Mencari pekerjaan kini semakin sulit, mengingat banyaknya pesaing dengan gelar sarjana dimana-mana. Pernahkah terpikir untuk memulai bisnis online sendiri, seperti membuat blog?

Blog kini mulai menjamur dan dengan perencanaan yang baik, blog bisa menjadi sumber pemasukan yang cukup baik. Mari kita lihat bagaimana contoh perencanaan bisnis atau business plan yang baik dalam menjadi seorang blogger.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa Itu Business Plan?

Perencanaan bisnis atau business plan adalah sebuah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis, yang berisi strategi atau rencana-rencana bisnis yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut.

Sebenarnya terdapat banyak format perencanaan bisnis, namun melalui artikel ini, Finansialku akan menjelaskan business plan yang mengacu pada pitch deck (presentasi singkat mengenai bisnis) yang ditawarkan oleh Guy Kawasaki, investor dari beberapa startup dunia, salah satunya adalah Canva.com.

Masih Cari Lowongan Pekerjaan Mulai Aja Bisnis Online Buat Blog. Begini Contoh Business Plan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Mendapatkan Uang Secara Online]

 

Pitch Deck Guy Kawasaki

Beberapa aturan yang diterapkan Guy Kawasaki dalam membuat presentasi singkat mengenai bisnis dalam bentuk PowerPoint adalah banyaknya jumlah slide, yaitu tidak lebih dari 10 slide. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya kemampuan manusia normal untuk dapat menangkap isi presentasi dengan baik.

Aturan kedua adalah waktu presentasi yang sebaiknya tidak lebih dari 20 menit untuk menghindari meeting yang terlalu lama dan membosankan. Aturan ketiga yaitu ukuran font minimal 30 poin.

Hal ini untuk mengatasi terlalu banyaknya kalimat dalam sebuah slide, dan untuk menyamakan kecepatan membaca antara pemberi dan penerima presentasi. Kemudian apakah isi dari presentasi business plan yang disarankan oleh Guy Kawasaki?

 

#1 Halaman Judul

Berisi nama perusahaan, nama pembuat, alamat, email dan nomor handphone beserta seluruh informasi kontak yang dapat dihubungi terkait bisnis ini.

 

#2 Problem/Opportunity

Jelaskan mengenai latar belakang munculnya ide yang Anda usulkan, ungkapkan dari mana ide Anda berasal dan peluang yang terdapat di dalamnya.

 

#3 Value Proposition

Jelaskan nilai-nilai yang terdapat dalam rencana Anda. Pastikan bahwa calon investor atau audience memahami apa yang Anda jual dan nilai apa yang Anda tawarkan di dalamnya.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#4 Underlying Magic

Jelaskan teknologi, metode, dan kelebihan dari produk yang Anda tawarkan. Gunakan gambar atau prototype bila perlu karena gambar atau prototype memberikan deskripsi yang bernilai ribuan kata.

 

#5 Business Model

Berikan penjelasan mengenai model bisnis Anda secara sistematis, dan jelaskan bagaimana Anda bisa mengalahkan pesaing dan memperoleh kesuksesan jangka panjang. Salah satu model bisnis yang dapat Anda gunakan adalah business model canvas.

3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan]

 

#6 Go To Market Plan

Jelaskan bagaimana Anda akan mengenalkan produk tersebut kepada konsumen secara efektif tanpa menghabiskan banyak biaya. Yakinkan investor bahwa Anda memiliki rencana yang tidak akan menghabiskan dana mereka secara sia-sia.

 

#7 Competitive Analysis

Buatlah sebuah kerangka kerja yang menggambarkan potensi perusahaan dan mengevaluasi kondisi pesaing saat ini. Lebih baik sebutkan pesaing sebanyak-banyaknya dan tampilkan kekuatan produk Anda dibandingkan pesaing.

 

#8 Management Team

Bagian ini cukup penting karena tentunya investor atau audience ingin mengetahui siapakah dan bagaimanakah tim yang akan menjalankan proyek tersebut. Jelaskan mengenai pemain utama dalam tim manajemen yang tersedia, termasuk tim penasihat dan investor yang telah tercakup di dalamnya beserta kelebihannya.

 

#9 Financial Projection

Berikanlah gambaran secara singkat dan padat dari forecast beberapa tahun ke depan, yang berisi proyeksi laba rugi, estimasi jumlah konsumen, dan sebagainya. Pastikan bahwa audience memahami inti dari forecast tersebut.

 

#10 Current Status, Timeline dan Use of Funds

Berikan penjelasan menyeluruh mengenai status rencana dan produk Anda saat ini, dan bagaimana pengembangannya. Jelaskan pula mengenai rencana Anda dalam mengalokasikan dana yang diberikan oleh investor. Jangan lupa untuk mencantumkan juga berapa banyak dana yang ingin Anda peroleh dari presentasi tersebut.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?]

 

Business Model Canvas

Seperti telah disebutkan sebelumnya, salah satu cara dalam menampilkan model bisnis adalah dengan Business Model Canvas (BMC). Business Model Canvas menjelaskan struktur perencanaan bisnis secara singkat dan sederhana. Kanvas ini memiliki 9 elemen inti dan mampu menyampaikan 3 poin:

  1. Fokus: BMC mampu menyampaikan inti dari rencana bisnis tanpa tambahan keterangan yang mengganggu fokus audience.
  2. Fleksibilitas: memungkinkan untuk perubahan dan percobaan tanpa kesulitan mencari informasi yang dibutuhkan.
  3. Transparansi: memberikan penjelasan yang jelas dan menyeluruh serta membuat audience lebih mudah memahami isi dari model bisnis tersebut.

 

Berikut ini merupakan salah satu contoh Business Model Canvas beserta 9 elemennya:

Masih Cari Lowongan Pekerjaan Mulai Aja Bisnis Online Buat Blog. Begini Contoh Business Plan 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Membuat Bisnis Plan]

 

Hasil yang Baik Adalah Hasil Perencanaan yang Baik

Menjadi blogger tidaklah sulit, namun menjadi blogger yang sukses itu sulit. Jika Anda ingin menjadi professional blogger yang sukses, jangan pernah lupa untuk membuat perencanaan bisnis (business plan) yang baik sebelum Anda memulai pengerjaannya.

Persiapkanlah business plan dan pitch deck yang mendalam dan menarik bagi investor dan audience. Dengan demikian, langkah Anda menuju kesuksesan dalam blogging akan menjadi jelas dan terstruktur.

 

Apakah Anda mengetahui kisah sukses entrepreneur lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Guy Kawasaki. 5 Maret 2015. The Only 10 Slides You Need in Your Pitch. https://goo.gl/YPVW5B

 

Sumber Gambar:

  • Menjadi Blogger – https://goo.gl/oMPocz
  • Blogger – https://goo.gl/u2trzT
  • Google Business Model – https://goo.gl/1RZnQf

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang