Infografis: Memulai Usaha Rumahan Bisnis Online dengan Menjadi Seorang Blogger

Bagaimana cara memulai usaha rumahan bisnis online? Bisnis online kini sudah marak dijalankan oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Terkadang langkah untuk memulainya seolah membingungkan. Mari kita bahas bagaimana cara memulai bisnis online rumahan sebagai seorang blogger.

 

Rubrik Finansialku

Finansialku Watch

 

Menambah Penghasilan dengan Menjadi Blogger

Ingin menambah penghasilan? Di era kemajuan teknologi ini ada berbagai cara yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang blogger. Tahukah Anda bahwa seorang blogger terkenal bisa mendapatkan penghasilan yang sangat besar setiap bulannya? Bahkan penghasilan itu bisa dianggap bukan lagi menjadi penghasilan tambahan, melainkan sebagai penghasilan utama. Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda untuk menjadi seorang blogger, baik itu untuk menjadi seorang blogger part time atau blogger full time.

Infografis: Memulai Usaha Rumahan Bisnis Online dengan Menjadi Seorang Blogger

 

Ketika ingin memulai menjadi seorang blogger, pertama-tama Anda harus melakukan 3 hal penting ini terlebih dahulu:

 

#1 Ketahui Passion atau Minat Anda

Seorang blogger yang sukses biasanya adalah orang yang sangat menyukai bidang yang digelutinya. Dengan passion Anda dapat membuat sebuah tulisan yang sangat detail dan benar-benar bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya. Jika Anda tidak memiliki passion pada materi yang dibahas di blog biasanya pembahasan tidak akan terlalu berbobot sehingga pembaca pun tidak tertarik dengan apa yang Anda tuliskan. Karena itu penting untuk mengenal passion atau bidang yang Anda minati terlebih dahulu.

 

#2 Lakukan Riset Audience atau Calon Pembaca

Setelah mengetahui bidang yang ingin Anda kerjakan, mulailah melakukan riset untuk mencari tahu apa topik serta keyword apa yang terkait dengan bidang pilihan Anda dan sedang menjadi tren saat ini. Anda dapat menggunakan Google Trend, Google Keyword Planner atau Kwfinder. Anda juga bisa mengetahui siapa saja audiens atau calon pembaca blog Anda serta berapa banyak orang yang tertarik dengan topik atau keyword tersebut. Sebaiknya Anda menyasar keyword yang memiliki kapasitas pembaca sesuai dengan kemampuan Anda. Tidak terlalu kecil tetapi juga tidak terlalu besar.

anduan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula

[Baca Juga: Panduan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula]

 

#3 Buat Rencana Bisnis

Jika sudah memiliki ide general serta calon pembaca maka Anda dapat mengerucutkan ide tersebut agar menjadi spesifik. Mulailah membuat business plan (atau setidaknya business model canvas) untuk bisnis blog yang ingin Anda jalankan. Business plan adalah tempat Anda menjelaskan seluruh susunan bisnis Anda, mulai dari detail terkecil hingga menjadi sebuah gambaran lengkap. Dengan memiliki business plan yang jelas maka setiap progres yang Anda lakukan akan lebih terencana dan mudah dievaluasi.

Jika merasa kesulitan mengisi business model canvas, Anda dapat melihat cara mengisi business model canvas pada link ini.

Setelah melakukan ketiga langkah tersebut barulah Anda dapat terjun ke dunia blog yang sesungguhnya dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Jika Anda sudah mempersiapkan tiga langkah tadi dengan matang maka selanjutnya bisnis blog Anda akan menjadi lebih tertata.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?

  [Baca Juga: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?]

 

Mengurus Keuangan Blogger

Dengan menjadi seorang blogger Anda bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber. Misalnya saja penghasilan dari iklan, penghasilan afiliasi, review produk, dan sumber penghasilan lainnya. Penghasilan ini harus dikelola dengan baik agar hasilnya dapat Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan-tujuan keuangan Anda. Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam mengurus keuangan sebagai seorang blogger:

 

#1 Pisahkan Rekening Bisnis Blog dan Rekening Pribadi

Setiap pebisnis dalam bidang apapun disarankan untuk selalu memisahkan rekening bisnis dan rekening pribadinya. Tujuannya adalah agar Anda dapat mengetahui berapa penghasilan yang bersih didapatkan dari bisnis blog serta berapa uang yang sebenarnya dapat Anda gunakan untuk diri sendiri. Jangan sampai Anda terlanjur menggunakan seluruh dana yang seharusnya digunakan untuk keperluan bisnis blog.

Professional Blogger Ini Bisa Mendapat Penghasilan 13M setahun, Ini Skill yang Dia Miliki dan Caranya

[Baca Juga: Professional Blogger Ini Bisa Mendapat Penghasilan 13M setahun, Ini Skill yang Dia Miliki dan Caranya]

 

#2 Buat Laporan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Blog

Laporan keuangan memiliki peran penting dalam setiap bisnis. Jangankan bisnis, setiap orang pribadi saja membutuhkan laporan keuangannya masing-masing, apalagi jika kita berbicara tentang bisnis. Laporan keuangan dapat membantu Anda mengetahui berapa besar pengeluaran dan pemasukan Anda dari bisnis blog yang dijalankan. Dengan begitu Anda bisa mengevaluasi hasil kerja Anda. Jika ada pengeluaran yang terlalu besar maka Anda dapat menguranginya, sementara jika pemasukan terlalu kecil Anda dapat juga dapat mengevaluasi kinerja blog selama ini dan mengoptimalkannya. Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat laporan keuangan sendiri maka Anda dapat menggunakan jasa pembukuan freelance.

 

#3 Laporkan dan Bayar Pajak Sesuai Ketentuan

Berapapun penghasilan yang Anda dapatkan dari bisnis blog, pastikan Anda melaporkan dan membayar pajak sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku. Dengan begitu Anda tidak akan tersangkut permasalahan pajak yang nantinya dapat mengganggu kinerja bisnis Anda.

5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

Keuntungan dari Bisnis Online

Bagi sebagian orang bisnis yang terkait dengan teknologi bisa terlihat seperti sebuah bidang yang rumit untuk dipahami dan dijalankan. Tetapi di balik ‘kerumitan’ tersebut terdapat banyak keuntungan yang tidak digali oleh semua orang. Jika berminat memulai sebuah bisnis online rumahan dengan menjadi blogger, Anda harus tekun mendalami bidang yang diminati. Dengan begitu Anda dapat membangun sebuah blog yang berbobot dan bisa bermanfaat bagi banyak orang serta menghasilkan keuntungan optimal.

 

Apakah Anda adalah seorang pebisnis online? Apakah Anda memiliki blog untuk bisnis Anda? Apa keuntungan yang Anda temukan dan Anda dapatkan? Berikan jawaban ini pada kolom yang tersedia di bawah ini, terima kasih.

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By |2017-04-07T16:45:08+00:00April 7th, 2017|Categories: Blog, Infografis|Tags: , , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment