40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga

Apa saja peluang usaha bisnis online yang dapat digunakan sebagai penghasilan tambahan untuk keluarga? Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan bisnis online ini, siapa tahu penghasilan dari bisnis online dapat melebihi penghasilan utama.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga

Di era digital ini, ternyata ada banyak sekali peluang usaha yang dapat kita manfaatkan untuk penghasilan tambahan. Coba saja tengok beberapa bisnis online yang dapat Anda jalankan. 

 

 

Catatan:

  1. Penjelasan nama produk atau website bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan sebagai sarana promosi (kecuali Aplikasi Finansialku dan bisnis-bisnis Finansialku).
  2. Beberapa contoh website menggunakan website asli Indonesia dan ada juga website dair luar negeri.
  3. Anda dapat langsung meng-klik jenis bisnis yang ingin Anda ketahui, agar langsung dapat mengetahui penjelasan detailnya.
  4. Kami akan sangat senang hati, jika Anda (teman-teman pemilik bisnis digital) ingin menambahkan atau memberikan penjelasan (sharing) untuk memberikan informasi yang lengkap kepada para pembaca.
  5. Artikel ini dibuat berdasarkan riset tim Finansialku dengan diskusi tim marketing online dan developer.

 

Mari kita bahas satu persatu website-website tersebut. Selamat membaca, semoga Anda dapat terinspirasi dan menjadikan peluang usaha bisnis online ini menjadi penghasilan tambahan keluarga.

 

Menjual Produk Digital

Peluang usaha bisnis online yang pertama adalah menjual produk-produk digital seperti plugin, tema website (web themes), produk-produk desain grafis (design graphic), video (video footage), foto (stock photo), file background music (audio) dan bahkan mencetak buku Anda sendiri (ebook). Anda dapat menjual produk digital melalui website Anda sendiri atau dengan menggunakan jasa marketplace.

[kembali ke daftar menu]

 

 

Produk Plugin

Apakah Anda pernah melihat sebuah website yang memiliki fitur formulir, quiz, polling dan jadwal kegiatan? Plugin adalah potongan software yang berisi fungsi-fungsi tertentu untuk menambah fungsi utama website. Plugin umumnya dibuat dengan bahasa pemrograman PHP agar dapat diintegrasikan dengan mudah. Berikut ini contoh website yang menjual plugin:

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - Jual Plugin - Finansialku

Sumber Envato.com, diakses tanggal 16 April 2017 jam 7:57 WIB

 

Plugin di atas, berfungsi untuk membuat sebuah formulir (form) di dalam website. Dilihat dari segi keuntungan, coba Anda hitung penghasilan penjualan sejak tahun 2013 adalah = US$39 x 11.562 = US$450.918 (Jika kurs US$1 = Rp10.000, maka penjualannya mencapai Rp4,5 Milliar). Anda dapat melihat lebih banyak contoh plugin melalui website: codecanyon.net. Jika Anda ingin memulai bisnis ini, maka Anda perlu menguasai beberapa kemampuan bahasa pemrograman dan desain, seperti: JavaScript JS, JavaScript JSON, HTML, CSS, PHP.

[kembali ke daftar menu]

 

Produk Themes Website

Peluang usaha bisnis online berikutnya adalah menjual tema website. Tema website berfungsi untuk merubah tampilan desain, warna, tulisan, ukuran tulisan dan layout sebuah website. Agar lebih mudah langsung saja Anda akses themeforest.net, creativemarket.com dan lain sebagainya.

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - Jual Themes - Finansialku

Sumber Themeforest.net, diakses tanggal 16 April 2017 jam 8:10 WIB

 

Bisnis online membuat dan menjual tema website adalah bisnis yang menguntungkan (coba hitung: US$39 x 68.631 = US$2.676.609 atau setara dengan Rp26 miliar, jika kurs US$1 = Rp10.000). Harus diakui untuk membuat sebuah tema website Anda memerlukan beberapa kemampuan khusus, seperti: desain grafis dengan menggunakan Photoshop, bahasa pemrograman PHP,  Javascript, CSS dan HTML

 

Pikirkan cara menjual produk dan layanan Anda, jika ingin bisnis online Click to Tweet

[kembali ke daftar menu]

 

Produk Design Graphic

Anda dapat menggunakan kemampuan desain dengan menjual produk-produk desain grafis, seperti gambar vector, kartu nama, brosur, flyer, menu makanan, layout majalah, packaging, desain website, desain power point dan lain sebagainya. Berikut ini contoh produk desain yang dibuat oleh orang Indonesia:

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - Jual Design Graphic - Finansialku

Sumber Graphicriver.net, diakses tanggal 16 April 2017 jam 8:20 WIB

 

Anda memerlukan kemampuan mendesain dengan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan/atau Corel Draw untuk dapat menjual desain-desain berkualitas tinggi. Jika Anda bekerja sebagai desainer, tidak ada salahnya mencoba peluang usaha bisnis online dengan menjual desain.

[kembali ke daftar menu]

 

Produk Stock Photo

Apakah Anda memiliki hobi photography? Yuk coba jual hasil jepretan Anda di marketplace, seperti Shutterstock, Fotolia, 123rf, iStockPhoto dan website lainnya. Coba deh cek desain-desain berikut ini:

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - Jual Stock Photo - Finansialku

Sumber 123rf.com, diakses tanggal 16 April 2017 jam 8:25 WIB

 

Silakan coba jual hasil foto yang sudah Anda miliki. Itung-itung keuntungan penjualan foto dapat digunakan sebagai modal untuk membeli kamera, lensa dan peralatan lainnya. Baca juga penjelasan kami mengenai: Hobi Fotografi, Sekedar Hobi atau Dapat Dijadikan Peluang Usaha dan Penghasilan Tambahan?

[kembali ke daftar menu]

 

Produk Video Footage

Selain menjual foto, Anda juga dapat menjual video dari kamera atau drone. Video-video Anda akan digunakan sebagai bumper. Anda dapat menjual video stock di website yang sama seperti 123rf, shutterstock dan videohive.net

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - Jual Video Photo - Finansialku

Sumber Videohive.net, diakses tanggal 16 April 2017 jam 8:47 WIB

[kembali ke daftar menu]

 

Produk Audio

Selain gambar dan video, Anda dapat menjual produk-produk audio. Peluang usaha menjual produk audio (musik) sangat cocok jika Anda memiliki keahlian dibidang musik.

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - Jual Audio - Finansialku

Sumber Audiojungle.net, diakses tanggal 16 April 2017 jam 8:58 WIB

[kembali ke daftar menu]

 

Produk Ebook

Hobi menulis, kemampuan teknis, cerita perjalanan karier, cerita perjalanan travelling dapat Anda bukukan dalam sebuah cerita dan menjualnya. Anda dapat memanfaatkan kemampuan dan cerita Anda menjadi peluang usaha bisnis online. Anda dapat memasarkan produk ebook pada Google Play Book.

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - Jual Ebook - Finansialku

Sumber Google Play Book, diakses tanggal 16 April 2017 jam 9:04 WIB

 

Jika Anda tertarik membuat sebuah ebook professional, Anda perlu bekerja sama dengan beberapa orang, seperti: desain grafis (desain sampul dan layout) dan penyunting (editor).

 

ebook  [ ˈēbo͝ok/ ]

electronic book, buku dalam bentuk digital. Umumnya file buku elektronik (e-book) adalah format PDF, EPUB dan AZW.

 

Anda dapat men-download ebook Finansialku mengenai reksa dana (GRATIS). Ebook ini berisi mengenai panduan berinvestasi reksa dana untuk Anda yang masih pemula.

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Permasalahan yang akan Anda hadapi saat menulis ebook adalah memilih topik yang sesuai, serta memasarkannya. Sedikit tips dari kami bagaimana cara menemukan topik yang sedang populer:

Lakukan riset topik untuk ebook dengan cara melihat bestseller buku yang ada di toko buku. Click to Tweet

 

[kembali ke daftar menu]

 

Menjual Desain Kaos

Selain menjual desain dalam bentuk file gambar, Anda juga dapat menjual desain Anda untuk dibuat dalam bentuk merchandise. Coba saja tengok website tees.co.id.

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - Jual Desain Kaos - Finansialku

Sumber tees.co.id

 

Selain tees.co.id, Anda juga dapat mencetak penghasilan tambahan dari website luar negeri. Website dengan konsep bisnis seperti tees.co.id yang ada di luar negeri:

  1. teespring.com
  2. gearbubble.com
  3. represent.com
  4. teechip.com
  5. teezily.com
  6. spreadshirt.com
  7. cafepress.com
  8. redbubble.com
  9. society6.com
  10. cafepress.com
  11. zazzle.com

 

[kembali ke daftar menu]

 

Menjual ‘Produk non Digital”

Anda dapat menjual produk-produk non digital dengan menggunakan internet. Anda dapat menjual produk-produk tersebut melalui website sendiri, sistem berlangganan dan website marketplace. Yuk kita bahas satu persatu:

 

Jual di Website Sendiri

Anda dapat memasarkan produk dan layanan Anda pada website yang Anda miliki. Misal Anda sekarang ini jasa penyedia perjalanan (travel agent), Anda dapat membuat sebuah website yang berfungsi untuk memasarkan produk-produk perjalanan Anda, contoh:

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - GamaHoliday - Finansialku

Sumber: GamaHoliday.com

 

Jika Anda ingin menjual produk-produk melalui website, fokus pada kecepatan website, tulisan yang informatif, menjual, copywriting, mengoptimalkan SEO dan mempermudah proses pembelian. Harus diakui Anda memerlukan anggaran mencapai puluhan juta Rupiah untuk membuat website dan memasarkan online.

 

Jual di Website dengan Sistem Berlangganan

Model bisnis yang satu ini memang belum umum di Indonesia, yaitu menjual produk melalui sistem berlangganan. Apakah Anda memiliki produk yang selalu dikonsumsi setiap bulannya? Misal:

  • Anda seorang wanita yang sering membeli produk kecantikan, kosmetik dan lainnya?
  • Anda seorang pria yang perlu membeli pisau cukur?
  • atau Anda termasuk penggemar minuman anggur (wine)?

 

Plus, Anda terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membeli produk-produk tersebut? Anda dapat menggunakan jasa website yang menjual produk dengan sistem berlangganan.  Di luar negeri, sudah ada website seperti:

  • BirchBox.com – kosmetik
  • Glassful.com – wine
  • LootCrate.com – produk unik untuk gamer
  • CandyClub.com – permen
  • JapanCrate.com – snack Jepang
  • DollarShaveClub.com – pisau cukur

 

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - DollarShaveClub - Finansialku

Sumber : DollarShaveClub.com 

Meskipun agak berbeda, ada sebuah bisnis online di Indonesia yang memungkinkan kita untuk membeli kebutuhan bulanan melalui Aplikasi HappyFresh. Silakan coba berbelanja melalui aplikasi tersebut (setidaknya Anda menghemat ongkos bensin, parkir dan membeli sesuai yang terdapat dalam daftar belanjaan).

[kembali ke daftar menu]

 

Jual di Website Orang Lain (Marketplace)

Teman-teman yang mau memulai usaha online secepatnya dan dengan modal terbatas, Anda dapat menjual produk-produk di marketplace. Sekarang ini sudah ada banyak website marketplace di Indonesia, seperti:

  1. BukaLapak.com
  2. Tokopedia.com
  3. FJB.Kaskus.co.id – Kaskus FJB
  4. Elevenia.com
  5. Lazada.com
  6. Zalora.com
  7. Blibli.com
  8. Barang bekas di OLX.com
  9. dan lainnya

 

Apa saja untung ruginya menjual produk melalui website marketplace? Keuntungannya menjual produk di marketplace adalah cepat dan mudah. Anda tidak perlu jago coding atau berinvestasi membuat website, untuk memulai bisnis. Anda cukup mendaftar akun di website marketplace dan mulai berbisnis.

Sayangnya jenis persaingan yang terdapat dalam marketplace adalah pasar persaingan sempurna. Untuk produk yang sama Anda harus bersaing dengan beberapa kompetitor. Berikut ini contohnya, jika saya mencari produk juicer.

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - Jual di Tokopedia - Finansialku

Sumber tokopedia.com, diakses tanggal 16 April 2017 jam 9:33 WIB

 

[kembali ke daftar menu] 

 

Menjadi Reseller

Apakah saya dapat menjalankan bisnis online, jika saya tidak memiliki produk sendiri? Jawabannya bisa, Anda dapat berperan sebagai reseller. Artinya Anda menjadi pedagang online, membeli barang dari supplier dan memasarkan kembali barang tersebut.

Anda juga dapat menjadi reseller dengan bermodalkan akun instagram dan media sosial lainnya Click to Tweet

 

[kembali ke daftar menu]

 

Menjadi Referral dan Afiliasi

Jika Anda memiliki media sosial dengan banyak followers, website dengan banyak pengunjung atau daftar email yang banyak, Anda dapat memasarkan bisnis sebagai referral atau sebagai afiliasi.

Referral atau afiliasi: merekomendasikan produk/jasa kepada orang lain dan mendapatkan komisi.

 

Ada banyak sekali bisnis afiliasi di Indonesia, coba saja cek melalui Google: “Afiliasi di Indonesia” Finansialku.com juga memiliki program afiliasi untuk teman-teman pengguna Aplikasi Finansialku yang ingin merekomendasikan kepada orang lain. Kami memberikan bagi hasil keuntungan mencapai Rp100.000 setiap rekomendasi yang berhasil. Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat membaca di sini.

 

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

[kembali ke daftar menu]

 

Menjadi Publisher Iklan melalui Blog

Apakah Anda memiliki hobi menulis? hobi membaca? hobi mengajar? Manfaatkan hobi Anda menjadi sebuah penghasilan tambahan dengan menjalankan blog. Anda dapat membuat blog dengan modal Rp0. Beberapa blog yang dapat Anda gunakan:

  1. LiveJournal.com – Salah satu platform blogging yang sangat terkenal di dunia. Anda dapat menghasilkan pemasukan melalui iklan dan tulisan sponsor.
  2. WordPress.com – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan platform yang satu ini. Penghasilan tambahan Anda dapat berasal dari iklan Adsense di dalam tulisan.
  3. Blogger.comPlatform blog yang dimiliki oleh Google. Dahulu bernama blogspot.com
  4. Tumblr.com – Anda dapat mulai membuat blog dengan sangat-sangat mudah.

 

Di Indonesia sekarang ini ada banyak sekali website yang memberikan ruang untuk menulis, seperti:

  1. Hipwee.com
  2. Blogdetik.com
  3. Kompasiana.com
  4. Viva blog – log.viva.co.id
  5. Indonesiana.tempo.co
  6. Okezone – Warungkopi.okezone.com
  7. Liputan6 – Citizen6.Liputan6.com
  8. 1cak.com
  9. Keepo.me
  10. UCNews (Aplikasi)
  11. Zettamedia group: ributrukun.com, rockingmama.id, kamantara.id, moola.id, virala.id, bagaya.id, wewerehere.id, trivia.id, rula.co.id, bola.media
  12. Lainnya (jika Anda memiliki informasi tambahan silakan share dan tinggalkan komentar Anda, terima kasih.

 

Apa saja keuntungan menjadi seorang blogger? Finansialku.com pernah membahas mengenai blog:

 

[kembali ke daftar menu]

 

Menjadi Freelancer

Selain menjual produk (baik produk digital maupun non digital), Anda dapat juga memasarkan layanan atau kemampuan Anda. Ada banyak cara menawarkan kemampuan yang kita miliki sebagai seorang freelancer. Anda dapat menawarkan jasa freelance pada website miliki Anda sendiri atau dengan menggunakan website freelance.

 

[kembali ke daftar menu]

 

Memasarkan Layanan Freelance melalui Website Sendiri

Anda dapat membuat sebuah blog atau website pribadi yang berisi mengenai siapa diri Anda, kemampuan yang Anda miliki dan contoh portofolio pekerjaan yang sudah Anda buat. Untuk teman-teman yang memiliki keahlian dalam desain, pasti sudah tidak asing dengan website seperti Devianart dan Behance. Anda dapat membuat website pribadi seperti Devianart dan Behance untuk memasarkan layanan Anda sendiri.

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - DesainKreasi - Finansialku

Sumber DesainKreasi.com

 

[kembali ke daftar menu]

Memasarkan Layanan Freelance melalui Website Marketplace

Anda dapat memasarkan layanan Anda melalui website marketplace freelance, seperti Sribu.com, Sribulancer.com, Projects.co.id dan Gobann.com.

Sribu.com

Sumber Sribu.com

 

Berita baiknya, Anda juga dapat mendaftarkan diri dan mendapatkan pekerjaan sebagai freelance dari luar negeri. Silakan cek website-website berikut ini:

  1. Freelance.com
  2. Toptal.com
  3. Upwork.com (hasil penggabugan dua perusahaan: Elance.com dan oDesk.com)
  4. Peopleperhour.com
  5. Simplyhired.com
  6. Freelancewritinggigs.com
  7. Fiverr.com
  8. Getacoder.com
  9. 99Designs.com
  10. Guru.com
  11. Studio.envato.com
  12. Careers.Stackoverflow.com
  13. Jobs.smashingmagazine.com
  14. Jobs.problogger.net

 

[kembali ke daftar menu]

Menjadi Guru Online / Konsultan Online

Salah satu peluang usaha bisnis online yang dapat Anda lakukan adalah menjadi guru online atau tutor online. Jenis bisnis online yang satu ini, dapat dijalankan oleh Anda yang berprofesi sebagai mahasiswa/I, ibu rumah tangga atau karyawan kantoran. Anda dapat mengajarkan pengetahuan dasar kepada anak-anak atau mengajarkan kemampuan Anda (misal: memasak, Yoga dan lain sebagainya.) Anda dapat mengunjungi website seperti RuangGuru.com Harukaedu.com.

40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga - RuangGuru.com - Finansialku

Sumber RuangGuru.com

[kembali ke daftar menu]

Seperti yang Anda ketahui, masih ada banyak peluang usaha bisnis online lainnya. Finansialku.com akan memberikan update penjelasan lebih lengkap dan meng-update artikel ini.

 

Peluang Usaha Bisnis Online ada Banyak, Apakah Anda Sudah Siap Menjalankan?

Seperti penjelasan di atas, ada banyak sekali peluang usaha yang ada di internet. Mulai dari menjual produk-produk digital, produk non digital, pemasaran referral, pemasaran affiliate dan lainnya. Seperti yang Anda ketahui ada banyak sekali peluang usaha online, pertanyaannya apakah Anda sudah siap menjalankannya?

 

Peluang usaha bisnis online apa yang akan Anda jalankan?

Silakan share pengalaman atau pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  1. Sean P. Aune. Agustus 2007. 40+ Free Blog Hosts. Mashable.com – https://goo.gl/lDrHoz
  2. Februari 2017. 31 Peluang Usaha Online yang Bisa Anda Mulai Sekarang Juga dengan Modal Kecil. PanduanIM.com – https://goo.gl/iJNb6B
  3. Michael Dunlop. 14 Ways To Actually Make Money From a Website! – https://goo.gl/ZvPxCU
  4. Anna Johannson. Mei 2015. The 15 Best Freelance Websites to Find Jobs. Entrepreneur.com – https://goo.gl/rT0jfj
  5. Matthew Kaur. Oktober 2015. Alternatives to Teespring: 12+ Places to Sell T-Shirts Online. Designspring.com – https://goo.gl/z15oxy

 

Sumber Gambar:

  • Online shopping – https://goo.gl/dRCGQN

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment