Blogging, sebuah aktivitas yang awalnya hanya sebagai kegemaran kini mulai berkembang pesat di zaman teknologi yang semakin maju. Kini blogging dijadikan sebuah usaha dengan pemasukan miliaran rupiah. Mari kita lihat beberapa blogger terkaya di dunia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sejarah Blogging

Istilah blogging mulai dikenal sejak tahun 1997, dimana John Bargerm menggunakan istilah “web-log” untuk mendeskripsikan situs yang dikunjunginya. Beberapa tahun kemudian, Evan Williams menggunakan istilah blogging dalam produk blog di Pyra Labs tempatnya bekerja.

Kini, blogging menjadi istilah umum yang hampir kita dengar setiap hari dan sudah digunakan secara luas untuk berinteraksi dalam dunia maya bahkan dijadikan sebagai mata pencaharian bagi sebagian orang. Finansialku akan mengisahkan kesuksesan beberapa blogger terkaya di dunia bagi inspirasi Anda.

 

#1 Ewdison Then

Ewdison Then merupakan co-founder dan executive editor dari situs elektronik dan teknologi yang juga menjabat sebagai CEO dari R3 Media LLC.

Then menjangkau pembaca yang merupakan pecinta teknologi dengan menulis mengenai teknologi terdepan dari berbagai gadget dan smartphone terbaru. Penghasilan Then kini mencapai US$80.000 atau setara dengan Rp1,2 miliar per bulannya.

Sudah Tahukah Anda Blogger Terkaya Di Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Memulai Usaha Rumahan Bisnis Online dengan Menjadi Seorang Blogger]

 

#2 Matt Marshall

Matt Marshall memulai blog-nya pada tahun 2006 dan mengambil topik teknologi. Dia juga merupakan founder dari VentureBeat, blog informatif yang mencakup berbagai topik termasuk teknologi, finansial, dan investasi.

Marshall membagikan pengetahuan dan pengalamannya kepada pembaca mengenai bagaimana menghasilkan uang dari investasinya.

 

#3 Gina Trapani

Bukan saja menjadi CEO dan pendiri dari blog LifeHacker, dia juga aktif dalam komunitas sosial media. Baru-baru ini dia menjadi bagian dari Gawker Blog Empire dan Gizmodo.

LifeHacker sendiri fokus pada topik yang memberi tips dan trik unik untuk berimprovisasi sehingga hidup terasa lebih mudah. Penghasilan Gina kini mencapai US$110.000 per bulannya atau setara dengan Rp1,6 miliar.

 

#4 Colis Ta’eed

Colis Ta’eed merupakan pemilik dari TutsPlus yang berkontribusi terhadap banyak blog sukses di dunia. TutsPlus berisi info-info menarik seputar tutorial, dan berbagai metode ajar mengenai application software dan designing tools dimulai dari yang sederhana hingga yang paling rumit. Penghasilan Ta’eed mencapai US$120.000 atau sekitar Rp1,7 miliar setiap bulan.

 

#5 Jake Dobkin

Gothamist.com merupakan blog popular yang menjadi media pemasok uang bagi Dobki. Gothamist.com memberikan update terbaru mengenai dunia kuliner, event, dan seni.

Gothamist awalnya melingkupi info seputar kota New York, namun kini telah merambah ke-13 kota besar di seluruh dunia. Selain menjadi penulis di Gothamist, Dobki juga kini merambah ke dunia fotografi dan mencoba menjadi fotografer amatir.

Sudah Tahukah Anda Blogger Terkaya Di Dunia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Professional Blogger Ini Bisa Mendapat Penghasilan 13M setahun, Ini Skill yang Dia Miliki dan Caranya]

 

#6 Timothy Skyes

Blogger dengan penghasilan mencapai US$180.000 atau berkisar Rp2,6 miliar per bulannya adalah Syes, yang membagikan seputar info mengenai investasi, uang, dan saham. Dia adalah pakar saham dengan penghasilan mencapai US$2.000.000 per bulan dari permainan saham.

 

#7 Vitaly Friedman

Pendiri Smashing Magazine, blog yang diciptakan untuk website designers ini juga menciptakan Smashing Network untuk kurasi dari design blog ternama lainnya. Mayoritas penghasilan Friedman yang mencapai US$190.000 atau senilai Rp2,7 miliar setiap bulan adalah dari banner iklan dan belum termasuk dari affiliate marketing.

 

#8 Mario Lavanderia

Mario Lavanderia atau yang akrab disapa Perez Hilton merupakan blogger ternama sejak 2005. Gayanya yang unik dalam blogging membuatnya semakin terkenal dalam blog yang memberikan info terbaru seputar selebriti, dan skandal artis-artis ternama sehingga menghasilkan hampir US$400.000 per bulan atau setara dengan Rp5,6 miliar.

 

#9 Pete Cashmore

Pete Cashmore adalah CEO dan founder dari blog terkenal Mashable, blog seputar teknologi, bisnis, hingga sosial media. Mashable adalah situs independen terbesar yang sangat berpengaruh. Cashmore kini merupakan blogger termuda dan salah satu yang terkaya dengan penghasilan mencapai US$600.000 atau berkisar Rp8,4 miliar setiap bulan.

Sudah Tahukah Anda Blogger Terkaya Di Dunia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula]

 

#10 Michael Arrington

Pecinta teknologi tentunya mengetahui situs Techcrunch, situs yang memberikan informasi terbaru mengenai kemajuan teknologi yang dimiliki oleh Arrington. Arrington menjadi tokoh paling berpengaruh dalam teknologi dengan penghasilan mencapai US$800.000 atau setara dengan Rp11,2 miliar per bulan.

 

#11 Gary Vaynerchuck

Gary memperoleh ketenaran setelah menjadi pembawa acara Wine Library TV dan kini membangun usahanya dengan menjadi blogger dan berhasil mengembangkan usaha wine-nya menjadi senilai US$60.000.000 atau setara dengan Rp840 miliar.

 

#12 Rand Fishkin

Dropout dari kuliah tidak menjadi penghalang Fishkin untuk menjadi miliarder. Pada tahun 2004 dia memulai blog dengan topik seputar SEO (Search Engine Optimization) dan membangun usaha consulting yang dikabarkan menghasilkan US$18.000.000 atau senilai Rp252 miliar pada tahun 2012.

 

#13 Pat Flynn

Sebagai salah satu blogger paling berpengaruh di dunia, Pat memulai kariernya untuk menyokong keuangan keluarganya dengan mendirikan situs SmartPassiveIncome.com. Dengan konten yang transparan dan jujur, Pat memperoleh kesuksesannya hingga menghasilkan US$50.000 atau setara dengan RP700 juta per bulannya.

Sudah Tahukah Anda Blogger Terkaya Di Dunia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Jitu Professional Blogger untuk Membuat Konten yang Disukai Para Pembaca]

 

#14 Brian Clark

Pendiri CopyBlogger.com, Brian Clark menargetkan penulis pemula yang ingin belajar menjadi wirausaha yang lebih baik dalam bidang blogging. Dengan jumlah pembaca mencapai lebih dari 100.000, dia kemudian mendirikan CopyBlogger Media yang menghasilkan perusahaan-perusahaan sejenis.

 

#15 Andrew Sullivan

Andrew memulai usahanya sebagai blogger pada tahun 2000 dan situsnya The Daily Dish kini memperoleh penghasilan mencapai US$330.000 atau setara dengan Rp4,7 miliar per bulannya.

 

#16 Harvey Levin

Website yang didirikan Levin, TMZ mencakup seputar gosip selebriti. Selain menjadi seorang blogger, dia juga kerap kali menjadi pembawa acara dalam acara TV-nya, dan menjadi bintang tamu dalam channel gosip seperti FOX, CNN, dan sebagainya.

 

#17 Tim Ferriss

Penulis buku bestseller 4 Hour Work Week, Tim Ferriss menjadi seorang penulis sekaligus pembicara ternama di seluruh dunia. Dia juga mempopulerkan ide lifestyle design dan internet lifestyle yang memungkinkan Anda untuk menjalankan bisnis hanya dengan bermodalkan laptop dan internet.

Sudah Tahukah Anda Blogger Terkaya Di Dunia 06 - Finansialku

[Baca Juga: Bisnis yang Menguntungkan Sebagai Blogger? Ini Model Bisnisnya dan Berapa Keuntungannya]

 

#18 Darren Rowse

Memulai blogging sebagai sebuah hobi, Rowse kini mendirikan sebuah website yang didedikasikan untuk membantu blogger lainnya, Problogger.

Dia memperoleh pemasukan melalui affiliate programs, iklan, dan menjual e-book. Dia merupakan salah satu Forbes Internet Celebrity tahun 2007 dan menjadikan blog sebagai pekerjaannya satu-satunya.

 

Mulai Blog Anda Sekarang

Sudahkah Anda tertarik untuk memulai blog Anda sendiri setelah melihat kisah sukses para blogger terkaya di dunia? Blog kini menjadi media interaksi yang terus berkembang pesat sehingga tidak ada salahnya bagi Anda untuk memulai blog sebagai salah satu pekerjaan sampingan. Siapa sangka Anda nantinya akan menjadi salah satu blogger terkaya di dunia?

 

Apakah Anda mengetahui kisah sukses blogger lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Annika Darling. 12 Februari 2014. The 10 Top Earning Bloggers In The World. Thericherst.com – https://goo.gl/pz7KyF
  • Jordan Fried. Top 10 Most Inspirational Bloggers In The World. Lifehack.org – https://goo.gl/yzKbmB

 

Sumber Gambar:

  • Possible – https://goo.gl/mhNtsI
  • Ewdison Then – https://goo.gl/eIOVEi
  • Jake Dobkin – https://goo.gl/fGimVm
  • Pete Cashmore – https://goo.gl/L8az0g
  • Pat Flynn – https://goo.gl/bZqWFD
  • Tim Ferriss – https://goo.gl/o3eik7

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang