Bagaimana Cara Membuat Vlog Profesional dan Efektif?

Vlog (video blog) adalah suatu bentuk video yang sedang marak dan artikel ini akan membahas cara membuat vlog profesional dan efektif. Dengan mengikuti cara-cara di bawah ini, tentunya followers (pengikut) serta viewers (penonton) vlog Anda akan meningkat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Vlog

Video blog atau yang sering disingkat dengan nama vlog sebenarnya adalah sebuah blog yang berisi video. Biasanya Anda dapat melihat vlog melalui situs media sosial video seperti YouTube. Isi dari sebuah vlog pun sangat beragam, ada yang membahas mengenai fashion, politik, gosip dan sebagainya. Ada pula yang membahas mengenai permainan atau bahkan hanya duduk makan di depan kamera.

Peningkatan penonton dan ketertarikan orang terhadap vlog sangat drastis. Dari sekadar hobi hingga mendapatkan uang, banyak orang yang mulai membuat vlog mereka. Tetapi tidak sembarang vlog dapat menjadi terkenal. Sebuah vlog harus profesional dan menarik untuk mengundang perhatian penonton.

Bagaimana Cara Membuat Vlog Profesional dan Efektif 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahukah Anda Blogger Terkaya Di Dunia?]

 

5 Cara Membuat Vlog Profesional

Mulai dari kamera hingga apa yang Anda sajikan dalam video Anda sangatlah berpengaruh pada efektivitas dan jumlah penonton. Berikut adalah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat video Anda terlihat profesional.

 

#1 Perekaman Vlog

Untuk menghasilkan vlog yang menarik, Anda harus memperhatikan kualitas video Anda. Penting untuk Anda menghasilkan video dengan kualitas gambar yang jernih dan terang. Jika Anda tidak memiliki peralatan seperti kamera yang canggih, Anda dapat menggunakan webcam atau kamera pada smartphone Anda dengan opsi penggunaan tingkat pixel yang paling tinggi.

Dengan resolusi yang lebih tinggi, video Anda akan terlihat lebih profesional di layar besar, sehingga penonton vlog Anda tidak akan mendapatkan masalah melihat video Anda melalui smartphone, laptop ataupun televisi. Selain menggunakan kamera yang canggih, Anda pun dapat melakukan trik lainnya untuk membuat video Anda terlihat profesional.

 

Trik Penerangan

Beberapa trik tersebut contohnya dengan menggunakan penerangan yang sesuai. Untuk mengurangi efek kebiruan, Anda dapat meletakkan penerangan di belakang kamera Anda. Jika penerangan tersebut terlalu kasar, Anda dapat menggunakan kain putih untuk menutupi lampu tersebut atau menggunakan reflektor di sisi kiri kanan Anda untuk menciptakan dimensi.

Anda pun dapat menggunakan reflektor sederhana seperti kain putih atau papan putih. Ubahlah posisi reflektor tersebut dari arah yang berbeda untuk melihat perbedaan masing-masing trik penerangan pada video yang Anda rekam.

 

Trik Suara

Tentunya tidak hanya gambar, suara pun penting dalam vlog Anda. Jika Anda ingin membeli sebuah kamera untuk vlog, maka Anda harus membeli kamera yang telah memiliki mikrofon di dalamnya atau yang dapat dipasangkan kamera.

Ingin Bisnis Blog Anda Sukses Ini Rahasianya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Bisnis Blog Anda Sukses? Ini Rahasianya!]

 

#2 Branding pada Vlog Anda

Setelah Anda meningkatkan kualitas video Anda, maka selanjutnya Anda harus fokus pada apa yang Anda tunjukkan dan bagaimana cara Anda meningkatkan kesadaran penonton terhadap channel YouTube Anda. Untuk meningkatkan jumlah penonton, Anda harus memberikan video yang unik, dan Anda ingin agar penonton dapat langsung mengetahui bahwa video tersebut adalah hasil kerja Anda.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan branding adalah dengan membuat intro pendek berdurasi 3-5 detik pada setiap vlog yang Anda buat. Intro tersebut mempunyai durasi yang singkat agar penonton tertarik untuk melihatnya berulang kali.

Selain itu, perhatikan latar belakang video Anda. Apakah latar belakang Anda hanyalah tembok biasa atau lemari? Untuk meningkatkan branding, Anda pun dapat menempelkan poster unik di latar belakang dengan logo channel YouTube Anda. Kreativitas dapat membantu peningkatan branding. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan hashtags (#) pada setiap video Anda dan hubungkan vlog Anda pada media sosial.

Strategi Jitu Professional Blogger untuk Membuat Konten yang Disukai Para Pembaca 01 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Jitu Professional Blogger untuk Membuat Konten yang Disukai Para Pembaca]

 

#3 Ikut Sertakan Penonton Anda

Penonton merupakan faktor penting untuk meningkatkan ketenaran vlog Anda. Ikut sertakan penonton dalam vlog Anda dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan membalas komen atau berterima kasih atas komen atau respon positif yang mereka berikan.

Anda pun dapat mengambil screenshot dari komen tersebut dan melakukan posting komen tersebut di video Anda sembari Anda membahas dan menjawab pertanyaan mereka. Setiap orang pasti senang jika dihargai dan dengan cara ini, Anda secara tidak langsung menunjukkan bahwa mereka spesial dan Anda sangat menghargai bantuan mereka.

 

#4 Calls to Action (CTA)

Ketika kita bicara mengenai ikut serta, maka salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengajak pemirsa adalah dengan meminta mereka atau mengajak mereka. CTA merupakan cara tersebut yang mana Anda secara langsung mengajak penonton untuk ikut serta dan memberikan respon terhadap video Anda.

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - Finansialku

[Baca Juga: 40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga]

 

Salah satu contohnya adalah dengan menanyakan opini serta pendapat mereka mengenai vlog Anda atau apa yang mereka inginkan untuk topik vlog selanjutnya. Ingatkan mereka bahwa mereka dapat mengikuti akun media sosial Anda (sembari Anda menyebutkan username masing-masing akun) dan ajak mereka untuk membagikan video tersebut dengan teman.

 

#5 Optimalkan Judul Vlog dan Deskripsinya

Ketika Anda fokus pada konsumen Anda, sebisa mungkin Anda harus melakukan beberapa hal untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimize) pada video YouTube Anda. Jangan lupa untuk selalu memasukan kata kunci dan frase kata yang berguna pada judul serta deskripsi video Anda.

Kata-kata yang Anda gunakan sebagai kata kunci dan frase kata haruslah kata yang akan dicari oleh penonton Anda. Jangan membuat judul yang terlalu panjang tetapi tidak berbobot. Relevan, mudah dibaca dan jelas adalah tiga faktor utama untuk judul serta deskripsi video Anda.

Masih Cari Lowongan Pekerjaan Mulai Aja Bisnis Online Buat Blog. Begini Contoh Business Plan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Cari Lowongan Pekerjaan? Mulai Aja Bisnis Online Buat Blog. Begini Contoh Business Plan]

 

Jadilah Seorang yang Kreatif

Segala sesuatu tentang vlog Anda tidak akan berguna tanpa isi vlog yang menarik. Isi dari vlog Anda harus kreatif dan mengundang banyak perhatian penonton. Selain itu, sebisa mungkin, selalu belajar ilmu videografi Anda agar Anda dapat menghasilkan kualitas video yang profesional.

 

Pernahkah Anda mencoba untuk membuat vlog? Persiapan apa saja yang Anda butuhkan untuk membuat vlog tersebut? Ceritakan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini agar banyak orang yang lebih paham mengenai dunia vlog.

 

Sumber Referensi:

  • Vlognation. How to Make a Vlog That’s Effective. Vlognation.com – https://goo.gl/A8inQv

 

Sumber Gambar:

  • Asian Vlogger – https://goo.gl/A41TVB
  • Vlogger – https://goo.gl/T7TXHD

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By |2017-06-28T22:49:51+00:00June 29th, 2017|Categories: Blog|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment