

For Fun Sudah Tahu 15+ Fakta Unik YouTube 02 YouTube Founders - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Vlog Profesional dan Efektif?]

 

Pada November 2005Sequoia Capital menyuntikkan dana senilai US$11,5 juta (Rp174 miliar) untuk pengembangan YouTube lebih lanjut.

Situs ini kemudian mulai terlihat perkembangannya pada Juli 2006, dimana lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dengan jumlah views mencapai 100 juta per hari. Hingga situs ini menarik pihak Google untuk membelinya pada November 2006.

Majalah Forbes pernah mengestimasikan pendapatan YouTube yang diungkapkan dalam salah satu artikelnya bahwa pada tahun 2008 YouTube memperoleh hingga 200 juta dolar atau setara dengan Rp3,04 triliun dari advertising.

Data terakhir menunjukkan bahwa pada Januari 2012, YouTube telah mencapai 4 miliar kunjungan per hari.

Dewasa ini, hampir semua orang sudah mengenal dan mengakses YouTube untuk mencari dan berbagi konten yang dibutuhkan. Namun tahukah kamu beberapa fakta unik situs YouTube ini?

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, yuk simak pembahasannya berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#1 YouTube Diciptakan Mantan Karyawan PayPal

Jika PayPal memiliki ide tentang apa yang akan diciptakan oleh mantan karyawannya, kami yakin PayPal tidak akan membiarkan mereka pergi. Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim memulai YouTube pada tahun 2005.

Ketiga pendiri bekerja sama di startup internet saat itu, PayPal. Bahkan, Hurley menciptakan logo PayPal ketika ia mengetahui tentang perusahaan pembayaran online dan mengirim email startup untuk mendapatkan pekerjaan.

YouTube mendapatkan pendanaan pertama dari bonus yang diterima setelah pembelian PayPal di eBay. Kamu dapat mengatakan jika tidak ada PayPal, maka tidak akan ada YouTube.

 

#2 Tujuan Awal Dibuatnya adalah Sebagai Situs Kencan Online.com

Kamu pasti tak menyangka jika pada awalnya para pencipta atau founder YouTube memiliki tujuan lain untuk situs mereka. Namun, semuanya berubah saat salah satu penciptanya memutuskan untuk mengganti fokus mereka ke website berbagi video via internet.

Terdapat beberapa cerita bahwa YouTube awalnya dimulai sebagai situs kencan video bernama “Tune In Hook Up” – terinspirasi oleh Hot-Not yang populer. Tapi takdir memiliki niat lain karena ketiga pendiri memutuskan untuk tidak pergi ke arah sana.

Insiden paling formal yang mengarah pada pembuatan YouTube kita kenal sekarang dikreditkan ke dua peristiwa yang berbeda, yaitu:

Peristiwa pertama adalah ketika Jawed Karim tidak dapat menemukan rekaman video wardrobe malfunction dari Janet Jackson.

Kemudian, Peristiwa kedua adalah ketika Chen dan Hurley tidak dapat berbagi rekaman video dari pesta makan malam karena pembatasan lampiran email.

 

#3 Video Pertama YouTube adalah Video dari Pembuatnya

Pernahkah kamu berpikir, apakah video pertama yang diunggah ke YouTube? Video pertama yang diunggah Ini bukanlah video klasik, melainkan video kasual yang menampilkan kunjungan Jawed Karim ke Kebun Binatang di San Diego.

Video ini diambil oleh Yakov Lapitsky, video menunjukkan Jawed Karim di depan seekor Gajah. Video ini mendapatkan 4.282.497 penayangan ketika mulai online pada 23 April 2005 dan hingga kini telah ditonton lebih dari 28 juta kali.

 

#4 Video Paling Banyak Ditonton, Diminati dan Difavoritkan

Video yang paling banyak dilihat, disukai, dan favorit sepanjang masa jika tidak menyertakan video musik adalah video klasik yang sangat terkenal dan menyenangkan, “Charlie Bit my Finger” – dengan 846 juta penayangan (pada saat penulisan).

Namun video paling banyak ditonton datang dari genre musik, yaitu “Gangnam Style” dan “Baby” yang telah melewati batas 1 miliar penonton. Namun, pada Februari 2017, 47 video telah melampaui 1 miliar penonton di YouTube.

For Fun Sudah Tahu 15+ Fakta Unik YouTube 03 Connection YouTube - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Membuat Judul Video YouTube Agar Mengundang Banyak Viewers]

 

Berikut adalah daftar 25 video yang paling banyak mendapatkan viewers di YouTube. Mana yang paling kamu sukai?

  1. Gangnam Style by PSY (2,7 miliar views)
  2. See You Again by Wiz Khalifa featuring Charlie Puth (2,4 miliar views)
  3. Sorry by Justin Bieber (2,2 miliar views)
  4. Uptown Funk by Mark Ronson featuring Bruno Mars (2,1 miliar views)
  5. Blank Space by Taylor Swift (1,9 miliar views)
  6. Mawa Kawa by Get Movies (1,9 miliar views)
  7. Shake It Off by Taylor Swift (1,8 miliar views)
  8. Bailando by Enrique featuring Descemer Bueno and Gente De Zona (1,8 miliar views)
  9. Lean On by Major Lazer and DJ Snake featuring MO (1,8 miliar views)
  10. Roar by Katy Perry (1,7 miliar views)

 

#5 40% Pengguna YouTube dari AS, Selain itu Berasal dari Berbagai Negara di Dunia

Meski diciptakan dan didirikan di Amerika, nyatanya sebagian besar pengguna YouTube datang dari luar negara asalnya.

Hal ini terjadi karena sejak diakuisisi oleh Google pada tahun 2006 sebesar US$1,65 miliar (Rp25 triliun), YouTube dirancang agar dapat diakses dalam 76 bahasa global dan meluncurkan versi lokal di sekitar 70 negara.

Semua ini dilakukan karena sebagian besar lalu lintas YouTube berasal dari luar AS. Terbukti bahwa 60% pengguna YouTube ternyata tersebar di berbagai negara di dunia.

Ada sekitar 196 negara jika kami memasukkan Taiwan dalam daftar, tetapi secara resmi tidak diakui sebagai negara oleh mayoritas.

Dari negara-negara ini, negara yang menduduki puncak tangga lagu dengan 90 juta penayangan harian adalah Arab Saudi. Kamu terkejut bukan?

Tidak seperti TV, Facebook, dan Twitter yang dilarang di Arab Saudi, penggunaan YouTube tidak dibatasi. Jadi ini menjadikan YouTube satu-satunya sumber hiburan yang dapat dicari orang disana.

 

#6 YouTube April Fools Pranks dan Rickroll Pertama

Sebagian besar dari kamu tidak tahu bahwa YouTube melakukan pranks (iseng, jail, gurauan) pada jutaan penggunanya setiap tahun pada hari April Mop.

Insiden pertama ada di homepage situs yang sebenarnya adalah Rickroll. Pada tahun 2009, YouTube mengejutkan penggunanya ketika membalikkan situs web.

Sejak memulai tradisi April Mop, setiap tahun YouTube muncul dengan sesuatu yang unik untuk menjaga tren tetap hidup.

For Fun Sudah Tahu 15+ Fakta Unik YouTube 04 YouTube Pranks - Finansialku

[Baca Juga: Ampuh! Ini Cara Membuat Vlog di YouTube untuk Pemula]

 

Rickrolling pertama kali muncul di YouTube pada tahun 2007.

Pada tahun 2008, pada puncak fenomena Rickroll, lebih dari 18 juta orang dewasa AS Rickrolled. Kamu dapat berterima kasih kepada Rick Astley yang menyanyikan “Never Gonna Give You Up” untuk ini.

Hari ini Rickroll telah menjadi lelucon praktis online yang paling umum. Rickroll adalah jenis umpan dan switch yang menggunakan hyperlink terselubung.

 

#7 Dibutuhkan 1.987 Tahun Untuk Bisa Menonton Semua Video di YouTube.uk

Per tahun 2015, dibutuhkan hampir 2.000 tahun untuk menonton seluruh video yang ada di YouTube, apakah kamu mau mencobanya?

 

#8 YouTube Sangat Populer

Kamu semua tentunya tahu bahwa YouTube sangat populer, tetapi kamu tidak tahu bahwa sesuai statistik terbaru, lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia menggunakan YouTube – yaitu sepertiga orang di Internet. Luar biasa!

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

 

Jika kamu melakukan analisis atas dasar perilaku pengguna, kamu akan mendapatkan hasil seperti ini:

  • YouTuber menonton 6 miliar jam video setiap bulan.
  • YouTuber menonton 4 miliar video setiap hari.
  • YouTuber mengunggah 300 jam video setiap menit.

 

#9 Topik Paling Dicari di YouTube adalah Tentang Musik

Ya, musik. Musisi, komposer, dan artis menggunakan YouTube sebagai cara praktis untuk membuat musik mereka tersedia untuk umum.

Masyarakat beralih ke YouTube untuk mendengarkan artis favorit mereka, acara mereka, chartbusters, dan sebagainya.

 

#10 Batman adalah Superhero Paling Banyak Ditonton di YouTube

Siapa sangka pahlawan dari komik DC ini menjadi superhero paling banyak ditonton di YouTube.

Sejauh ini, video terkait dengan Batman telah ditonton lebih dari tiga juta kali dengan total 71.000 jam.

For Fun Sudah Tahu 15+ Fakta Unik YouTube 05 Penamaan Youtube - Finansialku

[Baca Juga: Tips dan Trik Membangun Nama Channel Untuk Vlogger]

 

#11 YouTube Berhasil Mencapai Satu Triliun Hit pada 2011

2011 menjadi tahun paling membanggakan bagi YouTube, karena berhasil diakses oleh lebih dari satu triliun orang. Dengan 140 views per-orang di seluruh negara yang bisa mengaksesnya. Luar biasa sekali bukan?

 

#12 Kamu Dapat Menikmati Ad-free YouTube Music

Paling malas melihat iklan di sela video YouTube kamu?

Jika kamu tidak suka pop-up yang datang di antara video kamu, yang harus kamu lakukan adalah berlangganan YouTube Red dengan membayar biaya berlangganan bulanan US$10 (Rp152.000).

Dengan hal ini, kamu akan mendapatkan lebih dari sekadar pengalaman menonton video tanpa iklan.

 

#13 YouTube Pernah Menyebabkan Masalah untuk UTube

Betapa menariknya kasus merepotkan yang terjadi ketika beberapa perusahaan peralatan tabung dan gulungan mulai mendapatkan lalu lintas besar hanya karena orang mengeja nama situs dengan salah.

Ya, itu terjadi ketika YouTube.com didaftarkan pada tahun 2005 dan domain bernama utube.com (yang dimiliki oleh perusahaan peralatan tabung & rollform universal yang berbasis di Perrysburg, Ohio) mulai mendapatkan lalu lintas yang tidak terduga karena nama domain yang sama dan pengejaan yang buruk.

For Fun Sudah Tahu 15+ Fakta Unik YouTube 06 Youtube Viewers - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat Mendapatkan 1.000 Viewer YouTube dalam Sehari]

 

Perusahaan ini kemudian menggugat YouTube, dan membuat tuduhan bahwa bisnisnya rusak oleh situs video yang satu ini.

Klaim ini ditolak dan perusahaan manufaktur pindah ke domain lain (utubeonline.com), meninggalkan utube.com.

 

#14 Setiap Menitnya Lebih dari 100 Jam Video Diunggah ke YouTube

Setiap menitnya, dari seluruh negara pengakses YouTube diunggah 100 jam video dengan berbagai jenis konten.

 

#15 Video dalam YouTube Memiliki Kualitas Lebih Tajam (HD)

Fitur HD YouTube ternyata menjadi video tertajam dibanding situs video lainnya. Jadi, kamu bisa menonton video dengan kualitas terbaik disini.

 

#16 Nyan Cat merupakan Kucing Paling Terkenal di YouTube

Seekor kucing menarik perhatian dengan hampir 130 juta views per 2016, yaitu Nyan Cat, kucing imut yang digemari para pengguna YouTube.

 

#17 Separuh View YouTube adalah dari Ponsel

Dengan YouTube mobile, pengguna dimudahkan untuk mengakses. Maka, tak heran jika setengah views dari keseluruhan penikmat YouTube datang dari aplikasi di ponsel.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Sudah Tahu  Fakta-fakta Unik YouTube? Now You’re Ready to Go!

Setelah mengetahui beberapa fakta unik YouTube, sekarang kamu bisa menonton video dengan lebih seru. Kamu yang mau menjadi vlogger juga siap mengembangkan channel tersebut ke arah yang lebih baik.

Bagi kamu yang menemukan bahwa fakta di atas menarik, segera bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya. Klik share artikel di atas sekarang juga!

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai fakta unik YouTube lainnya? Tinggalkan komentar kamu di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaanmu pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantumu, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sepositif. Kisah Inspiratif dari 3 Sosok Pendiri YouTube. Sepositif.com – https://goo.gl/atzVrJ
  • Erwanto Khusuma.  Inilah 17 Fakta Unik Tentang YouTube yang Belum Banyak Orang Tahu. Idntimes.com – https://goo.gl/NKunYS
  • Kathleen Maloney. 06 Feb 2018. 7 Astonishing Facts About YouTube That You’ve Never Heard. Huffingtonpost.com – https://goo.gl/3rGugu

 

Sumber Gambar:

  • Fakta Unik YouTube – https://goo.gl/yUgzjf
  • YouTube Founders – https://goo.gl/sujVGi
  • Connection YouTube – https://goo.gl/K5UeBX
  • YouTube Prank – https://goo.gl/379pgq
  • Penamaan YouTube – https://goo.gl/cFEJBU
  • Viewers YouTube – https://goo.gl/8NGJjs
Summary
For Fun! Sudah Tahu 15+ Fakta Unik YouTube?
Article Name
For Fun! Sudah Tahu 15+ Fakta Unik YouTube?
Description
Kita sering membuka YouTube untuk menonton video setiap harinya. Tapi tahukah kamu 15+ fakta unik YouTube?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment