Kisah Sukses Ryan Gondokusumo pendiri Sribu.com dan Sribulancer.com

Apakah teman-teman pernah mendengar sosok pemuda bernama Ryan Gondokusumo pendiri Sribu.com dan Sribulancer.com? Kedua website tersebut, sangat membantu kita dalam hal penyediaan desain dan penyedia jasa pekerja freelance, lho. Sudah coba?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo lahir di Jakarta pada tanggal 16 Januari 1985. Ryan Gondokusumo, menjalankan pendidikan sarjana di Purdue University, Indiana Ameriak Serikat. Beliau mengambil jurusan Network Engineering Technology, karena terinspirasi oleh ayahnya dan sejumlah tech entrepreneur di Amerika (Jeff Bezos dan Neil Pattel).

kisah-sukses-ryan-gondokusumo-pendiri-sribu-com-dan-sribulancer-com-3-finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Jeff Bezos pendiri Amazon.com]

 

Setelah lulus kuliah pada September 2006, Ryan Gondokusumo bergabung dengan salah satu perusahaan teknologi informasi bernama Distribution Service Technologies, sebagai teknisi integrasi data. Selang satu tahun, Ryan memutuskan untuk pindah ke perusahaan PT. Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), sebagai Network Engineer. Pada tahun 2008 – 2011, Ryan Gondokusumo dipercaya untuk menduduki jabatan Head of Business Development di perusahaan PT. Bayu Buana Travel (agen perjalanan). Pada saat yang sama, Ryan juga dipercaya sebagai internal consultant di perusahaan Pioneerindo Gourmet International (pemilik merek California Fried Chicken – CFC).

Pada saat Ryan bekerja di perusahaan agen perjalanan, Ryan membutuhkan banyak desain kreatif untuk membantu menyiapkan desain, dari mulai logo, brosur, kalender, banner dan hal-hal lain. Kebutuhan tersebut ternyata lebih besar dibandingkan kapasitas kerja yang dimiliki oleh desainer dalam perusahaan. Ryan Gondokusumo berpikir tampaknya banyak perusahaan yang membutuhkan solusi yang sama. Beliau berinisiatif untuk mendirikan sebuah perusahaan yang dapat membantu menyiapkan desain. Dan itulah awal dari berdirinya dua perusahaan : Sribu.com dan Sribulancer.com.

 

Kisah Sribu.com

Ryan Gondokusumo bersama partnernya Wenes Kusnadi mendirikan Sribu.com pada September 2011. Bisnis Sribu.com ini dapat dikategorikan sebagai bisnis crowdsourcing. Di Amerika, terdapat beberapa website crowdsourcing, seperti : designcrowd.com, 99designs.com, Elance.com dan lainnya. Dalam istilah bisnis, crowdsourcing berarti pekerjaan yang diselesaikan oleh sekelompok orang dalam online.

Cara kerja Sribu.com adalah, pemilik proyek akan membuat deskripsi pekerjaan dan mendaftarkan dalam website Sribu.com. Kemudian Sribu.com akan melakukan kontes kepada seluruh desainer yang telah tergabung. Para desainer akan berkompetisi untuk menyiapkan desain yang sesuai dengan kebutuhan pemilik proyek. Di Sribu.com, kita dapat memesan logo, desain kemasan, desain produk fashion, desain alat tulis (stationery), desain banner dan desain lainnya. Klien (pemilik proyek) dapat menerima hasil pekerjaan dalam waktu yang cukup singkat, yaitu sekitar 1 minggu dengan harga yang terjangkau. Kita dapat memesan logo dengan harga mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 10 juta.  

kisah-sukses-ryan-gondokusumo-pendiri-sribu-com-dan-sribulancer-com-2-finansialku

[Baca Juga : Kisah Sukses William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia]

 

Salah satu tantangan yang dihadapi Ryan Gondokusumo adalah meyakinkan para klien untuk menggunakan jasa desain produk dari Sribu.com. Seperti yang kita ketahui model bisnis crowdsourcing adalah hal baru di Indonesia dan kebanyakan orang lebih suka bertatap langsung dengan desainer. Berkat usaha dan kerja kerasnya Sribu.com dapat menggumpulkan lebih dari 40.000 desainer dan 1.500 klien. Total portofolio yang tercipta dari Sribu.com mencapai lebih dari 40.000 portofolio.

 

Kisah SribuLancer.com

Kesuksesan Ryan Gondokusumo dengan Sribu.com tidak selesai disitu saja. Ryan mengembangkan sayap bisnisnya dengan membuat platform untu merekrut para pekerja freelance. Jadi sekarang kita dapat memanfaatkan tenaga freelance untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan, seperti SEO, membuat desain website, membuat tulisan (content writing) dan membuat produk digital lainnya. Tepat pada November 2014 didirikan sebuah website freelance di Indonesia bernama Sribulancer.com.

cara-perencanaan-karir-yang-benar-untuk-fresh-graduate-finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Achmad Zaky Pendiri BukaLapak.com]

 

Pelajaran Bisnis dari Ryan Gondokusumo Pendiri Sribu.com dan Sribulancer.com

Banyak sekali pelajaran berharga yang kita peroleh dari kisah sukses Ryan Gondokusumo, seperti:

  1. Mendapatkan pengalaman dengan bekerja terlebih dahulu, sebelum menjadi entrepreneur. Sebelum menjadi entrepreneur, Ryan sudah banyak mendapatkan pengalaman di berbagai jabatan dan pekerjaan. Mulai dari engineer hingga menjadi head business development.
  2. Fokus dengan bisnis yang dijalankan, jangan sampai mudah hilang fokus. Dalam menjalankan bisnis selalu saja ada kesulitan, seperti yang dialami Sribu.com saat pertama kali. Ryan harus mendatangi satu-persatu perusahaan untuk memberikan sosialisasi mengenai Sribu.com.
  3. Jangan lupa membuat publikasi di media-media, agar bisnis lebih dikenal. Ryan selalu bekerja sama dengan website-website berita untuk memperkenalkan Sribu.com dan Sribulancer.com.
  4. Membangun kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan yang terbaik dan sesuai dengan SLA (serviced level agreement).
  5. Mulai melebarkan koneksi bisnis, dengan mendatangi acara-acara networking dan menggunakan social media.

 

Semoga kisah sukses Ryan Gondokusumo ini dapat menginspirasi kita dalam menjalankan bisnis.

 

Menurut Anda apakah menggunakan sistem kerja crowdsourcing seperti Sribu.com dan freelance seperti Sribulancer.com lebih menguntungkan pebisnis, daripada merekrut tenaga kerja?

 

Sumber Referensi

  • Berkenalan Dengan Ryan Gondokusumo, Pendiri Sribu.com. MaxManroe.com – https://goo.gl/7BS3Wb
  • Tips Menjadi Entrepreneur Dari Ryan Gondokusumo, CEO Sribu dan Sribulancer. MaxManroe.com – https://goo.gl/g8RB3G
  • Ryan Gondokusumo, Ciptakan Ratusan Ribu Lapangan Kerja Melalui Sribulancer. Hitsss.com – https://goo.gl/fG0pv0
  • Hesti Pratiwi. 14 November 2014. Ryan Gondokusumo Mendirikan Startup Hanya Bermodalkan Semangat dan Penasaran. Dailysocial.id – https://goo.gl/HhIOHA
  • Adhitya Wibawa Putra. Ryan Gondokusumo – Bermimpi Membuka 100.000 Lowongan Pekerjaan Untuk Freelancer. TeknoJurnal.com- https://goo.gl/hYJgdl

 

Sumber Gambar

  • Ryan Gondokusumo – https://goo.gl/gwa0rK dan https://goo.gl/9SxaKb

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

 

By |2016-12-02T09:03:40+00:00October 31st, 2016|Categories: Bisnis Online, Tokoh|Tags: , , |4 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

4 Comments

  1. AfikRubik 26 November 2016 at 20:40 - Reply

    Kisahnya sangat menginspirasi. Saya juga kepingin membangun startup seperti Mas Ryan ini

    • Finansialku
      Finansialku 4 December 2016 at 19:14 - Reply

      Hi AfikRubik, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Ya betul, Mas Ryan sangat tekun membangun bisnisnya.
      Semoga kita dapat belajar banyak dari kisah suksesnya.

  2. bad rina 1 February 2017 at 08:55 - Reply

    say terobsesi banget untuk berbisnis network kya gini

    • Finansialku
      Finansialku 1 February 2017 at 10:38 - Reply

      Hi Rina, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Mohon maaf sebelumnya, apakah boleh dijelaskan dengan bisnis network?

Leave A Comment